Ini 8 Alasan Kenapa Lebih Banyak Makan Sayur Itu Penting

103

Bukan hanya teori yang kita sering baca mengenai sayur kaya akan serat dan betapa makan sayur itu penting apalagi untuk penyeimbang bagi yang lebih sering makan makanan berkolesterol, berkalori dan berlemak tinggi. Saat ke dokter pun, pasti pernah dengar juga kan kalau dokter akan merekomendasikan kita untuk makan sayur lebih banyak? Sebenarnya bukan tanpa alasan lho, karena ini dia manfaat-manfaat yang bakal tubuh terima.

  1. Mengatasi Sembelit

Bagi yang sudah cukup sering mengalami konstipasi atau sembelit di mana buang air besar tak bisa setiap hari, makan sayur lebih banyak akan memberi manfaat agar proses ini berjalan lebih lancar dan bahkan bisa setiap hari. Sebagai pencegah sekaligus solusi sembelit, sayur-sayur tinggi serat bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Mencegah Kanker

Karena makan sayur berserat tinggi paling baik untuk menyehatkan usus, selain terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, asupan sayur tinggi bisa jadi peminimalisir risiko kanker usus besar. Sayuran berserat tinggi juga kaya akan antioksidan siap membasmi radikal bebas sehingga efeknya tidak lagi membahayakan tubuh.

  1. Menyehatkan Kulit

Sayur selain merupakan makanan yang mengandung serat tinggi juga menawarkan kandungan vitamin yang siap menyehatkan kulit. Ketika kulit sehat, maka akan jauh dari yang namanya kekeringan dan kekusaman. Percaya atau tidak, makan sayur lebih banyak bikin kulit lebih bercahaya dan terhidrasi dengan baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi ditambah juga makanan dengan kandungan lemak jenuh sekaligus lemak trans dampaknya bisa meningkatkan risiko jenis-jenis penyakit jantung hingga stroke. Nyatanya, diet makanan yang asalnya dari tanaman termasuk sayur-sayuran malah terbilang sangat bagus dalam menurunkan potensi penyakit kardiovaskular.

  1. Mencegah Kerontokan Rambut

Masalah rambut rontok dan gangguan pada kulit kepala biasanya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan protein serta vitamin. Untuk kulit kepala yang sehat ditambah dengan pencegahan rambut rontok lebih parah, itulah kenapa dokter seringkali menyarankan agar asupan sayur ditingkatkan agar tubuh mendapat vitamin lebih banyak.

  1. Menurunkan Berat Badan

Makan sayur yang tinggi serat akan memberikan efek kenyang yang lebih cepat dan tahan lama bagi perut. Inilah yang akan menghambat diri kita dari kelaparan terus-menerus sekaligus ngemil terlalu sering. Ketika kita tidak banyak makan dan ngemil, berat badan pastinya turun secara alami dan sehat.

  1. Menyehatkan Ginjal

Bukan hanya untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskular, makan sayur lebih banyak pun menyelamatkan kondisi ginjal kita. Supaya fungsi ginjal tetap baik dan bahkan lebih sehat, konsumsilah sayuran organik karena tak ada kandungan bahan kimia yang bakal memicu kerusakan nefron di ginjal kita.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sebenarnya bisa diatasi dan dinormalkan kembali ketika mengonsumsi sayuran yang seratnya banyak. Asupan sayur seperti bayam, wortel, seledri, brokoli, serta kubis adalah yang paling dianjurkan bagi pemilik tekanan darah yang mudah naik; hanya saja ketika punya asam lambung juga, kubis sebaiknya dihindari ya.

Itulah sederet alasan kenapa makan sayur itu penting apalagi diperbanyak bagi yang jarang mengonsumsinya. Ada beragam manfaat bagi kesehatan saat asupan serat tercukupi dengan baik lho, khususnya serat yang berasal dari sayur-sayuran.