Home Diet & FitnessTips Olahraga 5 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan

5 Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan

by Ana Rohma

Siapa sih yang tidak senang melakukan olahraga? Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat, tidak hanya bagi kesehatan, namun juga bermanfaat bagi hubungan sosial kita juga. Dengan melakukan kegiatan olahraga, kita dapat bertemu dengan orang-orang baru. Olahraga sendiri hingga saat ini sudah memiliki banyak sekali variasi. Mulai dari olahraga yang ringan, hingga olahraga yang berat, bahkan menjurus ke arah olahraga ekstrem, seperti bungee jumping, panjat tebing dan juga terjun payung.

Meskipun memiliki banyak manfaat dan juga cenderung mudah dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Beberapa hal tersebut antara lain :

  • Pemanasan sebelum melakukan olahraga
  • Pahami kemampuan dan batasan maksimal anda dalam melakukan gerakan-gerakan olahraga
  • Jangan berlebihan dalam berolahraga dan menggerakkan tubuh
  • Segera berhenti melakukan gerakan olahraga, apabila terasa lelah dan juga sudah tidak memiliki tenaga untuk melanjutkan.

Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan merupakan salah satu elemen penting yang haram hukumnya apabila anda lewatkan ketika anda akan berolahraga. Ya, dengan pemanasan maka otot-otot tubuh dan tubuh anda sendiri akan terasa hangat, sehingga dapat lebih mudah untuk menyesuaikan suhu tubuh yang akan menjadi panas ketika melakukan olahraga. Selain itu, pemanasan juga bertujuan untuk melemaskan otot tubuh anda agar tidak kaku dan mengalami kram pada saat melakukan gerakan olahraga inti. Pemanasan sendiri sebaiknya dilakukan selama kurang lebih 5 hingga 15 menit, tergantung dengan beratnya olahraga yang akan dilakukan.

Semakin berat olahraga yang ingin dilakukan, maka semakin lama pula sebaiknya pemanasan harus dilakukan. Namun demikian, pemanasan yang berlebihan dari  segi intensitas dan juga waktu juga tidak baik. Pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan tubuh menjadi lelah sebelum melakukan gerakan olahraga inti. Malahan nantinya akan berakibat pada tidak optimalnya olahraga yang akan dijalani, karena sudah merasa lelah terlebih dahulu pada saat melakukan pemanasan.

Resiko Bahaya Olahraga Tanpa Pemanasan

Ya, melakukan olahraga tanpa pemanasan juga merupakan suatu kesalahan besar yang anda perbuat sebelum melakukan olahraga. Namun sayangnya, pemanasan juga merupakan sesuatu yang dianggap remeh dan kadang sering tidak di pedulikan oleh mereka yang ingin berolahraga. Padahal, olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu dapat membahayakan tubuh kita. Apa saja bahaya dari olahraga tanpa pemanasan? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Meningkatkan resiko mengalami cedera

Bahaya pertama dari olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu adalah dapat menyebabkan meningkatnya resiko mengalami cedera ringan hingga parah ketika melakukan olahraga inti. Ya, karena kondisi otot dan juga tubuh yang masih dingin dan juga mengalami pemanasan, tubuh akan mudah mengalami berbagai macam gangguan, seperti cedera.

Cedera ini pun bervariasi, mulai dari yang ringan, hingga berat, yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang belum menyesuaikan dengan lingkungan olahraga, sehingga dapat memperbesar resiko kecelakaan yang dapat meningkatkan resiko cedera bagi anda yang sedang berolahraga.

Resiko cedera saat melakukan olahraga ini juga bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang fatal seperti :

2. Meningkatkan resiko mengalami kram otot

Bahaya berikutnya yang dapat muncul dari olahraga tanpa melakukan pemanasan adalah dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Ya, kram otot dapat terjadi karena otot-otot tubuh yang terasa kaku dan juga belum mengalami peregangan, yang akan kaget ketika harus langsung melakukan olahraga. Hal ini dapat memicu berbagai macam hal, seperti otot yang tertarik, terjepit, terlipat, dan kram pada otot anda.

Semua gejala sakit otot tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi efektivitas olahraga yang akan anda lakukan. Dimana anda kemungkinan tidak dapat melanjutkan permainan olahraga apabila otot, saat mengalami gangguan seperti kram otot, karena kram otot akan menyebabkan munculnya rasa sakit yang luar biasa.

Penyebab kram otot sebenarnya juga sangat bervariasi, seperti berikut ini :

3. Cepat lelah dan kehabisan nafas

Bahaya olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat merasa lelah ketika berolahraga. Kelelahan ini disebabkan karena kondisi tubuh yang kaget akan aktivitas olahraga yang tiba – tiba, sehingga tubuh kurang dapat menyesuaikan diri terhadap gerakan-gerakan olahraga dan juga hal ini dapat memicu terjadinya kelelahan.

Selain kelelahan,  olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu juga dapat memicu anda menjadi lebih mudah kehabisan nafas saat melakukan gerakan berolahraga. Kehabisan nafas ini tentu saja selain dapat menyebabkan kelelahan, dapat juga menyebabkan anda menjadi pingsan ketika melakukan gerakan olahraga.

Bagi yang anda yang sering mengalami cepat lelah waspadailah hal berikut :

4. Menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala

Selain itu, olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu juga dapat menyebabkan munculnya rasa pusing dan sakit kepala pada saat berolahraga. Tubuh yang belum panas ini akan menyebabkan asupan oksigen berkrang, sehingga otak pun tidak memperoleh pasokan oksigen yang optimal. Hal ini memicu terjadinya sakit kepala dan kepala sering pusing, sehingga anda tidak akan dapat melakukan kegiatan olahraga dengan baik.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan anda akan menjadi sulit berkonsentrasi pada saat melakukan gerakan olahraga. Konsentrasi yang berkurang ini dapat menyebabkan gerakan olahraga yang anda lakukan menjadi kacau, dan dapat membuat gerakan olahraga yang anda lakukan menjadi sia-sia.

5. Tendinitis

Bahaya olahraga tanpa pemanasan adalah dapat mmeicu terjadinya tendinitis, yang merupakan gangguan dan juga rasa sakit pada bagian otot – otot. Hal ini juga dapat menyebabkan anda tidak akan dapat melakukan olahraga dengan baik dan juga optimal. Kondisi ini juga harus diwaspadai pada pengguna jenis obat analgesik.

Itulah bahaya dari olahraga tanpa melakukan pemanasan. Jadi, pemanasan itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan sebelum berolahraga, karena itu, jangan pernah lewatkan pemanasan sebelum olahraga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

You may also like