Home Tips KesehatanKesehatan Telinga Begini 7 Cara Mengobati Telinga Bengkak Karena Tindikan Yang Aman !

Begini 7 Cara Mengobati Telinga Bengkak Karena Tindikan Yang Aman !

by Erlita

Menindik telinga tentu bukan hal yang asing, khususnya bagi para wanita. Bahkan kini pria pun cukup banyak yang tak ingin kalah dalam bergaya sehingga melakukan tindikan di telinga mereka untuk memasang anting. Hanya saja yang menjadi masalah adalah salah satu dari bahaya tindik telinga yakni dapat membengkaknya telinga karena tindikan. Lalu, adakah cara mengobati telinga bengkak karena tindikan yang aman?

  1. Kompres Hangat

Seperti pada kasus pembengkakan pada umumnya, mengompres dengan air hangat adalah salah satu langkah perawatan yang bisa diberikan. Bisa jadi, pembengkakan pada telinga di area tindikan dipicu oleh menimbunnya cairan pada bagian bawah kulit yang hanya bisa diatasi dengan pemberian suhu hangat pada daerah tersebut.

Biasanya, cairan dapat dikeluarkan tak secara langsung dalam sekali kompres hangat. Anda perlu melakukan pengompresan dengan suhu panas/hangat beberapa kali dan secara berangsur supaya cairan keluar alami. Dalam melakukannya, benjolan atau bengkak di bagian tindikan bisa Anda basuh dengan kompres beberapa menit lamanya dan lakukan beberapa kali sehari.

  1. Menggunakan Obat Pereda Rasa Sakit

Ketika bengkak pada tindikan menimbulkan rasa sakit, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengatasinya dengan menggunakan obat pereda rasa sakit. Contoh obat yang bisa Anda gunakan adalah ibuprofen, khususnya ketika bengkak terjadi tak lama setelah proses tindikan selesai. Ibuprofen sendiri pun merupakan obat antiradang sehingga Anda dapat mengandalkannya.

Rasa sakit akibat bengkak karena tindikan biasanya bisa berkurang setelah Anda gunakan ibuprofen. Namun setelah itu, pastikan obat krim kortison yang dijual bebas Anda pakai dengan cara mengoleskannya ke daerah bengkak supaya risiko peradangan bisa berkurang. Oles secara rutin supaya pembengkakan dan rasa sakitnya dapat mereda cukup cepat.

  1. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Bengkak dan rasa sakit di bagian telinga yang ditindik juga dapat Anda coba atasi dengan mengoleskan minyak pohon teh (tea tree oil) secara rutin. Minyak pohon teh diketahui menjadi bahan yang sangat aman sekaligus efektif dalam mengobati masalah bengkak dan rasa sakit pada telinga bekas luka tindik sekalipun.

Walau belum jelas diketahui seberapa tinggi tingkat efektivitas dari minyak pohon teh ini dalam meredakan bengkak atau benjolan tersebut, Anda jangan khawatir. Dibalik efek samping minyak pohon teh yang perlu diwaspadai, tetap ada manfaat besar yang ditawarkan, yakni mengatasi radang di kulit secara alami.

  1. Menghindari Penggunaan Obat Antibiotik, Hidrogen Peroksida dan Alkohol

Mungkin Anda sempat berpikir bahwa bengkak akibat luka tindikan bisa diatasi dengan menerapkan alkohol pada kulit telinga. Atau bahkan Anda sempat hendak menggunakan hidrogen peroksida dan obat oles berkandungan antibiotik. Sayangnya, justru solusi-solusi tersebut perlu dihindari karena berisiko tinggi dalam memperparah iritasi dan malah membuat proses penyembuhan bengkak jadi lebih lama.

  1. Menggunakan Air Garam

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai obat bagi pembengkakan di bagian telinga yang membengkak karena tindikan adalah air garam laut. Kenapa harus garam laut? Ini karena bengkak yang terjadi pada area tindikan bisa saja karena infeksi dari prosedur tindikan.

Menggunakan garam laut mampu menjadi pereda rasa sakit alami bagi pembengkakan dan luka akibat infeksi seperti itu. Manfaat lain yang bisa diperoleh dari pemakaian garam laut adalah kulit telinga jadi terjaga kebersihannya selain dari luka dan bengkak cepat sembuh.

  • Siapkan lebih dulu air hangat sebanyak 1 cangkir.
  • Campurkan ¼ sendok teh garam laut ke dalamnya sampai larut.
  • Bilas area yang bengkak dan luka, kemudian gunakan kapas yang sudah dicelupkan ke air garam untuk Anda oles perlahan pada area benjolan/bengkak.
  • Melakukan cara ini rutin akan membantu Anda dalam mengobati pembengkakan di telinga secara efektif.
  1. Menghindari Bahan Perhiasan Tertentu

Jika bengkak pada telinga karena tindikan ada hubungannya juga dengan bahan perhiasan yang Anda gunakan, mungkin karena bahan perhiasan tersebut adalah logam campuran atau logam nikel, maka hindarilah. Jika Anda memiliki reaksi alergi, maka ada kemungkinan bahan-bahan tersebut kurang cocok dengan kulit Anda dan menimbulkan bengkak, ruam kemerahan maupun gatal di telinga.

Bahkan ketika Anda merasakan sakit di bagian tindik dalam waktu yang lama, ada kemungkinan bahwa ini adalah kondisi alergi. Lalu adakah solusi alternatif dari bahan-bahan perhiasan tersebut? Perhiasan hypoallergenic lebih dianjurkan bagi Anda karena jauh lebih aman dan tak akan menimbulkan reaksi alergi.

  1. Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Area Tindikan

Saat kurang memerhatikan cara menindik telinga yang benar, bengkak dan luka bisa jadi efeknya dan ketika sedang bengkak, salah satu cara mempercepat penyembuhannya adalah dengan menjaga area tindikan tetap bersih dan aman. Ketahui cara mencuci tangan yang benar dan steril supaya tangan saat menyentuh atau membersihkan tindikan sudah benar-benar higienis. Tangan yang kurang terjaga kebersihannya dan digunakan untuk menyentuh area yang luka dan bengkak kemungkinan bisa memperburuk kondisi.

Demikian cara-cara mengobati telinga bengkak karena tindikan yang bisa Anda praktekkan di rumah. Namun ketika bengkak dan luka tak kunjung mereda walau sudah menjalani perawatan secara mandiri dan alami, segera ke dokter untuk secepatnya memeriksakan kondisi kulit telinga Anda supaya teratasi dengan tepat.

You may also like