Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 19 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dan Permanen

19 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dan Permanen

by Mei Riska

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami sering dicari banyak orang dikarenakan orang yang memiliki ketiak bau akan memiliki kepercayaan diri berkurang. Hal itu dikarenakan ketiak yang bau bisa mengurangi penampilan seseorang. Orang yang memiliki bau ketiak seperti diasingkan dari pergaulan sebab mereka yang dekat-dekat dengan si pemilik bau ketiak akan merasa terganggu dengan bau ketiaknya. Memang ketiak sering mengalami berbagai masalah, mulai dari ketiak hitam, berbau dan ketiak dijadikan sebagai sumber masalah dari kesehatan. Contohnya saja adalah ketiak terdapat benjolan, salah satu penyebab benjolan sakit di ketiak  adalah tumor payudara entah itu ganas atau jinak. Tidak hanya itu saja, wanita maupun pria sebaiknya memperhatikan bahaya akibat mencabut bulu ketiak bagi kesehatan.

Penyebab Ketiak Berbau

Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan bau ketiak, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan ketiak menjadi berbau. Hal itu dikarenakan tidak akan ada akibat tanpa sebab. Dengan mengetahui penyebab ketiak menjadi bau anda akan jadi mudah untuk menghilangkannya. Sama halnya dengan penyakit, untuk mengobati sakitnya harus mengetahui jenis penyakitnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penyebab mengapa ketiak menjadi berbau :

  1. Keringat Berlebihan

Salah satu penyebab ketiak berbau adalah keringat yang berlebihan. Orang yang memiliki keringat yang berlebihan akan memiliki bau ketiak yang menyengat. Hal ini bisa terjadi pada wanita maupun pria. Keringat yang berlebihan bisa terjadi pada setiap orang dengan berbagai macam usia. Kita harus tahu apa saja yang menjadi penyebab tubuh sering berkeringat  .

  1. Bawang Putih

Bawang putih memang banyak sekali khasiatnya dan kegunaannya namun siapa sangka dibalik manfaat dan khasiat dari bawang putih ada efek negatifnya. Efek negatif itu adalah bawang putih bisa menyebabkan keringat menjadi berbau. Tidak hanya bau badan saja yang bisa diakibatkan oleh bawang putih namun bawang putih pun bisa menyebabkan bau mulut. Bawang putih juga memiliki bahaya jika dalam kondisi mentah. Bagi penyuka sambal mentah, sebaiknya mulai dari sekarang anda mengetahui apa saja bahaya bawang putih mentah  .

Baca juga : Efek samping bawang putih bagi kesehatan  – Cara menghilangkan bau mulut  – Pencegahan bau mulut

  1. Stress

Mungkin kita tidak akan percaya jika stress juga bisa membuat ketiak berbau. Stress bisa meningkatkan kelejar apokrin. Kelenjar apokrin ini yang bisa menghasilkan keringat namun tidak dalam bentuk air. Dalam keringat itu akan dihasilkan bakteri . Bakteri itu bisa berkembang di bagian tubuh yang mudah lembab  seperti ketiak dan lipatan paha. Oleh sebab itu keringat dan lipatan paha yang ditumbuhi bakteri tersebut akan berbau.

Baca : Penyebab stress  – Cara mengatasi stress 

  1. Tidak Mencuci Pakaian Dalam

Mungkin ada sebagian wanita yang enggan untuk mencuci pakaian dalamnya terutama bra. Hal itu dikarenakan mungkin sebagian wanita merasa hanya ada sedikit branya yang cocok untuk digunakan. Bra yang tidak pernah di cuci akan menimbulkan perkembangan kuman dan bakteri. Hal inilah yang bisa menyebabkan ketiak menjadi berbau mengingat ketiak dan payudara saling berdekatan.

  1. Daging

Sama halnya dengan bawang putih, daging merupakan biang keladi si bau ketiak. Sebenarnya daging memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan karena kandungan yang ada di dalamnya. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan daging memiliki dampak yang buruk bagi tubuh salah satunya adalah menimbulkan bau badan dan bau ketiak. Orang yang suka mengkonsumsi sayuran akan memiliki keringat yang lebih bersahabat dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi daging. Penyebabnya adalah daging akan lebih sukar dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan sayuran. Berikut ini berbagai macam bahaya dari daging yang ada di sekitar kita :

  1. Senyawa Metil

Makanan yang bisa memicu bau ketiak adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa metil. Senyawa yang mengandung metil kini mudah kita jumpai di sekitar kita misalnya ada pada buah bit, sayur bayam dan berbagai macam makanan yang bahan dasarnya dari bahan baku kedelai.

  1. Alkohol

Salah satu hal yang bisa menyebabkan  bau badan adalah pengkonsumsian alkohol. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh manusia akan diproses oleh organ tubuh seperti hati. Sehingga orang yang banyak mengkonsumsi alkohol hatinya akan mudah terganggu dan rusak. Selain itu sekitar 10 persen kandungan yang ada di dalam alkohol akan dikeluarkan melalui kelenjar keringat yang ada di tubuh manusia. Sehingga bagian tubuh akan mudah berkeringat seperti ketiak. Kandungan di dalam alkohol memicu pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang ada di dalam tubuh manusia sehingga orang yang mengkonsumsi alkohol keringatnya akan berbau sehingga ketiaknya juga akan berbau. Orang pecandu alkohol pun akan memiliki nafas berbau pula. Bau itu dipengaruhi oleh kandungan alkohol yang menempel di gigi, lidah dan tenggorokan.  Orang yang mengkonsumsi alkohol harus tahu pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia  dikarenakan alkohol tidak bagus untuk tubuh.

  1. Brokoli

Siapa yang tidak kenal dengan sayur yang satu ini. Sayur yang satu ini menjadi pilihan bagi orang yang memilih menu sehat. Namun siapa sangka jika dibalik khasiat brokoli menyimpan efek negatif. Efek negatifnya adalah menimbulkan bau di ketiak. Brokoli memang sayuran yang berbau seperti sulfur atau belerang dan makanan yang berbau bisa memecah senyawa bau di dalam aliran darah tubuh manusia. Senyawa bau itu akan mudah dikeluarkan melalui napas, keringat dan juga urin. Alasan itulah yang membuat mengkonsumsi brokoli bisa menimbulkan bau badan dan bau ketiak.

  1. Diabetes

Orang yang mengidap diabetes dan tidak diobati bisa memiliki badan yang bau dan juga ketiak bau. Alasannya adalah orang yang mengidap diabetes namun tidak diobati dia akan mengidap penyakit bernama ketoasidosi diabetikum. Kondisi itu merupakan suatu kondisi ketika tubuh kekurangan insulin, tubuh akan memecah lemak sebagai bahan bakar tubuh sehingga di dalam tubuh terdapat pembentukan keton. Penumpukan keton secara terus menerus bisa menyebabkan tubuh menjadi bau dan ketiak menjadi bau.

Baca juga : Bahaya telur bagi penderita diabetes  – Ciri-ciri diabetes  – Makanan penyebab diabetes  – Makanan untuk mencegah diabetes mellitus 

  1. Diet

Orang yang melakukan diet rendah karbohidrat akan mengalami hal serupa dengan orang yang diabetes. Alasannya adalah orang yang diet rendah karbohidrat tidak memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas sehingga dia akan memecah lemak di dalam tubuh untuk bahan bakar tubuh. Hal tersebut akan menciptakan keton di dalam tubuh. Jika melakukan diet karbo secara terus menerus maka penumpukan keton pun bisa terjadi terus menerus sehingga memicu badan menjadi bau dan ketiak menjadi berbau.

Baca juga : Panduan diet buah untuk diabetes mellitus  – diet mayo 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen

Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak yang anda miliki secara efektif. Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau ketiak :

  1. Rutin Mengkonsumsi Air Mineral

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak yang anda miliki dengan mengkonsumsi air mineral secara rutin. Air mineral sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama dalam menyingkirkan berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh anda. Racun itu nantinya akan dibuang bersamaan dengan pengeluaran urin. Racun yang ada di dalam tubuh manusia juga menjadi salah satu penyebab ketiak menjadi berbau.

  1. Memilih Pakaian Yang Tepat

Memilih pakaian yang tepat menjadi salah satu cara yang bisa dipakai untuk menghilangkan bau ketiak yang anda miliki.

Memilih pakaian yang tidak tepat bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat secara berlebihan. Pilihlah pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Begitupula dengan pakaian dalam yang akan anda gunakan. Pakaian yang harus anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak adalah pakaian yang terbuat dari bahan katun. Jika anda menggunakan pakaian dan pakaian dalam dari bahan nilon anda akan memicu keringat yang berlebihan.

  1. Hindari Pakaian Ketat

Tidak hanya pemilihan bahan pakaian saja yang ketat namun pakaian yang terlalu ketat pun bisa memicu ketiak berbau. Alasannya adalah pakaian yang ketat akan menekan bagian tubuh tertentu terutama pada bagian ketiak. Ketiak yang dalam kondisi tertekan bisa menimbulkan keringat yang berlebihan. Keringat yang berlebihan dan lembab akan memicu pertumbuhan bakteri. Sehingga bisa menimbulkan ketiak berbau.

  1. Memakai Deodorant

Untuk mengantisipasi keringat yang berbau dan belebihan anda bisa menggunakan deodorant. Deodorant dipercaya banyak orang bisa digunakan untuk mengatasi bau badan dan bau ketiak. Cara kerja deodorant yang bisa digunakan untuk menyumbat pori-pori bisa digunakan untuk menghantikan pengeluaran keringat. Menghindari pengeluaran keringat yang berlebihan bisa mencegah perkembangbiakan bakteri sehingga keringat di ketiak tidak akan berbau. Dibalik manfaatnya ada  bahaya deodorant  yang tersembunyi dan belum diketahui khalayak luas. Salah satu bahayanya adalah bisa membuat warna kulit ketiak menjadi hitam. Bagi kulit yang tidak cocok dengan kandungan yang ada di dalam deodorant bisa menimbulkan iritasi terutama bagi kulit yang sensitif.

  1. Berat Badan Ideal

Untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan menghindari keringat berlebihan. Sayangnya orang yang bertubuh gemuk dan terkena obesitas cenderung memiliki keringat yang berlebihan. Hal itu dikarenakan pada orang gemuk terdapat banyak kelenjar keringat yang bisa memproduksi banyak keringat di dalam tubuhnya. Untuk menghilangkan bau badan dan menghilangkan ketiak berbau adalah dengan memiliki berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal bisa anda capai dengan olahraga secara teratur.

Baca : Cara menurunkan berat badan  – Olahraga menurunkan berat badan  – Makanan sehat untuk diet 

  1. Jeruk Nipis

Selama ini jeruk nipis sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jeruk nipis bermanfaat dalam hal kecantikan dan juga kesehatan. Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan jeruk nipis pun tergolong sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Potong jeruk nipis menjadi dua bagian.
  • Ambil setengah bagian dari jeruk nipis.
  • Gosokkan setengah jeruk nipis ke ketiak anda bagian kanan.
  • Ambil setengah bagian jeruk nipis lainnya, kemudian gosokkan jeruk nipis tersebut ke ketiak anda bagian kiri.
  • Angkat tangan anda di belakang anda dan tahan selama 5 menit. Biarkan air jeruk nipis itu mengering. Lakukan pada kedua ketiak anda.
  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Semua cara yang akan anda coba tidak akan berhasil jika kesadaran anda dalam menjaga kebersihan tubuh sedikit. Hal itu dikarenakan tubuh yang kotor adalah tempat untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Tubuh yang dijadikan sebagai tempat pertumbuhan bakteri adalah bagian ketiak.

Cara menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mandi sebanyak dua kali sehari. Tanpa mandi dua kali sehari tubuh akan bau terutama di bagian ketiak. Mandi ini tidak hanya berfungsi sebagai penghilang bau badan dan bau ketiak saja namun mandi dipercaya bisa digunakan sebagai pencerah kulit hal itu dikarenakan kotoran dan sel-sel mati yang ada di kulit akan terangkat kemudian hilang. Mandi yang benar adalah menggunakan sabun antiseptik. Hal itu dikarenakan sabun yang mengandung antiseptik bisa berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan kuman yang ada di dalam tubuh. Meski mandi memiliki banyak manfaat, namun ada bahaya yang tersembunyi berhubungan dengan mandi. Berikut ini adalah berbagai macam bahaya yang berkaitan dengan mandi :

  1. Tawas

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami adalah tawas. Sehabis mandi anda bisa menggunakan tawas untuk membersihkan dan menggosok secara perlahan kulit ketiak anda. Tawas ini bisa digunakan sehabis bagian ketiak disabun dan dibilas menggunakan air bersih. Fungsi dari tawas ini adalah menghindarkan ketiak dari keringat yang berlebih. Jika keringat tidak berlebihan maka pertumbuhan kuman dan bakteri pun bisa dihindarkan. Anda tidak perlu ragu lagi dengan khasiat dari tawas ini, banyak orang telah membuktikan bahwa tawas efektif dalam menghilangkan bau ketiak.

  1. Cuka Putih

Untuk menghilangkan bau badan secara alami bisa dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih adalah cuka alami tanpa ada tambahan bahan sari buah apapun di dalamnya. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali yaitu :

  • Teteskan sebanyak empat sampai dengan lima tetes cuka putih di atas kapas putih.
  • Oleskan pada salah satu ketiak anda. Tunggu sampai kering.
  • Lakukan cara yang sama dengan ketiak yang satunya.
  • Setelah pemakaian dan pengolesan cuka putih tersebut hindari memakai deodorant sebab kandungan di dalam cuka putih akan bertabrakan dengan kandungan deodorant. ( Baca juga : Bahaya cuka makan  )
  1. Lobak

Sayur lobak adalah sayur yang bentuknya seperti wortel namun berwarna putih, selain itu rasanya berbeda dengan wortel. Lobak memiliki rasa yang sedikit pedas. Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan lobak adalah sebagai berikut ini :

  • Haluskan lobak sampai benar-benar lembut.
  • Oleskan lobak yang telah dihaluskan tersebut ke bagian ketiak anda.
  • Pijitlah ketiak yang telah diolesi lobak itu selama tiga menit.
  • Basuhlah menggunakan air. Akan lebih efektif jika membasuh menggunakan air hangat.
  1. Baking Soda

Baking soda tidak hanya bermanfaat dalam pembuatan kue saja namun baking soda memiliki banyak manfaat lainnya. Misalnya saja untuk memutihkan gigi, menghitamkan rambut dan tentunya untuk menghilangkan bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan baking soda adalah berikut ini :

  • Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air.
  • Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata dan membentuk seperti pasta.
  • Oleskan pasta baking soda itu ke salah satu ketiak anda, pijat secara lembut ketiak anda.
  • Diamkan selama 5 menit. Lakukanlah hal yang sama pada ketiak anda yang satunya.
  • Bilas menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.
  1. Mentimun

Menghilangkan bau ketiak bisa dengan menggunakan mentimun. Selama ini mentimun dipercaya khasiatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Khasiat mentimun untuk kecantikan adalah mengurangi kandungan minyak di wajah. Selain itu mentimun bisa digunakan untuk penghilang bau ketiak. Untuk menghilangkan bau ketiak menggunakan mentimun sangatlah mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Kupas kulit mentimun, kemudian potonglah kotak.
  • Usapkan mentimun tersebut ke ketiak anda setelah itu diamkan selama 5 menit lamanya.
  • Lap menggunakan kain bersih.
  1. Jahe

Selama ini jahe juga dikenal dalam kesehatan. Untuk kecantikan dan kesehatan jahe bisa berfungsi sebagai penghilang bau ketiak. Di dalam jahe ada minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Meminum minuman yang mengandung jahe juga bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan jahe adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan rimpang jahe secukupnya.
  • Bakar jahe sampai aroma jahe keluar.
  • Geprek jahe sehingga lebih pipih.
  • Jadikanlah jahe itu sebagai bahan dasar untuk membuat minuman jahe hangat.
  • Jika anda tidak suka dengan minuman jahe anda bisa memarut jahe tersebut kemudian dibalurkan ke bagian ketiak. Pijat secara lembut dan halus. Lakukanlah secara rutin dan telaten, rasakanlah hasilnya.
  1. Daun Beluntas

Untuk menghilangkan bau ketiak anda bisa menggunakan daun beluntas. Di dalam daun beluntas terdapat kandungan yang bisa digunakan sebagai penghilang bau ketiak. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun beluntas, menjadikannya sebagai lalapan atau anda bisa memasaknya sesuai dengan selera anda. Untuk mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Pengkonsumsiannya juga secara rutin setiap hari.  Dengan mengkonsumsinya secara rutin anda bisa mendapatkan hasil permanen. Daun beluntas bisa dijadikan sebagai obat alami sebagai penghilang bau ketiak.

  1. Bunga Kecombrang

Untuk mengatasi bau badan bisa dengan menggunakan bunga kecombrang. Bunga kecombrang bagi masyarakat Sunda sering dijadikan sebagai lalapan atau sekedar campuran dalam makanan pecel. Bunga dan daun kecombrang juga sering dijadikan sebagai pembuatan rujak untuk memperingati 7 bulanan.

Untuk menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan bunga kecombrang anda bisa mengkonsumsinya dan menjadikannya sebagai lalapan atau dijadikan sebagai pecel. Bagi yang tidak suka dengan rasa dari bunga kecombrang anda bisa menumbuk bunga tersebut sampai lembut kemudian diusapkan ke bagian ketiak dan dipijat secara perlahan. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

  1. Air Rebusan Daun Sirih

Cara lainnya untuk menghilangkan keringat adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Air rebusan daun sriih bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Manfaat daun sirih yang sudak diketahui adalah bisa digunakan sebagai obat sakit gigi, penghilang bau badan, penghilang bau ketiak, penghilang bau vagina tidak sedap, sebagai cara mengobati keputihan  dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menghilankan bau ketiak dan bau badan menggunakan daun sirih caranya sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil daun sirih sebanyak 30 lembar cuci bersih.
  • Rebus menggunakan empat gelas air dan direbus sampai mendidih.
  • Dinginkan air rebusan daun sirih tersebut sampai hangat.
  • Gunakan air rebusan daun sirih yang masih hangat tersebut untuk membasuh ketiak, kemudian dibilas menggunakan air bersih.
  • Rebusan daun sirih tersebut bisa bermanfaat dalam membunuh kuman dan bakteri yang ada di ketiak. Kuman dan bakteri itulah yang nantinya bisa menyebabkan keringat menjadi berbau.
  1. Daun Kemangi

Siapa yang tidak kenal dengan daun yang satu ini. Daun yang satu ini akan mudah ditemui saat anda menyantap pecel lele atau berbagai macam olahan daging dan ikan di warung makan. Daun kemangi sering dijadikan sebagai lalapan. Ternyata dibalik daunnya yang wangi, daun kemangi memiliki khasiat untuk kesehatan yaitu untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan daun kemangi adalah dengan menjadikannya lalapan atau dimasak sesuai selera. Bagi yang ingin menjadikannya lalapan cobalah untuk mencuci bersih daun kemangi tersebut. Bagi yang tidak suka dengan rasa dari daun kemangi anda bisa menghaluskan daun kemangi tersebut sampai menjadi bubur halus kemudian oleskan di ketiak anda. Pijat secara halus dan lembut ketiak anda. Diamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air hangat.

  1. Cengkeh

Cengkeh memiliki bau yang harum dan wangi. Aroma cengkeh disukai oleh bangsa penjajah yang dulunya menjajah Indonesia. Cengkeh merupakan rempah yang paling dicari oleh bangsa penjajah. Aromanya yang wangi dan menggoda cengkeh sering dijadikan sebagai bimbu masakan dan bahan pembuatan kue. Selain sebagai penyedap masakan, meminum air rebusan cengkeh yang masih hangat berguna untuk menghangatkan tubuh dan berguna untuk menghilangkan bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan cengkeh sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambillah cengkeh sebanyak 5 gram.
  • Rendam menggunakan air yang matang.
  • Rendaman cengkeh ini bisa anda tambahkan gula pasir agar menambah citarasa. Bagi yang tidak suka dengan rasanya anda bisa menggunakan air rendaman cengkeh untuk dibalurkan ke ketiak anda. ( Baca juga : Khasiat minum air hangat setelah makan  )
  1. Mengunjungi Dokter

Jika bau badan anda tidak segera menghilang segerelah berkonsultasi kepada dokter anda. Bisa jadi ketiak bau yang anda miliki merupakan tanda dari sebuah penyakit. Dokter akan memberikan nasehat untuk anda agar anda bisa terbebas dari bau ketiak.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Badan

Itulah berbagai macam penyebab bau ketiak dan cara mengatasinya. Hasil yang didapatkan antara satu orang dengan orang lainnya berbeda. Hasil maksimal yang didapatkan tergantung dengan tingkat keparahan bau ketiak, tingkat ketelatenan dan juga kesabaran orang tersebut dalam melakukan berbagai macam cara menghilangkan bau ketiak.

You may also like