16 Makanan Penyebab Bau Badan untuk Diwaspadai

Bau badan adalah masalah yang cukup besar tentunya karena  hal ini mampu menjadikan seseorang mudah turun rasa percaya dirinya. Timbulnya bau badan sebetulnya bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk juga obat-obatan, suasana hati, hormon, pekerjaan, faktor jenis kelamin, hingga diet. Ikuti tips diet sehat dan atur pola makan Anda supaya bau badan yang tak sedap bisa diatasi.

Berikut di bawah ini merupakan makanan-makanan penyebab bau badan yang hendaknya dihindari. Meski memang deodoran bisa secara efektif menghilangkan atau bahkan menutupi bau yang tidak sedap dari tubuh Anda, deodoran yang dipakai terlalu sering juga tak baik. Oleh sebab itu, perhatikan makanan-makanan apa saja yang bisa Anda jauhi.

(Baca juga: cara menghilangkan bau ketiak – cara mengurangi keringat berlebih)

1. Gorengan

Perlu diketahui bahwa gorengan tak hanya termasuk di dalam kategori makanan penyebab batuk. Gorengan dengan lemak dan minyak berkadar tinggi di dalamnya bakal berpotensi menjadi tengik seiring waktu berjalan. Hal ini kemudian bisa saja merujuk pada gangguan pencernaan dan merusaknya.

Tak hanya itu, bau badan juga bisa ikut memburuk karena makan gorengan terlalu sering dan berlebihan. Maka dari itu, perhatikan asupan makanan Anda dan batasi konsumsi gorengan supaya juga tidak menyebabkan kolesterol tinggi dan darah tinggi. Makan gorengan sesekali tidak masalah asalkan tak terlalu sering apalagi berlebihan supaya tak berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

2. Daging Merah

Daging merah merupakan jenis makanan yang membutuhkan waktu lama untuk proses pencernaannya. Saat makanan tak tercerna dengan sempurna, maka otomatis racun pun timbul disertai gas yang aromanya busuk. Hal tersebut merupakan hasil pelepasan dari makanan-makanan yang tak tercerna tadi di mana kemudian menyebabkan timbulnya bau keringat.

Menurut sebuah penelitian, kesimpulan didapat bahwa wanita lebih menyukai pria yang tak mengonsumsi daging merah karena mereka menganggap pria tersebut lebih menyenangkan dan menarik. Pria yang gemar makan daging merah diketahui berpotensi memiliki bau badan yang lebih parah ketimbang pria yang tidak mengonsumsinya. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengonsumsi daging merah dan batasi pula porsinya.

(Baca juga: cara menghilangkan bau badan)

3. Kare

Anda pasti tahu bahwa kare adalah sejenis bahan masakan yang menggunakan begitu banyak rempah dan kita dapat menemuinya dalam masakan-masakan India. Bau badan bisa disebabkan oleh kare dan mengonsumsinya terlalu sering sebaiknya dihindari. Untuk mencegahnya, silakan Anda coba menggunakan kapulaga dan jahe untuk masakan kare karena keduanya akan memberikan aroma lebih segar untuk badan.

4. Bawang Bombay

Masakan yang diberi tambahan bawang bombay biasanya jauh lebih sedap dan akan lebih meningkatkan selera makan kita. Tapi ada kalanya orang-orang di sekeliling kita menjadi terganggu ketika konsumsi bawang ini terlalu banyak. Tak hanya bau badan, bau mulut pun menjadi risikonya.

Sebab utamanya adalah karena minyak di dalam bawang bombay ikut masuk dan terserap ke dalam darah sehingga kemudian menuju paru-paru, lalu dikeluarkan melalui napas. Saat berbicara dengan orang lain, otomatis ada bau bawang bombay yang keluar dari mulut Anda dan ini juga bisa berefek pad abau badan tak sedap juga.

5. Bawang Merah

Satu lagi jenis bawang yang juga sebenarnya enak bila dikonsumsi tapi menimbulkan bau badan kurang sedap pada pengonsumsinya. Anda tahu betul pasti bahwa bawang merah sendiri menawarkan rasa yang begitu tajam. Sama seperti kasus bawang bombay, ketika tubuh mencerna bawang merah, terjadi penyerapan minyak pedas dari bawang ke dalam aliran darah.

Dari aliran darah kemudian akan sampai ke organ paru-paru sehingga dengan mudah menyebabkan bau mulut. Tak hanya nafas bau saja yang harus Anda waspadai, bisa-bisa kalau terlalu banyak mengonsumsi bawang merah, bau badan juga ikut tak sedap. Maka dari itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsinya.

(Baca juga: cara mengatasi keringat berlebih)

6. Asparagus

Bau badan juga bisa disebabkan oleh jenis makanan seperti asparagus. Asparagus sendiri merupakan jenis sayuran yang sudah sejak dari dulu digunakan sebagai bahan makanan. Rasanya sedap dan bersifat diuretik sehingga sering dimanfaatkan dan dinikmati; biasanya, kita jumpai pada masakan sup asparagus.

Kelihatannya memang aman-aman saja dan rasanya pun enak-enak saja, tapi ternyata disinyalir asparagus juga bisa memicu bau badan. Selain itu, bau urine juga sangat menyengat di mana hal ini dipicu oleh senyawa yang terkandung di dalam asparagus yang kemudian mampu menimbulkan pemecahan pada senyawa belerang yang ada di dalam urine.

7. Bawang Putih

Semua orang pasti tahu betul bagaimana aroma dari bawang putih yang begitu kuat dan khas. Aroma tersebut dipengaruhi oleh senyawa alicin yang bawang putih lepaskan sendiri saat Anda menghancurkan atau memotongnya. Itulah yang menyebabkan setiap masakan dengan bawang putih menjadi lebih sedap dan wangi juga dari segi rasa dan aroma.

Sesudah bawang putih dicampur dalam masakan lalu kita mengonsumsinya, bakal terjadi perubahan senyawa alicin di dalam tubuh yang menjadi senyawa lain dan memicu bakteri akhirnya tercampur dengan keringat. Alhasil, bau badan tak sedap menjadi efek samping bawang putih dan hal ini biasanya akan beraroma cukup kuat sehingga cukup membuat tak nyaman.

(Baca juga: cara mengatasi ketiak basah)

8. Brokoli

Sepintas mendengar nama sayur brokoli jelas yang ada di benak kita adalah bahwa sayur ini begitu baik untuk kesehatan tubuh. Meski tak banyak digemari, brokoli sebetulnya memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan. Bahkan kandungan sifat antioksidan di dalam brokoli pun cukup tinggi bersama dengan sulfur.

Guna dari kandungan sifat-sifat tersebut adalah sebagai pengusir racun dari tubuh berikut juga pencegah perkembangan sel kanker.  Namun dibalik kebaikan kandungan sulfur, ada efek bau badan yang bisa ditimbulkan jika memakan brokoli terlalu banyak. Bukan hanya itu, melainkan juga dapat menjadikan perut terasa kembung sehingga sering kentut di mana hal ini juga tak akan membuat Anda nyaman.

9. Kubis

Kandungan belerang atau sulfur di dalam kubis sangat tinggi, sama seperti brokoli sehingga memang terbukti sangat ampuh dalam mengusir racun dari dalam tubuh. Bahkan senyawa karsinogen di dalam tubuh penyebab kanker pun juga dapat dikeluarkan dengan memakan kubis berkat adanya kandungan belerang tadi.

Hanya saja, makan kubis apalagi secara berlebihan kurang baik efeknya bagi tubuh karena bisa memicu bau badan tak sedap. Untuk mencegah atau mengurangi risiko demikian, silakan celup dulu sebentar kubis di dalam air yang mendidih supaya ketika dikonsumsi tak berefek buruk. Konsumsilah kubis juga saat Anda sedang tidak ke mana-mana dan berada di rumah saja.

(Baca juga: bahaya junk food bagi kesehatan)

10. Makanan Olahan/Junk Food

Mengonsumsi makanan olahan artinya asupan yang masuk ke dalam tubuh penuh dengan gula dan garam. Bahkan makanan olahan serta junk food sangat identik dengan minyak terhidrogenasi yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh tak sehat dan berkolesterol tinggi. Bukan hanya menyebabkan sakit jantung, bau badan juga bisa berasal dari konsumsi makanan-makanan tersebut.

Makanan bertepung pun demikian dan ini bakal membusuk di dalam perut yang menjadikan bau napas tak sedap datang dari dalam mulut kita. Selain bau mulut, bau badan pun menjadi kurang sedap. Oleh karena itu, hindari makanan olahan atau junk food secara berlebihan dan pilihlah makanan-makanan bernutrisi sehat.

11. Produk Susu

Berbagai produk olahan susu rupanya juga berisiko membuat bau badan menjadi kurang sedap. Seperti yang kita tahu, produk susu mengandung kadar protein tinggi di mana bila terjadi pemecahan di dalam tubuh, ada hidrogen sulfida yang ditimbulkan. Tak hanya itu, metil merkaptan juga terproduksi.

Bau tak sedap bisa datang dari tubuh Anda saat mengonsumsi produk olahan susu terlalu banyak. Itulah sebabnya segala sesuatu yang dikonsumsi berlebih tak akan baik untuk kesehatan kita. Perhatikan takaran setiap makanan yang Anda makan atau minum, termasuk juga susu dan produk olahannya supaya tak menjadikan bau badan beraroma tak sedap.

(Baca juga: akibat jarang mandi pagi dan sore)

12. Trimetilamina

Ada sebagian orang yang mempunyai kelainan genetik, kondisi ini disebut juga dengan trimetilamina di mana tubuh tak lagi mampu memecah trimetilamin dan asam amino sehingga menjadikan badan berbau amis. Kondisi ini sebaiknya memang harus diperiksakan dan dikonsultasikan dengan dokter supaya pemilihan makanan bisa tepat.

Makanan-makanan dengan kandungan asam amino tinggi, seperti produk kedelai, kacang-kacangan, hati, telur, minyak ikan, makanan laut, brokoli dan juga susu sapi sebaiknya dihindari. Karena tubuh tak mampu memecah asam amino, maka mengonsumsi makanan-makanan tersebut hanya akan memberikan efek bau badan tak sedap bagi tubuh. Konsultasikan dengan dokter bila Anda ingin tetap memakannya.

13. Kolin

Makanan yang berkandungan kolin tinggi akan membuat keringat berbau seperti ikan alias sangat amis. Ada sebagian orang yang tubuhnya sama sekali tak dapat mencerna makanan-makanan berkandungan kolin sehingga alhasil efeknya badan berbau tak sedap. Maka dari itu, hati-hati dalam mengonsumsi kacang, ikan, hati hingga telur.

14. Alkohol dan Kafein

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menikmati kafein dan alkohol, melalui teh, coklat, kopi dan juga soda. Bila Anda berbau badan kurang sedap, bisa jadi ini karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Batasilah dan perbanyak minum air putih saja agar menyegarkan tubuh dan tak memicu bau badan.

(Baca juga: efek sabu-sabu pada tubuh manusia)

15. Makanan Berkarbohidrat Rendah

Makanan yang berkandungan karbohidrat rendah malah justru menjadikan asupan makanan berprotein lebih tinggi. Timbunan lemak memang dapat terbakar dengan banyaknya protein, tapi ingat juga bahwa ada pelepasan keton ke dalam sirkulasi darah. Otomatis, bau keringat menjadi tak sedap dan terlalu menyengat yang menjadikan Anda kurang nyaman.

16. Tembakau

Tembakau atau rokok memang bukanlah jenis makanan, namun ketika Anda merokok, otomatis kandungan di dalam rokok masuk ke dalam tubuh. Ini sama saja dengan mengonsumsi senyawa-senyawa buruk dari tembakau. Asap rokok yang sudah tercampur dengan unsur lainnya bakal keluar lewat keringat sehingga bakal menjadikan bau kurang sedap. Bahkan sesudah tak merokok lagi pun, bau tersebut masih bisa menetap di tubuh hingga berminggu-minggu.

(Baca juga: makanan yang dapat menyebabkan bau badan – cara menghilangkan peluh di ketiak)

Itulah serangkaian makanan penyebab bau badan yang hendaknya Anda batasi atau jauhi. Lakukan diet sehat dengan memilih makanan yang benar-benar tepat untuk kondisi tubuh Anda.