10 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh

Efek dehidrasi belum banyak diketahui orang, mereka banyak yang menganggap sepele kondisi dehidrasi tersebut sehingga mereka ada yang membiarkan diri mereka kehausan. Dehidrasi tidak boleh dianggap remeh sebab tubuh manusia sebanyak terdiri dari 75 persen cairan, cairan itu letaknya ada di darah, tulang dan sel-sel yang ada di otot. Di dalam darah juga harus terisi dengan cairan, setidaknya ada 92 persen di dalam tubuh kita yang komponen darahnya berupa cairan, di dalam tulang kebutuhan akan cairan sekitar 22 persen, sel-sel otot terisi dengan cairan sebanyak 75 persen dan di dalam otak mengandung cairan sebanyak 75 persen cairan.  Akibat kekurangan cairan otak   tidak boleh disepelekan sebab sangat berbahaya bagi kesehatan otak. Jika manusia kekurangan kebutuhan akan cairan maka organ yang seharusnya mendapatkan cukup cairan itu tidak bisa bekerja degan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, manusia harus mengkonsumsi cairan sebanyak 8 gelas dalam sehari. Kebutuhan cairan di dalam tubuh itu akan meningkat di saat manusia itu terkena sakit, sehabis olahraga, cuaca panas, hamil dan menyusui. Setiap harinya orang mengeluarkan cairan ketika dia berkeringat, buang air kecil, buang air besar dan bahkan saat bernafas pun orang akan mengeluarkan cairan. Cairan di dalam tubuh yang terus berkurang dan tidak diganti dengan cairan yang baru akan menyebabkan orang tersebut mengalami dehidrasi. Berikut ini adalah bahaya dehidrasi yang sering diabaikan oleh banyak orang :

  1. Mudah Lelah

Salah satu efek negatif dari tubuh yang kekurangan cairan adalah orang tersebut akan mudah sekali mengalami kelelahan. Kelelahan ini mirip dengan ciri ciri anemia  sebab penyebabnya pun sama. Jika anemia kekurangan sel darah merah di dalam tubuhnya dimana sel darah merah itu merupakan pengalir oksigen ke seluruh tubuh sedangkan pada orang yang dehidrasi, aliran oksigen di dalam tubuhnya berkurang sehingga menyebabkan lelah dan lemah. Tidak hanya itu saja air merupakan sumber untuk menghasilkan energi sedangkan kekurangan cairan yang terjadi di dalam tubuh bisa membuat enzim yang ada di dalam tubuh manusia kerjanya terhambat. Oleh sebab itu tubuh akan menjadi lelah dan lemas.

Baca juga : Bahaya anemia  – Penyebab anemia  – Cara mencegah anemia

  1. Hipertensi

Kurangnya aliran oksigen di dalam tubuh akibat kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat orang tersebut terkena hipertensi. Hal itu dikarenakan di dalam darah terdapat cairan sebanyak 92 persen, cairan yang ada di dalam darah bisa digunakan untuk pengencer darah.

Darah yang kekurangan cairan bisa menyebabkan darah menjadi kental, saat darah kental dia akan menyumbat pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat itulah darah akan meningkatkan tekanannnya agar aliran darah bisa lancar menuju ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu mencukupi kebutuhan akan cairan menjadi cara mencegah darah tinggi yang efektif tidak hanya itu saja, mengkonsumsi air secara cukup bisa dijadikan sebagai cara menurunkan darah tinggi yang bisa anda lakukan di rumah.

Baca juga : Makanan untuk darah tinggi 

  1. Asma 

Salah satu bahaya dehidrasi lainnya adalah menyebabkan asma dan juga alergi. Hal itu dikarenakan saat anda dehidrasi saluran pernapasan anda akan menyempit. Saluran nafas yang menyempit itu bertujuan untuk menghemat cairan yang ada di dalam tubuh. Saluran pernapasan yang menyempit itu akan membuat orang yang dehidrasi akan terkena asma. Ketika anda terkena asma atau orang yang ada di sekitar anda terkena asma anda harus melakukan berbagai macam pertolongan pertama pada asma. Orang yang mengalami alergi terutama pada debu jika dia dehidrasi asmanya akan mudah sekali kambuh. Oleh sebab itu kekurangan cairan dan menghirup udara adalah pantangan asma  yang harus dihindari. Cara mengobati asma kambuh pada orang yang mengalami dehidrasi adalah dengan mengkonsumsi cukup cairan.

Baca juga : Cara mencegah asma  – Gejala asma   – Faktor penyebab asma 

  1. Penyakit Kulit

Orang yang dehidrasi akan mengalami penyakit kulit. Penyebabnya adalah ketika anda dehidrasi, tubuh akan terhambat dalam proses pembuangan sisa metabolisme dan juga racun melalui keringat. Jika hal itu terjadi, racun dan sisa metabolisme itu akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit kulit.

  1. Terkena Kolesterol Tinggi

Orang yang kekurangan cairan rentan untuk terkena kolesterol tinggi di dalam tubuhnya hal itu dikarenakan saat tubuh kekurangan cairan tubuh akan memproduksi banyak kolesterol untuk mencegah tubuh kehilangan banyak cairan. Oleh sebab itu sebagai cara untuk mengatasi kolesterol tinggi yang diakibatkan oleh dehidrasi bisa dengan mengkonsumsi banyak cairan. Anda juga harus tahu gejala kolesterol tinggi  itu apa saja, sehingga ketika anda merasakannya anda bisa mengevaluasi diri anda apa yang bisa menyebabkan anda terkena kolesterol.

  1. Terganggunya Ginjal dan Kandung Kemih

Orang yang dehidrasi akan terganggu bagian ginjal dan kandung kemihnya. Ketika tubuh mengalami dehidrasi racu akan terakumulasi dan limbah asam mampu memproduksi lingkungan untuk perkembangbiakan bakteri di dalam ginjal. Oleh sebab itulah ginjal akan terganggu dengan kehadiran bakteri itu. Sisa metabolisme ginjal akan ditampung dulu di dalam kandung kemih, sehingga kandung kemih itu pun akan terganggu akibat bakteri yang ada di dalam ginjal. Oleh sebab itu cara mencegah penyakit ginjal  adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup sehingga kesehatan ginjal akan terjaga. Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  pun bisa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Bahkan penyebab gagal ginjal  pun diakibatkan tubuh yang kekurangan cairan.

  1. Sembelit

Jika tubuh kekurangan cairan tubuh akan mudah terkena sembelit. Sembelit itu disebabkan oleh usus besar yang kekurangan air. Usus besar yang kekurangan air pun mengalami gangguan pencernaan sehingga usus besar akan menyerap banyak cairan di kotoran manusia yang akan dikeluarkan melaui usus besar, Kotoran yang cairannya diserap terlalu banyak tersebut menjadi penyebab sembelit  Tidak hanya itu saja, usus besar yang kekurangan cairan pun menjadikan gerak kotoran di dalam usus besar menjaid lambat. Hal itu juga dipercaya sebagai penyebab sembelit.

  1. Nyeri

Orang yang mengalami dehidrasi akan mengalami nyeri sendi lutut dan mengalami nyeri di persendian  . Rasa nyeri yang dialami akan menyebabkan sendi terasa kaku . Dehidrasi itu disebabkan karena kebutuhan otot terutama otot yang ada di sendi tidak terpenuhi sehingga tulang rawan akan menjadi lemah dan proses perbaikan sendi menjadi lambat. Hal itulah yang menyebakan nyeri sendi dan rasa kaku di persendian.

  1. Kulit Kering

Salah satu manfaat air putih untuk kesehatan adalah untuk menyehatkan kulit dan melembabkan kulit. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka asupan oksigen di jaringan kulit mejaid berkurang hal itu akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mempercepat terjaidnya poses penuaan dini.


  1. Menggemukkan Badan

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menggemukkan badan  bisa dengan membuat tubuh dehidrasi. Alasannya adalah tubuh yang dehidrasi akan mengalami penumpukan racun dan penumpukan lemak berlebihan di dalam tubuh. Air yang masuk ke dalam tubuh menjadi penghancur lemak alami dan pemecah makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap kurus. Jika lemak dan racun menumpuk selain badan menjadi gemuk di lain waktu tubuh akan terkena penyakit yang berbahaya. Penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh kegemukan adaah diabetes basah dan juga stroke.

Menanggulangi atau Mengatasi Dehidrasi

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi yaitu sebagai berikut ini :

  1. Minum cukup air putih. Mencukupi kebutuhan cairan dengan air putih namun yang harus diingat disini adalah jangan berlebihan. Air putih yang diminum harus dalam jumlah yang cukup. Sebab ada beberapa bahaya akibat terlalu banyak minum air putih yang bisa menyerang kita semua.
  2. Oralit. Menggunakan cairan oralit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang pada anak. Oralit ini bisa diberikan pada anak yang mengalami diare  sehingga terjadi dehidrasi.
  3. Bawa ke rumah sakit. Untuk dehidrasi yang parah atau akut segera larikan ke rumah sakit, dokter atau pihak medis akan memberikan cairan infus untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh.

Itulah bahaya dehidrasi dan cara mengatasi dehidrasi yang harus anda ketahui. Jangan pernah mengganggap remeh bahaya akibat dehidrasi sebab dehidrasi akan membahayakan jika tidak segera di atasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 14th, February 2016 / 12:52 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk