Tips Praktis Makan Makanan Manis Tanpa Menyebabkan Kadar Gula Naik

726

Bagaimana caranya mengatur pola makan makanan manis sehari – hari tanpa khawatir akan menyebabkan kandungan gula darah naik ?

Apabila anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis maka akan menyebabkan kadar gula darah menjadi naik dan tidak normal terhadap kesehatan anda, terlebih apabila anda adalah menderita sakit diabetes. Maka dari itu, pola makan perlu diatur dengan memperhatikan menu makan sehat terutama terhadap makanan manis yang erat hubungannya dengan kandungan kadar gula darah menjadi tetap normal.
Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan tips praktis tentang makan ragam makanan manis namun menyebabkan kadar gula tetap normal, sebagai berikut di bawah ini :

• Kurangi asupan karbohidrat

Yang dimaksud dengan karbohidrat dalam hal ini adalah salah satu zat yang menyebabkan gula darah mudah naik. Dimana diketahui bahwa karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari akan dipecah dalam tubuh menjadi zat gula untuk selanjutnya tercampur dalam aliran darah. Kenaikan kadar gula darah akan menyebabkan organ – organ pankreas mengeluarkan hormon insulin yang berfungsi sebagai media pendorong sel – sel tubuh untuk menyerap sari gula dari darah.

Nah kondisi inilah yang menyebabkan gula darah dalam tubuh anda menjadi turun dan stabil. Sel – sel tubuh akan kesulitan dalam mengubah gula menjadi sumber energi jika asupan gula terlalu berlebihan, akibatnya kadar gula darah meningkat tajam. Maka dari itu hindari mengonsumsi makanan manis terlalu berlebihan dan wajib menjaga kadar gula darah anda tetap standar dengan kurangi asupan karbohidrat. Contohnya adalah dari nasi putih, kentang, roti, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat.

• Membatasi jumlah asupan makanan manis

Perhatikan porsi asupan makanan manis yang anda konsumsi setiap hari yang berguna sebagai media untuk mencegah gula darah menjadi naik. Contohnya adalah batasi mengonsumsi permen, kue – kue yang berasa sangat manis dan makanan lainnya yang mengandung kadar gula cukup tinggi kecuali pada akhir pekan atau acara – acara tertentu saja.

Boleh – boleh saja mengonsumsi makanan manis asalkan dalam porsi pas untuk kesehatan tubuh. Ini dilakukan agar tubuh anda mampu menyesuaikan dengan seberapa besar tubuh anda membutuhkan asupan gula agar dapat menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh.

• Seimbangkan dengan olahraga

Jika sulit menghilangkan kebiasaan buruk ngemil makanan serba manis maka imbangilah dengan melakukan olahraga secara rutin. Dimana diketahui bahwa olahraga bisa mengendalikan kandungan gula berlebihan di dalam tubuh menjadi normal dengan memperbanyak sensitivitas sel – sel terhadap kondisi hormon insulin. Olahraga yang rutin akan menyebabkan sel – sel otot dengan cepat menyerap dan memisahkan gula berlebihan dalam darah sehingga mampu menurunkan kadar gula menjadi naik.

• Perbanyak minum air putih

Perbanyak mengonsumsi air putih usai anda makan makanan manis secara berlebihan dimana dengan banyak makan makanan manis akan membuat anda merasa cepat kehausan, sehingga tubuh anda harus segera diisi lagi dengan cairan untuk mencegah dehidrasi. Kondisi ini erat hubungannya dengan tubuh anda dalam menghasilkan ‘hormon vasopresin’ yang berfungsi untuk mendorong organ tubuh bernama ginjal guna menahan cairan dan membantu membuat tubuh mencegah keluarnya kelebihan gula dalam urine.

Akibatnya adalah zat – zat gula akan mudah terjebak di dalam aliran darah sehingga membuat gula darah menjadi naik. Riset menjelaskan bahwa sekitar 3.615 orang mengalami dan menemukan bahwa para peserta yang minum 1 liter air putih setiap hari akan mampu menurunkan resiko gula darah menjadi naik sebesar 21 % jika dibandingkan dengan peserta yang hanya minum sekitar 473 ml air putih dalam sehari. Sesuaikan jumlah air yang akan anda konsumsi sehari – hari berbeda – beda tergantung usia dan tingkat aktivitas anda.