Waspada, Ternyata 7 Buah Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Penderita Diabetes

513

Seseorang yang menderita diabetes biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis, apalagi jika makanan tersebut ditambah dengan pemanis buatan. Akibatnya, tubuh mengalami gangguan kesehatan dan fungsi berbagai organ pun terganggu, sehingga penderita diabetes kerap lemas. Tak jarang dari para penderitanya mengalami penyakit komplikasi yang berujung kematian.

Nah, agar penderita diabetes bisa tetap hidup sehat, tentu sangat dibutuhkan perhatian khusus terhadap makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tak hanya itu, beberap jenis buah seperti berikut  pun harus dihindari agar tidak semakin memperparah kondisi kesehatannya.

1. Aprikot

Kandungan gula dalam buah aplikot sangat tinggi, sehingga tidak aman dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan glukosanya saja cukup besar yaitu sekitar 57 mg/dL sementara ukuran buahnya tidak begitu besar. Dengan kandungan karbohidrat sekitar 8 gram dalam setengah cangkir jus aprikot, dapat membuat diabetes akan semakin parah.

2. Durian

Buah dengan rasa dan aroma yang khas ini memang sangat enak dan kerap diburu saat musim panen tiba. Tetapi buah satu ini juga dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Durian mengandung banyak gula, juga kandungan alkohol dan gas yang membuat lambung terasa tidak nyaman.

3. Sawo

Buah sawo memang terasa manis sekali saat sudah benar-benar matang, jadi wajar saja jika dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat. Jadi buah ini termasuk salah satu yang dihindari oleh orang yang menderita diabetes. Bahkan orang yang sehat pun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

4. Pisang

Sama seperti sawo, pisang pun sangat tinggi kadar gulanya, termasuk karbohidrat dan kalorinya. Jika pisang cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet untuk memberikan efek kenyang lebih lama, justru penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

5. Pepaya

Buah yang dikalim dapat membantu melancarkan pencernaan ini juga tinggi akan kandungan gula. Itulah sebabkan pepaya termasuk buah yang juga berbahaya jika sering dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan karbohidrat dan kalori dalam pepaya juga cukup besar, sehingga dapat menaikkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

6. Mangga

Dalam 3 ons daging buah mangga terkandung gula sebesar 12,7 gram dan 70 kalori. Tentu saja kandungan gula sebesar itu dapat mempengaruhi penyakit diabetes seseorang. Jadi, hindari konsumsi mangga sebisa mungkin untuk menjaga kestabilan gula darah.

7. Anggur

Buah yang kaya vitamin C dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh ini juga termasuk salah satu buah yang harus dihindari penderita diabetes. Alasannya, kandungan gula, kalori dan karbohidratnya juga sangat tinggi meskipun rasanya sedikit asam.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang memang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena berbahaya jika dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang banyak. Pilihlah buah lainnya yang rendah gula dan kalori, bila perlu konsultasikan ke dokter mengenai makanan apa saja yang aman dimakan.