27 Cara Menurunkan Darah Tinggi : Alami – Herbal – Obat

Penyakit tekanan darah tinggi memang sangat berbahaya. Hal yang paling berbahaya adalah komplikasi penyakit tekanan darah tinggi seperti diabetes basah, diabetes kering, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal dan jenis penyakit lain. Ketika tekanan darah tinggi tidak dikontrol maka kondisi tubuh akan menjadi lebih buruk. Bahkan dalam beberapa kasus medis ditemukan kasus yang sangat fatal seperti pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah terlalu tinggi.

Kesadaran untuk mengendalikan tekanan darah tinggi bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi tersebut. Selain itu juga untuk menjaga agar tubuh tidak terkena resiko penyakit komplikasi lain. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan darah tinggi secara alami, herbal maupun obat.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

  1. Jalan Kaki

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi untuk mengendalikan tekanan darah maka harus lebih sering berjalan kaki. dengan berjalan santai akan membantu jantung memompa darah lebih baik sehingga pembuluh darah juga ikut sehat. Penderita darah tinggi disarankan untuk berjalan setidaknya 15 menit per hari. Cara ini akan membantu tekanan darah stabil.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi 

Orang yang menderita darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi. Setidaknya penderita tekanan darah tingga mendapatkan sekitar 2000 hingga 4000 mg kalium per hari. Kalium akan meningkatkan aktifitas jantung saat memompa darah. Darah penting untuk mengedarkan oksigen ke semua bagian tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan juga sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Berbagai jenis latihan pernafasan bisa dilakukan secara langsung atau dengan bantuan instruktur. Jenis latihan pernafasan yang bisa diikuti seperti yoga, meditasi, senam Tai Chi dan berbagai latihan senam ringan lain. Latihan ini akan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil, mengendalikan stres dan membantu menghilangkan semua ketegangan dalam tubuh. Latihan ini juga sangat baik untuk mengatasi sesak nafas.

(baca juga: penyebab dada sesak nafascara mengatasi sesak nafas secara alami dan cepat)

  1. Kurangi Garam

Jika Anda memiliki kebiasaan memasak dengan bumbu garam, maka mulai sekarang harus dikurangi. Gunakan jenis garam rendah natrium yaitu garam khusus untuk penderita tekanan darah tinggi atau tidak menggunakan garam sama sekali. Garam akan membuat masalah untuk keseimbangan cairan tubuh yang menyebabkan kerja jantung bermasalah. Selain itu juga menyebabkan kerusakan aliran darah yang memicu tekanan darah tinggi.

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi 

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi sangat baik untuk semua penderita tekanan darah tinggi. Antioksidan bisa membantu memelihara jantung, mencegah radikal bebas dan membantu tubuh mendapatkan energi. Selain itu bahan alami antioksidan juga penting untuk menghilangkan penyempitan pembuluh darah. Dengan cara seperti ini maka tekanan darah tinggi bisa dikendalikan.

  1. Makan Coklat Hitam

Coklat hitam sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena mengandung flavonoid. Kandungan flavonoid ini bisa membantu tekanan darah lebih stabil dengan menghilangkan penyempitan pembuluh darah dan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis. Namun sebaiknya juga dikonsumsi tidak berlebihan karena bisa meningkatkan kandungan kolesterol.

  1. Hindari Alkohol

Alkohol sebaiknya juga tidak diminum oleh penderita tekanan darah tinggi. Alkohol bisa merusak kesehatan termasuk untuk jantung dan tekanan darah. Bahaya alkohol untuk kesehatan dan kehidupan sosial seharusnya memang harus dicegah oleh semua orang. Alkohol tidak hanya meningkatkan tekanan darah tapi juga efek yang lebih berat pada organ tubuh lain.

(baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusiabahaya minuman keras bagi kesehatan)

  1. Minum Teh Secara Rutin

Penderita tekanan darah tinggi juga bisa minum teh secara rutin untuk mengendalikan tekanan darah. Kandungan senyawa dalam teh seperti zat flavonoid dan senyawa fitokimia bekerja untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur. Kemudian senyawa ini akan menurunkan tekanan darah secara alami. Namun sebaiknya hindari minum teh dengan banyak gula karena bisa menyebabkan diabetes.

(baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatanbahaya es teh manis bagi kesehatan)

  1. Berusaha Lebih Santai

Jika Anda mengalami tekanan yang sangat berat maka cobalah untuk bersantai. Tekanan pikiran tidak hanya menyebabkan stres tapi juga penyakit tekanan darah tinggi.

Cara untuk bersantai bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti mendengarkan musik, membaca buku, bersantai di kolam renang, menanam bunga, dan berbagai cara lain. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi rumah atau kegiatan Anda.

(baca juga: penyebab stres berkepanjangancara mengatasi stres super ampuhcara menghindari stres dan penyebabnya

  1. Hindari Kopi

Untuk penderita tekanan darah tinggi maka sebaiknya juga harus mengurangi minum kopi atau semua jenis minuman yang mengandung kafein. Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan beberapa masalah seperti tekanan berlebihan pada pembuluh darah, pembuluh darah mengalami stres, jantung memompa darah lebih banyak dan menyebabkan tubuh sulit untuk istirahat.

(baca juga: bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikanakibat kebanyakan minum kopi untuk kesehatanefek terlalu banyak minum kopi untuk tubuh)

  1. Kurangi Waktu Kerja

Penderita tekanan darah tinggi harus lebih bijak untuk menentukan waktu bekerja. Terlalu banyak bekerja pada semua bidang menyebabkan masalah baru untuk kesehatan. Misalnya jika Anda terlalu sering di depan komputer maka akan menyebabkan tingkat stres yang lebih tinggi. Efek lain juga bisa terjadi jika Anda bekerja pada berbagai macam tekanan. Karena itu sangat penting untuk mengambil cuti, mengurangi lembur dan memanfaatkan hari libur untuk istirahat. Hindari bekerja berlebihan sebelum penyakit tekanan darah tinggi menjadi lebih buruk.

  1. Konsumsi Makanan dari Kedelai

Sebuah penelitian yang dikembangkan di Amerika membuktikan jika mengkonsumsi berbagai makanan yang terbuat dari kedelai bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena kedelai merupakan sumber  protein nabati, rendah lemak dan mengandung fitokimia. Efek dari nutrisi ini penting untuk menjaga agar tekanan darah terus stabil. Beberapa makanan yang sangat disarankan misalnya tahu,tempe, susu kedelai dan jenis masakan dari kedelai lain.

  1. Kurangi Berat Badan

Jika penderita tekanan darah tinggi juga mengalami masalah lain seperti obesitas, maka juga harus menurunkan berat badan. Penurunan berat badan bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga agar jantung menjadi lebih sehat.  Mengendalikan berat badan juga sangat penting untuk menjaga umur sel tubuh, sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai efek buruk dari kolesterol dan kadar gula darah yang tinggi.

Cara menurunkan berat badan:

  1. Kurangi Makanan yang Digoreng

Penderita tekanan darah tinggi juga harus membiasakan untuk mengurangi semua jenis makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng banyak mengandung lemak jenuh dan bisa menyebabkan masalah seperti kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan dan pengerasan pada arteri. Resikonya bisa menjadi sangat berat karena pembuluh darah bisa pecah. Jantung dan organ lain juga bisa bermasalah. Penderita tekanan darah tinggi harus menghindari bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji bisa menjadi makanan yang banyak diinginkan karena mudah didapatkan dan rasa yang lezat. Namun makanan cepat saji bisa mengandung banyak garam dan lemak karena itu bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Penderita tekanan darah tinggi harus menghindari makanan seperti ini untuk menjaga kesehatan. Ada beberapa dampak makanan cepat saji bagi kesehatan yang memang sangat berbahaya. Tidak hanya penyakit tekanan darah tinggi tapi juga berbagai penyakit lainya. (baca juga:bahaya junk food bagi kesehatan : dampak mematikan)

  1. Kurangi Makanan Berlemak

Ancaman darah tinggi memang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit lain. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak sebaiknya juga dikurangi. Perubahan gaya makanan ini tidak hanya akan menurunkan tekanan darah tapi juga menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Akibat kelebihan lemak dalam tubuh memang sangat berbahaya untuk semua orang.

(baca juga: makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabelmakanan yang mengandung lemak jenuh tinggi)

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Herbal

  1. Gunakan Kayu Manis dalam Masakan Anda

Kayu manis bisa menjadi bahan herbal yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa menggunakan kayumanis dalam gulungan atau yang sudah  menjadi bubuk. Efek kayu manis adalah menurunkan tekanan darah dan mengendalikan tekanan darah. Kayu manis juga mengandung bahan antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas.

  1. Konsumsi Daun Kemangi

Salah satu perawatan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi adalah daun kemangi. Anda bisa mencoba untuk menurunkan tekanan darah dengan makan daun kemangi. Daun kemangi  memang memiliki rasa dan bau yang sangat kuat. Untuk menurunkan tekanan darah maka bisa mengkonsumsi daun kemangi segar atau memasukkan daun kemangi dalam masakan Anda. Hingga saat ini tidak ada efek daun kemangi yang dilaporkan secara medis.

  1. Gunakan Bumbu Kapulaga

Kapulaga menjadi bumbu masakan yang sangat khas dan paling sering digunakan untuk masakan kari. Kapulaga memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, menenangkan pikiran seperti mengurangi stres dan membuat tekanan darah stabil. Namun hindari menggunakan kapulaga bubuk karena kualitasnya sudah menurun. Kapulaga bisa menjadi campuran bumbu masakan maupun minuman herbal.

  1. Masukkan Bawang Putih dalam Masakan

Bawang putih menjadi salah satu bumbu yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Bawang putih tidak hanya melezatkan namun juga penting untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh bisa melawan infeksi dan juga mengurangi resiko kanker. Kandungan glukosinates dan senyawa sulfur dalam bawang putih sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

(baca juga: efek samping bawang putih bagi kesehatanbahaya bawang putih mentah)

  1. Makan Seledri

Seledri adalah sayuran hijau yang sangat menyehatkan. Seledri bisa digunakan cara menurunkan darah tinggi, dengan memberikan efek untuk pembuluh darah, membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur dan menjaga kerja jantung. Bahkan seledri juga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dengan cara menjaga fungsi diuretik. Jadi efek ini sangat berhubungan dengan kesehatan ginjal dan juga pembuluh darah.

  1. Gunakan Aromaterapi dari Bunga Levender

Anda juga bisa menggunakan aromaterapi dari bunga lavender untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan aroma ini maka Anda bisa menggunakan bunga lavender alami atau aromaterapi berbahan lavender. Efeknya adalah untuk meningkatkan rasa tenang, menurunkan rasa stres dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Efeknya mungkin tidak akan terjadi secara langsung tapi bisa membantu agar tekanan darah tinggi tidak terlalu parah.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Obat

  1. Kelompok obat ACE Inhibitor seperti jenis obat Lisinopril, ramipril, perindopril dan enalapril. Obat ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi dengan menurunkan tekanan darah secara berkala. Obat ini biasanya diberikan untuk penderita yang terkena tekanan darah tinggi pada usia dibawah 50 tahun.
  2. Kelompok obat angiotensin seperti jenis obat candesartan, losartan, valsartan dan irbesantan. Obat ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat namun memiliki efek buruk seperti batuk dan gangguan pernafasan.
  3. Kelompok obat nifedipine, felodipin, amlodipine. Ini jenis obat untuk tekanan darah tinggi yang dialami oleh kelompok usis lebih dari 50 tahun. Namun obat ini tidak bisa diberikan untuk penderita tekanan darah tinggi yang mengalami masalah pada jantung.
  4. Kelompok obat bendroflumethiazide, indapamide, chlorthalidone yang bisa menurunkan tekanan darah dengan cepat. Obat ini biasanya diberikan untuk penderita yang mengalami penumpukan cairan dalam tubuh, pembengkakan dan masalah jantung.
  5. Kelompok obat alpha blocker seperti doxazosin dan prazosin. Obat ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada orang yang baru terkena atau tidak mengalami keluhan sebelumnya.

Baca juga: efek samping minum obat jangka panjang

Penderita tekanan darah tinggi memang harus berhati-hati dengan ancaman penyakit lain. Untuk membantu Anda mengendalikan tekanan darah tinggi maka harus bisa melakukan perubahan gaya hidup dan kebiasaan. Efeknya tidak hanya menurunkan tekanan darah tapi juga bisa membantu Anda mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga informasi lain tentang penyakit darah tinggi:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 00:19 Oleh :
Kategori : Darah Tinggi