5 Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Sakit dan Cara Mengatasinya

4140

Terkadang ketika sedang sakit, baik itu sakit demam ataupun batuk dan penyakit lainya, pasti lidah terasa pahit dan tidak enak jika untuk memasukan makanan, itu juga salah satu penyebab kenapa disaat sedang sakit rasanya malas makan dan mengkonsumsi apapun, padahal ketika sedang sakit harus benar-benar banyak makan dan minum, agar metabolism pada tubuh dapat kembali dan mampu melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Namun faktanya memang demikian, sakit memang menyebabkan lidah menjadi pahit dan menjadi malas makan, sebenarnya apa sih yang menyebabkan lidah terasa pahit ketika sedang sakit ?, untuk hal itu akan kita bahas dan kita rincikan di bawah ini

Lidah disaaat sedang sakit memang terasa pahit, karena neuron sensorik pada lidah bermasalah, neuron sensorik ini berfungsi untuk menginformasikan kepada otak akan rasa yang di rasakan saat sedang mengkonsumsi makanan. Bila neuron sensorik ini bermasalah, justru rasa yang akan terasa hanya rasa pahit. Selain dari itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan lidah terasa pahit saat sedang sakit :

  1. Obat-obatan

Pada dasarnya obat sendiri sudah terasa pahit, bahkan ketika dimakan pada saat kondisi normalpun obat sudah pahit, tetapi kondisi orang yang sakit rasa pahit itu terkadang akan bertahan lama di lidah, hal ini disebabkan karena pada saat sedang sakit neuron sensorik tidak bekerja dengan normal, sehingga informasi yang diterima otakpun menjadi lambat, dan rasa pahit akan dirasakan lebih lama.

Baca : Obat asmaObat sakit perutObat sakit tenggorokan Obat sakit kepala

  1. Radiasi dan Kemoterapi

Radiasi atau kemoterapi mempengaruhi otak dan sebagian organ tubuh manusia, dengan sering melakukan radiasi ataupun kemotrapi memang menyembuhkan berbagai penyakit, namun hal ini akan membawa dampak pada pencecapan, sistem kinerja pencecapan pada saat melakukan rutinitas radiasi atau kemoterapi akan berkurang, hingga menjadikan lidah merasakan pahit.

  1. Fungsi Pengecapan Menurun

Pencecapan adalah sarana untuk menghantarkan ke otak rasa apa yang sedang dirasakan saat itu, namun ketika fungsi pencecapan menurun, justru akan membuat rasa tidak dapat diterima oleh otak, pada saat fungsi pencecepan menurun, lidah akan merasakan pahit.

Baca : Lidah kesemutanLidah tidak bisa merasakan makananPenyebab bintik hitam di lidah

  1. Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Mulut yang tidak bersih biasanya mempengharui akan rasa pada lidah. Hal ini biasa terjadi pada orang yang sedang sakit, karena biasanya orang yang sakit tidak boleh terlalu sering untuk terkena air. Saat sakit membuat seorang yang terkena penyakit itu malas untuk terkena air dan bahkan malas untk sikat gigi, sehingga mulut akan terasa pahit dan bau. Misalnya saja ketika seharian tidak sikat gigi dan dipagi harinya ketika bangun dari tidur mulut pasti akan terasa pahit.

Baca : Cara mencegah bau mulut

  1. Sakit Kanker Otak

Sakit kanker otak akan melemahkan syaraf yang dibawahinya terutama pada panca indera termasuk indera pengecapan. Indera pengecapan berpusat di otak dan saat otak terkena kanker dia tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya sehingga rasa pahit itu akan muncul.

Cara Mengatasi Rasa Pahit Pada Lidah

Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa pahit di lidah anda :

  1. Kurangi Konsumsi Minuman Yang Ber Aroma Sitrus

Minuman yang beraroma sitrus dapat menganggu proses pengecapan, untuk itu lebih baik ketika sedang sakit, mengurangi konsumsi minuman ini agar lidah tidak menjadi tambah pahit. Aroma sitrus ini biasanya akan anda dapatkan dari berbagai macam buah yang mengandung vitamin C

  1. Hindari Kopi dan Rokok

Kopi dan rokok memang meninggalkan bau yang tak sedap setelah beberapa waktu dikonsumsi, selain itu kandungan yang ada pada kopi dan rokokpun sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan rokok akan membuat lidah menjadi kurang kinerjanya.

Baca : Efek terlalu banyak minum kopiBahaya merokok sehabis makanBahaya menelan asap rokok

  1. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur dapat mengurangi rasa pahit yang dialami pada lidah, karena obat kumur akan membantu membunuh kuman-kuman yang menempel di mulut. Obat kumur akan memberikan kesegarn pada mulut. Lebih baik ketika menggunakan obat kkumur, biarkan selama 90 detik ada di mulut, baru di buang, agar hasil lebih maksimal

  1. Minum Air Putih

Konsumsi air putih memang sangat baik untuk kesehatan, bahkan tak hanya untuk mengatasi lidah pahit saja, kabarnya airputih memang mengandung khasiat untuk mengatasi segala penyakit. Mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari, agar kebutuhan air didalam tubuh dapat teracukupi, apabila kebutuhan air tercukupi maka tubuh akan lebih mudah untuk melakukan proses metabolismenya.

Baca : Efek kekurangan air putihAkibat terlalu banyak minum air putih Terapi air putih

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat bagus sekali untuk penyakit semacam iini, untuk menghindari dari lidah pahit lebih baik konsumsi vitamn C setiap harinya, paling tidak 1 tablet setiap hari. Jangan terllau berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin c, karna berlebih mengkonsumsi vitamin C juga berbahaya.

Baca : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

Itulah beberapa penyebab lidah terasa pahit saat sakit. Saat sakit anda bisa melakukan berbagai cara yang telah disebutkan di atas untuk menghilangkan rasa pahit di lidah anda. Apalagi untuk konsumsi air putih, konsumsi air putih yang cukup akan membantu tubuh untuk menciptakan system kekebalan tubuh, yang nantinya berfungsi untyk menyerang benda-benda asing yang masuk kedalam tubuh. Yang terpenting adalah bagaimana cara menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, daripada harus kesulitan untuk mengobati dan mencari obatnya. Sekian, semoga bermanfaat.