14 Cara Mencegah Sesak Napas Secara Alami

3736

Sesak napas sangat menyiksa dan membuat seseorang kesulitan dalam bernapas. Banyak faktor yang menyebabkan sesak napas mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal sehingga tidak jarang orang terkena sesak napas. Bagaimana cara mencegah sesak napas agar tidak menyerang?

artikel terkait: penyebab dada sesakcara mengatasi sesak napas

Banyak faktor yang menyebabkan sesak napas, akan tetapi ada banyak cara yang dapat dilakukan sebagai pengobatan maupun sebagai pencegahan sesak napas. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menghindari sesak napas adalah sebagai berikut:

1. Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin akan membantu paru-paru menjadi lebih sehat, jika paru-paru sehat maka tubuh juga akan sehat. Begitu pula dengan pernapasan, pernapasan juga akan menjadi lebih mudah jika paru-paru sehat. Dengan demikian anda akan terhindari dari penyakit sesak napas ini. Selain itu, dengan paru-paru yang sehat anda juga akan memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

artikel terkait:

2. Menghirup udara segar

Dengan menghirup udara segar, maka paru-paru juga akan menjadi sehat. Menghirup udara segar terutama di pagi hari akan membantu tubuh untuk menghirup oksigen yang bersih, dengan oksigen yang bersih secara otomatis akan membersihkan paru-paru.

3. Atur pola makan

Pola makan yang baik juga akan mempengaruhi kesehatan pernapasan. Dengan mengonsumsi makanan yang buruk maka akan menggaggu kesehatan tubuh. Selain itu, anda juga harus memperhatikan pola makan seperti halnya kapan saja anda harus makan dan seberapa porsi makanan yang harus anda makan. Sebaiknya tidak makan terlalu kenyang agar pernapasan tetap stabil.

artikel terkait: daftar contoh menu makanan sehat sehari-hari – makanan 4 sehat 5 sempurna contoh dan manfaatnya

4. Perbanyak minum air putih

Air putih bermanfaat untuk menambah cairan yang ada di dalam tubuh, jika air putih atau cairan pada tubuh kurang maka kemungkinan akan menimbulkan sesak napas. Hal ini disebabkan karena lendir paru-paru yang digunakan untuk bernapas mengental sehingga jika kekurangan cairan akan membuat kentalan itu menjadi sulit digunakan bernapas. Pada saat cairan mengental, maka mikroba akan mudah masuk dan menyerang sehingga akan membuat paru-parfu mudah terinfeksi berbagai virus.

artikel terkait:

5. Pergi ke pantai

Salah satu cara yang terbaik adalah pergi ke pantai. Pantai adalah alam yang dapat dibilang masih alami, pantai biasa digunakan sebagai tempat terapi untuk para penderita asma. Ketika seseorang menderita asma, biasanya pada waktu pagi hari mereka akan lebih sering ke pantai untuk mendapatkan udara yang segar dan yang masih alami sehingga akan membut paru-paru menjadi sehat dan tidak sesak napas.

6. Atur cara bernapas

Mengatur cara bernapas sesekali juga diperlukan dalam penjagaan paru-paru dan sistem pernapasan, sesekali dapat menggunakan napas dengan perut. Hal ini merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan ketika sedang merasa sesak napas melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  • Letakkan bantal di bawah kepala dan berbaring dengan nyaman, kemudian tekuk lutut dan relaksasikan perut.
  • Letakan salah satu tangan ke perut dan satu lagi ke dada.
  • Tekan tangan yang di perut untuk menekan perut kemudian tangan yang satu lagi digunakan untuk memegang dada.
  • Setelah semua sudah siap maka mulailah bernapas dengan perlahan, gunakan otot perut untuk bernapas.
  • Lakukan hal ini berulang-ulang sampai tubuh merasa lebih baik.

artikel terkait: cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusiacara menjaga kesehatan paru-paru

7. Yoga

Yoga juga bermanfaat untuk mengatur cara bernapas. Selain itu, yoga juga merupakan olahraga yang paling mudah untuk merelaksasikan tubuh. Dengan beryoga maka tubuh akan terasa lebih mudah untuk bernapas dan juga lebih tenang. Begitu pula dengan pernapasan, jika tubuh tenang maka pernapasan akan tenang sehingga akan memperoleh oksigen secara optimal.

8. Hindari rokok

Rokok mengandung banyak nikotin. Nikotin adalah salah satu zat yang mampu merusak paru-paru. Dengan adanya nikotin yang banyak akan membuat napas menjadi sulit. Untuk itu,  anda harus mencegah untuk terkena asap rokok atau malah merokok agar tidak mengalami sesak napas.

artikel terkait:

9. Hindari polusi udara

Polusi udara yang kotor juga membuat paru-paru sulit untuk mengambil napas. Meskipun napas dapat diambil dengan biasa saja, akan tetapi yang sulit adalah mengambil oksigen yang ada di udara itu, karena udara sudah tercemar dengan polusi yang kotor. Dimana polusi yang kotor itu akan menyebabkan paru-paru menjadi kotor pula sehingga paru-paru sulit untuk menyaring udara. Sebaiknya saat berpergian menggunakan masker atau penutup agar tidak terlalu banyak menghirup udara yang kotor.

artikel terkait: bahaya polusi udara

10. Hindari makanan yang menjadi pantangan sesak napas

Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita sesak napas cukup banyak. Oleh karena itu, bagi anda yang belum terserang sesak napas ada baiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan sesak napas. Adapun makanan yang menjadi pantangan, antara lain:

11. Hindari bulu kucing atau bulu lainnya

Dalam bulu biasanya terkandung beberapa macam virus dimana virus ini yang akan membuat paru-paru anda terganggu. Virus yang ada pada bulu kucing atau binatang lainnya dapat membuat paru-paru anda terinfeksi virus sehinga proses untuk bernapas menjadi terganggu. Oleh karena itu, bila anda ingin bermain dengan kucing atau memelihara kucing, peliharalah kucing yang tidak mudah rontok bulunya atau dengan kata lain anda harus menjaga kucing itu agar kucing itu tidak memiliki bulu yang rontok sehingga aman ketika berinteraksi dengannya.

artikel terkait: bahaya bulu kucing bagi kesehatanbahaya bulu hamster bagi manusiaefek bahaya bulu anjing

12. Atur waktu tidur siang

Tidur terlalu lama dapat menyebabkan napas menjadi sesak. Hal ini disebabkan tidur siang terlalu lama berarti membiarkan paru-paru di tubuh anda tidak mendapat asupan oksigen yang banyak. Jika hal ini terus dilakukan dan terlalu lama maka akan membuat tubuh menjadi sesak napas. Oleh karena itu, hindari tidur di siang hari dengan waktu yang lama. Jika ingin tidur di siang hari usahakan tidur kurang dari 1 jam. Selain sesak napas, tidur di siang hari dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang lain.

artikel terkait: bahaya tidur siang

13. Mengontrol emosi

Mengontrol emosi juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengontrol emosi berarti membiarkan tubuh atau diri tenang. Hal ini akan membantu tubuh untuk lebih mudah menmperoleh oksigen dari lingkungan. Oleh karena itu, jika sedang emosi ingatlah bahwa anda membutuhkan pernapasan untuk menghidupi diri. Hal ini dilakukan agar anda tidak terlalu emosi dan dapat menjaga kesehatan diri. Sebagai contoh apabila seseorang yang sedang emosi pasti seseorang tersebut akan merasakan sesak pada dadanya.

artikel terkait: strespenyebab stres cara mengatasi stres super ampuhcara menghilangkan strescara menghindari stresmakanan untuk menghilangkan stres

14. Konsumsi jamu-jamuan

Mengonsumsi jamu-jamuan menjadi salah satu pengobatan alternatif yang dapat digunakan untuk mengobati sesak napas atau bahkan sebagai bentuk pencegahan terhadap serangan sesak napas. Adapun bahan yang dapat dijadikan jamu untuk diminum, antara lain:

  • Kayu manis. Kayu manis dapat digunakan sebagai jamu keseharian. Pada dasarnya kayu manis mengandung zat yang mempu mencegah virus penyebab sesak napas. Cara menggunakan kayu manis: pilih kayu manis yang masih bagus, kemudian potong kayu manis dalam ukuran tidak terlalu kecil, rebus kayu manis sampai mendidih, setelah itu minum air hasil didihan kayu manis tersebut. Ada cara yang lain yaitu dengan mencampurkan kayu manis pada olahan masakan, karena selain sebagai obat sesak napas kayu manis ini juga bermanfaat untuk sebagai penyedap masakan. [artikel terkait: obat asma]
  • Madu. Selain rasanya yang manis, madu juga memiliki fungsi dan manfaat yang baik, yaitu untuk menghilangkan sesak napas atau untuk cara mencegah sesak napas. Cara mengolahnya mudah sekali yaitu dengan mengonsumsi madu asli 1 kali sehari dan rutin dilakukan setiap hari. [artikel terkait: cara membedakan madu asli dan palsu ]
  • Daun sirih. Ternyata daun sirih tak hanya digunakan untuk membersihkan organ intim kewanitaan saja, akan tetapi bermanfaat pula untuk mencegah dan mengobati sesak napas. Daun sirih ini dapat digunakan sebagai jamu dengan cara: pilih daun sirih yang masih segar, cuci daun sirih sampai bersih, masukkan daun sirih ke dalam panci atau wadah untuk merebusnya, masukkan 2 gelas air untuk merebus daun sirih, biarkan sampai mendidih, usahakan air sampai surut paling tidak sampai 1 gelas air, setelah itu jamu daun sirih dapat dikonsumsi.
  • Bawang putih. Selain untuk penyedap makanan,  bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat sesak napas alami dan sangat mudah ditemukan. Caranya: ambil dan kupas beberapa bawang putih, kemudian cuci sampai bersih, lalu iris bawang putih tipis-tipis, lalu siapkan kecap, makan irisan bawang putih itu dengan kecap. [artikel terkait: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih]
  • Bunga kenanga. Cara menjadikan bungan kenanga sebagai jamu adalah ambil bunga kenanga paling tidak 1/2 genggam, sediakan gula 1 1/2 sendok teh, gunakan air 1 gelas untuk merebusnya, rebus bunga kenanga dengan 1 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisal 1/2 gelas air, saring jamu itu kemudian dapat langsung dikonsumsi atau boleh ditunggu sampai dingin.
  • Kencur. Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, melainkan sebagai salah satu obat yang dapat digunakan untuk sesak napas. Adapun cara mengolahnya dengan mengambil beberapa butir kencur lalu konsumsi kencur tersebut dengan tambhan madu atau kecap.
  • Jintan hitam. Dengan cara menyiapkan beberapa jintan hitam, lalu tumbuk jintan hitam sampai halus, gunakan madu lebah sebagai pelengkap, dan minum jintan hitam selagi masih hangat

Itu adalah beberapa cara yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menccegah terserangnya penyakit sesak nafas. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu mengelola diri untuk dari serangan sesak napas. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan cara hidup sehat serta mengatur pola makan dengan makanan sehat.