5 Bahaya Penyakit Telinga Bernanah bagi Kesehatan

7540

Telinga bernanah merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ penting manusia yakni telinga. Masyarakat sering menyebutnya dengan penyakit curek. Telinga bernanah merupakan salah satu jenis tanda dari sakit telinga. Penyakit ini merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena keberadaannya bisa berbahaya. Beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari penyakit bernanah (curek) antara lain:

  1. Tidak Dapat Sembuh Sendiri

Beberapa penyakit pada umumnya akan dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh kita bagus. Namun hal ini tidak berlaku bagi penyakit telinga bernanah atau curek ini. Penyakit telinga bernanah ini tidak dapat sembuh sendiri meskipun daya tahan tubuh kita bagus. Terlebih jika dibiarkan dalam jangka panjang. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang terkena penyakit telinga bernanah atau curek ini. Penyakit telinga bernanah ini bisa berubah menjadi penyakit menahun, dan apabila tidak segera ditangani maka penyakit ini bisa terbawa seseorang hingga usia dewasa. Jika tidak diobati fungsi telinga pun akan semakin menurun.

Baca : Cara merawat telingaCara menjaga kesehatan telinga Cara menjaga telinga agar tetap sehat

  1. Menyebabkan Tuli

Efek negatif atau bahaya dari penyakit telinga bernanah jangka panjang adalah dapat menyebabkan ketulian. Penyakit telinga bernanah ini apabila dibiarkan secara terus menerus dan tidak diobati, sementara peradangan yang terjadi pada telinga bagian dalam akan semakin parah, maka sewaktu- waktu akan menyebabkan gendang telinga menjadi rusak atau pecah. Jika gendang telinga ini rusak atau bahkan pecah, maka kita akan mederita ketulian. Ketulian yang disebabkan karena pecahnya gendang telinga ini akan bersifat parah. Kita bisa saja akan kesulitan dalam bergaul di masyarakat karena ketulian ini.

  1. Menimbulkan Bau yang Tidak Sedap

Efek negatif selanjutnya dari penyakit telinga bernanah adalah timbulnya bau yang tidak sedap pada telinga kita.bau yang tidak sedap ini berasal dari telinga yang meradang, baik telinga bagian dalam maupun telinga bagian luar. Munculnya bau yang tidak sedap pada telinga ini akan menyebabkan kita menjadi terhalang dalam kehidupan sosial kita. Akibat dari bau yang tidak sedap dari telinga kita ini, bisa saja orang- orang di sekitar kita akan menjauhi kita. Sehingga hal ini otomatis akan membuat kita menjadi minder jika bergaul dengan orang- orang dan menjadikan diri kita menjadi tidak percaya diri.

Baca : Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petaiCara menghilangkan bau kaki Cara menghilangkan bau ketiak

  1. Telinga Menjadi Kotor

Telinga bernanah secara otomatis akan membuat telinga kita menjadi kotor. Hal ini karena nanah yang terus menerus keluar dari telinga kita. Nanah tersebut banyak mengandung kuman dan bakteri sehingga bersifat kotor. Karena adanya nanah yang keluar dari telinga kita ini, maka kita harus melakukan perawatan ekstra terhadap telinga kita agar tetap bersih dan tidak menambah buruk keadaan telinga kita.

  1. Menimbulkan Rasa Sakit

Telinga yang bernanah biasanya diakibatkan karena adanya peradangan atau infeksi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan rasa sakit yang dapat menyerang telinga kita. Terkadang rasa sakit ini berupa nyeri dan juga disertai dengan sakit kepala. Rasa nyeri ini terlebih akan terasa disaat kita mendengarkan suara yang terlalu bising atau suara dengan frekuensi tinggi. Rasa sakit akibat ini kan terasa menyiksa kita, sehingga terkadang kita tidak bisa tidur dibuatnya, dan menghambat kita melakukan berbagai aktivitas.

Baca : Nyeri dada kiriNyeri sendi lutut

Itulah informasi mengenai bahaya- bahaya yang dapat timbul dari telinga bernanah ini. Setelah kita mengetahui tentang bahaya yang ditimbulkan dari telinga bernanah ini, seharusnya kita lebih bisa menjaga kesehatan telinga kita dan juga kebersihan telinga kita.

Penyebab Penyakit Telinga Bernanah atau Curek

Telinga mengeluarkan nanah ini dapat disebabkan karena adanya penyakit- penyakit tertentu. beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bahaya telinga bernanah antara lain:

  1. Peradangan yang terjadi pada liang telinga luar (otitis eksterna).
  2. Infeksi telinga. ( Baca : Bahaya telinga kemasukan seranggaBahaya tindik telinga )
  3. Peradangan telinga tengah, yang meliputi:
  • Peradangan telinga tengah akut (otitis media akut)
  • Radang teliga tengah kronik atau menahun yang produktif (otitis media supuratif kronis/ OMSK). ( Baca : Bahaya menggunakan anting magnet )

Pencegahan Telinga Bernanah

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya telinga mengeluarkan nanah ini. Beberapa tips tersebut antara lain:

  1. Menjaga telinga agar tetap kering dan juga mencegah agar tidak ada air yang masuk ke dalam liang telinga.
  2. Jika sedang berenang maka sebaiknya memakai penyumbat telinga dan segera mengeringkan telinga jika sudah selesai berenang.Saat berenang pun usahakan telinga untuk tidak kemasukan air. ( Baca : Bahaya menelan air kolam renangBahaya mandi di kolam renang umumBahaya berenang pada malam hari )
  3. Selalu menjaga kebersihan telinga dan jangan sampai membuat telinga kita kotor terlalu lama.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindarkan telinga dari keluarnya nanah. Hal- hal tersebut harus kita lakukan secara rutin agar kesehatan telinga kita terjaga dan kita terhindar dari penyakit telinga bernanah. Demikianlan informasi seputar telinga bernanah yang kerap kali menyapa masyarakat Indonesia. Semoga untuk kedepannya kita bisa menjadi masyarakat yang sehar dan terhindar dari beragam penyakit.