18 Obat Paru paru Basah Di Apotik dan Tradisional

Paru-paru basah juga dikenal dengan istilah medis pneumonia di mana ini dikatakan sebagai sebuah kondisi penyakit infeksi yang menyerang salah satu atau kedua sisi paru-paru. Penyebab munculnya infeksi tersebut bisa dikarenakan virus, bakteri, atau jamur. Saat paru-paru basah terjadi, ini tandanya sedang ada infeksi atau peradangan di bagian kantong udara paru-paru atau alveoli.

Alveoli akan penuh dengan nanah atau cairan sehingga inilah asal di mana kondisi pneumonia terjadi dan dinamakan dengan istilah paru-paru basah. Gejala paru-paru basah paling umum yang disebabkan oleh bakteri perkembangannya cukup cepat dan berikut inilah tanda-tandanya:

  • Sesak nafas.
  • Detak jantung lebih cepat.
  • Dada sakit.
  • Demam disertai menggigil.
  • Napas dapat menjadi lebih cepat.
  • Mual yang kadang disertai muntah.
  • Batuk kering.
  • Otot nyeri.

Tapi ada juga gejala-gejala yang menunjukkan bahwa kondisi paru-paru sudah mulai serius dan perlu mendapatkan bantuan medis secepatnya, seperti:

  • Detak jantung berubah terlalu cepat.
  • Mengalami kebingungan.
  • Demam tinggi di atas 39 derajat Celsius.
  • Sesak napas yang berkepanjangan.
  • Batuk berdarah.
  • Kulit mengalami perubahan warna menjadi kebiruan disebabkan oleh oksigen dalam tubuh yang kurang.

Untuk mengobati paru-paru basah, ada obat-obat kimia dan juga obat tradisional yang bisa dicoba selama perawatan di rumah. Anda dapat mencoba berbagai rekomendasi obat di bawah ini demi kesembuhan dan kesehatan paru-paru Anda.

(Baca juga: gejala pneumonia)

1. Antibiotik

Pada umumnya, antibiotik adalah jenis obat yang penderita paru-paru basah bisa gunakan ketika kondisi disebabkan oleh bakteri. Hanya saja, meminum obat antibiotik tak boleh sembarangan karena membelinya pun harus dengan resep dokter. Konsumsi tak boleh diperbanyak atau dikurangi sebab memang harus disesuaikan dnegan apa yang dokter sudah arahkan.

Apabila sebelum waktu yang ditentukan pengguaan antibiotik Anda hentikan, hati-hati karena ini bakal memicu lebih mudahnya paru-paru basah untuk kambuh lagi lebih cepat. Banyak orang tak sabaran ketika minum obat antibiotik dan menghentikannya ketika sudah merasa baikan sedikit. Teruskanlah konsumsinya walau sudah terasa enakan demi mencegah agar paru-paru basah tidak kambuh terus-terusan.

2. Minyak Oregano

Dalam memerangi kuman yang memicu pneumonia, minyak oregano adalah salah satu bahan alami yang dapat Anda andalkan. Sifat antivirusnya cukup tinggi berikut juga antijamur dan antibakterinya. Ketika paru-paru dipenuhi lendir sehingga membuat saluran pernapasan menjadi terhambat, minyak inilah yang bertugas mengencerkan lendir dan melancarkan jalur pernapasan.

  • Caranya: Siapkan segelas air atau jus segar yang kemudian dapat Anda tambahkan dengan beberapa tetes minyak oregano. Meminumnya sehari 3 kali secara rutin bakal membantu mengurangi gejala dari paru-paru pasah.
  • Alternatif: Selain mengonsumsinya, Anda bisa menuangkan 1-2 tetes minyak oregano ke atas kapas yang kemudian Anda letakkan di sisi bantal Anda tepat sebelum tidur. Menghirupnya sepanjang malam akan sangat menolong paru-paru menjadi lebih baik.

Biasanya, meski sudah memakai minyak oregano, Anda juga tetap disarankan untuk meminum obat dari dokter. Sekalipun rasanya sudah tidak apa-apa, Anda dapat meneruskan penggunaan untuk mencegah kekambuhan paru-paru basah dan gejalanya.

(Baca juga: penyebab radang paru-paru)

3. Obat Antivirus

Selain dari antibiotik, penderita paru-paru basah kemungkinan juga membutuhkan obat antivirus. Ini karena antibiotik hanya berguna untuk memerangi gejala atau kasus paru-paru basah yang dipicu oleh bakteri, dan tidak untuk yang penyebabnya adalah virus. Jadi, obat antiviruslah yang sebaiknya digunakan dalam mengobati karena gejala diyakini dapat membaik hanya dalam kurun waktu 1 sampai 3 minggu.

4. Minyak Terpentin

Apapun yang menjadi penyebab paru-paru basah, selain minyak oregano, Anda bisa mencoba menggunakan minyak terpentin.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak terpentin secukupnya dan gosokkanlah ke area tulang rusuk Anda berada. Boleh juga bila ingin dicampur dengan kapur barus, lalu pijat-pijatlah bagian tersebut lalu tutupi dengan kapas hangat. Rasa sakit akibat pneumonia ini akan reda secara alami.

5. Lada Hitam dan Daun Kemangi

Tak banyak yang tahu bahwa daun kemangi yang dikombinasikan dengan lada hitam ternyata dapat menjadi obat paru paru basah. Cara penggunaan keduanya pun tergolong sederhana untuk dilakukan tanpa membutuhkan waktu banyak.

  • Caranya: Sediakan daun kemangi sebanyak 5 lembar dan tumbuklah yang kemudian bisa Anda ambil ekstrak atau sarinya. Setelah ekstrak jusnya Anda dapatkan, campurkanlah bersama dengan lada hitam sejumput saja. Pastikan lada hitam tersebut Anda giling terlebih dulu. Campuran inilah yang bisa Anda jadikan ramuan obat dengan mengonsumsinya setiap 6 jam sekali setiap harinya.

(Baca juga: cara mencegah paru-paru basah)

6. Kunyit

Kunyit memang adalah rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi jantung lemah, tapi ada manfaat lainnya yang bisa Anda ambil, yaitu cara mengobati paru-paru basah. Supaya lendir di dalam kantong paru-paru dapat berkurang, Anda dapat menggunakan kunyit yang memang bersifat antibakteri dan antivirus dalam memerangi infeksi.

  • Caranya: Sediakan kunyit yang sudah dalam bentuk bubuk untuk Anda campurkan bersama minyak mustard yang dalam keadaan hangat. Buatlah adonan pasta dengan menggunakan kedua bahan tersebut, lalu setelah jadi dapat Anda oleskan ke bagian dada.
  • Alternatif: Selain dijadikan obat oles atau gosok, Anda bisa menambahkan bubuk kunyit sesendok teh ke dalam segelas susu hangat yang biasanya Anda minum. Minumlah 2-3 kali sehari sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Atau, boleh juga mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit berikut ¼ sendok teh bubuk lada hitam ke 1 gelas air hangat. Ramuan ini dapat Anda minum sehari sekali serutin mungkin hingga gejala menghilang.

7. Biji Wijen

Bila Anda membutuhkan obat alami atau tradisional yang mampu mengusir lendir serta dahak, ekspektoran alami dari biji wijen akan sangat menolong Anda. Supaya lendir berkurang, biji wijen adalah pilihan tepat dan sederhana untuk dijadikan obat.

  • Caranya: Ambil sesendok makan biji wijen yang bisa direbus bersama air sebanyak 1 cangkir saja. Campurkan juga biji rami sebanyak 1 sendok makan ke dalam air rebusan tersebut, didihkan hingga matang. Sesudah mendidih dan Anda mengangkatnya, ramuan bisa Anda saring lebih dulu dan menambahkan madu murni sesendok teh berikut garam sedikit saja. Ramuan ini sudah siap diminum ketika hangat atau dingin dan lebih dianjurkan untuk dikonsumsi sehari sekali.

(Baca juga: jenis penyakit paru-paru)

8. Biji Fenugreek

Ada sifat mukolitik pada biji fenugreek yang dapat diandalkan sebagai pelega alami bagi kemacetan pernapasan yang terjadi di paru-paru. Bila penderita paru-paru basah mengalami demam, fenugreek ini juga akan menurunkannya dengan cepat serta mendukung keluarnya racun dari dalam tubuh.

  • Caranya: Selain menjadi obat tradisional diabetes, biji fenugreek dapat Anda ramu menjadi teh untuk mengobati paru-paru basah. Ambil sesendok teh biji fenugreek yang bisa direbus bersama 500 ml air. Saring ketika sudah mendidih dan minumlah ketika hangat sebanyak 4 cangkir sehari. Tambahkan sedikit air jeruk apabila Anda merasa bahwa rasanya kurang nikmat. Kurangi takaran yang harus Anda minum saat sudah terasa lebih baik.
  • Alternatif: Buatlah teh herbal dari sesendok teh biji fenugreek ini bersama dengan sesendok teh jahe, sejumput cabe rawit, dan sesiung bawang putih yang telah dilumatkan. Seduhkan dalam secangkir air panas 5 menit saja. Tambahkan air perasan lemon dan madu murni setelah menyaringnya, lalu minumlah beberapa kali setiap harinya.

9. Cabe Rawit

Anda perlu tahu bahwa cabe rawit merupakan bahan alami dengan kandungan tinggi akan capsaicin yang bertugas menstimulasi pelepasan lendir yang asalnya dari saluran pernapasan. Ketika menggunakan cabe rawit sebagai obat, lendir akan dibersihkan dari pernapasan dan akan menjaga kesehatan paru-paru dengan beta karoten-nya.

  • Caranya: Sediakan sejumput cabe rawit yang bisa Anda campurkan dengan jus lemon pada air sebanyak 8 ons. Ketika sudah jadi, Anda bisa langsung mengonsumsinya sehari beberapa kali. Atau, boleh juga mencampurkan cabe rawit ke dalam secangkir jus wortel yang jelas baik untuk menyembuhkan paru-paru basah.

(Baca juga: gejala paru-paru bermasalah)

10. Jus Sayuran

Untuk mengembalikan fungsi paru-paru dan menghilangkan lendir berlebih pada alveoli, Anda bisa menggunakan jus sayuran sebagai obat alami tanpa efek samping. Jus mentimun, jus bit, jus bayam, jus wortel dan lainnya dapat Anda gunakan untuk mengatasi pneumonia. Ini karena sistem daya tahan tubuh akan meningkat dan lendir pun bakal terencerkan ditambah pula ada proses detoksifikasi yang terjadi di dalam tubuh.

  • Caranya: Anda bisa mencampurkan jus wortel dan jus bayam dengan perbandingan 2:3 demi membuat 1 ½ liter jus yang bisa Anda minum setiap hari. Atau, Anda bisa mengombinasikan jus mentimun, jus bit, dan jus wortel yang kemudian bisa dikonsumsi rutin juga. Apabila ingin alternatif lainnhya, secangkir jus ubi juga boleh Anda konsumsi sehari-hari sampai paru-paru Anda menjadi lebih baik, atau jus lobak pun juga boleh karena khasiatnya semua sama, yaitu mampu meredakan gejala dan rasa sakit akibat paru-paru basah.

11. Kaldu Kalium

Sepintas terdengar aneh dan mungkin justru begitu asing. Kalium merupakan jenis mineral yang ternyata baik dimanfaatkan oleh para penderita paru-paru basah. Kalium ini akan berguna dalam memperbaiki jaringan paru-paru.

  • Caranya: Untuk membuatnya, silakan siapkan air 500 ml, peterseli secukupnya, 2 batang seledri, 2 buah wortel berukuran besar, 2 buah lobak, serta 4 siung bawang putih. Sediakan wadah di mana seluruh bahan bisa Anda gabungkan bersama-sama, lalu Anda dapat mendidihkannya di atas api kecil. Tunggu beberapa menit, angkat, lalu saringlah; kaldu yang sudah jadi bisa Anda nikmati sebagai makan siang Anda.

Namun sedikit catatan, bagi penderita penyakit jantung obat ini tak boleh digunakan karena penderita jantung harus menjauhi kalium agar tak memicu komplikasi.

(Baca juga: makanan untuk paru-paru basah)


12. Bawang Putih

Ada sifat mikroba yang terkandung di dalam bumbu dapur satu ini terlepas dari adanya efek samping bawang putih yang harus diketahui. Sifat tersebutlah yang mampu membasmi segala jenis jamur, virus dan bakteri, termasuk yang menyebabkan paru-paru basah.

  • Caranya: Sediakan ½ sendok teh bawah putih yang sudah dihaluskan bersama secangkir susu. Keduanya kemudian dapat dimasukkan ke air sebanyak 4 cangkir. Rebuslah hingga mendidih dan menyusut hingga kira-kira berkurang ¼ dari takaran awal. Konsumsilah sehari 3 kali untuk merasakan manfaat dari bahan ini.
  • Alternatif: Anda bisa memakai pasta bawang putih atau ekstrak jusnya yang kemudian dapat Anda oles-oleskan ke bagian dada agar paru-paru serta pernapasan menjadi lebih lega. Tapi kalau tak suka dengan aromanya yang begitu kuat dan susah hilang, konsumsi saja teh jahe untuk membantu.

13. Baking Soda

Walau ada bahaya baking soda untuk kesehatan, sebetulnya bila menggunakannya secara tepat dan tanpa berlebihan justru tak apa-apa. Karena baking soda diyakini mampu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, Anda boleh mencobanya sebagai obat pneumonia.

  • Caranya: Sediakan air hangat sebanyak 300 ml, lalu masukkan ¼ baking soda, aduk rata untuk mencampurnya. Minumlah sebanyak 2 kali dalam sehari. Pastikan Anda mengonsumsi rutin agar khasiatnya benar-benar didapat.

(Baca juga: penyebab radang paru-paru)

14. Daun Labu

Ketika Anda merasa bahwa obat tradisional itu lebih ampuh, dalam mengatasi paru-paru basah Anda dapat memanfaatkan pula daun labu.

  • Caranya: Anda bisa menggoreng beberapa tangkai daun labu dengan menggunakan minyak zaitun. Setelah selesai Anda bisa membiarkannya dingin, dan buatlah pasta. Ambil pasta tersebut, gosokkan ke bagian dada atau area tulang rusuk Anda supaya rasa sakit akibat paru-paru basah bisa berkurang.

15. Air Garam

Berkumur menggunakan air garam ternyata juga sangat bermanfaat dan lakukanlah metode pengobatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Air garam dapat menjadi obat yang efektif apabila Anda menggunakannya secara rutin karena saluran pernapasan Anda akan dapat dibersihkan. Inilah yang akan membantu supaya Anda tak mengalami batuk-batuk lagi.

16. Daun Sembung

Untuk mengobati paru-paru basah, daun ini juga rupanya berguna dan berkhasiat tinggi. Supaya lebih mudah, Anda bisa merebus beberapa lembar daunnya untuk diminum rutin setiap hari sampai paru-paru Anda membaik dan kesehatannya kembali. Daun ini cocok untuk perawatan paru-paru basah di rumah.

(Baca juga: penyebab cairan di paru-paru)

17. Daun Salam Koja

Pernah mendengar bahan alami ini? Anda bisa mengombinasikannya bersama lobak dan daun sirih untuk Anda rebus dengan takaran secukupnya. Metode pengobatan ini sudah banyak digunakan dan bisa Anda buktikan sendiri efektivitasnya. Asalkan mengonsumsi rutin, hasilnya pasti akan cepat didapat.

18. Minyak Kayu Putih

Satu lagi bahan yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan paru-paru dan mengembalikan kondisi paru-paru basah menjadi sehat lagi. Minyak kayu putih dengan sifat antibiotiknya dapat Anda hirup uapnya supaya paru-paru cepat lega dan sesak napas pun kembali lega. Mudah sekali untuk menggunakannya, jadi tak perlu repot.

(Baca juga: infeksi paru-paru)

Demikianlah obat paru paru basah kimia dan tradisional yang bisa Anda pertimbangkan serta coba di rumah. Perubahan gaya hidup juga diperlukan supaya paru-paru basah tidak lagi kambuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Paru Paru Basah