6 Bahaya Mandi Setelah Berolahraga untuk Kesehatan

Mandi itu sendiri merupakan aktivitas wajib yang dilakukan oleh manusia untuk membersihkan kotoran berupa keringat atau zat lain yang menempel pada kulit. Namun ketika aktivitas mandi dilakukan dengan tidak benar dan pada waktu yang tidak dianjurkan maka akan menyebabkan beragam dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan adalah mandi setelah berolah raga. Pada umumnya setelah berolah raga, tubuh akan mengeluarkan keringat melalui pori – pori pada jaringan kulit manusia. Saat keringat masih menempel pada permukaan kulit sangat tidak dianjurkan untuk mandi karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kebiasaan mandi setelah berolah raga bisa menimbulkan beberapa bahaya, seperti berikut ini.

  1. Menurunkan Fungsi Kelenjar Keringat

Ketika tubuh mengeluarkan banyak cairan keringat maka pori – pori akan berada pada kondisi terbuka. Proses ini akan membuat kelenjar keringat agar bisa mengembalikan suhu tubuh kedalam kondisi normal melalui metode penghangatan. Namun ketika Anda mandi saat masih berkeringat maka kelenjar keringat tidak bisa bekerja dengan normal sehingga fungsinya bisa mengalami penurunan.

Penyebab :

Mandi yang dilakukan setelah berolahraga atau dalam kondisi berkeringat akan menyebabkan pori – pori yang bertugas mengeluarkan hawa panas dari tubuh tidak akan bekerja dengan maksimal sehingga berdampak pada kondisi dan kinerja kelenjar keringat nantinya.

  1. Penyempitan Pembuluh Darah

Mandi yang dilakukan setelah berolah raga dapat berpotensi mendatangkan beragam gangguan kesehatan bagi tubuh. Penyempitan pembuluh darah tersebut merupakan pakar dari kemunculan beragam penyakit atau gangguan kesehatan.  Saat Anda berolahraga maka pori-pori akan membuka untuk mengeluarkan keringat. Jika Anda langsung mandi maka bisa menyebabkan menggigil yang merupakan efek dari pembuluh darah yang menyempit.

Penyebab :

Ketika Anda mandi dalam kondisi masih berkeringat setelah berolah raga, maka suhu tubuh yang berada pada kondisi panas tersebut sangat tidak baik jika langsung terkena air karena akan menyebabkan perubahan suhu tubuh menjadi tidak stabil.

  1. Resiko Serangan Jantung

Mandi secara langsung setelah olahraga juga bisa menyebabkan serangan jantung. Hal ini terjadi karena ketika olahraga maka tingkat kerja jantung akan meningkat untuk memompa darah ke semua bagian tubuh. Oksigen dalam darah sangat dibutuhkan untuk mensuplai agar organ bisa bekerja melakukan fungsinya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan jika Anda langsung mandi maka jantung akan mengalami shock yang bisa memicu serangan jantung.

Penyebab:

Ketika Anda mandi setelah olahraga maka mekanisme tubuh yang mengalami shock atau kaget seketika sebagai akibat dari menurunnya tekanan darah secara drastis. Potensi terkena serangan jantung setelah mandi ini semakin tinggi bagi penderita jenis penyakit jantung tertentu. Untuk itu sebaiknya kita mawas diri dengan tidak melakukan aktivitas mandi setelah berolah raga tanpa jeda terlebih dahulu.

  1. Resiko Tinggi Penyakit Flu

Mandi ketika tubuh masih berkeringat juga bisa menyebabkan tubuh mengalami demam dan flu. Hal ini terjadi ketika tubuh mengeluarkan suhu yang lebih tinggi karena olahraga akan membuat kebutuhan asam laktat menjadi lebih besar. Proses ini membutuhkan glukosa yang lebih tinggi untuk menjadi sumber tenaga tubuh. Pori-pori yang terbuka lebar juga bisa kembali menyerap bakteri dan virus saat mandi sehingga tubuh Anda mudah terkena flu dan demam. Jika Anda terkena flu dengan kondisi ini maka bisa mencoba cara menghilangkan flu secara alami.

Penyebab :

Tubuh Anda akan merasa segar sesaat setelah mandi tanpa jeda setelah olahraga namun sebenarnya daya tubuh Anda melemah. Ketika imunitas tubuh melemah maka tubuh juga mudah terkena berbagai jenis penyakit dan infeksi dari virus atau bakteri.

  1. Resiko Sakit Kepala

Perubahan suhu yang terlalu drastis bisa menyebabkan Anda merasa sakit kepala. Hal ini terjadi ketika tubuh masih membutuhkan waktu untuk menurunkan suhu dan Anda langsung mandi sehingga perubahan menjadi respon yang mengejutkan untuk tubuh. Rasa sakit kepala biasanya disertai dengan tubuh yang menggigil.

  1. Resiko Terkena Rematik dan Nyeri Sendi

Nyeri sendi dan rematik menjadi resiko yang paling sering dihadapi oleh orang yang mandi setelah olahraga. Hal ini terjadi karena tubuh yang seharusnya mengelurkan keringat hingga suhu tubuh normal namun terhambat oleh air mandi. Efeknya maka akan terasa hingga ke bagian tulang dan sendi tubuh. Bagi penderita osteoporosis maka dampaknya bisa menjadi lebih buruk.

Tips Aman Mandi Setelah Berolah Raga

Setelah Anda melakukan olahraga atau aktivitas yang memicu munculnya keringat pada tubuh sebaiknya tidak terburu – buru untuk mandi. Mandi setelah olahraga yang dilakukan pada waktu pagi hari, siang bahkan malam hari bisa berbahaya untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips aman untuk mandi setelah olahraga.

  1. Melakukan peregangan dan pendinginan setelah berolah raga sebelum mandi.
  2. Berikan jeda sebelum melakukan mandi hingga keringat mengering.
  3. Mandi menggunakan air dingin ketika tubuh dalam kondisi fit.
  4. Ketika tubuh dalam kondisi yang tidak fit sebaiknya mandi menggunakan air hangat dan tidak berlama – lama berinteraksi dengan air.

Manfaat Mandi Setelah Olahraga Jika Dilakukan dengan Cara Tepat

Mandi sebenarnya merupakan aktivitas wajib untuk menjaga kebersihan tubuh dari virus, bakteri, kotoran ataupun zat polutan yang melekat pada kulit. Mandi setelah berolahraga sebenarnya sangat baik hanya saja harus dilakukan setelah keringat mengering dan tubuh Anda berada dalam suhu yang normal. Berikut ini beberapa manfaat mandi setelah olahraga jika dilakukan dengan cara yang tepat.

  1. Membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit merupakan salah satu tujuan mandi. Beragam kotoran maupun polutan yang menempel pada kulit dapat menyumbat pori – pori dan menyebabkan infeksi. Untuk itu, mandi merupakan langkah cerdas untuk mempertahankan kebersihan kulit tubuh kita.
  2. Mencegah iritasi dan jerawat. Mandi dapat mencegah timbulnya iritasi kulit dan jerawat pada kulit wajah yang diakibatkan oleh sumbatan kotoran berupa debu dan bakteri. Tumpukan kotoran yang menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan datangnya jerawat dimana hal ini tentu sangat mempengaruhi penampilan anda.
  3. Mengembalikan kesegaran tubuh. Setelah berolah raga tubuh kita akan mengeluarkan keringat yang berbau tidak sedap maka mandi merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan bau tersebut serta mengembalikan kesegaran tubuh. Namun perlu diingat bahwa mandi setelah berolah raga tidak boleh dilakukan tanpa jeda dengan tubuh yang masih basah oleh keringat. Biarkan keringat hilang atau mengering terlebih dahulu sebelum anda membersihkan tubuh dengan mandi.
  4. Mencegah bahaya obesitas. Hal ini karena mandi yang dilakukan setelah berolah raga disertai jeda yang tepat mampu meningkatkan metabolisme tubuh dari kadar istirahatnya. Peningkatan metabolisme tersebut dapat terjadi apabila anda mandi menggunakan air dingin dimana tubuh akan menjaga suhu tubuh secara otomatis.
  5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplai antioksidan yang berasal dari gluathione akan meningkat ketika kita mandi menggunakan air dingin pasca olahraga. Mandi setelah keringat mengering mampu meningkatkan glutathione dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini maka beragam penyakit akan sulit masuk kedalam tubuh.

Dari beberapa poin diatas kita dapat menerapkannya pada kehidupan sehari – hari supaya tidak merasakan dampak atau bahaya mandi setelah berolah raga. Pada dasarnya pori – pori kulit manusia akan terbuka ketika mengeluarkan keringat sehingga tubuh memerlukan jeda istirahat sampai pori – pori tersebut menutup kembali.

, ,
Post Date: Thursday 24th, September 2015 / 07:15 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk