4 Dampak Olahraga dengan Perut Kosong Dan Makanan Yang Pas Sebelum Olahraga

Menggunakan olahraga sebagai sarana dan alat untuk membentuk tubuh yang ideal bukanlah hal yang salah. Olahraga dengan baik dan benar bisa menghasilkan bentuk tubuh yang ideal nantinya. Sayangnya, banyak sekali orang yang melakukan olahraga dengan maksud dan tujuan tertentu tetapi melakukannya dengan cara yang salah. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan dari yang orang bersangkutan atau bahkan yang bersangkutan tahu tapi mendapat informasi yang salah. Salah satu hal yang sering menjadi kesalahan adalah olahraga dengan kondisi perut kosong. Tanpa disadari ada bahaya olahraga dengan perut kosong. Beberapa bahaya olahraga dengan perut kosong antara lain

  1. Pingsan
    Hal ini sangat bisa terjadi karena ketika perut kosong maka kadar gula pun menjadi rendah. gula dalam tubuh merupakan bahan bakar yang bisa menimbulkan energi bagi tubuh kita. memaksakan olahraga dengan kondisi kadar gula yang rendah atau dengan kata lain tanpa bahan bakar. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan berakibat pingsan.
  2. Massa otot hilang
    Sebagai pengganti gula atau karbohidrat sebagai bahan bakar dalam tubuh, maka digunakanlah massa otot bahan bakar dalam proses pemecah lemak.
  3. Kram
    Hal ini mungkin terjadi akibat tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik.
  4. Ketosis
    Secara normal tubuh manusia  akan mengolah karbohidrat sebagai sumber tenaga. Namun dalam kondisi perut kosong dan ketidaktersediaan karbohidrat maka tubuh akan menggunakan lemak dan cadangan makanan yang ada sebagai sumber tenaga.

Makanan sebelum Olahraga

Kebanyakan orang menghindari makan sebelum olahraga karena ketakutan akan bahaya olahraga sehabis makan, namun ada beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk dimakan sebelum olahraga dan menjamin tubuh kita memiliki cukup karbohidrat selama kita berolahraga. Makanan – makanan itu antara lain :

  • Gandum
    Gandum termasuk ke dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal ini menjamin untuk memberikan energi selama proses olahraga.
  • Nasi merah
    Bagi yang menghindari kalori terlalu banyak sebelum berolahraga, maka nasi merah adalah salah satu pilihan yang bisa dicoba. Secara jumlah karbohidrat memang nasi merah kalah dengan nasi putih. Tapi dari segi kalori, nasi merah jauh lebih rendah dari nasi putih. nasi merah ini termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori dan mengenyangkan.
  • Biji – bijian
    Mengkonsumsi biji – bijian bisa menjadi sumber energi juga bagi tubuh kita selama berolahraga. Biji – bijian mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang bisa membuat kita kenyang dan mendapat energi dalam waktu lama. Hal yang harus diperhatikan dari konsumsi biji – bijian ini adalah jumlahnya. Terlalu banyak mengkonsumsi biji – bijian pun bisa menyebabkan meningkatnya produksi gas di dalam perut.
  • Telur dan Roti
    Mengkonsumsi telur dengan roti bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam makanan ini menjadikan telur dan roti menjadi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga.
  • Kafein
    Hal lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga adalah kafein. mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu berlebihan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita saat berolahraga. Hal ini karena kafein bisa meningkatkan energi ketika berolahraga. Hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi kafein ini selain jumlah adalah jangan konsumsu produk kafein yang mengandung terlalu banyak gula dan soda. Dan juga jangan hanya mengkonsumsi kafein sebelum berolaharga, makanan tetap lebih baik dan dianjurkan daripada hanya minuman berkafein saja.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk