Bahaya Merokok Sehabis Makan 10 Kali Lebih Besar

4899

Bagi para pemakai rokok mungkin melakukan kegiatan rutin merokok setelah makan akan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Secara umum, merokok memang tidak baik bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh serta membuat kerugian non kesehatan lainnya yang jumlahnya cukup banyak. Adanya berbagai zat yang terkandung di dalam rokok yang sangat tidak baik ini juga sudah harusnya menjadi antisipasi banyak orang untuk tidak merokok.

Zat Berbahaya di Dalam Rokok

Sebelum mengetahui apa saja bahaya dari merokok setelah makan sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan zat berbahaya di dalam rokok. Bagi anda mungkin sudah banyak yang mengetahuinya namun hanya sementara saja tanpa tahu apa arti dari nama zat berbahaya tersebut. Berikut ini adalah beberapa kandungan berbahaya yang ada di dalam rokok:

  1. Nikotin

Nikotin merupakan zat yang ada di dalam rokok yang mampu menimbulkan efek candu sehingga pengguna rokok biasanya akan sanga sulit berhenti merokok. Selain itu nikotin juga mampu membekukan darah yang ada di dalam pembuluh darah arteri sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti jantung, stroke, anemia dan lainnya.

(baca juga: efek bahaya nikotin rokok )

  1. Tar

Tahukah anda bahwa tar merupakan bahan utama dalam pembuatan aspal jalan dan bisa anda bayangkan jika tar masuk ke dalam tubuh? ya, tar bisa menempel di dalam paru-paru dan persis seperti aspal. Tar yang menempel ini dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

(baca juga: bahaya tar rokok)

  1. Karbon Monoksida

Karbon moniksida merupakan zat yang mampu mengikat oksigen. Jadi, jika merokok maka oksigen di dalam tubuh juga akan berkurang dan hal ini pastinya akan membuat gangguan pada beberapa organ tubuh yang vital.

  1. Karsinogen

Karsinogen ini sangat berbahaya karena keberadaannya di dalam tubuh dapat menstimulasi pertumbuhan sel kanker yang tidak normal.

  1. Iritan

Iritan merupakan zat yang dapat mengakibatkan saluran kotoran menjadi kotor sehingga bagi para perokok biasanya akan sering mudah terserang berbagai jenis penyakit pernafasan seperti infeksi paru-paru.

Bahaya Merokok Setelah Makan

Merokok adalah hal yang dapat membahayakan kesehatan namun tahukah anda bahwa merokok setelah makan ternyata lebih berbahaya dibanding dengan kegiatan merokok di waktu lainnya. namun ini tidak bisa menjadikan alasan bagi anda bahwa merokok itu tetap boleh lho ya. Jadi menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang apoteker berkebangsaan Nigeria bernama Lanre Arege dari Universitas Ilorin Teaching Hospital dalam penelitiannya menunjukkan hasil bahwa orang yang merokok setelah makan lebih berbahaya hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan waktu lainnya.

Hasil ini disebabkan oleh setelah makan peredaran darah pada organ pencernaan akan meningkat tajam sehingga berbagai zat di dalam rokok yang berbahaya akan mudah terserap juga di dalam darah. nah, hal ini tentunya akan sangat berbahaya karena berbagai zat bahaya yang ada di dalam rokok tersebut akan menganggu berbagai fungsi organ di dalam tubuh seperti misalnya hati, penyakit ginjal, sariawan usus, otak, bahaya jantung koroner, dan lainnya.

Gangguan salah satu organ tubuh bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Misalnya saja pembuluh darah yang mengalami penyumbatan karena zat bahaya di dalam rokok dapat memicu berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, gejala stroke, gejala anemia, gangguan pada saraf otak dan gangguan lainnya pada peredaran darah karena darah tersumbat dan tidak bisa dipompa dengan baik oleh jantung sehingga peredaran darah juga mengalami gangguan.

Selain gangguan pada peredaran darah, merokok setelah makan ini juga dapat membuat kegiatan seksual anda menjadi terganggu. Nah bagaimana ini bisa terjadi? yak karena di dalam rokok terdapat zat bahaya yang mampu mengurangi produksi sperma serta memicu terjadinya impotensi atau disfungsi ereksi yang lebih cepat padahal usia anda masih muda dan masih segar dimana seharusnya anda masih memiliki tenaga yang masih kuat namun dengan kebiasaan merokok setelah ini justru akan membuat anda merugi bukan?

Padahal mungkin jika kita amati sangat banyak orang yang merokok setelah makan bahkan mereka ini akan merasa tidak afdol jika setelah makan tidak merokok dan akan membuat lidah menjadi terasa kelu dan pahit. Bagi anda yang sering melakukan kebiasaan ini sebaiknya anda hentikan saat ini juga untuk kesehatan anda sendiri.

Cara Mencegah Kebiasaan Merokok Setelah Makan

Karena bahaya yang mengancam anda jika merokok setelah makan diteruskan maka sebaiknya untuk mencegahnya. Bagi anda yang ingin mencegah merokok setelah makan ini bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Menggosok Gigi

Menggosok gigi setelah makan tentunya merupakan kegiatan yang sehat karena bisa membuat gigi bersih dari sisa makanan yang menempel. Selain itu dengan menggosok gigi setelah makan akan membuat nafas anda kembali segar sehingga akan membuat anda berfikir dua kali untuk merokok karena mulut sudah besih dan segar.

  1. Mencuci Tangan dan Piring

Ketika anda selesai makan dan kemudian mencuci tangan tidak ada salahnya juga jika anda juga mencuci piring supaya lebih bersih juga lingkungannya dan anda tidak merepotkan orang lain untuk mencucikannya. Nah, cara ini juga bisa membuat anda untuk tidak merokok setelah makan karena sibuk. Selain itu setelah tangan anda bersih mungkin anda tidak ingin lagi memegang rokok.

  1. Makan di Ruangan yang Ber-AC

Biasanya pada ruangan yang ber AC tidak akan diperbolehkan untuk merokok sehingga ini akan mencegah anda untuk merokok ketika setelah makan. Selain itu makan di dalam ruangan ber AC pastinya akan membuat anda menjadi lebih nyaman bukan?

  1. Mengobrol

Jika anda selesai makan anda bisa memulai pembicaraan dengan kawan sebelah anda namun jangan sampai menyalakan rokok. Cobalah untuk memilih topik pembicaraan yang menarik sehingga anda lupa dengan rokok.

  1. Tinggalkan Rokok

Jika anda ingin mencegah merokok maka jangan bawa rokok. Sesimpel itu untuk meninggalkan kebiasaan merokok setelah makan bukan? Namun jangan sampai anda meminta rokok dari teman anda ya.

Demikian informasi mengenai bahaya merokok setelah makan. Lebih baik anda tinggalkan saja kebiasaan merokok ini karena setelah makan maupun tidak tetap berbahaya bagi tubuh. terima kasih para pembaca.

artikel mengenai bahaya gaya hidup lainnya