11 Tips Agar Bisa Tidur Siang Dengan Nyenyak Paling Jitu

Hampir semua orang menginginkan agar supaya bisa tidur dengan nyenyak, terutama bagi kita yang memiliki aktivitas yang padat dan membutuhkan energi lebih. Adapun bagi seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia, bisa tidur siang dengan nyenyak dan dalam waktu sebentar pun akan terasa sangat nikmat.

Dengan tidur, kita bisa mengisi kembali energi kita sehingga nanti ketika kita bangun, kita bisa melanjutkan aktivitas lagi. Ada pula berbagai faktor penyebab susah tidur siang yang mungkin menghambat diri kita untuk bisa beristirahat, namun berikut ini akan kami berikan beberapa tips agar bisa tidur siang dengan nyenyak.

  1. Anda harus mematikan gadget anda

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mematikan gadget anda sebagai salah satu cara agar cepat tidur ampuh. Gadget merupakan sesuatu yang memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur kita karena seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang main ponsel terlebih dahulu sebelum mereka tidur, padahal hal yang dilakukannya itu bukanlah hal yang perlu dan terkadang tidak ada manfaatnya sama sekali.

  1. Anda harus mematikan TV

Tips supaya dapat tidur siang dengan nyenyak yang kedua adalah anda harus mematikan TV terlebih dahulu. Seperti halnya gadget, TV juga memancarkan cahaya dengan gelombang yang sama. Dan juga beberapa acara yang ada di TV ada yang malah membuat kita tidak bisa tidur karena kita ingin untuk terus menontonnya apalagi jika memang acara yang kita tonton tersebut seru dan memang merupakan salah satu film terkenal. Padahal hal tersebut justru akan mengganggu kualitas tidur anda serta mengurangi waktu tidur anda. Akibatnya ketika anda bangun, anda masih merasa capek dan masih mengantuk.

  1. Menggunakan penutup mata

Tips yang ketiga ini memang sudah banyak dilakukan agar mereka bisa tidur dengan nyenyak, baik itu ketika mereka tidur siang maupun juga ketika mereka ingin tidur di malam hari. Menggunakan penutup mata akan membantu anda untuk menghindarkan dari cahaya lampu agar supaya tidak bisa masuk ke mata anda sehingga nantinya bisa membantu otak anda untuk merangsang tubuh agar bisa tidur.

  1. Fokuskan pikiran untuk tidur

Memfokuskan pikiran kita untuk bisa tidur juga merupakan tips yang harus anda coba. Yang harus anda lakukan adalah dengan melupakan berbagai kesibukan atau hal lain yang seharian ini mengganggu anda, maka carilah cara menghilangkan stres pikiran yang aman bagi diri Anda. Jika anda berhasil melakukannya, maka bukan tidak mungkin anda bisa tidur siang dengan nyenyak.

  1. Lakukan gerakan terapi

Sebenarnya tips yang kelima ini lebih banyak digunakan bagi seseorang yang terindikasi atau mengalami kondisi sulit tidur atau insomnia. Cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Anda tekan titik pada pergelangan tangan lurus dengan jari kelingking. Pijat pada bagian ini untuk membantu anda mendapatkan energi baru.
  • Titik yang kedua terdapat di pergelangan tangan kurang lebih sejauh 3 cm berada di tengah tangan. Pada titik ini akan membantu anda untuk pengobatan iritabilitas yang mana kondisi tersebut karena kecemasan akibat insomnia.
  1. Menggunakan kasur dan bantal yang nyaman

Menggunakan bantal dan juga kasur yang empuk dan nyaman merupakan cara yang umum dilakukan sebagai orang karena dengan menggunakan bantal dan kasur yang nyaman tentunya bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan antninya akan cepat tidur.


  1. Merilekskan tubuh dan pikirkan

Maksud dari merilekskan pikiran di sini adalah anda jangan terlalu memikirkan hal-hal yang memang tidak ada manfaatnya dan juga biasakan untuk mandi terlebih dahulu sebelum anda tidur. Tujuan ini dilakukan agar otot anda tidak tegang. Disarankan untuk mandi menggunakan air hangat agar semakin membuat anda bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

  1. Melakukan terapi pernapasan

Sebenarnya cara ini merupakan suatu terapi yang ditemukan oleh ahli kesehatan terkenal yang bernama dr. Andrew Weil dari Universitas Arizona, Amerika. Cara yang harus anda lakukan adalah dengan menarik udara masuk ke mulut kemudian anda keluarkan melalui hidung. Lakukan cara ini sebanyak kurang lebih 8 kali.

  1. Mengurangi asupan kafein

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam makanan dan minuman, khususnya kopi bisa membuat kita tahan lama (tidak tidur). Maka dari itu, jika anda ingin tidur cepat di siang hari, maka anda harus mengurangi asupan kafein dan menjauhi segala bentuk bahaya kafein bagi tubuh Anda.


  1. Atur jadwal tidur

Dengan mengatur jadwal tidur, anda bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman baik di malam maupun juga di siang hari. Jika anda bisa mengatur pola tidur dengan baik, maka tentunya anda bisa tidur dengan cepat dan nyaman dan juga malam harinya anda tidak akan kelelahan.

  1. Mengunjungi dokter

Jika setelah melakukan berbagai macam cara agar supaya anda bisa tidur dengan nyaman, maka cara terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi yang sedang anda alami agar nantinya dokter bisa memberikan saran dan anjuran yang tepat bagi anda.

Itulah beberapa tips agar bisa tidur siang dengan nyenyak yang dapat dipraktikkan dan dijadikan sebagai kebiasaan baik. Namun, perhatikan pula bahaya tidur siang terlalu lama agar tetap dapat menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik