Home Penyakit dan KelainanCegukan Cegukan Terus Menerus – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cegukan Terus Menerus – Penyebab dan Cara Mengatasinya

by Ana Rohma

Cegukan terus menerus pada orang dewasa perlu diwaspadai, sebab bisa jadi cegukan itu adalah pertanda kesehatan yang serius. Banyak yang tidak tahu mengapa cegukan bisa terjadi pada dirinya. Tidak hanya itu saja, cegukan secara terus menerus bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman dan menyusahkan. Bunyi cegukan itu sendiri bisa menganggu kenyamanan anda dan juga menganggu kenyamanan orang lain. Orang akan merasa terganggu dengan bunyi yang keluar dari mulut dan tenggorokan anda. Cegukan itu biasanya tidak hanya terjadi satu kali, namun cegukan bisa terjadi berkali-kali. Cegukan bisa menyebabkan adanya kontraksi tiba-tiba yang terjadi pada daerah diafragma, berulang tiap menit.

Cegukan Menurut Pandangan Medis

Cegukan menurut pandangan medis disebut dengan singultus. Kondisi itu adalah kondisi dimana diafragma mengalami kejang tidak sesuai dengan kemauannya, diafragma yang mengalami pengejangan tidak sesuai dengan kemauannya bisa menimbulkan cegukan. Menurut medis, cegukan terjadi saat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan berada di tingkat yang paling rendah.

Penyebab Cegukan Terus Menerus

cegukanBanyak yang tidak tahu apa saja yang menyebabkan seseorang menjadi cegukan. Tahu-tahu orang tersebut mengalami cegukan selama bemernit-menit. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan cegukan :

  1. Makanan Pedas

Makanan yang pedas misalnya saja cabai, lada dan juga makanan kari bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.

  1. Alkohol

Alkohol adalah penyebab cegukan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa membuat iritasi yang ada pada syaraf. Syaraf itu berhubungan langsung dengan diafragma. Sehingga syaraf yang terkena iritasi akan membuat timbulnya kejang di dalam otot diafragma dan akhirnya bisa menyebabkan cegukan. Selain cegukan, bahaya alkohol juga sangat banyak bagi kesehatan.

  1. Terlalu Makan Banyak

Terlalu makan banyak bisa menyebabkan cegukan. Hal itu dikarenakan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat ruang diafragma menjadi sempit dan tertekan. Akibatnya adalah orang tersebut akan mengalami cegukan.

  1. Makan Dengan Tergesa

Makan dengan cara yang tergesa-gesa membuat pasokan CO2 di dalam tubuh menurun secara drastis. Akibatnya adalah sedikitnya pasokan CO2 di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan. Hal itu akan diperparah orang yang makan cepat dengan sambil berbicara sewaktu makan. Cegukan bisa menyerang mereka, alasannya adalah oksigen secara mendadak mendesak masuk ke dalam paru-paru hingga berpengaruh pada diafragma.

  1. Terlalu Banyak udara

Terlalu banyak udara atau oksigen di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan, hal itu dikarenakan pasokan udara yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat pasokan CO2 semakin sedikit di dalam tubuh. Akibatnya adalah cegukan akan terjadi pada orang yang menelan banyak udara.

  1. Minum Air Dingin

Yang menyebabkan seseorang terkena cegukan adalah saat makan besar, orang itu minum air dingin. Air dingin bisa membuat pencernaan tidak lancar. Pencernaan yang tidak lancar bisa menghalangi kinerja diafragma akibatnya cegukan pun akan muncul. Tidak hanya itu saja perubahan suhu yang ada di dalam perut juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.

  1. Emosi Tinggi

Kondisi psikis juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Kondisi emosi tinggi biasanya memmbuat diafragma kembang kempis karena menahan kesal. Diafragma dalam kondisi seperti itu rentan bisa membuat seseorang terkena cegukan, oleh sebab itulah mengendalikan emosi adalah salah satu cara untuk mengatasi atau menghindari cegukan.

  1. Kurangnya Cairan

Orang yang mengalami dehidrasi bisa membuat orang tersebut terkena cegukan. Hal itu dikarenakan kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan makanan yang masuk ke dalam perut tidak semuanya terdorong masuk di dalam perut. Dehidrasi juga membuat pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar.

  1. Bumbu Masakan

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab cegukan adalah bumbu masakan. Orang yang tidak tahan terhadap bumbu-bumbu tertentu bisa mengalami cegukan ketika mamakan bumbu tersebut. Bumbu yang biasanya bisa menyebabkan cegukan pada seseorang adalah bumbu yang terlalu asin dan juga bumbu yang terlalu asam.

Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus

Cara menghilangkan cegukan terus menerus tidaklah terlalu sulit. Cegukan tidak hanya mengganggu kenyamanan, namun cegukan juga bisa menimbulkan masalah bagi orang yang mengalaminya. Oleh sebab itulah orang yang mengalami cegukan terus menerus diharapkan bisa mengatasi cegukannya dengan cepat. Berikut ini cara mengatasi cegukan dengan cepat :

  1. Segelas Air

Segelas air yang dibiarkan masuk ke dalam tenggorokan bisa secara perlahan namun bertahap bisa mengembalikan diafragma dan menormalkan diafragma agar diafragma tidak kejang kembali.

  1. Minum Air Lemon

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Perasan air lemon bisa meredakan cegukan yang disebabkan oleh makanan-makanan tertentu.

  1. Menghisap Lemon

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat air perasan lemon anda bisa menghisap daging lemon menggunakan lidah anda. Banyak penelitian menunjukkan fakta bahwa menghisap daging lemon lebih bermanfaat dibandingkan mengobati cegukan dengan obat kimia.

  1. Menahan Nafas

Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menahan nafas baik melalui hidung maupun dengan melalui mulut.

  1. Menekan Hidung

Menghilangkan cegukan secara efektif bisa dengan cara menekan hidung menggunakan salah satu tangan anda. Setelah itu kelola pernafasan dengan mengambil nafas melalui mulut dan rekatkan mulut rapat-rapat. Pastikan jika tidak ada sedikitpun udara yang masuk ke dalam tubuh atau berhasil terhirup. Lakukan kondisi ini sebanyak satu menit sampai cegukan itu bisa berhenti dengan sendirinya.

  1. Gula

Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menggunakan gula. Caranya adalah anda bisa mengunyah maupun menelan kembang gula. Gula yang dikunyah dan dikonsumsi mampu memberikan sinyal kepada syaraf yang berhubungan dengan diafragma untuk menghentikan pemicu cegukan.

  1. Berbaring

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan berbaring. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh anda dan posisikan lutut ditekuk ke arah perut. Jangan mengubah posisi ini setidaknya satu menit.

  1. Bernafas Di Dalam Plastik

Untuk menghilangkan cegukan anda bisa melakukan pernafasan di dalam plastik. Bernafaslah sepuasnya di dalam plastik, setelah plastik menggembung cobalah untuk meletuskannya. Bernafas di dalam plastik kemudian meletuskannya dipercaya bisa untuk menghilangkan cegukan secara cepat.

  1. Es Batu

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan mengunyah es batu namun es yang memiliki massa kecil. Rasa segar dari es batu itu dipercaya bisa menghilangkan cegukan. Sebelum dikunyah biarkan es batu itu berada di dalam mulut anda, setelah itu barulah anda bisa mengunyah es batu tersebut kemudian menelannya.

  1. Mengunyah Roti Kering

Sama halnya dengan mengunyah es batu, mengunyah roti kering bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan dikarenakan remahan roti kering di dalam mulut bisa membuat otot diafragma menjadi lentur dan tidak tegang kembali. Otot diafragma yang lentur bisa menyebabkan cegukan menjadi hilang.

  1. Meletakkan Kaki Di Atas Kepala

Untuk menghilangkan cegukan anda bisa menggunakan cara berupa memposisikan kaki untuk berada di atas kepala. Posisi kaki di atas kepala bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga cegukan pun bisa diatasi dengan cara tersebut.

  1. Minum Air Tanpa Bernafas

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah meminum air tanpa menggunakan nafas. Meminum air tanpa menggunakan nafas ini bisa membuat seseorang menahan nafas, sedangkan menahan nafas adalah cara efektif untuk membuat cegukan menjadi hilang dan reda.

  1. Minum Madu

Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan minum madu, minum madu bisa melemaskan syaraf yang berhubungan dengan diafragma. Jika tidak suka dengan efek pekat yang ditimbulkan anda bisa menambahkannya dengan segelas air hangat. Air hangat dan madu bisa membuat perut menjadi nyaman sehingga cegukan bisa teratasi.

  1. Minum Air Dengan Cepat

Minum air dengan cepat bisa digunakan sebagai menghilangkan cegukan. Rasa cepat dari meminum air bisa membuat melancarkan pencernaan.

  1. Membungkuk Dan Menyentuh Ibu Jari Kaki

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan membungkuk dan tangan menyentuh jari kaki. Cara seperti itu akan membuat perut menjadi tertekan dan diafragma menjadi tertekan. Tertekannya diafragma bisa membuat cegukan hilang.

  1. Menekan Langit-Langit Mulut

Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menekankan jari pada langit-langit mulut, pijatlah langit-langit mulut secara perlahan jangan sampai langit-langit mulut anda tergores dengan kuku anda.

  1. Selai Kacang

Menggunakan selai kacang dipercaya bisa digunakan untuk meredakan cegukan. Hal itu dikarenakan kepekatan dan kelengketan pada selai kacang bisa digunakan untuk penyeimbang irama dalam pernafasan sehingga diafragma menjadi lebih teratur.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk meredakan cegukan, caranya adalah denganmengoleksan kayu putih itu di bagian leher. Rasa hangat yang dihasilkan dari minyak kayu putih bisa digunakan sebagai penormal organ-organ di dalam tubuh dan di dalam perut.

  1. Rasa Kaget

Aneh tapi nyata, meredakan cegukan bisa dilakukan dengan rasa kaget. Misalnya saja adalah anda menyentuh teman anda untuk mengagetkan anda, rasa kaget yang anda terima bisa berfungsi untuk meredakan dan menghilangkan cegukan.

  1. Makanan Asam

Salah satu makanan yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan memakan makanan yang asam. Makanan yang asam itu misalnya saja adalah cuka. Rasa asam pada cuka dan pada makanan asam bisa digunakan sebagai simultan yang baik bagi pernafasan seseorang. Ketika anda memakan makanan tersebut anda secara tidak sengaja mengernyitkan dahi, proses inilah yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.

Cegukan terus menerus pada orang dewasa juga terkadang dapat menjadi masalah serius karena berhubungan dengan masalah pernapasan. Jadi jika tidak dapat menghilangkan cegukan dengan cara di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait.

You may also like