8 Penyebab Telinga Berdenging Terus Menerus

10591

Telinga pastinya merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh kita. Adanya telinga, kita bisa mendengar dan juga mengetahui informasi mengenai dunia luas. Dengan telinga pula kita bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain. dan juga dengan adanya telinga, kita bisa mendengarkan berbagai macam nasihat dan juga pesan moral dari suatu peristiwa yang diceritakan kepada kita.

Fungsi Telinga Manusia

Telinga merupakan salah satu organ yang berada pada bagian kepala, yang memiliki 3 bagian, yaItu daun telinga, telinga tengah dan juga telinga bagian dalam. Berikut ini proses telinga menerima suara :

  • Daun telinga atau telinga bagian luar berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi dan juga gelombang suara yang ada di udara, untuk kemudian meneruskannya ke telinga bagian tengah.
  • Setelah masuk ke dalam telinga bagian tengah, maka terdapat 3 tulang yang dikenal dengan nama tulang pendengaran, yang bertugas untuk menhantarkan getaran-getaran bunyi yang berhasil ditangkap oleh daun telinga kita.
  • Setelah melalui penghantaran bunyi yang dilakukan oleh tulang-tulang pendengaran, maka bunyi tersebut dilanjutkan kepada kolea atau rumah siput yang melewati gendang telinga.
  • Pada akhirnya bunyi bisa disampaikan kearah otak kita, untuk kemudian diolah dan kemudian dipersepsikan mengenai bunyi apa yang kita dengar. Proses ini hanya berlansung selama sepersekian detik saja dan terjadi begitu cepat.

Namun demikian seperti organ-organ tubuh lainnya, beberapa gangguan dapat saja terjadi pada organ telinga kita. Salah satu gangguan yang dapat muncul dan mengganggu kinerja dari organ telinga kita adalah kondisi dimana telinga berdenging  terus menerus. Hal ini terasa seperti suara dari microphone yang berdenging dan terjadi di telinga kita terus menerus atau yang dalam istilah medisnya dikenal dengan nama tinitus. Ternyata kondisi ini dapat terjadi kerena beberapa hal, antara lain :

1. Fungsi pendengaran yang menurun

Penyebab pertama dari munculnya gejala telinga yang berdenging terus menerus adalah karena adanya suatu penurunan pada fungsi pendengaran. Ya, penurunan pada fungsi pendengaran ini terjadi biasanya karena seseorang sudah berada pada usia tertentu, dimana akan mengalami penurunan fungsi. Salah satu efek samping dari penurungan fungsi pendengaran ini adalah munculnya gejala telinga yang selalu sering terasa berdenging, sehingga dapat mengganggu fungsi pendengaran anda.

Gangguan fungsi pendengaran yang menurun juga bisa terjadi karena :

2. Trauma pada organ telinga

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi yang dapat menyebabkan munculnya gangguan berupa telinga yang sering berdenging adalah karena adanya suatu trauma dan juga cedera yang terjadi pada bagian telinga dan juga organ pendengaran. Proses pendengaran yang terjadi merupakan salah satu proses yang panjang, dan melibatkan banyak sekali organ, seperti tulang pendengaran, gendang telinga, hingga syaraf pendengaran.

Ada beberapa hal, dimana terjadi suatu kecelakaan yang kemungkinan menyebabkan terjadinya cedera dan trauma pada berbagai organ pendengaran tersebut. Cedera dan juga trauma inilah yang kemudian dapat menyebabkan munculnya gejala berupa telinga berdenging terus menerus. Apabila trauma dan cedera yang dialami terlalu parah, maka hal terburuk yang dpat terjadi adalah kondisi tuli total dan tidak bisa mendengar sama sekali.

Tidak hanya trauma pada telinga, namun sejumlah kecelakaan juga mendatangkan bahaya seperti :

3. Efek samping dari penggunaan obat

Beberapa obat juga dapat menyebabkan efek samping bagi telinga anda dan menyebabkan telinga anda menjadi sering berdenging. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh efek samping aspirin, yang dapat menimbulkan gangguan berupa telinga yang berdenging terus menerus. Karena itu, usahakan agat jangan terlalu sering mengkonsumsi aspirin, agar tidak menimbulkan efek buruk bagi telinga anda.

4. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Penyebab lainnya dari kondisi telinga yang sering berdenging adalah kondisi tekanan darah tinggi. Biasanya kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi) ini dapat menyebabkan telinga menjadi terasa sangat tidak nyaman, sehingga membuat telinga menjadi terasa sering berdenging, karena tekanan darah yang terlalu tinggi.

Bahaya hipertensi lainnya juga bisa menyebabkan :

5. Infeksi pada bagian telinga

Infeksi pada bagian telinga juga merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan munculnya telinga berdenging terus menerus. Infeksi telinga ini bisa saja terjadi karena berbagai hal, salah satunya yang dapat menyebabkan infeksi pada bagian telinga adalah kondisi bahaya menggunakan headset yang berlebihan dan juga tidak steril. Hal ini dapat menyebabkan kuman dan bakteri masuk ke dalam telinga dan tentu saja dapat berakibat terjadinya infeksi pada bagian telinga anda.

Infeksi pada telinga juga bisa terjadi karena :

6. Adanya suatu timbunan lemak pada bagian telinga

Penyebab lainnya yang dapat membuat munculnya kondisi telinga yang berdenging adalah adanya penumpukan alias penimbunan lemak pada bagian telingah. Hal ini dapat menyebabkan pendengaran menjadi sedikit terhambat dan juga dapat menimbulkan efek berupa telinga yang menjadi sering berdenging.

7. Munculnya tumor pada bagian kepala dan juga leher

Ini merupakan salah satu penyebab terburuk dari kondisi telinga yang berdenging. Ya, telinga yang berdenging dapat disebabkan oleh tumor pada bagian kepala dan juga leher (lipoma). Mengerikan sekali bukan? Maka dari itu, jangan sepelekan masalah telinga yang sering berdenging ini, karena apabila diperiksa oleh tenaga medis yang professional, bukan tidak mungkin, yang menjadi penyebab telinga sering berdenging itu adalah sebuah tumor.

8. Mendengarkan bunyi statis dan keras selama beberapa jam tanpa henti

Selain sebagai akibat dari beberapa kondisi penyakit dan juga infeksi, pengabaian terhadap hearing aid, atau regulasi mengenai intensitas suara maksimal yang masuk ke telinga dapat menyebabkan munculnya gangguan telinga yang berdenging terus menerus. Hal ini dapat terjadi terutama mereka yang bekerja di proyek – proyek yan gmengabaikan keselamatan.

Untuk mencegah terjadinya kondisi telinga yang berdenging terus menerus adalah dengan cara selalu merawat dan juga menjaga kesehatan dan juga kebersihan telinga anda, agar tidak mengalami infeksi. Selain itu, perhatikan juga kemungkinan hal yang dilakukan dan dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada telinga anda. Sekian artikel mengenai telinga yang berdenging terus menerus.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda..