Amankah Madu Untuk Penderita Asma ?

5623

Madu memang sangat berkhasiat bagi tubuh manusia. Dengan kandungan-kandungan yang dimilikinya, madu bisa membuat tubuh menjadi sangat kuat dan menjadi tidak mudah terkena penyakit. Salah satu manfaat madu adalah bagi para penderita asma. Memang banyak yang masih mempertanyakan apakah madu memang bisa digunakan untuk menyembuhkan asma atau tidak. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri asma dan apakah madu bermanfaat bagi para penderita asma atau tidak.

Penyakit asma

Asma adalah sebuah penyakit penyebab paru-paru basah yang muncul akibat dari peradangan dan penguncupan yang terjadi pada saluran pernafasan. Orang-orang yang mengidap penyakit asma tidak bisa diprediksi. Akan tetapi, hal yang amat jelas terlihat ketika seseorang mulai terkena asma adalah bila terjadi perubahan di dalam saluran pernafasannya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai gejala-gejala kemunculan penyakit asma.

  • Perubahan pada saluran pernafasan

Perubahan yang dimaksud adalah inflamasi atau terjadinya pembengkakan yang kemudian menyebabkan saluran pernafasan menjadi menguncup dan peka terhadap rangsangan dari luar. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan asma itu muncul. (baca juga: sesak nafas)

  • Pernafasan seperti orang bersiul

Ini adalah ciri yang bisa dilihat kasat mata. Salah satu tandanya yang pasti adalah pernafasan yang berbunyi seperti layaknya orang bersiul. Apalagi ketika orang yang menderita asma itu menghembuskan nafasnya. Maka hal itu akan sangat terlihat perbedaan antara orang yang keadaan pernafasannya normal dan yang terkena asma. (baca juga: obat asma)

  • Batuk

Batuk ini hanya terjadi di beberapa kesempatan dan tidak bisa dijadikan indikasi utama gejala dari asma itu sendiri. gejala Batuk TBC yang terjadi biasanya adalah batuk yang terjadi ketika di malam hari atau selepas melakukan latihan fisik. Apabila batuk tersebut terjadi selama lebih dari seminggu, maka bisa dipastikan terkena asma. (baca juga: penyebab batuk berdahak)

  • Sesak nafas dan dada terasa ketat

Hal ini biasanya bisa dirasakan oleh penderita langsung. Ketia ia bernafas, ia akan mengalami sesak, kesulitan bernafas dan dadanya terasa ketat. Selain itu ia akan merasa kesulitan dalam mengambil dan membuang nafasnya. Bahkan dalam kasus tertentu, ketika lendir yang menahan terlalu banyak asma tidak dapat ditahan. (baca juga: dada sesak sebelah kiri)

Penyakit asma ini diperkirakan menyerang 80% anak-anak dan 50% bisa menyerang orang-orang dewasa. Serangan asma yang dialami tiap individu pun berbeda-beda. Ada beberapa yang mengalami hanya sedikit sesak nafas, mengalaminya dalam masa yang singkat, dan beberapa yang lain.

Asma merupakan jenis penyakit yang tidak menentu dan hal ini pulalah yang menyebabkan asma sulit untuk kdipahami. Meskipun begitu beberapa pendidikan yang diberikan pada dokter dan paramedis pada orang-orang yang menderita asma atau yang keluarganya terkena asma, bisa membantu untuk mengatasi permasalahan penyakit ini. (baca juga: pertolongan pertama pada asma)

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika seseorang terkena asma :

  • Menjauhkan dari debu.
  • Menjauhkan dari asap rokok. (baca juga: bahaya menelan asap rokok)
  • Menggunakan obat kostikosteroid.
  • Menggunakan kromolin.
  • Menggunakan ketotifen dan terapi imun.
  • Menggunakan obat-obat bronkodilator yakni obat yang berupaya mengembangkan saluran pernafasan dan melegakan pernafasan.

Madu bagi Penderita Asma

Menurut beberapa penelitian, madu sangat baik untuk penderita asma. Hal ini karena madu mampu membantu mengencerkan dan membuang lendir yang terdapat dalam sistem pernafasan yang menyebabkan penyakit asma muncul. Berikut adalah beberapa ramuan madu yang bisa anda gunakan untuk meringankan penyakit asma yang diderita;

  • Meminum satu sendok teh madu yang dicampur air hangat setiap hari. Hal ini bisa memperlancar sistem pernafasan dan membuat efek lega di dada anda.
  • Meminum satu sendok teh madu yang dicampur dengan air hangat dan dicampur dengan satu sendok teh bubuk kunyit. Diminum sebanyak dua kali dalam sehari. Ramuan ini sama gunanya, yakni untuk memperlancar sistem pernafasan anda dan membuat pernafasan anda tidak terasa sesak. (baca juga: madu bagi penderita DBD)
  • Mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Anda dapat meminumnya sekali dalam sehari baik pada pagi hari atau pun pada malam hari untuk meredakan sesak di dada.
  • Mencampurkan satu sendok makan madu murni dengan satu sendok teh bawang putih yang sudah ditumbuk atau anda jadikan jus bawang putih dan juga satu sendok teh asafetida. Anda bisa meminumnya dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari. Ini bisa meringankan sesak di dada dan membuat pernafasan anda lebih nyaman.
  • Mencampur daun kemangi yang sudah anda haluskan atau anda jus dengan satu sendok madu. Ramuan ini bisa membuat penderita asma yang kesulitan bernafas menjadi lega dan pernafasannya bisa kembali normal. Hal ini karena kandungan di dalam kemangi dan madu yang baik untuk membersihkan saluran pernafasan sehingga bisa bernafas dengan nyaman.

Demikian adalah beberapa cara untuk meringankan penderitaan orang yang terkena asma dengan madu dan beberapa ramuan lain yang memang sangat enak diminum dan sangat baik untuk kesehatan pernafasan anda. Semoga bermanfaat!

baca juga :