5 Kebiasaan Makan yang Buruk Ini Sebaiknya Dihindari

173

Makan adalah kebutuhan makhluk hidup yang harus dipenuhi setiap harinya. Namun tentunya bukan hanya sekedar makan yang kita lakukan karena tubuh memerlukan asupan gizi seimbang agar sehat dan kuat beraktivitas. Apalagi, ternyata ada banyak kebiasaan makan yang sering kita lakukan namun ternyata tidak semuanya baik untuk tubuh. Karena itu penting sekali memperhatikan kebiasaan makan sehari-hari dan menghindari kebiasaan buruk agar tidak menyebabkan timbulnya penyakit. Berikut kebiasaan makan yang sebaiknya kita hindari.

1. Makan Terlalu Cepat

Makanan yang tidak dikunyah sempurna akan masuk ke lambung dalam bentuk yang kasar, hal ini akan membuat proses pencernaan berjalan tidak sempurna dan nutrisi yang terserap juga tidak maksimal. Apalagi makan dengan cepat akan meningkatkan resiko kegemukan, karena respon ke otak yang lambat saat lambung telah penuh. Karena itu, makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan sampai halus agar penyerapan nutrisi lebih optimal.

2. Makan saat Mengerjakan Aktivitas Lain

Mungkin kita sering melakukannya, makan sambil melakukan sesuatu seperti bermain ponsel, menonton tv, mengobrol atau bahkan menyelesaikan tugas. Ini bukanlah kebiasaan yang baik, karena saat fokus kita tidak sepenuhnya pada makanan, kita bisa makan dalam porsi lebih banyak dan ini dapat meningkatkan resiko kegemukan atau obesitas. Selain itu, penyakit diabetes pun dapat lebih mudah menyerang jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama.

3. Makan dengan Makanan Miskin Nutrisi

Tidak semua makanan yang kita makanan mengandung banyak nutrisi. Makanan junkfood dan makanan cepat saji bahkan sama sekali tidak mengandung nutrisi selain rasa enak yang hanya bersifat sementara. Sebaiknya, hindari makan burger, ayam goreng, kentang goreng, mie instan, dan makanan kemasan. Perbanyak buah dan sayur agar tubuh tetap sehat dan terhindari dari banyak penyakit berbahaya.

4. Makan Makanan Panas lalu Minum Minuman Dingin

Saat sedang makan makanan panas, memang rasanya akan sangat nikmat jika langsung minum air dingin. Namun kebiasaan tersebut justru dapat merusak lapisan dentin gigi, sehingga gigi bisa cepat rusak. Sebaiknya minum air biasa atau air hangat setelah makan, agar kesehatan gigi terjaga sekaligus membantu mempercepat proses pencernaan.

5. Makan dan Minum yang Manis

Makan makanan yang manis tidak baik untuk kesehatan, karena kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Selain itu, minum minuman manis juga sama berbahayanya, apalagi jika meminumnya setelah makan. Selain penyakit diabetes, obesitas pun dapat terjadi jika kebiasaan ini sering dilakukan.

Nah, setelah membaca ini ternyata banyak sekali kesalahan kita setiap makan dengan melakukan kebiasaan buruk yang justru dapat memperburuk kesehatan. Jika kebiasaan itu bisa kita hindari, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan tentunya akan berdampak pada aktvitas sehari-hari yang jauh lebih produktif.