8 Penyebab Sering Mual Setelah Makan

Sebagai makhluk hidup, pastilah kita sangat membutuhkan makanan. Makanan sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan juga fungsi penting bagi kesehatan dan juga organ tubuh kita. Selain itu, dengan asupan makanan yang tepat dan juga tidak berlebih, makanan merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh kita semua. Saat ini, jenis makanan sudah banyak variasinya dan kita pun memiliki banyak pilihan untuk dikonsumsi. Namun demikian untuk mengkonsumsi makanan, ada banyak sekali hal yang sebenarnya harus kita perhatikan,dan seringkali lupa untuk kita perhatikan, seperti :

  • Pilih makanan 4 sehat 5 sempurna
  • Jangan terlalu banyak memasukkan kombinasi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan juga gula dalam satu kali makan
  • Perbanyak asupan makanan kaya serat, vitamin dan juga mineral
  • Makan minimal 3 kali dalam sehari, dan jangan pernah melewatkan sarapan
  • Selalu minum air putih sebelum dan juga sesudah makan
  • Jangan makan terlalu cepat
  • Kurangi konsumsi bahaya makanan cepat saji atau fast food
  • Jangan langsung tidur setelah makan
  • Kenali jenis makanan apa saja yang menyebabkan munculnya alergi pada diri anda
  • Jangan makan berlebihan, terutama ketika sedang merasa sangat lapar dan juga pada saat berbuka puasa

Itu hal-hal penting yang harus anda perhatikan untuk menjaga asupan makanan ke dalam tubuh anda.

Namun demikian ketika kita sedang makan, terkadang kita sering merasakan gejala mual dan juga perut yang terasa begah, seperti ingin muntah setelah makan. Hal ini sebenarnya merupakan suatu gejala-gejala dari beberapa penyakit dan juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lain. Apa saja yang menyebabkan munculnya gejala sering mual setelah makan dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa penyebab dari munculnya gejala mual setelah makan :

1. Alergi pada suatu makanan

Penyebab pertama dari seringnya mual setelah makan adalah faktor alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu. Biasanya ketika tubuh tidak dapat mentoleransi suatu makanan, tubuh akan menimbulkan respon tubuh tertentu. Diantaranya adalah kulit yang menjadi gatal dan memerah, serta munculnya rasa mual. Biasanya beberapa makanan yang mungkin dapat menyebabkan alergi adalah makanan laut, kacang-kacangan, protein hewani, dan berbagai macam jenis bahan makanan lainnya.

Untuk mencegahnya, yang perlu anda lakukan adalah menghindari makanan yang dapat membuat anda alergi, dan yang pasti, anda wajib untuk mengetahui alergi makanan apa yang anda miliki. Alergi makanan yang tidak ditangani dengan baik, akan menimbulkan :

2. Keracunan Makanan

Selain karena alergi terhadap makanan tertentu, biasanya kondisi mual ini juga dapat disebabkan oleh keracunan akan bahan makanan tertentu. Keracunan makanan ini lebih mengarah kepada kondisi bahan makanan yang tidak layak untuk dikonsumsi, atau memang tidak bisa untuk dikonsumsi, seperti makanan yang basi, masih mentah, atau makanan yang terlalu lama disimpan pada suhu ruangan, sehingga memungkinkan berbagai kotoran dari binatang seperti bahaya makanan yang dihinggapi lalat.

Penyebab keracunan makanan ini bisa diakibatkan oleh :


3. Psikosomatis

Psikosomatis merupakan suatu gejala psikologis yang memiliki efek terhadap munculnya respon fisik, salah satunya adalah mual. Contohnya adalah ketika seseorang terlalu depresi dan stress. Ketika makan, otak akan memikirkan stressnya tersebut sehingga hal ini dapat menyebabkan munculnya gangguan, salah satunya adalah mual.

4. Makan terlalu banyak dan terlalu cepat

Salah penyebab sering mual setelah makan dan begah, yang paling sering dirasakan adalah karena makan yang terlalu banyak dan cepat. Tentu saja kita harus makan, namun dengan asupan yang cukup dan juga teratur. Apabila makan terlalu banyak dan juga cepat, maka hal ini akan menyebabkan lambung dan juga organ pencernaan menjadi “kaget” sehingga tidak kuat untuk menampung makanan yang tiba-tiba masuk. Hal ini akan menyebabkan tubuh memberikan respon berupa munculnya rasa mual.

Makan terlalu banyak ini juga bisa mengakibatkan :

5. Makan sambil berbicara

Tidak hanya makan terlalu cepat dan juga terlalu banyak, namun juga makan sambil berbicara juga dapat menyebabkan munculnya gejala perut yang terasa mual. Ketika makan, kita harus benar-benar berkonsentrasi akan kegiatan mengunyah makanan. Berbicara pada saat mengunyah makanan akan menyebabkan proses penghalusan makanan tidak berjalan dengan baik, sehingga ketika makanan sudah masuk ke lambung. Lambung akan mengeluarkan gas yang terlalu banyak, sehingga menyebabkan rasa mual.


Saat makan sambil berbicara akan mengakibatkan :

6. Asam Lambung

Rasa mual lainnya yang muncul setelah makan juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang memang memiliki gangguan penyebab asam lambung. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan perut terasa mual, namun juga menyebabkan tenggorokan danjuga kerongkongan menjadi terasa perih. Tentu saja hal ini bisa disiasati dengan cara :

  • Hindari makanan yang mengandung asam yang tinggi
  • Makan jangan terlalu cepat
  • Selalu konsumsi makanan sehat sehari-hari
  • makan secara teratur

7. Faktor kehamilan

Kehamilan juga merupakan salah satu penyebab dari munculnya sering mual setelah makan. Hal ini merupakan salah satu respon tubuh yang wajar dan seringkali terjadi pada ibu hamil. Karena itu, disarankan kepada ibu hamil ketika sedang mengandung, makanlah makanan yang tidak mengandung asam yang tinggi dan perbanyak konsumsi makanan kaya serat.

Untuk mencegah mual saat hamil, hindari hal-hal berikut ini :

8. Gejala munculnya gangguan pada sistem pencernaan

Penyakit lainnya yang mungkin dapat menyebabkan seringnya mual sesudah makan adalah kemungkinan mengalmi gejala gangguan pada sistem pencernaan. Biasanya gangguan ini muncul pada organ lambung dan juga usus. Penyakit yang biasanya muncul adalah :

Itulah beberapa penyebab dari munculnya gangguan sering mual setelah makan. Untuk mencegahnya, disarankan bagi anda untuk selalu menjaga selalu kesehatan diri anda, dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan juga mengandung serat. Dan juga disarankan untuk makan tidak terlalu cepat dan juga terlalu banyak, untuk menghindari mual.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian, terima kasih..

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit