5 Bahaya Mandi Tanpa Tidur Bagi Tubuh

8396

Mandi merupakan aktivitas yang cukup mengasyikan bagi sebagian orang. Bertemu dengan air, sabun, shampo, dan seperangkatnya. Bukan hanya membuat badan segar, juga akan membuat tubuh anda wangi. Makanya banyak anak kecil yang teramat suka bermain air. Selain menyenangkan, juga mampu menciptakan banyak kreasi baru yang mengasyikan. Hanya saja, kadang mama meneriaki untuk tidak bermain air. Lantaran basah dan baju yang akan susah di cuci.

Makanya, jam berapa pun banyak orang yang akan tetap melaksanakan aktivitas ini. Tak masalah itu adalah waktu yang memang tepat untuk mandi. Tak masalah di lakukan saat sesudah menyelesaikan aktivitas atau sebelumnya. Karena mandi akan membuat tubuh anda sehat dan juga fresh. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa mandi akan memberikan semangat baru. Kondisi tubuh yang segar dan fresh mampu memicu timbulnya mood atau perasaan senang dalam tubuh.

Bahkan mereka yang usai melaksanakan mandi, akan cenderung lebih aktiv dan giat bekerja. Selain itu, wajah yang di tampakkan lebih ceria. Kemudian mereka yang habis mandi akan terlihat lebih menyenangkan dari pada mereka yang belum mandi. Jadi jika anda harus melakukan suatu aktivitas, namun keadaan dan kondisi hati sedang lesu dan letih, jangan ragu ragu untuk ke kamar mandi dan taking shower.

Sayangnya, tidak semua waktu waktu mandi itu cocok untuk tubuh anda. Ada beberapa kondisi dan juga waktu tertentu yang menganjurkan tubuh anda tidak dalam kondisi mandi, seperti bahaya mandi tanpa tidur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa itu akan berpengaruh buruk untuk kesehatan diri. Meskipun tidak akan tampak efeknya sekarang. Boleh jadi 3 than ke depan, atau 5 tahun ke depan. Mungkin juga bisa jadi 10 tahun ke depan. Apakah saja bahayanya? Simak ulasan berikut :

  1. Menguncupkan pembuluh darah

Berdasarkan ulasan dari seorang  ahli medis, dr kasim rasjidi, sppd-kkv, dtm&h, mctm, mha, spjp, lmpnlp, elt, cch, berasal dari rs asri jakarta, bahwa mandi pada malam hari yang sebelumnya begadang, namun tidak tidur. Malah di lanjutkan aktivitas bukan sesuatu yang baik. Karena secara fisiologis, keadaan suhu dingin mampu menyebabkan penguncupan pembuluh darah. Maka yang baik adalah pada kondisi atau cuaca hangat. Sebab mampu berguna untuk melebarkan pembuluh darah.

  1. Tubuh akan menggigil

Begadang menjadi suatu kebiasaan bagi mereka yang tengah di kejar deadline. Biasanya di alami oleh para remaja dan dewasa madya. Karena tugas dan pekerjaan yang tak kunjung selesai, maka ia terpaksa begadang. Sayangnya waktu yang kurang, tidak mampu di gunakan untuk tidur. Akhirnya agar tetap terjaga dan terlihat segar, mereka memutuskan untuk mandi. Apakah ini akan membahayakan tubuhnya jika ia mandi dalam kondisi pagi hari?

Ternyata ini akan berpotensi membuat tubuh mengalami kedinginan. Hal ini akan menjadikan kulit menjadi mengkerut. Akhirnya tubuh akan terasa menggigil. Hal terbaik yang bisa di lakukan adalah dengan menggerakan tubuh. Sebab mampu membuat tubuh akan terasa rasa hangat.

  1. Beresiko terjadinya penyumbatan

Seperti yang sudah di jelaskan pada point di atas, bahwa mandi dalam kondisi kedinginan mampu menyumbat pembuluh darah. Jika keadaan pembuluh darah seseorang sudah kecil, maka hal ini bukanlah berita yang baik. Apalagi jika pembuluh darah sudah berada dalam kondisi penyempitan. Entah ada di otak atau di jantung. Yang bahaya adalah jika terjadi serangan mendadak pada pasien yang memiliki masalah jantung dan otaknya. Kemungkinan besar, bisa terjadi episode pada saat pagi hari. Karena memang kebiasaan episode serangan itu berada pada pukul 9 malam sampai jam 6 pagi hari.

  1. Malah membuat mengantuk

Sebenarnya harapan utama untuk mandi yang di lakukan setelah begadang adalah agar membuat tubuh terliat fresh dan segar. Meski pun begitu, masih ada beberapa orang yang berpendapat lain. Yakni kebiasaan mandi setelah melakukan begadang atau tidak tidur semalam malah akan membuat anda mengantuk. Sebab keadaan ini akan membuat tubuh anda segar, fresh, nyaman, dan dingin. Jika anda tidak melakukan aktivitas, virus mengantuk akan menjangkiti diri anda. Mengapa? akibat jarang mandi

Kondisi ingin tidur juga bisa menjangkiti bagi mereka yang merasa nyaman sampai terlalu nyaman. Sebab rasa nyaman akan membuat manusia terlena. Sehingga hawa mengantuk akan menjangkiti anda. Sama halnya ketika usai mandi. Kondisi dingin malah membuat tubuh menggigil. Maka apa yang paling enak di lakukan selain tidur saja? Sayangnya tidur tidak bisa di lakukan karena adanya kewajiban lain. Akhirnya hanya akan membuat tubuh anda terus mengantuk.

  1. Menyebabkan kerja tidak maksimal

Mandi pada waktu dini hari atau pagi pagi sekali memang di pandang baik. Karena akan memberikan rasa segar pada tubuh anda. Namun rasa segar tadi malah akan membuat tubuh anda nyaman. Sehingga yang di harapkan adalah kembali ke kasur dan tidur kembali. Padahal ada kewajiban lain yang harus anda tunaikan. Misalnya sekolah, kuliah, atau pun bekerja. Namun kebutuhan tidur anda belum terpenuhi. Lalu apakah yang akan terjadi? Pekerjaan yang akan anda lakukan malah menjadi tidak efektiv. Karena tubuh anda tidak beroperasi secara maksimal.

info kesehatan tentang aktivitas mandi yang perlu diketahui !