Home Tips KesehatanKesehatan Mulut 17 Cara Mencegah Bau Mulut Secara Alami

17 Cara Mencegah Bau Mulut Secara Alami

by maya sari

Cara mencegah bau mulut penting untuk diketahui dikarenakan banyak orang yang memiliki masalah dengan bau mulut tersebut. Banyak yang tidak sadar jika nafasnya berbau. Nafas yang bau menyebabkan si pemilik nafas dijauhi oleh banyak orang dikarenakan mereka tidak nyaman ngobrol dengan pemilik bau mulut. Orang yang bau mulut cenderung memiliki kepercayaan diri yang berkurang.

Tidak hanya cara mencegah nafas bau dan mulut bau saja yang perlu diperhatikan, namun kita perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan bau mulut. Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan kita juga bisa mengatasi atau mencegah bau mulut tersebut datang. Untuk mengetahui nafas dan mulut kita berbau atau tidak, coba julurkan lidah anda keluar dan sapukan pada tangan anda, seperti itulah bau mulut anda.

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengatasi, hal ini berlaku untuk semua hal. Sebelum bau mulut datang sebaiknya anda mencegah kedatangannya. Sayangnya banyak yang mengabaikan pencegahan ini, sehingga mereka baru sadar memiliki bau mulut ketika banyak orang yang menjaga jarak ketika berbicara dengannya. Nafas bau membuat psikis menjadi terganggu sehingga menimbulkan rasa minder dan kurang percaya diri.

Berikut ini cara mencegah bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap agar anda tetap bisa bebas berbicara dengan orang di sekeliling anda :

  1. Rajin Menyikat Gigi

Salah satu cara mencegah bau mulut adalah dengan rajin menyikat gigi. Alasannya adalah kebanyakan orang yang tidak rajin menyikat giginya dia akan memiliki nafas dan mulut yang bau. Gigi merupakan tempat bersarangnya kuman, sisa makanan mungkin juga ada di celah-celah gigi. Oleh sebab itu kita harus rajin menggosok gigi agar gigi selalu bersih. Sisa makanan yang masih ada di dalam mulut akan mengakibatkan berbagai macam gangguan misalnya saja adalah bau mulut, gigi berlubang dan masih banyak lagi lainnya. Sikat gigi ketika memakan makanan berserat seperti daging dan sehabis makan makanan manis, selain itu sikat gigi saat bangun tidur dan mau tidur. (baca : bahaya gigi berlubangpenyebab sakit gigi)

  1. Benang Gigi

Anda juga bisa menggunakan benang gigi yang bermanfaat untuk membersihkan celah-celah gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Menggunakan benang gigi ini memiliki manfaat untuk menghindarkan gigi dari masalah plak dan juga karang gigi yang membandel akibat sisa makanan. Celah gigi adalah tempat yang sangat disukai bagi kuman dan bakteri mulut. Pertama kali anda bisa membersihkannya dengan menyikat gigi, jika dirasa kurang bersih anda bisa menggunakan benang gigi agar sisa makanan yang masih tersisa akan terangkat.

  1. Obat Kumur

Saat ini banyak sekali obat kumur yang bisa anda temukan di supermarket. Obat kumur tersebut memiliki fungsinya masing-masing, ada obat kumur yang hanya menyegarkan mulut saja sedangkan ada obat kumur yang bersifat sebagai antiseptik. Sebaiknya anda memilih obat kumur yang bersifat antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut anda.

Kuman dan bakteri itu bisa menyebabkan seseorang mengalami bau mulut. Penyebab dari bau mulut bisa dihililangkan dengan menggunakan obat kumur. Cara menggunakannya sangat mudah sekali yaitu setelah bangun tidur anda bisa berkumur menggunakan obat kumur itu dan menahannya selama beberapa detik. Pastikan bahwa setiap celah gigi terkena obat kumur tersebut, kemudian buang obat kumur bekas tersebut jangan ditelan.

  1. Pembersih Lidah

Lidah berbeda dengan gigi. Bakteri yang menempel di lidah juga bisa menjadi penyebab orang tersebut mengalami bau mulut. Bisa dikatakan bahwa kuman dan bekteri itu bisa menempel di mana saja dan tidak cuma di gigi saja. Bakteri dan kuman yang menempel pada lidah bisa membentuk lapisan lidah yang tebal dan berbau busuk. Lapisan pada lidah tersebutlah yang harus dihilangkan. Jangan pernan membersihkan  lidah dengan menggunakan sikat gigi, sebab bagian permukaan lidah sangat lembut, jika dibersihkan menggunakan sikat yang kasar justru bisa membuat lidah menjadi sariawan dan terluka. Bersihkanlah lidah menggunakan sikat khusus lidah. Cara membersihkannya adalah sikatlah bagian pangkal lidah secara perlahan-lahan kemudian menuju ke bagian ujung lidah.

  1. Jangan Merokok

Merokok menjadi penyebab berbagai macam masalah kesehatan karena bahaya merokok bagi kesehatan tubuh . Tidak hanya itu saja, rokok juga bisa membuat nafas seseorang menjadi bau. Zat seperti nikotin, tar dan berbagai zat lainnya pada rokok itulah yang membuat nafas perokok bau. Nafas bau juga disebabkan oleh kandungan tembakau pada rokok tersebut. Memang untuk langsung berhenti merokok sangat sulit namun alangkah baiknya jika anda memulainya dengan mengurangi batang rokok setiap harinya. Misalnya saja adalah jika sehari anda menyulut 5 batang rokok setiap harinya maka mulai besok belajarlah untuk mengurangi sebatang rokok dan menggantinya menjadi 4 batang. Orang yang suka merokok nafasnya akan bau rokok, tidak hanya itu saja bau rokok juga akan melekat pada baju atau pakaian orang yang merokok.

  1. Permen Karet

Permen karet juga bisa dijadikan sebagai pencegahan bau mulut. Anda bisa mulai dari sekarang menghilangkan bau mulut dengan mengunyah permen karet setelah memakan makanan.

Fungsi dari permen karet itu adalah untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan kuman di dalam mulut. Fungsi lain dari permen karet sebagai pertahanan gigi dalam memerangi asam plak penyebab bau mulut dan gigi rusak, permen karet akan merangsang air liur menjadi banyak sehingga mulut tidak menjadi kering.

  1. Hindari Permen Manis

Agar terhindar dari bau mulut sebaiknya anda menghindari permen yang manis. Permen manis sangat disukai oleh kuman dan bakteri. Dengan memakan permen manis dikhawatirkan kuman dan bakteri akan berkumpul di dalam mulut untuk merusak gigi dan menyebabkan berbagai macam gangguan mulut lainnya.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Agar nafas tidak menjadi bau ada baiknya anda mencukupi jumlah cairan di dalam tubuh anda. Alasannya adalah tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Mulut yang kering adalah penyebab mengapa nafas menjadi bau karena jumlah air liur sedikit. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan bisa dengan mengkonsumsi air putih dua liter per hari. Anda bisa mmebawanya dari rumah jika hendak bepergian ke luar rumah. Cuaca yang terik akan membuat tubuh anda mudah haus dan dehidrasi.

  1. Hindari Gigi Palsu

Memang gigi palsu menjadi alternatif pilihan bagi orang yang kehilangan giginya akibat kecelakaan atau akibat faktor usia. Gigi palsu akan mirip sekali dengan gigi asli, oleh sebab itu banyak orang yang memilih menggunakan gigi palsu untuk menggantikan gigi aslinya yang hilang. Penggunaan gigi palsu merupakan penyebab bau mulut. Untuk mencegah bau mulut anda harus menghindarinya. Gigi itu sendiri sebenarnya tidak bau, namun yang bau adalah proses perekatan lem, kawat gigi dan berbagai piranti lainnya yang dibutuhkan untuk pemasangan gigi palsu. Piranti itulah yang menyebabkan nafas menjadi bau terutama jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

  1. Permen Mint

Bagi orang yang telah terlanjur menggunakan gigi palsu ada cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah datangnya bau mulut yaitu dengan menggunakan perment bercita rasa mint. Mint akan memberikan rasa yang segar di dalam mulut selain itu mint memiliki aroma yang segar. Selalu sediakan permen mint di saku baju setiap harinya.

  1. Menghindari Penyakit Gusi Dan Mulut

Gusi dan mulut bisa rentan terkena penyakit contohnya saja adalah sariawan, gusi bengkak, berdarah dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai macam penyakit tersebut menjadi pemicu seseorang terkena bau mulut. Penyakit yang ada di mulut banyak disebabkan oleh kuman dan bakteri. Cara mencegahnya anda harus menghindari penyakit ini. Hanya dokter gigi yang bisa membantu anda mewujudkan gusi yang bersih dan mulut yang bersih. (baca : penyebab gusi bengkak)

  1. Rutin Memeriksakan Kawat Gigi

Bagi anda yang menggunakan behel atau kawat gigi rajin-rajinlah untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anda. Kunjungilah dokter sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ada behel yang harus diperiksa sebulan sekali, dua bulan sekali dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja bagi yang giginya dibehel jangan lupa untuk menjaga kebersihan behel tersebut. Kawat gigi atau behel juga perlu dibersihkan setiap hari. Hal itu dikarenakan banyak sisa makanan yang bisa menempel di kawat gigi anda. Setiap kali anda menggosok gigi usahakan agar anda menyikat secara menyeluruh bagian behel anda.

  1. Rajin Memeriksakan Gigi

Rajin memeriksakan gigi bisa anda gunakan untuk mencegah bau mulut. Gigi dan mulut yang sehat bisa terhindar dari berbagai macam masalah gigi misalnya saja gigi berlubang, bau mulut dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menjaga kebersihan gigi dan kesehatan gigi anda bisa memeriksakan gigi anda selama 6 bulan sekali. Hal ini juga berlaku bagi anda yang memiliki masalah bau mulut.

  1. Buah-Buahan

Untuk menjaga kesegaran nafas anda, anda bisa menggunakan buah-buahan segar serta memakan makanan yang mengandung vitamin C. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, nutrisi dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Buah-buahan juga bisa menjadi pengganti permen karet bagi anda yang suka mencegah bau mulut menggunakan permen karet. Berikut ini adalah buah-buahan yang berguna untuk mencegah bau mulut.

  • Stroberi. Stroberi memiliki rasa yang asam dan juga manis. Kandungan vitamin C pada buah itu sangat tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut. Sistem imunlah yang akan membunuh kuman dan bakteri tersebut. Hal itu dikarenakan vitamin C bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia.
  • Lemon. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin C yang ada pada lemon itulah yang berguna untuk menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Sistem imun akan meningkat berkat mengkonsumsi lemon secara teratur.
  • Buah pir. Pir meruopakan buah yang kaya akan kandungan airnya. Tekturnya yang keras kerap dijadikan sebagai buah yang bisa digunakan sebagai pemberantas sisa-sisa makanan yang terselip di antara celah-celah gigi.
  • Jambu biji. Kandungan vitamin C tertinggi ada pada buah jambu biji. Jambu biji yang bisa sebagai pencegah bau mulut adalah jambu biji dengan daging yang merah. Selain bisa menghilangkan bau mulut, jambu biji daging merah ini bisa digunakan sebagai pencegah penyakit demam berdarah. (Baca : gejala deman berdarah)
  1. Batasi Kafein

Untuk mencegah bau mulut hadir bisa dengan membatasi asupan kafein pada teh maupun kopi. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada pada teh maupun kopi akan cepat melekat pada gigi, lidah maupun rongga mulut. Semakin sering anda mengkonsumsi kafein maka semakin banyak pula kafein yang ada di dalam mulut. Oleh sebab itulah orang yang suka mengkonsumsi kafein akan memiliki nafas yang bau.

  1. Teh Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan the hijau. Teh hijau sudah terkenal karena khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Antioksidan yang tinggi pada teh hijau bisa digunakan sebagai pembunuh bakteri penyebab bau mulut.

  1. Suplemen Vitamin C

Bagi anda yang tidak cukup waktu untuk mengkonsumsi buah bisa menggantinya dengan supplemen vitamin C. Sistem imun akan meningkat berkat supplemen itu sehingga sistem imun bisa menangkal bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

artikel yang berhubungan dengan suplemen vitamin C

Demikianlah berbagai macam cara mencegah bau mulut. Jika semua cara itu tidak berhasil sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter gigi dan mulut. Dokter gigi dan mulut bisa memberikan saran kepada anda bagaimana cara mencegah bau mulut.

You may also like