4 Efek Bahaya Bulu Anjing Bagi Kesehatan

Akhir-akhir ini memelihara binatang bukanlah hal yang jarang lagi, bahkan memelihara binatang sudah menjadi hobi bagi setiap manusia, entah binatang kelinci, kucing, ayam, anjing dan sebagainya. Terkadang mereka memelihara hanya karena hobi saja, termasuk juga bagi orang yang memelihara anjing, karena anjing itu sendiri biasa digunakan untuk menjaga rumah, selain itu anjing termasuk binatang yang setia terhadap pemiliknya.

Faktor Penyebab Rontoknya bulu Anjing

Yang namanya bulu pastilah bisa rontok dan hal itu pasti terjadi, namun kerontokan itu ada dua macam, yaitu kerontokan karena memang sudah waktunya untuk berganti atau beregenarasi dan rontok yang disebabkan karena adanya kesalahan pada akar bulu itu sendiri, sedangkan untuk anjing ada beberapa factor yang menyebabkan bulu anjing itu rontok. Diantaranya adalah

1. Karena kutu – Kutu yang ada dan berkembang pada rambut atau bulu anjing sangatlah mengganggu regenerasi dan perkembangan bulu-bulu itu, bila lah kutu itu terus terusan ada di badan anjing maka besar kemungkinan akan terjadi infeksi kulit pada anjing yang disebabkan kutu. Untuk mengetahui ada tidaknya kutu di badan anjing adalah dengan melihat dan memperhatikan bulu anjing itu, jika di dalam bulu anjing terdapat butiran-butiran kecil sepertilah mrica, maka itulah yang dinamakan kutu anjing, selain itu bulu anjing akan berbau apek, seperti tak pernah dirawat. Bila kuttu-kutu tidak segera dihilangkan maka akan timbul bakteri-bakteri lain, yang akan menyerang kulit dan bulu anjing

2. Atopy – Atopy adalah sejenis alergi rasa gatal yang dirasakan pada hewan. Ini biasa terjadi pada hewan-hewan ketika ia menyesuaiakan diri dengan dunia lingkungan barunya. Untuk benda-benda yang asing oleh hewan akan menyebabkan alergi pada hewan itu. Sebabnya adalah udara di lingkungan baru kurang mendukung pada anjing. Untuk mengatasi hal ini biasanya dilakukan pembiasaan pada anjing ke tempat itu sebelum benar benar pindah, selain itu jika atopy telah menyerang ke hewan maka yang perlu dilakukan hanyalah periksa ke dokter hewan dengan rutin. Lakukan perawatan yang berfungsi untuk menjaga bulu anjing

3. Pytraumatic dermatis – Penyakit ini disebabkan karena radang pada kulit hewan, biasanya anjing yang memiliki kulit berminyak serta bulu rambut yang lebat akan mudah terkena sakit ini, bulu yang lebat dengan kulit yang berminyak akan lebih sering merasa gatal, itu sebabnya bagian yang digaruk akan luka dan meradang. Untuk mengatasi hal ini adalah menjaga kebersihan anjing agar tidak merasa gatal secara terus-menerus. (baca : jenis jenis penyakit kulit)


4. Alergi makanan – Alergi dapat menyebabkan kegatalan, bila alergi muncul, kulit anjing akan merasa gatal, seperti yang dijelaskan di atas bahwa ketika anjing semakin sering mengaruk kulitnya akan semakin cepat mengalami kerotokan.

5. Kudis dan kurap – Kudis dan kurap hamipir lah sama, kudis dan kurap pada anjing terjadi karena anjing jaran dirawat dengan benar, missal dalam mandi dan keramas anjing. Bila kebersihan pada anjing terjaga maka akan terjaga pula bulu indah pada anjing itu.

6. Gugup atau stress – Sama hal nya dengan manusia, ketika ditinggal seseorang yang disenangi maka ia akan stress, jika sudah stress bahkan merawat dan memperhatikan diripun tidak akan dilakukan. Begitu pula dengan anjing, anjing akan merasa stress dan gugup ketika ditinggal pergi oleh pemiliknya. Setelah kita mengerti apa penyebab kerontokan pada bulu anjing ada baiknya kita juga mengerti bagaimana cara mengatasi rontoknya bulu anjing itu, selain itu juga bagaimana cara mencegah agar bulu anjing tidak rontok.

Setelah kita mengetahui mengenai faktor penyebab rontoknya bulu anjing, kita akan membahas mengenai efek bahaya bulu anjing yang juga dapat membahayakan kesehatan dan akan menimbulkan penyakit bagi manusia di sekitarnya :

  1. Efek pada pernafasan  Baik bulu anjing ataupun bulu kucing dan bulu bulu yang lain tidak lah baik untuk pernafasan manusia. Bila bulu anjing masuk kedalam sistim pernafasan manusia akan mengganggu kerja sistem itu. Akibatnya manusia akan mengalami penyebab dada sesak nafas atau asma (baca : bahaya bulu kucing)
  2. Kudis, kurap – Penyakit ini karena adanya virus yang menempel di kulit anjing, yang namanya penyakit kulit pasti mudah sekali untuk terkena seperti penyebab alergi kulit. Apalagi ketika kita merawat anjing dan intensitas keseringan berinteraksi dengan anjing sangat tinggi, bukan tidak mungkin lagi akan tertular penyakit kudis dan kurap yang berasal dari kulit anjing. Bisa juga dari bulu dimana bulu yang rontok merupakan bulu yang tumbuh pada kulit anjing itu.
  3. Kanker payudara – Anjing dapat menyebabkan kanker payudara jika kamu terjangkit dengan virus anjing itu. Virus anjing dapat tersebar melalui bulu bulu yang berjatuhan.
  4. Menyebabkan kemandulan – Meskipun tak banyak percaya dengan efek nomor 4 ini, tetapi pada dasarya virus yang dimiliki oleh anjinglah yang menyebar dan menyebabkan kemandulan pada manusia.

Cara merawat bulu anjing


Ada banyak cara untuk merawat bulu anjing agar tiddak rontok, namun disini saya akan menjelaskan 4 cara saja.

  • Rajinlah untuk menyisir bulu anjing – Menyisir bulu anjing berarti membersihkan apa apa yang menempel di bulu anjing itu sendiri, semakin sering kita menyisir anjing, maka semaakin sedikit pula kotoran yang ada di anjing.. namun kita tidak boleh terlalu sering menyisir anjing, bagaikan rambut kita, bila terus terusan menyisirnya justru akan menyebabkan kerontokan
  • Periksa ke dokter – Meskipun tidak dalam keadaan sakit, ada pentingnya selalu control ke dokter, minimal 1 bulan sekali, dengan begitu ketika ada gejala-gejala penyakit yang akan menyerang anjing akan dapat di atasi terlebih dahulu
  • Memberi pola makan yang seimbang – Seperti kalanya manusia jika ia diberi makanan yang seimbang maka akan sehat pula tubuh manusia itu, jika manusia sehat, seluruh organ tubuh juga sehat. Begitu pula dengan anjing, jika mengkonsumsi makanan yang seimbang akan menjaga ketahana bulu bulu itu tetap menempel pada kulit anjing
  • Bawa anjing ke grooming professional – Tak hanya bulu yang perlu di jaga, tatapi juga penampilan anjing perlu diperhatikan.

Sudah dijelaskan apa penyebab rontoknya bulu anjing dan bagaimana cara merawat bulu anjing agar tidk rontok. Namun apa yang terjadi jika bulu anjing sudah terlanjur rontok dan mengenai pemiliknya. Apakah akan menyebabkan masalah ? tentu setiap orang akan menjawabnya berbeda beda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sumber Penyakit