9 Ciri Batuk Asma Ketahui Penyebab dan Penanganannya

4015

Ciri batuk asma merupakan penyakit gangguan pernafasan dimana kondisi paru paru mengalami penyempitan sehingga menghambat udara masuk dengan lancar. Batuk asma adalah penyakit asma yang dikuti oleh batuk yang sering muncul dengan intensitas batuk yang lebih parah ketika malam dan pagi hari, Dimana sipenderita mengalami kesulitan bernafas. (Baca Juga: Penyebab Nafas Pendek  , Obat Tradisional Sesak Nafas)

Penyebab Batuk Asma

  • Faktor genetik (keturunan)
  • Karena serangan jamur atau virus yang menyebabkan infeksi paru paru
  • Terlalu sering terpapar radikal bebas (polusi udara) misalnya asap kendraaan, Asap rokok, Asap pembakaran sampah dan lain lain.
  • Alergi buku bintang, Debu, Serbuk bunga dan lain lain
  • Aktivitas tubuh yang terlalu berlebihan
  • Perubahan suhu atau cuaca dingin

(Baca Juga: Makanan Penyebab Alergi Gatal , Obat Alergi Debu)

Ciri-Ciri Batuk Asma

  1. Nafas terasa berat dan muncul bunyi ngik ngik

Sesak nafas akibat ifeksi yang terjadi pada saluran pernafasan oleh serangan virus dan jamur , Dimana saluran pernafasan mengalami penyempitan akibat peradangan yang akhirnya mempersulit seseorang untuk bernafas secara normal. (Baca Juga: Gejala Sesak Nafas , Obat Asma)

  1. Batuk batuk

Ketika gatal gatal muncul pada saluran tenggorokan maka akan mengumpul cairan lendir dan menumpuk memicu batuk batuk. Semakin batuk berdurasi cepat dan berulang ulang maka rasa gatalpun akan segera hilang namun meninggalkan jejak luak pada tenggorokan yang semakin melebar dan meradang. Ketika sedang batuk batuk sebaiknya menghindari makanan yang dilarang saat batuk supaya sembuh misalnya salah satunya adalah jenis gorengan.

  1. Jangkauan nafas relatif lebih pendek

Ketika seseorang terserrang batuk asma berkepanjangan maka akan mengalami nafas yang pendek dan tersengal sengal, Akibatnya kehilangan kemampuan untuk bisa berlari, Berjalan cepat dan mengganggu ketika beraktivitas terutama saat rutinitas membutuhkan banyak gerakan fisik dan energi. (Baca juga: Nafas Pendek dan Berat , Madu Untuk Penderita Asma)

  1. Dada terasa nyeri

Ketika seseorang mengalami batuk batuk dan sesak nafas maka akan mengalami rasa nyeri pada rongga dada akibat jaringan dada termasuk saraf sarafnya dipaksa untuk menahan himpitan udara pada saluran dad bawaah dan atas yang spontan ketika seseorang terbatuk batuk dalam durasi yang sering atau terus menerus. (Baca Juga: Nyeri Dada Kiri , Penyebab Dada Kiri Sakit)

  1. Bersin bersin dan hidung tersumbat

Ketika sesak nafas, Batuk batuk dan dada nyeri maka akan timbul penurunan daya tahn tubuh yang berpotensi besar memperlemah pertahanan tubuh untuk bisa menahan radikal bebas yang menyebabkan bersin berulang ulang dan hidung menjadi pilek lalu tersumbat. (Baca Juga: Penyebab Sering Bersin Bersin , Bahaya Jika Menahan Bersin)

  1. Tubuh mudah merasa lelah

Seseorang yang mengalami ciri ciri batuk asma maka kondisi keseimnagan tubuhnya melemah dan tubuh kehilangan stamina serta mudah merasa kelelahan walaupun sedang tidak melakukan aktivitas tubuh yang berat. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lelah , Cepat Lelah)

  1. Muncul lingkaran hitam pada kelopak mata bagian bawah

Batuk asma seringkali muncul dengan intensitas batuk yang terus menerus adalah pada malam dan pagi hari, Jika terus menerus berlangsung maka keadaaan ini dapaat menyebabkan penderita kesulitan tidur dan mengalami lingkaran hitam pada kelpoak mata bagian bawah serta tampilan wajah yang lesu dan pucat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda , Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Tradisional)

  1. Tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi

Batuk asma yang terus menerus bukan hanya menyebabkan tubuh menjadi sulit untuk tidur tetapi juga menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kehilangan kemampuan untuk berfikir secara logis. Hal ini karena pada penderita batuk asma lebih rentan terserang stres yang memicu otak tak mampu menerima informasi dari luar tubuh secara tepat. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Fokus , Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Belajar)

  1. Meningkatkan ritme jantung

Ciri ciri batuk asma yang telah menjangkiti tubuh dalam waktu yang lama dapat menjadi salah satu penyebab gangguan ritme jantung dan mempengaruhi fungsi jantung. Jantung akan meningakat detaknya dan menyebabkan seseorang merasa tidak mampu untuk duduk atau berdiri dengan baik. (Baca Juga: Detak Jantung Kurang Dari 60 per Menit , Tanda Tanda Lemah Jantung)

Penanganan Batuk Asma

Tips cara tradisional yang aman dan mudah dibuat sendiri dirumah untuk mengatasi batuk asma pada anak, Dewasa dan orangtua agar gejala dan penyakit asma dapat segera disembuhkan dan tidak kambuh kembali.

1. Mengkudu + Jeruk nipis + Kapur sirih

Ambilah buah mengkudu yang sudah masak atau tua, Lalu blenderlah untuk kemudian disaring dan diambil airnya, Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan tambahkan pula satu gelas air hangat matang kemudian campurkan kapur sirih sebanyak 1 sendok teh. Aduklah ramuan tradisional yang dapat menghilangkan ciri ciri batuk asma ini kemudian saringlah sarinya . Minumlah dua kali sehari agar sesak nafas, Batuk dan gatal pada tenggorokan dapat segera disembuhkan.

Baca Juga:

2. Seledri + Madu

Ambilah 30 gr seledri ditumbuh atau diblender dan masukkan kedalam air dan rebuslah hingga mendidih. Setelah matang dan dingin untuk kemudian ditambahkan 2 sendok madu asli sebelum akhirnya bisa diminum 2 sampai 3 kali sehari secara teratur. Manfaat seledri dan madu dapat melenyapkan ciri ciri batuk asma ringan , Meningkatkan daya tahan tubuh, terhindar dari kesulitan tidur dan mengurangi intensitas batuk pada maalam hari dan pagi hari.

3. Madu + Kunyit

Ambilah 2 sampai 3 sendok makan madu lalu masukkan kedalam air matang yang masih hangat lalu tambahkan dengan air perasan dari kunyit untuk kemudian diminum 3 kali sehari secara teratur. Gabungan antara madu dan kunyit adalah merupakan ramuan yang terbukti ampuh melenyapkan ciri ciri batuk asma yang masih dalaam tahap awal menyerang anak anak dan remaja karena madu dan kunyit menpemempermudah keluarnya dahak yang menyumbat saluran pernafasan.

Baca Juga:

4. Bunga kenanga

Ambilah 3 sampai 5 bunga kenanga yang sebelumnya telah dikeringka satu hari dibawah terik sinar matahari untuk kemudian dicuci lalu direbus dalam air dengan takaran 200 cc. Biarkan hingga mendidih lalu angkat dan siap diminum dalam keadaan hangat. Bunga kenanga merupakan salah satu obat herbal yang dapat mencegah munculnya ciri ciri batuk asma pada anak, Dewasa dan orang tua , Mengurangi dahak, Melancarkan pernafasan dan menghilangkan rasa nyeri pada rongga dada.

5. Jahe + Madu

Parutlah 3 ibu jari jahe lalu peraslah sarinya untuk kemudian tambaahkan madu sesuai keinginan. Ramuan sederhana yang manjur ini mampu menyembuhkan ciri ciri batuk asma yang telah terlanjur menyerang anak anak, Memiliki kemampuan mencegah masuk angin, Meningkatkaan daan mempertahankan daya tahan tubuh, Menghangatkan tubuh dan mampu mengurangi peradangan pada saluran pernafasan bagian bawah akibat serangan bakteri, Jamur atau virus serta memiliki kemampuan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

Baca Juga:

6. Kencur + Garam

Ambilah 10 ibu jari kencur lalu bersihkan dan parutlah untuk diambila airnya. Tambahkan garam secukupnya dan air matang satu gelas ukuran kecil. Minumlah ramuan yang dapat menghilangkan ciri ciri batuk asma pada remaja dan dewasa, Mengurangi rasa gatal gatal pada tenggorokan dan mampu mengencerkan dahak ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari secara teratur.

7. Jus kemangi + Madu

Ambilah satu genggam daun kemangi dapat dicuci terlebih dahulu lalu blenderlah dan saringlah airnya untuk kemudian bisa ditambahkan madu sesuai selera. Minumlah ramuan alami yang mampu mengobati ciri ciri batuk asma yang menyerang anak, Dewasa baahkan lansia, Dapat memperlancar sistem pernafasan dan mengurangi gejala asma. Minumlah ramuan ini 2 sampai 3 kali sehari sampai asma benar benar hilang.

Baca Juga:

8. Jus apel + Madu
Buatlah jus dengan menggunakan satu buah apel . Setelah diblender dan dimasukkan daalam gelas maka bisa ditambahkan madu sesuai dengan selera. Rajin minum jus apel mampu mencegah dan mengobati penyakit batuk asam yang menyerang anak, Dewasa bahkan para orang tua. Apel memiliki kandungan kimia quersetin yang melindungi saluran pernafasan bagian bawah dari peradangan akibat infeksi jamur atau virus , Jus apel terbukti efektif menghilangkan ciri ciri batuk asma yang menyerang anak anak.