Sering Bersendawa – Penyebab, Pemeriksaan dan Pencegahannya

12635

Apakah anda pernah bersendawa? Sendawa biasanya juga normal terjadi pada anak-anak, orang dewasa ataupun  orang tua. Sendawa adalah ketika ada udara yang keluar dari bagian perut lewat mulut. Hal ini akan menyebabkan ada sensasi suara yang muncul perlahan. Biasanya sendawa memang akan membuat kondisi dalam perut menjadi lebih nyaman. Sendawa dapat terjadi ketika ada terlalu banyak gas yang masuk ke perut. Hal ini memang sangat wajar karena ketika kita makan dan membuka mulut maka ada sebagian gas yang ikut masuk dan tidak terasa. Tapi saluran pencernaan dalam perut memberikan reaksi yang berbeda dengan mendorong keluar semua gas dari perut. Bersendawa menjadi lebih mengkhawatirkan jika disertai dengan kesehatan yang kurang baik.

Penyebab

Semua orang memang bisa mengalami sendawa dan terkadang ini menjadi hal yang sangat memalukan, terutama jika anda sedang berada di muka umum. Tapi ini adalah salah satu sistem yang sangat normal dan mungkin bisa terjadi karena beberapa hal dibawah ini:

sering bersendawa1- Anda makan dan minum dalam waktu yang sangat cepat sehingga ada bagian udara yang masuk ke perut. Anda mungkin tidak menyadari hal ini tapi udara memang bisa masuk dalam waktu yang sangat cepat.

2- Konsumsi minuman yang mengandung karbon atau karbonasi, seperti bahaya minuman bersoda. Minuman ini akan menimbulkan sensasi keras dan menyenangkan yang membuat Anda mudah mengeluarkan sendawa.

3- Tekanan mental dan stres. Orang yang mengalami tekanan mental dan stres juga menghadapi kondisi ini karena hormon mendorong pembentukan gas yang lebih banyak dari dalam perut.

4- Beberapa orang memang secara sengaja sering bersendawa untuk mengatasi perut yang terlalu penuh, perut kembung dan gangguan yang tidak nyaman pada perut.

5- Makan sambil berbicara yang menyebabkan udara masuk ke perut bersama makanan

6- Kebiasaan mengunyah permen karet yang menyebabkan perut mengeluarkan banyak gas

7- Kebiasaan minum dengan memakai sedotan

8- Konsumsi jenis obat-obatan tertentu yang menyebabkan produksi gas dalam perut seperti obat untuk penderita diabetes, obat pencahar, obat untuk mengatasi asam lambung dan obat untuk mengatasi rasa nyeri seperti aspirin

9- Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu juga bisa menyebabkan sering bersendawa seperti :

  • Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi
  • Makanan yang banyak mengandung sari pati dan gula
  • Makanan yang menyebabkan produksi gas dalam perut seperti ubi
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran (brokoli, kembang kol, daun bawang dan kubis).

Pemeriksaan

Jika bersendawa terus terjadi dan menimbulkan perut menjadi tidak nyaman, maka anda harus mencari pertolongan secara medis. Biasanya dokter akan menanyakan tentang penyebab sendawa secara umum misalnya jenis makanan yang membuat perut tidak nyaman. Kemudian beberapa pemeriksaan lanjutan seperti USG untuk perut, tes pencernaan, tes darah, dan tindakan pemeriksaan lain seperti MRI dan CT. pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui kondisi dalam pencernaan Anda dan melihat kemungkinan penyebab sendawa yang berlebihan.

Penyakit dengan Indikasi Sering Bersendawa

Sendawa memang biasanya normal terjadi pada semua orang. Namun ketika Anda terlalu sering bersendawa hingga membuat perut menjadi tidak nyaman, maka itu bisa menjadi indikasi penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering ditandai dengan sendawa yang terlalu sering :

  • Penyakit Gastroesophageal – Penyakit ini menyebabkan asam yang dihasilkan dari lambung masuk ke perut kemudian akan berjalan melewati kerongkongan dan saluran makanan. Ketika bersendawa maka terkadang beberapa penderita juga bisa terpancing untuk muntah dan mengeluarkan semua makanan dari perut.
  • Gastroparesis – Penyakit ini akan menyebabkan lambung mengalami gangguan karena otot yang terdapat pada bagian dinding sangat lemah. Penyakit ini akan membuat sistem pencernaan berjalan sangat lambat sehingga terkadang makanan akan kembali mengalir ke saluran pencernaan atas. Dorongan dan tekanan pada bagian perut bahkan bisa menyebabkan sendawa sampai muntah.
  • Gastritis – Gastitris adalah kondisi yang terjadi karena ada bagian lambung yang mengalami peradangan atau luka. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa sakit pada bagian perut hingga ulu hati, perut tidak bisa menerima makanan, nyeri, mual dan keinginan bersendawa untuk membuat perut menjadi lebih nyaman.
  • Tukak Lambung – Penyakit ini disebabkan karena ada luka yang terjadi pada bagian lambung yang menyebabkan sejumlah makanan tidak bisa masuk ke dalam perut. Bahkan dalam kondisi tertentu luka bisa menyebar ke bagian usus dan kerongkongan. Jika dibiarkan maka akan menjadi tukak lambung akut dan memerlukan perawatan yang lebih serius.
  • Infeksi heliobacter pilori – Infeksi dari bakteri ini akan menyebabkan infeksi pada bagian lambung sehingga akan menyebabkan keinginan bersendawa secara terus menerus. Infeksi bakteri ini harus segera disembuhkan sebelum berkembang menjadi penyakit lain seperti tukak lambung dan gastritis.
  • Penyakit pada saluran sekresi – Penyakit ini bisa terjadi pada bagian saluran cerna. Beberapa kondisi ini sering terjadi pada orang yang pernah menjalani operasi pada bagian lambung atau sekitar organ pencernaan. Operasi penghapusan beberapa bagian usus juga bisa menyebabkan gangguan ini.
  • Kelainan pankreas – Kelainan pankreas akan menyebabkan pankreas tidak bisa mengeluarkan enzim yang berperan dalam sistem pencernaan sehingga perut merasa tidak nyaman dan penuh. Sering bersendawa bisa menyebabkan perut menjadi lebih nyaman tapi tidak berlangsung lama sehingga perawatan lanjut sangat diperlukan.

Pada dasarnya bersendawa memang menjadi cara untuk membuat perut menjadi lebih nyaman, Anda tidak perlu merasa khawatir karena sering bersendawa. Tapi jika bersendawa sering terjadi dan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman dan disertai gejala lain seperti mual, muntah, dan perut buncit maka Anda harus segera mencari bantuan medis.

Cara Mengatasi

Bersendawa yang terlalu sering terkadang akan menimbulkan rasa lelah dan kurang nyaman dengan lingkungan. Bahkan beberapa orang merasa harus muntah untuk menghilangkan sendawa, tapi ternyata usaha ini memang tidak terlalu berhasil mengatasi sendawa. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sering bersendawa :

  • Berbaring ke salah satu sisi misalnya sisi kanan atau kiri dengan posisi lutut di tekuk ke arah dada. Lakukan latihan ini hingga perut menjadi lebih nyaman dan sendawa berkurang.
  • Hindari semua jenis minuman dan makanan yang menyebabkan sendawa. Bahkan sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkarbonasi yang menyebabkan sendawa menjadi lebih parah.
  • Hindari kebiasaan mengunyah permen karet dalam waktu yang lama karena udara akan terus masuk ke pencernaan selama Anda mengunyah permen karet.
  • Lakukan kebiasaan makan yang baik seperti makan sambil duduk dengan posisi badan yang benar sehingga saluran pencernaan bisa menerima makanan dengan baik.
  • Makan dan minum secara perlahan, bahkan Anda harus mengunyah makanan dengan pelan dan makan diam agar tidak ada udara yang masuk ke pencernaan.
  • Minum jenis minuman yang mengandung probiotik untuk memelihara kesehatan organ dalam pencernaan sehingga bisa membunuh semua bakteri jahat dalam pencernaan.
  • Jika anda sering bersendawa karena terkena tekanan emosi, maka cobalah untuk santai dan mengatur nafas yang baik agar tidak bersendawa.
  • Hindari jenis makanan kaya serat untuk sementara waktu karena makanan ini bisa memproduksi gas dalam perut dan membuat sendawa menjadi lebih parah.

Jadi, bersendawa adalah kondisi yang sangat umum dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika sering bersendawa dan menyebabkan beberapa gangguan seperti lelah, sulit bernafas dan gangguan pencernaan lain, maka harus mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter.