28 Cara Mengobati Keputihan pada Wanita Secara Alami

Setiap wanita yang mengalami keputihan pasti akan merasa sangat khawatir. Penting bagi wanita untuk melihat keputihan normal vs tidak normal – tanda, penyebab, perbedaan dan cara mencegah. Keputihan yang normal cenderung sangat wajar dan dialami oleh semua orang. Sementara keputihan tidak normal sering meresahkan karena bisa menjadi pertanda penyakit tertentu. Ada perbedaan yang sangat jelas antara keputihan normal dan tidak normal yaitu:

  • Keputihan normal : berwarna putih, seperti lendir, berserabut, tidak berbau, tidak gatal dan sering meninggalkan noda kuning di celana dalam jika sudah kering.
  • Keputihan tidak normal : berbau, berwarna putih keabuan atau kehijauan, aroma yang sangat kuat, tidak nyaman, meninggalkan rasa nyeri saat buang air kecil, panas, menyebabkan gatal dan keluar terus menerus.

Namun apapun jenis keputihan yang terjadi, maka wajib untuk segera mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati keputihan pada wanita :

  1. Gunakan Panty Liners

Jika Anda mengalami keputihan maka usahakan untuk menggunakan panty liner. Gunakan jenis panty liner yang tidak wangi atau tidak mengandung bahan tambahan apapun. Panty liner tidak akan mengatasi keputihan secara menyeluruh tapi paling tidak bisa mengatasi lembab, kondisi tidak nyaman, bau dan perasaan tidak nyaman. Anda bisa memilih jenis panty liner yang khusus bisa membantu mengatasi keputihan. Hindari menggunakan panty liner yang terbuat dari selain kapas karena bisa membuat infeksi menjadi semakin buruk.

  1. Mencuci Area Kewanitaan Sesering Mungkin

Jika mengalami keputihan maka ada perasaan tidak nyaman pada bagian kewanitaan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk mencuci area ini sesering mungkin. Gunakan air dingin yang biasa untuk mencucinya. Usap bagian vagina dari depan ke belakang dan bersihkan semua lendir yang keluar. Jika keputihan berbau dan tidak sedap maka gunakan air biasa saja untuk mencuci area kewanitaan. Setelah itu keringan area ini dengan handuk yang bersih atau kain yang sangat lembut. Sebisa mungkin hindari area kewanitaan dari basah dan lembab karena bisa membuat keputihan menjadi lebih buruk.

  1. Gunakan Pembalut dari Kapas

Jika Anda bermasalah dengan keputihan maka usahakan untuk selalu menggunakan pembalut dari kapas saat menstruasi. Anda juga bisa menggunakan panty liner dari kapas saat keputihan. Bahan kapas bisa mencegah infeksi dan membuat kondisi area kewanitaan menjadi tidak lembab. Pembalut kapas juga penting untuk mencegah agar ph alami dalam vagina tidak mengalami perubahan. Indikasi keputihan juga bisa berarti bagian dalam vagina kotor sehingga bisa membersihkan semua kuman dan bakteri dibagian dalam.

  1. Jangan Menggunakan Cairan Pembersih Vagina

Jika Anda mengalami keputihan maka jangan sekali-kali menggunakan cairan pembersih vagina. Cairan pembersih vagina yang sering dikatakan bisa menyembuhkan keputihan ternyata bisa merusak keseimbangan pH dalam vagina. pH yang normal seharusnya asam untuk menjaga kadar bakteri baik dalam lingkungan vagina. Namun cairan pembersih vagina bisa merusak pH alami ini dan justru bisa menyebabkan infeksi. Jadi usahakan untuk menggunakan air biasa untuk mencuci vagina dan hindari memberikan bahan kimia untuk vagina. Menggunakan cairan pembersih wanita juga bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran kencing.

  1. Gunakan Ramuan Daun Delima

Daun delima sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi keputihan. Daun delima mengandung bahan alami yang bisa membersihkan semua kotoran dan membunuh bakteri penggangu keseimbangan pH dalam vagina. Anda bisa menggunakan daun delima yang segar dan hindari menggunakan daun delima yang sudah kering. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil sekitar 7 daun delima yang sangat segar, bersih dan tidak memiliki bercak. Kemudian cuci bersih dengan air yang dingin. Setelah itu tumbuk halus daun delima dan campur dengan sedikit air. Kemudian tambahkan dengan air hangat yang matang lalu saring. Minum airnya selama dua atau tiga kali dalam sehari.

  1. Minum Jus Kemangi dan Madu

Kemangi sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit termasuk untuk mengatasi keputihan. Kemangi mengandung bahan alami yang bisa membantu melawan infeksi dan jamur pada vagina. Hal yang Anda perlukan adalah beberapa lembar daun kemangi yang sangat segar kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu campurkan dengan air mineral dan giling dengan blender. Setelah itu saring dan ambil airnya saja. Campurkan dengan beberapa sendok madu lalu minum jus ini. Anda bisa minum jus ini selama dua kali dalam seminggu untuk melawan keputihan.

(baca juga : cara membedakan madu asli dan madu palsu paling akurat – efek samping daun kemangi bagi wanita dan kesehatan)

  1. Minum Susu Jahe

Kebiasan minum susu jahe juga sangat baik untuk membantu melawan keputihan. Cara ini akan membantu Anda menyembuhkan keputihan tanpa menyebabkan efek samping. Anda bisa mencoba untuk membuat susu jahe sendiri. Gunakan jenis jahe bubuk yang alami. Buah satu gelas susu murni hangat kemudian campurkan dengan satu sendok teh bubuk jahe. Setelah itu minum susu jahe ini saat masih hangat. Jahe akan membantu melawan peradangan dari dalam dan susu akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Ini cara alami yang sangat menyegarkan dan tidak memberikan efek samping. (baca juga : khasiat susu sapi murni bagi kesehatan)

  1. Minum Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji biasanya  banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Namun ternyata daun jambu biji juga bisa digunakan untuk cara mengobati keputihan yang buruk. Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih daun jambu biji yang masih segar. Setelah itu ambil beberapa lembar daun jambu biji kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebus dalam beberapa gelas air mineral hingga mendidih. Dinginkan air ini dan saring kemudian segera diminum. Anda juga bisa menggunakan air rebusan ini untuk mencuci vagina namun jangan terlalu sering karena bisa merusak pH alami dalam vagina.

  1. Makan Pisang Secara Rutin

Anda juga bisa menyembuhkan keputihan tanpa harus melakukan perawatan secara langsung. Cara ini bisa dilakukan dengan makan pisang secara teratur baik menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi. Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang juga bisa membantu mengendalikan kehidupan bakteri baik dalam vagina. Anda bisa membuat jus madu dan pisang untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

(baca juga : khasiat buah pisang untuk kesehatanbahaya efek terlalu banyak makan buah pisang : dampak mematikan)

  1. Gunakan Celana Dalam Bahan Katun

Saat Anda mengalami keputihan maka usahakan untuk selalu menggunakan celana dalam berbahan katun. Bahan katun akan membantu mengurangi kelembapan akibat keringat pada area vagina. Bahkan bahan katun yang sangat lembut bisa membantu mengurangi aktifitas bakteri buruk di bagian area kewanitaan. Katun yang lembut bisa membantu mengurangi keringat, rasa panas dan tidak nyaman. Hindari menggunakan celana dalam berbahan sintetis atau bahan yang tidak menyerap keringat dan lembab. (baca juga : bahaya memakai celana ketat bagi kesehatan)

  1. Hindari Menggunakan Tisu

Kebiasaan wanita adalah menggunakan tisu untuk membersihkan keputihan dan tanpa menggunakan air. Cara ini ternyata bisa membuat keputihan menjadi lebih parah. Untuk mengatasi hal ini maka jangan menggunakan tisu untuk membersihkan area kewanitaan. Gunakan air bersih untuk membersihkan area tersebut dan keringkan dengan kain atau handuk yang bersih. Jika perlu gunakan kain atau handuk hanya sekali pakai untuk mengurangi kontaminasi bakteri. Tisu adalah bahan sekali pakai yang praktis namun cenderung meningkatkan iritasi pada bagian vagina dan menyebabkan keputihan menjadi lebih buruk.

  1. Minum Jus Nanas

Banyak wanita yang tidak mau makan nanas karena mereka percaya jika nanas bisa menyebabkan keputihan. Namun ternyata hal ini tidak benar karena minum jus nanas bisa mengurangi keputihan dan bahkan bisa menyembuhkan. Nanas mengandung bahan alami seperti triptofan yang bisa mengendalikan perasaan Anda. Bahan alami ini sangat penting jika Anda mengalami keputihan karena tekanan pikiran, depresi dan stres. Triptofan akan mengendalikan perasaan Anda dan bisa meningkatkan konsentrasi pH dalam vagina. Jadi minum jus nanas rutin jika Anda mengalami keputihan karena stres.

  1. Makan Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang sering dipercaya bisa menyebabkan keputihan. Banyak wanita yang berpikir jika cairan dalam mentimun yang banyak bisa membuat keputihan. Namun ini ternyata hanya mitos. Anda tidak perlu percaya karena mentimun sangat baik untuk mengurangi keputihan. Mentimun mengandung bahan alami seperti asam malonat yang bisa mengurangi infeksi pada bagian vagina.  Bahkan kandungan vitamin C dalam mentimun bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melawan bakteri yang menyerang vagina.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Mengandung Ragi

Makanan yang mengandung ragi sebaiknya juga harus dihindari untuk mengatasi keputihan. Beberapa jenis makanan yang mengandung ragi misalnya sepertiu kue, keju, roti, pasta dan sayuran seperti jamur. Ragi yang terdapat pada makanan ini bisa menyebabkan keputihan memburuk karena membuat infeksi menjadi lebih parah. Selama Anda mengalami keputihan sebaiknya tidak hanya mengurangi sumber makanan tersebut dan lebih baik untuk tidak makan sama sekali. Pilih jenis makanan sehat seperti sayuran dan buah.

  1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Selama Anda mengalami keputihan maka usahakan untuk menghindari makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Semua jenis makanan dan minuman yang mengandung gula bisa menyebabkan kenaikan infeksi dan perkembangan bakteri buruk dalam vagina. Selain itu makanan manis biasanya sangat dekat dengan karbohidrat yang bisa membuat infeksi menjadi lebih buruk. Jadi hindari makanan dan minuman manis saat mengalami keputihan. (baca juga : bahaya es teh manis bagi kesehatan)

  1. Hindari Konsumsi Kismis

Mengkonsumsi berbagai jenis buah yang sudah dikeringkan seperti kismis sebaiknya juga harus dihindari. Buah kering umumnya sangat awet dan bisa ditambahkan dalam hidangan seperti kue. Namun buah kering bisa meningkatkan jumlah infeksi dalam vagina. Jika terkena keputihan karena infeksi bakteri atau jamur maka bisa menjadi lebih parah. Karena itu gantikan produk buah kering dengan jenis buah-buahan yang segar.

  1. Hindari Minuman Bersoda

Jika Anda ingin mengatasi keputihan maka usahakan untuk menghindari semua jenis minuman bersoda. Minuman yang mengandung soda biasanya juga mengandung gula yang sangat tinggi. Gula bisa menjadi sumber infeksi dan membuat perkembangan bakteri dan jamur yang lebih banyak. Selain itu minuman bersoda juga mengandung bahan pengawet yang membuat potensi infeksi menjadi lebih besar. (baca juga: dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamil)

  1. Hindari Kopi dan Teh

Selama keputihan maka sebaiknya juga tidak minum teh atau kopi. Kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang bisa membuat iritasi dan perkembangan bakteri atau jamur. Kopi dan teh juga sering dihidangkan dengan gula sehingga menyebabkan infeksi menjadi lebih berat. Karena itu lebih baik jika minum air putih untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

(baca juga: bahaya kopiakibat kebanyakan minum kopi untuk kesehatan – bahaya minum kopi pada saat haidbahaya minum teh bagi kesehatan)

  1. Makan Terong

Mengkonsumsi sayuran terong selama keputihan juga sangat baik untuk menghentikan infeksi. Selain itu terong mengandung serat yang bisa mendorong pencernaan dan metabolisme dalam tubuh berjalan lancar. Terong juga mengandung bahan alami seperti phycosianin yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Jadi jangan takut untuk makan sayuran terong saat keputihan karena ini sayuran yang sangat menyehatkan.

  1. Jangan Stres atau Tertekan

Stres atau perasaan tertekan juga bisa menyebabkan keputihan. Terkadang perasaan tertekan menyebabkan dorongan hormon menjadi tidak seimbang. Hal ini juga membuat keputihan menjadi lebih berat. Karena itu Anda bisa mencoba untuk santai tanpa harus memikirkan pikiran yang berat. Anda bisa meredam rasa tertekan dengan berbagai cara seperti bersantai, mendengarkan musik, atau pergi ke suatu tempat yang menurut Anda menyenangkan.

(baca juga : penyebab stres berkepanjangancara mengatasi stres super ampuhcara menghindari stres dan penyebabnya)

  1. Hindari Olahraga Berat

Saat keputihan maka sangat disarankan untuk tidak melakukan berbagai jenis olahraga yang berat. Ketika Anda melakukan olahraga yang berat maka biasanya menyebabkan tekanan pada bagian perut bawah dan punggung. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bawah dan membuat keputihan menjadi lebih banyak. Lebih baik jika Anda mencoba melakukan latihan ringan seperti berjalan santai. Jangan lupa untuk menggunakan panty liner selama latihan untuk mencegah keputihan bertambah buruk. (baca juga: bahaya olahraga yang berlebihanbahaya olahraga tanpa pemanasan)

  1. Istirahat

Hal yang paling sering dilupakan oleh semua orang ketika mengalami keputihan adalah untuk beristirahat. Istirahat akan membantu tubuh Anda merasa lebih baik. Istirahat juga bisa mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk tetap minum air mineral selama istirahat untuk melawan bakteri dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Hindari terlalu banyak duduk saat istirahat karena akan membuat bagian kewanitaan menjadi lebih lembab dan memicu tumbuhnya jamur.

(baca juga : ciri-ciri kurang tidur yang cukupefek buruk dan bahaya kelamaan duduk)

  1. Minum Vitamin C

Jika Anda sudah terbiasa minum vitamin C dalam bentuk suplemen maka bisa Anda bisa mencoba untuk tetap mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan membuat keseimbangan cairan. Namun jangan berlebihan saat mengkonsumsi suplemen artinya harus sesuai dengan dosis yang sudah diberikan oleh dokter. Jika Anda merasa tidak nyaman seperti gangguan pencernaan dan keputihan yang lebih buruk maka segera hentikan minum vitamin C.

(baca juga : makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi – buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya –  penyakit akibat kekurangan vitamin C)

  1. Hindari Produk Kedelai

Bagi wanita yang mengalami keputihan sebaiknya juga tidak terlalu banyak mengkonsumsi produk kedelai. Atau jika bisa maka menghindari semua jenis produk kedelai. Kedelai mengandung zat fitonutrisi yang menyerupai hormon estrogen ketika masuk ke dalam tubuh. Produk kedelai bisa menyebabkan masalah keseimbangan hormon yang bisa menyebabkan keputihan bertambah lebih parah. Jika Anda merasa takut keputihan menjadi lebih buruk maka sementara waktu hindari semua produk kacang-kacangan.

  1. Minum Jus Stroberi

Anda juga bisa minum jus stroberi untuk mengatasi keputihan. Stroberi mengandung zat pigmen alami dan vitamin C. Kedua macam bahan ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan vitamin C akan mendorong sistem kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka bisa tubuh Anda bisa melawan berbagai jenis efek peradangan dan infeksi seperti jamur dan bakteri. Jangan lupa untuk tidak menambahkan gula atau air ketika membuat jus stroberi. Cara mengobati keputihan secara alami ini, juga akan membantu Anda memiliki tubuh yang lebih sehat.

  1. Minum Yogurt

Anda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga stamina dengan minum yogurt. Yogurt adalah salah satu hasil dari fermentasi susu yang ditanam dengan bakteri menyehatkan seperti Lactobasillus. Bakteri ini akan menjadi sumber yang menyehatkan untuk sistem pencernaan. Namun jika Anda menemukan reaksi yang berlawanan seperti keputihan yang bertambah buruk setelah minum yogurt, maka segera hentikan. Yogurt bisa mendatangkan reaksi yang berbeda-beda untuk setiap orang.

  1. Minum Rebusan Kunyit dan Sirih

Salah satu minuman tradisional yang bisa menyembuhkan keputihan adalah sari kunyit dan daun sirih. Minuman ini dibuat dengan memanfaatkan kunyit segar yang giling kemudian diambil airnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit air sesuai dengan kebutuhan. Kemudian ambil beberapa daun sirih yang masih segar dan rebus bersama dengan air kunyit tadi. Tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu menyengat dan manis saat diminum. Cara ini bisa membersihkan keputihan setelah menstruasi namun tidak boleh diminum terlalu sering. Kedua bahan ini bisa menyebabkan gangguan rahim yang membuat produksi sel telur menurun.

  1. Hindari Terlalu Banyak Gorengan

Jika Anda sedang keputihan maka usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak jenuh ini akan menyebabkan aliran darah tidak lancar karena kolesterol. Selain itu terlalu banyak lemak akan menyebabkan penumpukan lemak dalam beberapa organ reproduksi dan menyebabkan gangguan hormon. Gorengan juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Lebih baik jika Anda mencoba untuk menggantikan minyak sawit dengan minyak zaitun atau minyak canola. Atau lebih aman jika mengganti cara memasak menjadi direbus atau di panggang.

(baca juga : bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan – jenis penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi)

Apa Pemicu Keputihan?

  1. Kebiasaan menggunakan sabun pembersih kewanitaan bisa menyebabkan keputihan. Hal ini disebabkan karena bahan kimia dalam sabun atau cairan tersebut bisa merusak keseimbangan pH dalam organ kewanitaan.
  2. Kebiasaan buruk tidak menjaga organ kewanitaan menyebabkan jamur dan bakteri yang bisa tumbuh dalam organ tersebut. Karena itu sangat disarankan untuk selalu menjaga organ kewanitaan dengan mencuci secara teratur termasuk ketika mandi. (baca juga: akibat jarang mandi pagi dan sore)
  3. Salah dalam membersihkan organ kewanitaan juga bisa menyebabkan keputihan. Cara yang benar adalah mengusap dari bagian depan ke belakang, jika dilakukan terbalik maka bisa menyebabkan sumber infeksi dari anus menjalar ke bagian vagina.
  4. Konsumsi pil KB untuk wanita untuk mencegah kehamilan juga bisa menyebabkan keputihan. Hal ini terjadi ketika pil KB merusak keseimbangan hormon yang menyebabkan keputihan muncul.
  5. Penggunaan celana dalam yang berbahan sintetis atau campuran sering menyebabkan keputihan. Hal ini disebabkan karena daerah organ kewanitaan yang terlalu lembab dan berkeringat sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Karena itu selalu usahakan untuk menggunakan celana dalam dari bahan katun.
  6. Masalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan keputihan menjelang menstruasi dan sesudah menstruasi. Ini termasuk keputihan yang normal karena biasanya akan sembuh sendiri tanpa pengobatan.
  7. Kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan banyak mengandung garam. Hal ini bisa menyebabkan keputihan karena memicu masalah keseimbangan cairan dalam tubuh.(baca juga: akibat kelebihan lemak dalam tubuh – makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi)
  8. Wanita juga biasanya mengalami keputihan jika memiliki gairan seksual yang cukup tinggi. Hal ini termasuk keputihan alami karena sebagai reaksi ketika bagian rongga vagina menghasilkan banyak cairan saat hormon sangat tinggi.
  9. Wanita juga bisa mengalami keputihan menjelang menstruasi akibat perubahan hormon saat mendekati siklus.
  10. Keputihan juga bisa menjadi salah satu indikasi terkena penyakit organ reproduksi yang lebih serius. Keputihan ini biasanya berlangsung lama, bau tidak sedap, tidak nyaman, sakit dan sangat sering terjadi. Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk sebaiknya segera di melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Hal yang paling penting untuk diwaspadai ketika keputihan karakter dari keputihan itu sendiri. Jika Anda menemukan keputihan sudah tidak normal maka cobalah untuk bertemu dengan dokter. Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui penyebab keputihan dan mencari obat yang paling tepat. Cara alami ini hanya bisa digunakan untuk keputihan dalam skala yang sangat ringan.

Informasi kesehatan wanita lainnya:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 15th, January 2016 / 02:28 Oleh :
Kategori : Keputihan