Home Featured Untuk Bekal Sekolah Sang Buah Hati, 3 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari

Untuk Bekal Sekolah Sang Buah Hati, 3 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari

by Erlita

Banyak orang tua khawatir kalau sang anak bakal jajan sembarangan di sekolah atau di luar sekolah. Demi mencegah buah hati jajan sembarangan yang bisa membahayakan kesehatan tubuhnya, biasanya orang tua akan mulai membiasakan membawakan bekal bukan? Jika Anda salah satu orang tua yang demikian, pastikan untuk memahami bahwa ada jenis makanan tertentu yang sebaiknya tak diberikan pada si kecil.

  1. Keripik

Keripik kemasan memang rata-rata menjadi favorit anak-anak karena rasanya yang beraneka ragam dan jelas nikmat. Hanya saja, membekali anak sekolah dengan makanan semacam ini kurang baik bagi kesehatannya. Ingat bahwa makanan kemasan tinggi garam dan juga kandungan gulanya.

Tak hanya bagi anak-anak, bahkan keripik kemasan pun jika dikonsumsi sering-sering oleh orang dewasa pun bisa berbahaya lho. Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi karena keripik apalagi keripik kemasan yang juga mengandung pengawet, mulai dari tekanan darah tinggi hingga masalah hati pada anak.

  1. Makanan Manis-manis

Terlalu sering dan banyak memberi anak bekal yang manis-manis bukan hanya meningkatkan risiko obesitas dan sakit gigi. Bahaya makan manis salah satunya adalah bersifat mengenyangkan di mana anak pada umumnya setelah makan manis akan malas untuk makan nasi ketika sudah tiba waktunya makan siang.

Nafsu makan anak paling mudah turun ketika sudah disuguhi dengan berbagai macam makanan dengan cita rasa manis, jadi para orang tua khususnya para ibu perlu lebih kreatif dalam membuatkan bekal. Bahkan buah kering manis pun ada kandungan gula tambahan di dalamnya yang tak bagus bagi anak. Daripada snack bar yang tinggi gula juga, bawakan bekal berupa snack kacang-kacangan saja.

  1. Minuman Soda

Minuman bersoda sebaiknya tidak diberikan kepada anak sebagai bekal sekolahnya. Ketimbang minuman soda, bawakan bekal berupa air putih sebotol penuh atau jus dari buah segar favoritnya. Sesekali saja boleh untuk membekalinya minuman bersoda, tapi sebaiknya hindari daripada anak justru ingin terus-terusan membawanya ke sekolah dan mengonsumsi dalam jangka panjang.

Jika kebingungan hendak membawakan bekal apa setiap harinya bagi sang buah hati, diskusikan saja langsung dengan anaknya. Namun, tetap pastikan bahwa jenis makanannya adalah yang bernutrisi, tidak membuat bosan, dan anak jelas suka.

You may also like