7 Efek Samping Bawang Putih Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal bawang putih? Ya, umbi – umbian berwarna putih ini merupakan salah satu jeis umbi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan utama dan juga bumbu masakan. Bawang putih, memiliki struktur yang terdiri dari beberapa siung dalam satu umbinya dan tentu saja berwarna putih. Berbeda dengan bawang merah atau bawang bombay, bawang putih tidak memiliki tekstur yang berlapi- lapis. Biasanya, bawang putih dapat dengan mudah kita temukan di pasar, baik tradisional maupun modern, dengan beragam jenis, mulai dari bawang putih biasa, hingga yang organik.

Kegunaan Bawang Putih

Bawang putih sendiri diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kita semua. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari bawang putih :

  • Membersihkan dan mengobati jerawat – Anda dapat menggosokkan bawang putih mentah pada bagian wajah anda yang mengalami jerawat, atau bisa juga dengan cara mengompres bawang putih tersebut pada bagian wajah yang mengalami jerawat.
  • Mengobati luka – Bawang putih mampu untuk membantu mengobati dan juga mempercepat penyembuhan luka, terutama luka luar yang terjadi karena terjatuh ataupun tergores benda – benda tajam.
  • Anti bakteri – Selain dapat membantu menyembuhkan luka dan mengobatinya hingga sembuh, bawang putih juga bermanfaat untuk membantu membersihkan luka dan mencegah infeksi. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menyebabkan terbunuhnya bakteri dan  kuman.
  • Penambah rasa gurih pada masakan – Sudah bukan rahasia umum, bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang dapat memunculkan cita ras gurih pada makanan.
  • Kaya antioksidan – Antioksidan dapat mencegah munculnya pertumbuhan dari sel kanker, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Untuk kecantikan juga berguna bagi yang selalu ingin tampil awet muda, karena dapat memperlambat proses penuaan.
  • Kaya vitamin dan mineral – Vitamin dan mineral pada bawang putih sangat baik untuk membantu meningkatkan kesehatan, kebugaran dan juga kekebalan tubuh kita.

Itu adalah beberapa manfaat dari bawang putih. Namun demikian, meskipun memilki banyak manfaat, ternyata bawang putih juga dapat menyebabkan dan juga menimbulkan efek samping bagi mereka yang mengkonsumsinya. Hal ini terjadi apabila :

  • seseorang terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih, sehingga muncul gangguan kesehatan yang disebabkan oleh efek samping dari bawang putih, atau
  • Seseorang mengalami alergi terhadap bawang putih.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bawang putih dapat menimbulkan beberapa efek samping. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Alergi terhadap bawang putih

Efek samping bawang putih yang pertama terjadi ketika seseorang mengalami alergi terhadap bawang putih. Sama seperti bentuk alergi lainnya, alergi terhadap bawang putih disebabkan oleh kesalahan identifikasi dari sistem kekebalan tubuh terhadap bawang putih. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya reaksi alergi dari seseorang. Reaksi alergi yang dimunculkan oleh bawang putih dapat menyebabkan munculnya gejala berikut ini :


2. Menyebabkan gangguan pencernaan

Bawang putih juga dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini dapat terjadi apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih, terutama yang masih mentah. Hal ini dapat menyebabkan perut menjadi terasa mual dan akan menyebabkan diare pada mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah. Selain itu, konsumsi bawang putih yang mentah dalam jumlah yang banyak juga dapt beresiko meningkatkan kadar asam lambung, yang juga dapat menyebabkan perut menjadi penyebab mual.

3. Penyebab pendarahan berlebihan

Salah satu pantangan sebelum melakukan operasai adalah jangan mengkonsumsi bawang putih. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan antikoagulan. Antikoagulan yang ada pada bawang putih ini merupakan salah satu zat yang digunakan untuk membantu mengencerkan darah. Apabila hal ini terjadi, maka ketika operasi akan terjadi pendarahan yang berlebihan, yang tentu saja dapat menyebabkan banyak masalah bagi kelancaran operasi.

Pendarahan berlebihan ini juga bisa terjadi karena :

4. Menyebabkan bau mulut

Efek samping lainnya dari bawang putih yang pastinya sudah anda ketahui adalah dapat menyebabkan bau mulut. Ya, penyebab bau mulut yang ditimbulkan oleh aroma dari bawang putih tersebut terkadang dapat mengganggu orang lain. Mulut mereka yang mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, apalagi dalam keadaan mentah akan sangat mengganggu siapapun yang berada di dekatnya. Untuk itu, jagalah konsumsi bawang putih dan langsung menyikat gigi anda apabila anda sudah mengkonsumsi bawang putih.


5. Menyebabkan bau badan

Selain dapat menyebabkan bau mulut, bawang putih juga ternya dapat menimbulkan efek samping berupa bau badan. Mereka yang mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap, yang keluar dari keringat. Penyebab bau badan ini juga terjadi karena :

6. Menimbulkan rasa perih

Efek samping lainnya yang dapat ditimbulkan oleh bawang putih adalah perih ketika terkena luka. Ya, meskipun bawang putih memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan anti bakteri yang baik untuk membantu penyembuhan luka. Namun ternyata anda juga harus berjuang menahan perih dari luka yang ditempelkan oleh bawang putih tersebut.

7. Menimbulkan iritasi pada mata

Efek samping bawang putih lainnya adalah dapat menimbulkan iritasi pada mata anda. Yap, sudah bukan rahasia umum bahwa bawang putih akan menyebabkan mata anda menjadi pedih, dan membuat mata menjadi berair. Hati-hati apabila hal ini terjadi jangan pernah mengucek mata, karena bahaya mengucek mata malahan akan menyebabkan mata menjadi semakin perih dan bahkan bisa saja mengalami iritasi.

Iritasi pada mata juga bisa terjadi karena :

Itulah beberapa efek samping dari bawang putih. Jangan mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan kita.

,
Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya