23 Kebiasaan yang Membuat Kurus dan Sehat Anda Perlu Terapkan

658

Kebanyakan orang khususnya para wanita tentu menginginkan tubuhnya bisa kurus dan sehat, namun pada dasarnya sulit untuk menghilangkan kebiasaan yang kurang sehat. Berikut ini merupakan ulasan tentang kebiasaan yang membuat kurus dan sehat bagi Anda yang berharap bisa menurunkan berat badan dan mencapai berat tubuh ideal secara alami.

  1. Tidur

Supaya lemak di perut hilang, tidur cukup merupakan kebiasaan yang perlu Anda terapkan karena hal ini menjadi kebutuhan Anda. Hal ini juga menjadi jawaban apakah begadang bisa menurunkan berat badan, sebab tidur lebih awal dan tidur dengan waktu idealnya justru jauh lebih baik dalam membuat tubuh lebih kurus secara menyehatkan.

  1. Tertawa

Tertawa dipercaya dan telah terbukti mampu menjadi salah satu cara membakar lemak alami yang efektif. Karena lemak dan kalori mudah terbakar dengan tertawa, tentunya kebiasaan ini bisa juga membuat Anda kurus secara perlahan. Menurut sebuah riset, 10-15 menit tertawa mampu mendukung proses pembakaran kalori sebanyak 40 kalori.

  1. Berjemur

Berjemur yang paling baik dan sehat tentu adalah di pagi hari karena ada bahaya sinar matahari di siang hari kalau Anda berjemur pada waktu matahari sedang terik-teriknya. Berjemur merupakan suatu cara yang membantu kinerja sistem metabolisme untuk lebih aktif sekaligus mengendalikan rasa lapar. Jadi, biasakan mulai dari sekarang berjemur 20 menit sehari setiap pagi.

  1. Makan Pelan-pelan

Kebiasaan makan cepat-cepat ditelan tanpa mengunyahnya secara benar adalah sebuah faktor penyebab dari kegemukan. Maka bila ingin kurus dan terjauh dari gangguan pencernaan, mulailah membiasakan diri untuk makan apapun secara pelan-pelan mengunyahnya. Hal ini pasti bisa menurunkan jumlah kalori dalam tubuh.

  1. Minum Banyak Air Putih

Seperti kita ketahui, air putih adalah kebutuhan tubuh yang utama karena sebagian besar komponen dalam tubuh adalah air. Jagalah tubuh untuk tetap terhidrasi dan jauhilah dehidrasi dengan minum air putih sebanyak mungkin, paling tidak sehari Anda bisa habiskan 2 liter air putih supaya tetap segar, bugar dan kurus.

  1. Bernapas Dalam-dalam

Penumpukan lemak di dalam perut kerap kali disebabkan oleh faktor stres, jadi Anda perlu untuk mengurangi stres dengan cara yang benar. Rutinlah berlatih pernapasan dengan mengambil sejumlah napas panjang setiap hari saat sedang senggang. Bukan hanya terhindar dari stres, tubuh juga menjadi lebih mudah untuk kurus.

  1. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau juga bisa Anda jadikan sebagai kebiasaan baik yang mampu menguruskan sekaligus menyehatkan tubuh. Mengonsumsi teh hijau adalah salah satu langkah melunturkan lemak secara alami dan jitu. Jadi minumlah setiap harinya paling tidak 2 cangkir teh hijau per hari tanpa tambahan pemanis apapun.

  1. Makan Makanan Pedas

Kebiasaan baik lainnya yang akan membuat tubuh kurus tapi tetap sehat adalah mengonsumsi makanan pedas. Dalam cabai merah ada kandungan capsaicin yang mampu mendukung proses pembakaran lemak lebih maksimal. Bahkan makan pedas juga diketahui mampu mengurangi nyeri sendi, mencegah migrain, dan obat anti flu.

  1. Makan Buah

Karena kandungan karbohidrat dan gula alami yang tinggi di dalam buah-buahan, maka membiasakan diri untuk makan buah adalah baik bagi kesehatan sekaligus juga membuat tubuh kurus dengan cukup cepat. Akan lebih baik lagi kalau Anda mengonsumsi buah dengan kandungan air tinggi menggantikan cemilan berkandungan lemak tinggi.

  1. Sarapan Telur

Jika memang Anda tidak memiliki alergi telur dan sangat menggemari telur, biasakanlah untuk makan telur setiap pagi dan jadikan sebagai menu sarapan tetap. Telur termasuk sumber makanan yang mengandung protein tinggi sehingga akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan otomatis mencegah Anda ngemil.

Kebiasaan Lainnya yang Membuat Tubuh Kurus

Selain dari kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan, masih ada serangkaian kebiasaan baik lain yang perlu Anda coba terapkan bila ingin punya tubuh kurus nan sehat.

  • Melakukan peregangan otot setiap hari selama beberapa menit.
  • Melakukan pemantauan terhadap apa saja yang Anda telah konsumsi.
  • Menghindari makanan bergaram tinggi alias makanan asin.
  • Melakukan olahraga ringan setiap hari setelah bangun pagi, seperti Yoga, senam atau setidaknya jalan cepat.
  • Bermeditasi
  • Melakukan olahraga angkat beban seminggu paling tidak 2 kali selain olahraga ringan.
  • Mengonsumsi sayur secara rutin.
  • Makan ikan dan daging putih.
  • Makan biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Menggunakan tangga daripada lift atau eskalator.
  • Mengatur kalori dengan membawa bekal makan buatan sendiri ke tempat kerja.
  • Melakukan olahraga di tengah-tengah waktu menonton TV atau bahkan saat bekerja.
  • Menimbang berat badan agar dapat mengontrol jika sudah kelebihan sedikit saja.

Itulah 23 kebiasaan yang membuat kurus dan sehat bagi Anda yang ingin memiliki berat tubuh ideal secara alami. Mulailah dari sekarang untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut agar tubuh Anda bisa memperoleh keuntungannya segera.