5 Bahaya Telinga Kemasukan Serangga dan Cara Mengatasinya

17799

Telinga merupakan indera manusia yang termasuk kedalam bagian indera yang sangat penting yaitu untuk mendengarkan. Telinga merupakan indera pendengar pemberian Tuhan yang tidak bisa tergantikan kenikmatan pendengarannya. Jika kita ditawari unutk tidak bisa mendengar dan diganti atau dibayar dengan uang yang nominalnya sangat besarpun kita tidak akan bersedia karena kenikmatan mendengar memang tidak bisa dibeli dan tidak ternilai harganya.

Telinga kita sangat sensitif jika kemasukan benda asing sehingga kita akan merasa terganggu. Benda asing yang masuk kedalam telinga bisa saja benda hidup ataupun benda mati. Jika benda tersebut hidup tentunya akan bergerak-gerak didalam telinga dan menjadikan kita merasa geli dan tidak nyaman. Benda hidup yang sering masuk kedalam telinga yaitu serangga. Serangga banyak macam dan jenisnya seperti semut, lalat, ulet serta hewan serangga lainnya.

Jika serangga masuk kedalam telinga kita maka dapat membahayakan kesehatan indera pendengar kita ini. Beberapa bahaya yang kemungkinan terjadi bahaya telinga kemasukan serangga yaitu sebagai berikut:

  1. Merobek gendang telinga

Jika kita berusaha mengeluarkan serangga yang masuk kedalam telinga dengan menggunakan cara yang salah maka dapat menyebabkan serangga yang ada di dalam telinga merasa terganggu. Serangga yang merasa terganggu akan berusaha mencari jalan keluar tetapi tidak menemukannya dan akhirnya serangga akan semakin masuk ke bagian telinga dalam sampai pada gendang telinga. Didalam gendang telinga serangga akan semakin terjebak dan susah keluar, gesekan kaki serangga yang tajam akan merusak gendang telinga karena kaki serangga tajam untuk ukuran gendang telinga yang hampir tidak pernah tersentuh benda asing.

  1. Menimbulkan infeksi

Serangga yang masuk kedalam telinga juga dapat menimbulkan infeksi dan luka didalam telinga. Infeksi bisa terjadi karena kita berusaha untuk mengeluarkan serangga dengan benda asing lain misalnya cotton bud atau benda lain dengan secara mendalam sehingga bagian telinga yang tidak terbiasa tersentuh benda asing menjadi tersentuh dan jika melakukannya dengan keras bisa menimbulkan luka. Luka juga bisa terjadi karena gigitan serangga. Luka yang ada bisa menimbulkan infeksi.

  1. Menimbulkan suara gemuruh di dalam telinga

Serangga yang masuk kedalam telinga juga panik sehingga serangga tersebut akan berjalan-jalan didalam telinga dan menimbulkan suara gemuruh didalam telinga kita. Suara tersebut sangat mengganggu dan menjadikan tidak nyaman.

  1. Merusak pendengaran

Jika telah terjadi infeksi atau luka akibat penggunaan benda asing untuk mengeluarkan serangga dari telinga maka dapat menyebabkan pendengaran terganggu serta lambat laun jika tidak diatasi dapat merusak pendengaran.

  1. Serangga masuk ke otak

Serangga bisa masuk ke otak apabila lapian lilin yang ada didalam telinga kita tidak ada atau bersih. Serangga yang masuk ke dalam otak tentunya akan sangat membahayakan karena otak merupakan pusat pengendalian semua organ didalam tubuh kita.

Jika serangga telah masuk kedalam telinga maka kita lebih baik segera melakukan beberapa tindakan untuk melakukan pertolongan pertama. Cara melakukannya tidak boleh sembarangan karena dapat membahayakan kesehatan telinga kita. Cara melakukan pertolongan pertama pada telinga yang kemasukan serangga yaitu sebagai berikut:

  1. Anda berusahalah untuk tetap bersikap tenang dan jangan panik
  2. Gunakan senter dan arahkan cahayanya ke dalam telinga untuk membantu serangga menemukan jalan keluar karena didalam telinga gelap. Dengan cahaya senter diharapkan serangga dapat mengikuti arah cahaya dan dapat keluar dari telinga. Jika serangga belum bisa keluar maka lakukan langkah selanjutnya.
  3. Masukkan baby oil kedalam telinga agar serangga mati dengan cara memiringkan kepala pada telinga yang kemasukan berada diatas lalu masukkan baby oil agar serangga mati.
  4. Kemudian miringkan kepala dengan arah yang berlawanan untuk mengeluarkan baby oil yang telah dimasukkan serta perhatikan apakah serangga ikut keluar bersama baby oil atau tidak, jika serangga berukuran kecil kemungkinan akan ikut keluar, tetapi jika serangga berukuran besar kadang susah untuk keluar, maka langkah selanjutnya anda bisa konsultasi pada dokter.
  5. Jangan mengeluarkan serangga dengan menggunakan air karena dapat menyebabkan serangga semakin terdesak didalam telinga sehingga dapat menggigit dan menimbulkan luka.
  6. Jika cara-cara diatas belum bisa mengeluarkan serangga dari telinga maka langkah terahir yaitu dengan cara medis dan dilakukan dengan mengeluarkan memakai alat dokter.

Tips Mencegah Serangga Masuk ke Dalam Telinga

Demikian bahaya dan cara mengatasi telinga yang kemasukan serangga. Serangga yang masuk kedalam telinga sangat mengganggu dan dapat membahayakan sehingga kita perlu wasapada dan berhati-hati. Untuk mencegah serangga masuk kedalam telinga kita ada beberapa tips yaitu sebagai berikut:

  • Jangan terlalu sering membersihkan kotoran telinga

Kotoran atau cairan lilin yang ada didalam telinga bukan berati tidak mempunyai manfaat. Tetapi justru sangat bermanfaat yaitu mencegah masuknya serangga yang masuk kedalam telinga kita masuk lebih dalam lagi ke bagian telinga bagian dalam kita, sehingga serangga akan tersangkut di cairan lilin tersebut dan serangga tidak masuk ke dalam saluran gendang telinga ataupun saluran otak. Maka jangan terlalu sering membersihkan lapisan lilin yang ada didalam telinga kita, karena sebenarnya tidak dibersihkanpun akan mengering dan mengelupas sendiri.

  • Jangan menaruh makanan di dekat tempat tidur

Makanan yang ditaruh didekat tempat tidur akan mengundang serangga terutama semut untuk mengerubungnya. Semut tersebut dapat masuk kedalam telinga ketika kita sedang tidur karena terdapat ditempat tidur kita.

  • Jaga kebersihan tempat tidur anda

Tempat tidur merupakan tempat untuk beristirahat jika anda tidak membersihkan tempat tidur bisa berisiko ada semut yang masuk kedalam telinga anda ketika tidur.

baca juga: bahaya lampu menyala saat tidur malam

  • Memakai penutup telinga

Jika anda hendak melakukan kegiatan yang sekiranya terdapat banyak serangga yang dapat membahayakan telinga anda maka pakailah penutup telinga untuk melindungi telinga anda.

artikel mengenai kesehatan lain yang perlu anda baca :” ]