11 Kebiasaan yang Membuat Perut Rata Alami Layak Dicoba

214

Banyak orang mengira bahwa memperoleh perut yang langsing dan rata itu butuh perjuangan berat dan besar. Padahal perut rata itu tak harus selalu didpat melalui diet super ketat apalagi ekstrem, ditambah dengan olahraga yang super keras berlebihan. Melalui beberapa kebiasaan yang membuat perut rata ini sebenarnya bisa kok.

  1. Minum Air Putih dengan Rajin

Terkadang ada beberapa jenis perasaan yang sering disalahartikan sebagai tanda lapar, salah satunya adalah haus. Walau rasanya hanya sedikit haus, banyak orang justru memilih untuk makan ketimbang minum air putih. Karena otak telanjur menerjemahkannya sebagai rasa lapar akhirnya jangan heran kalau perut kemudian membuncit; itulah kenapa, minumlah air putih di saat haus dan bahkan saat lapar dan belum waktunya makan.

  1. Selalu Sarapan

Tidak sarapan justru merupakan kebiasaan yang akan memicu diri sendiri untuk makan banyak di siang harinya. Maka dari itu, sarapan sebaiknya tidak terlewat karena kemungkinan untuk mendapatkan tubuh kurus bisa lebih besar. Namun sarapan pun jangan sembarangan ya, penuhi karbohidrat sehat, protein dan juga lemak sehat.

  1. Berjemur Tiap Pagi

Sinar matahari pagi itu baik bukan hanya untuk yang menderita jenis-jenis penyakit jantung. Kebiasaan berjemur pada pagi hari adalah cara efektif dalam pemenuhan kebutuhan tubuh akan vitamin D. Cukup 15-20 menit lebih dulu berjemur di luar saat matahari pagi bersinar dapat pula diandalkan sebagai cara menurunkan berat badan.

  1. Minum Kopi Organik

Pagi-pagi minum kopi jelas paling nikmat untuk sebagian orang yang menggemarinya. Kalau kopi adalah sahabat di pagi hari, pilih deh kopi organik ketimbang kopi dengan kandungan gula tinggi. Kopi organik membantu membuat fungsi kognitif meningkat, belum lagi menjadi cara membakar lemak yang efektif.

Banyak pula yang belum tahu kalau kafein organik di dalam kopi jenis ini pun bisa menurunkan risiko kanker, menurunkan potensi terkena diabetes tipe 2, meningkatkan kesehatan jantung, serta tak ketinggalan meningkatkan fungsi kerja atletik tubuh. Meski bermanfaat, tetap saja 2-3 cangkir per hari sudah paling baik dan hindari konsumsi berlebihan.

  1. Mengonsumsi Air Hangat

Air hangat adalah yang paling direkomendasikan oleh para ahli apalagi bagi yang ingin membuat perut buncitnya menjadi rata. Saat bangun pagi dan perut masih kosong, minumlah air hangat sebagai peningkat kinerja saluran pencernaan, peningkat gerakan usus, peningkat metabolisme sehingga pembakaran kalori terjadi lebih banyak, serta pembuang toksin dari dalam tubuh.

  1. Menghindari Konsumsi Garam Berlebihan

Konsumsi garam adalah salah satu pemicu berat air meningkat sehingga perut mudah kembung dan malah kelihatan buncit. Makanlah makanan bergaram secara terbatas dan hindari mengonsumsinya berlebihan, seperti olahan daging kalengan, makanan kemasan, kentang goreng yang diberi bumbu, maupun kerupuk.

  1. Ngemil Beberapa Jam Sekali

Ngemil kali ini tidak dilarang, tapi juga jangan sampai kebablasan karena ngemil yang dianjurkan adalah beberapa jam sekali demi menjaga perut tak gampang lapar. Agar berat badan turun dan perut lebih rata, hindari membiarkan diri sendiri terlalu lapar karena nantinya berujung pada makan secara berlebihan. Cemilannya pun pilih yang sehat yam kacang-kacangan misalnya, biskuit sayur, dan lebih baik lagi makan buah segar.

  1. Mengunyah Makanan Pelan

Makan langsung telan bukanlah kebiasaan yang baik apalagi bagi yang ingin mengalami penurunan berat badan. Setiap suap 10 kali kunyah adalah yang dianjurkan di sini karena makan terbur-buru justru bikin tubuh tak tahu kapan harus berhenti karena sudah kenyang.

  1. Olahraga Durasi Pendek

Hindarilah bahaya olahraga yang berlebihan hanya demi perut rata karena sebenarnya olahraga dengan durasi pendek sepanjang 30 menit per hari sudah lebih dari cukup lho. Bahkan berolahraga sehari 3 kali dengan masing-masing durasi 10 menit malah dianggap lebih efektif sebagai cara menguruskan berat badan.

  1. Melakukan Pernafasan Dalam-dalam

Buncitnya perut tak selalu dikarenakan lemak lho, karena stres pun mampu memicu hal tersebut. Agar hormon stres bisa normal lagi, cobalah untuk latihan melakukan pernafasan dalam-dalam karena nafas panjang beberapa kali mampu merilekskan diri. Ini adalah terapi menghilangkan stres yang bisa berdampak pula bagi perut agar lebih rata.

  1. Menghindari Minuman Fermentasi dan Karbonasi

Daripada minum minuman yang mengandung gas seperti minuman yang difermentasi serta minuman soda/karbonasi, pilihlah minuman yang aman seperti air putih. Minuman bergas tentu akan memengaruhi perut sehingga mudah kembung dan buncit karena sistem pencernaan sedang penuh gas, jadi hindari kebiasaan ini ya.

Itulah deretan kebiasaan yang membuat perut rata dan bisa coba dipraktekkan mulai sekarang. Pastikan melakukannya rutin supaya hasil yang didapat juga memuaskan. Hasil perut rata hanya kita sendiri yang dapat mengendalikannya melalui beberapa kebiasaan sehat tersebut dan bukan dari hasil minum obat-obatan yang menjanjikan tubuh kurus.