50 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

3907

Khasiat asam jawa merupakan manfaat terbaik buah asam yang didalamnya terdapat senyawa dan nutrisi yang secara klinis terbukti menyembuhkan penyakit. Tanaman asam jawa merupaka tumbuhan iklim tropis yang tumbuh hampir pada semua daerah di indonesia, yang merupakan keluarga tumbuhan polong berbatang kuat dan berdaun rindang. (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Asam Amino , Jagung Bagi Penderita Asam Urat)

Kandungan Kimia yang Ada pada Asam Jawa

Asam jawa memiliki senyawa kuat dan aktif memperbaiki jaringan jaringan tubuh yang rusak yang menyebbakan munculnya berbagai masalah kesehatan tubuh, diantaranya asam anggur, Asam suksinat, Asam sutrat, Tanin, Flavonoid, Petcin, Saponin.
Nutrisi lain yang ada pada asam jawa, Diantaranya:

  • Vitamin A sebanyak 30 SI per 100 gram
  • Vitamin B sebanyak 0,35 mg per 100 gram
  • Vitamin C sebanyak 2,0 mg per 100 gram
  • Kalori sebesar 239 kal per 100 gram
  • Lemak tak jenuh sebesar 0,6 gr per 100 gram
  • Protein sebesar 2,9 gr per 100 gram
  • Kalsium sebesar 74 mg per 100 gram
  • Hidrat arang sebesar 63,00 gr per 100 gram
  • Fosfor sebesar 113 mg per 100 gram
  • Zat besi 0, 8 mg per 100 gram

(Baca Juga: Vitamin untuk Badan Letih , Bahaya Kelebihan Vitamin C )

Khasiat Asam Jawa

Jangan pernah meremehkan sosok asam jawa yang terbilang dari segi fisiknya memang kurang menarik, Karena asam jawa memiliki segudang manfaat bagi bermacam macam keluhan penyakit yang mungkin pernah atau sedang anda alami saat ini.

1. Mengatasi gangguan usus

Gangguan usus atau didalam istilah medis adalah disentri adalah penyakit yang diawali dengan tanda tanda umum seperti sakit perut, Sering buang air besar, Tidak nafsu makan dan demam. Kondisi tersebut diakibatkan adanya serangan bakteri yang telah mencederai lapisan dinding pencernaan yaitu organ usus.

Caranya:
Ambilah 3 asam jawa dan satu rimpang temulawak dibersihkan lalu irislah kemudian tumbuk menjadi setengah halus. Kemudian seduhkah dengan satu gelas air matang panas . Dinginkan lalu saringlah untuk kemudian tambahkan madu murni sesuai selera. Minuman sehat siap untuk dikonsumsin 2 kali sehari.

Baca Juga:

2. Mengatasi gangguan pernafasan

Kondisi gangguan pada sistem pernafasan indentik dengahn penyakit difteri yang muncul akibat masuknya bakteri berbahaya jenis corynebactriumdiptheria didalam saluran pernafasan dan menyebabkan peradangan.

Caranya:
Ambillah 8 gr asam jawa, 5 gr lobak putih dipotomg potomg kecil, 5 gr bawang merah dipotong menjadi beberapa bagian , 5 gr kencur, dan daun pepaya muda secukupnya. lalu dipotong kecil kecil. Campurkan semua bahan menjadi satu kemudian hancurkan dengan cara diblender. Buatlah menjadi jus yang dapat dikonsumsi 2 kali sehari.

3. Mengatasi anemia

Hipotensa adalah istilah medis yang menyatakan kondisi seseorang dalam kondisi tekanan darah menurun atau sangat rendah. Kondisi ini jika terus dibiarkan tanpa adanya tindakan pengobatan maka dapat memicu munculnya penyakit anemia.

Caranya :
Ambillah 5 gr asam jawa, 250 gr daun bawang, 10gr gula aren, 50 gr bayam merah, 1o gr cabai rawit dan garam secukupnya. Bayam merah direbus atau dikukus saja untuk dijadikan lalpan. Sedangkan bahan yang lain dibuat menjadi sambal.

Baca juga:

4. Mengobati wasir

Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembengkakan atau perdanhan yang terjadi pada pembuluh vena diarea anus dan sepanjang rectum bagian bawah yang dapat menimbulkan rasa nyeri ketika sedang duduk ataupun berjalan.

Caranya:
3 gr asam jawa, 3 gr daun keji beling, 3b gr temulawak 5 gr meniran. Semua bahan direbus menjadi satu debngan takaran air satu liter air, Tunggulah hingga mendidih dan menyisakan air menjadi setengahnya. Minumlah rebusan tersebut 2 kali sehari.

5. Membersihkan rahim

Seorang ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami masa nifas yaitu proses alamiah keluarnya darah dari organ Rahim yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian bawah dan terkadang ibu terserang demam.

Caranya:
2 asam jawa dihancurkan, Satu sendok makan madu murni. Seduhlan kedua bahan herbal itu pada satu gelas yang berisi air matang panas, Aduklah hingga merata. Setelah airnya hangat segeralah diminum. Konsumsilah 2 kali sehari secara rutin.

6. Mengatasi kolesterol tinggi

Kolesterol yang meningkat dan sulit untuk diturunkan cenderung disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup yang buruk misalnya sering makan makanan jenis junkfood, Jarang olahraga atau makan makanan yang mengandung lemka jenuh dan garam. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel sel tubuh, Gangguan saraf yang nantinya menimbulkan penyakit stroke.

Caranya:
Ambilah 100 gr asam jawa, 100 daun asam jawa kemudian haluskan kedua bahan lalu tmbahkan air mataang secukupnya untuk kemuadia peraslah airnya dengan menggunakan kain tipis. Minumlah sari buah dan daun asam ini 3 kali sehari secara rutin.

Baca juga:

7. Menyembuhkan sariawan

Sariawan adalah penyakit radang yangb awalnya berupa luka luka kecil berwarna kemerahan yang menyerang jaringan kulit yang ada pada dinding rongga mulut dan sekitarnya yang menyebabkan rasa perih dan Kehilangan nafsu makan .

Caranya:
5 asam jawa dihaluskan , Segenggam daun asam jawa muda, 2 rimpang kunyit diris kecil kecil lalu direbus hingga mendidih dengan takaran 4 gelas air tunggulah hingga menyisakan 2 gelas

8. Meredakan gatal pada luka yang akan sembuh

Luka apapun yang telah mengering dan mengalami pemulihan jaringan kulit maka akan menimbulkan rasa gatal disekitar luka tersebut. Sebaiknya jangan digaruk karena menggaruk hanya akan menggagalkan proses penyembuhan yang sedang akan terbentuk pada jaringan luka.

Caranya:
Ambilah 2 buah asam jawa lalu haluskan untuk kemusdian ditambahkan sari (air) dari dua buah kunyit yang sebelumnya telah diparut. Kedau bahan tersebut dilumatkan menjadi satu danb siap untuk diborehkan pada permukaan kulit yang mengalami gatal gatal akibat luka sedang dalam proses penyembuhan.

Baca Juga:

9. Meningkatkan stamina

Khasiat asam jawa yang paling sederhana adalah mampu mengembalikan dan meningkatkan stamina yang sudah hilang. Tahukah anda Aktivitas berat atau kerja rutin sehari hari yang membutuhkan kekuatan tangan, kaki atau otak dapat menyebabkan tubuh terserang kelelahan , Sulit berkonsentrasi dan mengantuk. Kondisi tersebut adalah gejala bahwa tubuh anda sedang mengalami penurunan stamina.

Caranya:
Hancurkan 3 buah asam jawa, Haluskan pula gula aren secukupnya, 2 buah kencur dan kunyit dihaluskan. Campurkan menjadi satu dalam panci kemudian rebuslah hingga mendidih. Dinginkan lalu saringlah. Minuman sehat yaag nikmat inipun siap di konsumsi.

10. Mengatasi asam urat

Untuk menurunkan kadar asam urat tidak hanya menjauhi segala bentuk makanan yang mengandung zat purin seperti tiram, Kerang, Cumi cumi, Kepiting atau Lobster saja namun anda juga bisa memanfaatkan khasiat asam jawa untuk mendukung keberhasilan penurunan asam urat itu sendiri.

Caranya:
Ambilah 5 lembar daun salam lalu haluskan 5 asam jawa kemudian rebuslah menjadi satu dengan takaran air 3 gelas sampai mendidih dan menyisakan satu gelasa saja. Saring airnya ketika dingin untuk kemnudian siap diminum 2 kali sehari.

Baca juga:

11. Mengobati penyakit gula

Penyakit gula atau diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan meningkatnya kadar gula darah yang terjadi jangka panjang. Untuk menstabilkan kadar gula darah anda harus rajin memanfaatkan khasiat asam jawa sebagai minuman harian yang dapat dikonsumsi 2 kali sehari secara teratur dan konsisten.

Caranya:
Ambilah 3 asam jawa yang telah dihaluskan dan satu batang kayu manis. Seduhlah dalam satu gelas air matang panas. Dinginkan lalu minumlah 2 kalin sehari secara teratur.

Baca juga:

12. Menyehatkan usus halus

Asam jawa dapat melindungi dan melancarkan system pencernaan berserta enzim enzimnya agar terhindar dari masalah peningkatan asam lambung, Melindungi dinding usus halus dan lambung dari peradangan akibat dampak buruk alkohol, Nikotin dan makanann jenis junkfood.

Caranya:
Ambilah 3 buah asam jawa, Garam secukupnya lalu madu murni, dan ditambahkan satu rimpang kunyit yang telah diambil sarinya. Seduhlah dalam satu gelas air matang . Ketika air sudah hangat, Minuman tersebut langsung diminum 2 kali sehari.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dan didukung oleh minyak essensial yang terdapat didalam asam jawa bertindak sebagai antioksidan yang aktif melindungi jaringan tubuh dari serangan bakteri atau virus yang muncul dalam radikal bebas termasuk pada makanan.

Caranya;
Hancurkan 2 asam jawa didalam segelas air matang panas lalu tambhakan madu murni dan perasan air lemon. Minumlah ramuan nikmat ini satu kali setiap hari untuk menjaga pertahahanan tubuh agar senantiasa bearda pada kondisi terbaiknya.

Baca Juga:

14. Menjernihkan suara

Khasiat Asam jawa diperkuat dengan beberapa senyawa kuat yang dapat memperbaiki pita suara dan membersihkan tenggorokan dari serangan bakteri penyebab peradangan pada tenggorokan. Suara parau atau serak dapat dihilangkan dengan rajin minum air asam jawa, Dimana bisa memnbantu menjernihkan suara menjadi lebih lantang . Hal ini baik bagi oerang orang yang berkecimpung didunia tarik suara, Penyiar , Reporter, Bagian humas dan sebagainya.

Caranya:
Ambilah 3 asam jawa dan 2 rimpang kencur yang sudah ditumbuh halud dan sedikit garam. Tambahkan dengan setengah gelas air matang. Seduhlah lalu disaring airnya untuk kemudian minumlah 2 kali sehari.

15. Meningkatkan nafsu makan anak

Asam jawa dapat merangsang nafsu makan anak yang awalnya sulit untuk makan. Nutrisi yang ada pada asam menyegarkan jaringan dan mengaktifkan fungsi pencerenaan menjadi lebih baik sehingga anak anak akan nafsu makan.

Caranya:
Ambilah 3 asam jawa, Satu sendok makan madu murni dan dua rimpang kunyit yahng telah diambil sarinya. Masukkan bahan bahan herbal tersebut dalam setengah gelas air matang . Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hari secara teratur.

16. Menghilangkan karang gigi

Selain dapat menjadi obat tradisional untuk pengobatan organ tubuh bagian dalam ternyata khasiat asam jawa juga dapat membantu memperbaiki struktur gigi yang hampir rusak akibat penumpukan plak yang menyebabkan munculnya karang gigi. Karang gigi yang tidak segera disingkirkan dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan mudah goyang lalu tanggal. Agar karang gigi dapat hilang dan akar gigi kembali kuat maka anda dapat memanfaatkan asam jawa sebagai media pengobatan alamiah terbaik.

Caranya :
Ambilah 3 asam jawa lalu oleskan pada gigi yangb terdapatb karang gigi berulang kali sesering anda bisa. Zat senyawa yang ada pada sam mampu memyingkirkan plak pada gigi secara bertahap. Lakukan dengan teratur dan sabar agar hasilnya bisa optimal.

Baca Juga:

17. Melancarkan sirkulasi

Nutrisi yang ada pada asam jawa memiliki kemampuan meningkatkan pasokan oksigen melalui jaringan darah dan otot sehingga sirkulasi pada pembuluh darah semakin lancar. Kondisi ini dapat mencegah seseorang mengalami peningkatan tekanan darah dan penyumbatan kolesterol berlebih.

Caranya:
Haluskan 2 buah asam jawa dan satu rimpang jahe ukuran sedang . Keduya bahan tersebut dihaluskan lalu masukkan dalam segelas air matang untuk diseduh untuk kemudian saringlah airnya kemudian masukan dua sendok teh madu murni. Adsuklah hingga merata. Minumlah minuman nikmat ini 2 kali sehari agar aliran darah selalu dalam komdisi lancar.

18. Mengatasi rambut rontok

Memperkuat akar rambut dan mempertahankan kekuatan kutikula pada setiap helai rambut agar terhindar dari kerontokan dan kebotakan maka anda bisa memanfaatkan khasiat asam jawa.

Caranya:
Ambilah 5 buah asam jawa kemudian haluskan bersama 5 tangkai daun bayam . Ketika bahan telah halus menjadi satu dapat digunkan dikulit kepala untuk teknik pemijitan atau sebagai masker rambut agar akar rambutt menjadi kuat dan memperbaiki kondisi kerapuhan setiap helai rambut.

Baca Juga:

19. Mengatasi masalah haid

Ketika haid sedang berlangsung maka seorang wanita tidak akan bisa menghindari keluarnya darah yang terkadang berbau amis atau anyir. Hal ini dapat menyebabkan aroma kamar mandi menjadi kurang sedap. Untuk membersihkan secara total darah kotor selama siklus haid dan mengurangi bau tak sedap pada darah yang keluar maka anda dapat menggunakan khasiat asam jawa yang menakjubkan.

Caranya:
Hancurkan 3 buah asam jawa kedalam segelas air panas lalu tambahkan perasan kunyit dan madu murni satu sendok teh. Ramuan ini dapat mengurangi bau anyir dari haid dan dapat mencegah nyeri prut bagian bawah. Asam jawa yang bergabung dengan air kunyit mampu melancarkan haid.

20. Mengatasi gejala campak (morbili)

Penyakit campak atau morbili kerab menyerang anak anak yang sudah atau belum mendapatkan vaksin campak, Dimana penyakit ini adaah salah satu penyakit yang mudah menular. Campak ditularkan oleh virus paramixovin yang berbahaya yang jika tidak segera ditindak lanjuti dengan cara medis maka bisa menurunkan kekebalan tubuh anak secara dratis , Menurunkan kesadaran dan bahkan kematian. Tetapi untuk mencegah dan mengobarti gejala awal penyakit campak berupa demam, Ruam ruam dan bintik bintiuk yang tak beraturan dipermukaan kulit maka anda bisa memanfaatkan khasiat asam jawa.

Caranya;
3 buah asam ditumbuk halus, Segenggam daun asan jawa dicuci dahuklu dan siapkan perasan air kunyit , Gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan lalu rebuslah semua bahan menjadi satu panci dengan takaran air hanya 2 gelas saja dan tubggu sampai mendidioh lalu dinginkan. Setelah disaring ramuan ini siap untuk diminum 2 kali sehari.

Baca Juga:

21. Menyembuhkan pegal linu

Pegal dan linu yang berkepanjangan dan timbul tenggelam biasanya berhubungan dengan penyakit rematik yang banyak menyerang para lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang usia produktif diatas 20 tahun yang muncul berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan yang buruk, Misalnya malas berolahraga, Makan makanan jenis junkfood dan sebagainya. Jangan pernah remehkan khasiat asam jawa jika memang anda tidak menyukai rasa asmanya . Tetapi anda akan segera menikmati kelezatannya ketika ditambahkan madu atau bahan herbal lain.

Caranya:
Ambilah 3 buah asam jawa, 1 genggam daun asam jawa, 2 Biji asam jawa dihaluskan lalu balurkan pada bagian yang merasa pegal dan linu linu . Waktu palimng ideal adalah pagi dan satu jam sebelum berangkat tidur malam.

22. Mengobati alergi

Rasakanlah kenikmatan dan khasiat asam jawa jika anda ingin sembuh dari efek buruk alergi ( ruam ruam kemerahan, Gatal atau bentol biduran) yang mungkin disebabkan gigitan serangga, Makanan atau minuman tertentu, Karena efek dari pemakaian obat obatan tertentu, Karena cuaca, Ataupun karena bulu hewan, Debu , Sinar matahari, Berbagai asap yang ada diudara dan bentuk radikal bebas lainnya.

Caranya:
Ambilah 3 asam jawa , 1/4 sendok makan kapur sirih dan garam sedikit atau sesuai selera. Rebuslah semua bahan dengan takaran air 3 gelas hingga mendidih dan menyisakan hanya satu gelas saja. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.

Baca Juga:

23. Mengatasi masalah kewanitaan

Penyakit yang menyerang organ kewanitaan identik dengan munculnya gatal gatal, Keputihan atau iritasi disekitarv alat kemaluan dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya cukup dengan memanfaatkan khasiat asam jawa yang didalamnya terdapat zat anti bakteri dan jamur yang mampu menuntaskan masalah kewanitaan anda relatif aman, Ampuh dan tanpa efek samping.

Caranya:
2 asam jawa dihancurkan , 20 helai daun beluntas , Perasan kunyit dan madu mur ni. Seduhlah semua bahan dalam segelas air matang panas. Aduk perlahan hingga merata dan tunggu sampai airnya hangat. Kemudian saringlah untuk kemudian diminum. Minumlah hanya saat menjelang btidur malam.

24. Menyembuhkan batuk kering

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dahak yang menyebabkan gatal gatal dan nyeri pada salouran tenggorokan hingga rasa nyerinya bisa menyebar kebagian dada, Dimana efek buruknya adalah membuat suara menjadi serak. Anda bisa mencoba khasiat asam jawa yang terbukti mampu mengatasi masalah batuk kering.

Caranya:
3 buah asam jawa , 1 genggam saga,Direbus dengan takaran air dua gelas hingga mendidih. Saringlah setelah dingin dan di tambahkan gula aren yang telah dihaliskan , Setelah itu siap untuk diminum 2 kali sehari.

Baca Juga:

25. Menyembuhkan bisul

Bisul muncul adalah karena akumulasi luka didalam jaringan lemak dikulit yang telah terinfeksi jamur atau bakteri sehingga muncul peradangan ringan yang jika dibiarkan akan menjadi semakin membesar dan mengganggu penampilan serta gerak tubuh anda contohnya ketika bisul berada pada bokong, Selangkangan, Lipatan lutut bagian dalam atau pada lengan bagian bawah (ketiak).

Caranya:
ambilah 3 atau 5 gram asam jawa , 10 gram bayam duri , 10 gram daun kangkung dan garam sedikit. semua bahan dihaliuskan lalu balurkan pada bisul dengan menutup dengan kain kasa atau kain tipis agar khasiat asam jawa dapat cepat meresap kejaringan yang meradang. Tunggu hingga kering kemudian gantilah dengan ramuan yang baru.

26. Menyembuhkan asma

Asma adalah penyakit yang berkaitan dengan sistem pernafasan yang dapat disebabkan karena genetika atau jaringan disaluran pernafasan terlalu sensitif terhadap debu dan polutan udara lain yang mengandung radikal bebas. Manfaatkanlah khasiat asam jawa untuk mengobati asma agar cepat sembuh dan tidak kambuh kembali.

Caranya:
potonglah adas pulowaras menjadi dua bagian, 3 asam jawa lalu rebuslah dengan takaran air 2 gelas hingga mendidih. Setelah memndidih angkat dan ndinginkan. Lalu disaring dan siap diminum namun tanpa ada tambahan pemanis dalam bentuk apapun termasuk madu atau gula aren.

Baca Juga:

27. Untuk bayi demam

Tubuh bayi sangat rentan terserang demam karena jaringan tubuhnya belum memiliki kekutaan seperti orang dewasa dalam melawan serangan partikel asing atau kondisi lingkungan yang ada diluar tubuh, Misalnya radikal bebas. Gunakan khasiat asam jawa sebagai pengobatan yang paling mudah untuk pertolongan pertama untuk menurunkan suhu tubuhnya agar kembali normal.

Caranya:
5 gr asam jawa, 3 gr kunyit, 7 lembar pucuk daun melati dan 2 sampai 3 tangkai daun bayam . Semua bahan dihaluskan untuk kemudian dibalurkan pada ubun ubun bayi.

28. Menyembuhkan eksim

Eksim merupakan penyakit dermatitis serius karena menyebabkan struktur kulit menjadi buruk akibat luka, Bersisikdan kering dengan warna yang gelap (eksim kering), Menjadi borok, peradangan basah (eksim basah) dan serinmg menyebabkan gatal gatal atau sensasi panas seperti terbakar ketika digaruk. Untuk mengatasinya cukup gunakan khasiat asam jawa secara teratur agar eksim mudah disembuhkan.

Caranya:
3 asam jawa dan 1 rimpang temulawak dihaluskan lalu diseduh dalam satu gelas air matang panas dan aduklah sampai merata. Tunggu sampai hangat lalu saringlah untuk kemudian tambahkan madu murni. Minumlah 2 kali sehari secara rutin.

Baca Juga:

29. Mengobati kulit melepuh

Kulit yang melepuh karena tersiram air mendidih, Minyak panas, Tersengat knalpot atau terkena paparan sinar matahari selama berjam jam dapat disembuhkan dengan menggunakan khasiat asam jawa.

Caranya:
1 asam jawa muda ditumbuk halus bersama 1 rimpang kunyit lalu balurkan pada bagian tubuh yang melepuh atau bagian kulit yang mengalami pembengkakan.

30. Menghilangkan jerawat dan komedo

Jerawat seringkali menyebabkan seseoraang menjadi tidak percaya diri terlebih banyak ditumbuhi komedo yang menyebabkan pori pori kulit menjadi kusam dan berminyak. Untuk mengatasinya cobalah khasiat asaam jawa yang terbukti amouh menghilangkan jerawat dan komedo relatriuf aman dan cepat. Halm ini disebabkan asam jawa mengandung vitamin C dan beberapa senyawa yang mendukung penghancuran tumpukan lemak dan pergerakan bakteri penyebab jerawat.

Caranya:
anda dapat memanfaatkan 3 asam jawa yang telah tua, 10 lembar daun sambiloto, 1 sendok teh adas bubuk dan 1 buah temulawak. Semua bahan di haluskan lalu seduhlah pada segelas air lalu aduklah sampai merata dan saringlah untuk kemudian di minum 2 sampai 3 kali sehari.

Baca Juga:

31. Pemutih kulit alami

Nutrisi pada khasiat asam jawa mampu memperbaiki struktur kulit yang memiliki warna tidak rata, Nampak kusam atau kulit gelap akibat paparan ultraviolet. Asam jawa memiliki zat pemutih kulit alami (senyawa Alpha Hydroxy Acid) yang dapat bekerja memulihkan kondisi kolagen yang rusak, Mencerahkan permukaan kulit yang kusam dan menstabilkan minyak alami yang ada dibawah kulit sehingga terhindar dari kekeringan dan iritasi.

Caranya:
haluskan 2 asam jawa kedalam segelas air matang hangat lalu aduklah hingga merata kemudian tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Olskan ke wajah sebagai masker. Tunggulah 30 menit lalu bilaslah dengan air hangat. Kedua bahan herbal asam jawa dan lemon mengandung vitamin c yang tinggi yang dapat bertindak sebagai antioksidan kuat sehingga memiliki kekuatan dua kali lipat dalam hal mencerahkan kulit wajah.

32. Sindrom kulit jeruk (selulit)

Syndrome kulit jeruk atau selulit muncul karena gumpalan lemak menumpuk pada jaringan kulit lalu menyebabkan garis garis kulit yang pecah dan tidak rata pada permukaan kulit seperti kulit jeruk. Kondisi ini bisa disebabkan karena faktor tidak mau berolahraga, Kebiasaan merokok, Alkohol, Kelelahan, Kegemukan, Karena pasca melahirkan dan lain lain.

Caranya:
Campurkan 2 asam jawa dan gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan dengan menambahkan 1/2 sendok teh backing soda untuk kemudian oleskan pada selulit yang ada pada kulit anda sambil melakuakn pijatan perlahan agar khasiat asam jawa yang didukung oleh manfaat dari gula aren dan backing soda dapat cepat meresap kedalam pri pori kulit.

Baca Juga:

33. Melangsingkan tubuh

Salah satu khasiat asam jawa adalah Vitamin C yang ada didalamnya yang dibantu oleh senyawa senyawa aktifnya dapat mendukung penghancuran lemak dalam tubuh ketika sedang tidur malam sehingga tubuh menjadi langsing.

Caranya:
Mengkonsumsi asam jawa yang telah melalui proses pengemasan dengan plastik atau kertas khusus tetap memiliki manfaat yang baik bagi kesehatn tubuh namun alangkah baiknya jika anda melarutkan 2 asam jawa kedalam segelas air matang panas lalu tambahkan madu, Perasan lemon dan satu batang kayu manis. Aduklah sampai merata kemudian tunggu menjadi hangat. Minumlah 2 kali sehari.

34. Penetral kafein dalam tubuh

Bagi penyuka kopi dan teh dapat memanfaatkan khasiat air asam jawa sebagai minuman rutin setiap menjelang tidur malam yang tujuannnya untuk pembersihan jaringan tubuh terhadap penumpukan kafein didalam tubuh. Sisa limbah kafein akan dikeluarkan didalam saluran pembuangan dalam bentuk urin .

Caranya:
Minumlah ramuan asam jawa yang terbuat dari bahan dasar perasan air kunyit, Madu dan Asam jawa yang di seduh dapat diminum kemudian 2 kali sehari 20 menit setelah selesai minum kopi ataupun teh.

Baca Juga:

35. Penetral mulut pahit

Dalam kondisi tertentu misalnya seseorang sedang terkena masuk angin, Bangun tidur atau Baru pulih dari sakit dapat menyebabkan kerongkongan dan rongga mulut cenderung sensitif terhadap kekurangan cairan yang menyebabkan mulut pahit. Untuk menetralkan mulut yang pahit anda bisa merasakan khasuat asam jawa yang menakjubkan.

Caranya:
Kunyahlah buah asam jawa yang telah tua yang sebelumnya telah dilumatkan didalam genangan madu didalam mangkuk. Lakukan cara terseburt sama seperti cara untuk mengatasi mulut pahit setelah minum obat.

36. Mencegah mabuk ketika berpergian

Berperrgian dalam jarak panjang atau pendek entah itu dengan kendaraan, Pesawat, Kereta apain ataupun pesawat kadangkala menyebabkan masuk angin tiba tiba dengan gejala kepala pusing, Ulu hati tidak nyaman, Mual, Keinginan untuk muntah dan badan lemas. Untuk mencegah atau mengatasinya maka anda bisa mengkonsumsi dan menikmati khasiat asam jawa yang mampu memulihkan kondisi tubuh anda menjadi normal kembali.

Caranya:
2 rimpang jahe , 2 ruas Kunyit dan 3 asam jawa dihaluskan atau ditumbuh halus menjadi satu kemudian seduh dalam air maytang hangat. Saring kemudian minulah 20 menit sebelum melakuakan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat, Udara atau laut.

Baca Juga:

37. Pasokan energi

Aktivitas rutin sehari hari sangat membutuhkan banyak energi, Kekuatan tubuh dan kedsadaran emosional untyuk terus berfikir sehingga menyebabkan kelelahan dan tubuh kehilangan pasoka energi. Tubuh akan lemas dan jaringan otak tidak lagi memiliki kualitas terbaiknya untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Untuk mengatasinya maka gunakan khasiat asam jawa sebagai minuman sehat harian anda disela sela kesibukan. Yaitu asam jawa yang telah dihaliuskan lalu diseduh bersama madu dan perasan kunyit .

38. Pencegah dehidrasi

Ketika seseorang terjebak dalam aktivitas rutin sehari hari yang menyita banyak waktu atau kondisi psikologis yang sedang tidak stabil (stres) maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya maka cobalah untuk menikmati khasiat asam jawa agar tubuh terhindar dari kekurangan cairan.

Caranya:
Untuk mengatasi dan mencegah tubuh kekurangan cairan minumlah minuman asam jawa yang telah dicampur dengan madu dan poerasan kunyit. Minumlah 2 kali sehari atau disela sela kesibukan rutinitas anda.

39. Menyingkirkan racun dalam tubuh

Khasiat asam jawa yang paling unik adalaah mampu menyingkirrkan racun dalaam tubuh yang dikekuarkan melalui murin dan keringat ketuika tubuh sedamg aktif bergerak. Nutrisi yang ada pada asam jawa dapat bekerja sama dengan jaringan tubuh yang mengalami penumpukan racun hasil dari limbah makanan yang dikonsumsi ataupun dari faktror lain misalnya polusi udara.

Caranya:
Gunakan asam jawa atau sering disebit asam kawak yaitu asam yang sudah dikemas dalam pembungkus plastik sachet yang mudah anda dapatkan diwarung atau dipasar tradisional. Larutkan dan hancurkan asam jawa didalam segelas air matang hangat dan tambahkan beberapa tetes sari bawang putih yang sebelumnya telad dikukus atau direbus karena untuk mencegah bahaya bawang putih mentah yang dapat mencederai organ pencernaan. Minumlah ramuan herbal 2 kali sehari.

Baca Juga:

40. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan penyakit susah tidur yang muncul berulang kali dan terus menerus yang dapat merusak sel sel tubuh dan menyebabkan ganguan saraf otak yang memicu sakit kepala berkepanjangaan. Jangan khawatir karena khasiat asam jawa mampu mengatasi insomnia dengan cepat.

Caranya:
Rebuslah satu ikat daun kangkung beserta batangnya lalu makanlah bersama sambala asam jawa. Cara ini efektif menagatsi kesulitan tidur. Jika anda rajin makan sayuran kangkung dengan sambal yang terbuat dari bahan dasar asam jawa maka anda akan segera mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

41. Mengobati Sakit kuning

Seseorang yang menderita gejala awal sakit kuning seperti kulit dan bagian mata berwarna kuning, Badan lemas dan Tidak nafsu makan ada baiknya segera menikmati khasiat asam jawa untuk mempercepat penyembuhan. Pada rentan yang masih dalam kategori gejala penyakit kuning, Maka bisa dipastikan penyakit tersebut relatif mudah untuk disembuhkan.

Caranya:
Ambilah 2 asam jawa tua lalu haluskan kemudian tambahkan setengah gelas kecil air matang, Satu buah mengkudu yang telah dibersihkan klit dan dagingnya lalu dipotong menjadi 4 bagian, Llau sediuakan gula aren dan madu sesuai selera. Blenderlah lalu saringlah sarinya untuk kemudian di minum 2 kali sehari.

Baca Juga:

42. Mengobati penyakit cacingan

Caingan sering menyerang anak anak akibat sering bermain pada tempat yang kotor, Lupa cuci tangan, Makanan yang telah terkontiminasi kuman atau karena tertular dari orang lain melalui benda benda yang biasa digunakan untuk bermain. Salah satu khasiat asam jawa adalah dapat memblokir aktivitas cacing muda agar mudah dimusnahkan sehingga penyebaran cacing berikutnya tidak akan terjadi dalam jaringan pencernaan atau jaringan lain.

Caranya:
Buatlah jus buah dengan menambahkan 1 asam jawa lalu berikan pada anaka anak, Atau buatlah minuman jahe merah yang ditambahkan 2 asam jawa dan gula aren. Ramuan tersebut mampu memblokir perkembangan cacing penyebab cacingan dan mengagalkan pertumbuhan dari telur telur cacing diorgan pencernaan.

43. Melancarkan buang air besar (pencahar alami)

Susah buang air besar atau sembelit dapat menyebabkan penumpukan kotoran disaluran pembuangan yang nantinya bisa memicu keluhan kesehatan lain disekitar perut bagian bawah misalnya perut akan nyeri, Mual, Ulu hati sakit, Penumukan racun dalam tubuh dan lain lain. Sebaiknya anda memanfaatkan khasiat asam jawa untuk dijadikan sebagai obat pencahar alami yang aman.

Caranya:
Buatlah jus pepaya yang ditambahkan 3 asam jawa. Kombinasi pepaya dan asam jawa terbukti mampu melancarkan sistemm pencernaan dan melunakkan feses (kotoran) disaluran pembuangan. Jus pepaya asam jawa ini juga dapat mencegah mual mual dan mules yang biasanya sering menyerang orang orang yang mengalami sembelit.

Baca Juga:

44. Melindungi arteri jantung

Khasiat asam jawa untuk kesehatan arteri jantung adalah terletak pasa senyawa fenolnya yang dapat bertindak sebagai antioksidan yng kuat untuk melindungi dan memperkuat arteri jantung sehingga terhindar dari serangan berbagai partikel beracun termasuk bakteri, Kuman dan organisme lain.

Caranya:
Minumlah air asam jawa yang hanya ditambahkan dengan madu murni setiap pagi dan malam hari. Atau jika anda suka anda bisa langsung makan asam jawa yang telah dikemas dalam plastik yang diproses secara manual tanpa gula. Asam jawa seperti ini dapat mudah diperoleh diwarung atau toko yang menjual sembako.

45. Mencegah penuaan dini dan flek hitam

Tahukah anda bahwa khasiat asam jawa ternyata secara klinis terbukti memiliki kehebatan yang sama seperti jeruk lemon atau nipis yang juga memiliki zat antibioik alami dan Vitamin C, Dimana kandungan kimianya tersebut mampu memudarkan penumpukan pigmentasi akibat sengatan sinar matahari, Mengurangi garis garis halus diselkitar mata dan ujung mulut dan mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terhindar dari penuaan dini dan flek hitam.

Caranya:
2 Asam jawa dihaluskan lalu tambahkan perasan air lemon dan lendir lidah buaya secukupnya. Campurkan bahan menjadi satu dan oleskan pada wajah sebagai masker pada kulit wajah yang terdapat kerutan halus akibat sinar matahari dan muncul flek hitam. Diamkan sampai 30 menit lalu bilaslah dengan air hangat hingga bersih. Gunakan cara ini satu kali sehari setiap hari guna mempercepat pemulihan jaringan kulit yang rusak.

Baca Juga:

46. Penawar rasa pahit obat

Banyak orang yang merasa mulutnya menjadi pahit setelah menelan obat dan rasa pahit tersebut tidak bias hilang secara total walaupun sudah minum air putih sebagai penawarnya. Menggunakan khasiat asam jawa sebagai penawar rasa pahit obat adalah jalan yang terbaik, Karena selain rasa pahit akan segera hilang , Nutrisi pada asam jawapun akan terserap oleh tubuh.

Caranya:
Lumatkan satu buah asam jawa pada madu murni kemudian makan dan kunyahlah. Cara ini memnag sederhana tetapi efektif menghilangkan rasa pahit pada lidah anda sesaat setelah menelan obat dan minum air putih sebagai penawarnya.

47. Meredakan pusing dan sakit kepala

Ketika anda terserang pusing atau sakit kepala sebaiknya jangan terburu buru lanngsung minum obat kimia, Cobalah khasiat asam jawa yang terbukti lebih aman dan dapat menyingkirkan ketegangan otot dan saraf saraf pada kepala akibat kurang tidur, Kecapekan, Banyak berfikir atau bahkan karena migrain kambuh.

Caranya:
Minuman air asam jawa yang hanya ditambahkan satu sendok makan madu murni. Minumlah ketika kepala sedang berat dan mewngalami pusing maka pusing atau sakit kepala anda akan segera hilang.

Baca Juga:

48. Menurunkan demam orang dewasa

Pada orang dewasa demam yang menyerang dapat diawali dengan gejala masuk angin, Sakit kepala , Flu , batuk batuk dan meriang. Atasi masalah tersebut dengan menggunakan khasiat asam jawa yang dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh yang sedang naik pada orang dewasa.

Caranya:
Ambilah 2 buag asam jawa tumbuh halus Lalu iris irislah bawang merah . Cmpurkan bahan herbal tersebut menjadi satu dan borehkan atau balurkan pada dahi .

49. Mengurangi efek nikotin

Kebiasaan merokok berlebihan dapat menyebabkan efek nikotin yang tidak baik baik jaringan tubuh misalnya jaringan mulut, Tenggorokan, Paru paru dan sistem pernafasan bagian atas dimana nikotin mampu menyumbat aliran darah, Melukai dinding organ tubuh dan meracuni darah yang berisi oksigen. Untuk menghilangkan efek buruk dari bahaya merokok sebaiknya khasiat asam jawa dapat dijadikan solusi paling mudah dan manjur untuk mengatasinya.

Caranya:
Halukan 2 buah asam jawa kedalam satu gelas air matang hangta dan tambhakan perasan air jeruk lemon atau nipis. Minumlah 2 sampai 3 kali sehari yaitu pagi, Siang dan malam menjelang tidur.

Baca juga;

50. Mengatasi nyeri sendi

Asam jawa mengandung zat anti inflamasi yang kuat untuk melindungi persendian dari rasa nyeri akibat peradangan yang disebabkan oleh masalah arthritis.

Caranya:
3 buah asam jawa dapat ditumbuh halus lalu tambahkan( sari) jahe dan kunyit yang airnya telah diperas terebih dahulu. Tambahakan gula aren lalu siap untuk diminum 2 kali sehari.

Minuman Asam jawa di Minum dalam Keadaan Sehat

  • Asam jawa merupakan bumbu masakan yang ratusan tahun telah terbukti secara klinis dapat mencegah dan melindungi tubuh dari serangan polutan udara yang didalamnya terdapat radikal bebas penyebab kerusakan jaringan tubuh. Karena kita tahu bahwa aktivitas manusia sehari hari tidak akan pernah lepas dari paparan polusi udara.
  • Mengkonsumsi minuman asam jawa yang ditambahkan gula aren dan perasan jeruk lemon terbukti aman tanpa efek samping jika dijadikan minuman harian yang dapat diminum dua kali setiap hari agar kondisi tubuh selalu berada pada kondisi terbaiknya kendati anda sedang dalam kondisi tubuh yang sehat sekalipun.
  • Untuk mendapatkan khasiat asam jawa tidak hanya terbatas pada bentuk minuman saja tetapi bisa dikonsumsi dalam bentuk permen, mengunyah asam jawa yang telah diproses menjadi camilan dan dapat dimakan secara langsung, Dalam bentuk jamu atau dalam makanan yang dimakan sehari hari misalnya sayur asam atau sambal yang dibuat dengan bahan dasar asam jawa.

(Baca Juga: Minuman Penambah Stamina  , Minuman Penambah Massa Otot)