Home MakananBuah Sehat Panduan Diet Buah Untuk Diabetes Melitus

Panduan Diet Buah Untuk Diabetes Melitus

by Ana Rohma

Apakah Anda tahu apa itu penyakit diabetes melitus ? diabetes melitus atau biasa disebut kencing adalah penyakit yang disebabkan karena kelainan sistem metabolisme pada tubuh yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor terjadinya diabetes melitus adalah faktor keturunan dan kadar glukosa yang tinggi pada tumbuh. Diabetes melitus dapat menyerang siapa aja, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Komplikasi Diabetes

Beberapa peneliti mengatakan bahwa penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab terjadinya penyakit lain, seperti :

  • Penyakit alzheimer, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, obesitas, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dll.

Tipe Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dibagi menjadi 3 tipe, yaitu diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, dan diabetes melitus tipe 3.

Diabetes melitus tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 atau biasa disebut diabetes anak – anak adalah diabetes yang disebabkan karena kurangnya produksi insulin pada pankreas. Sampai saat ini penyembuhan diabetes melitus tipe 1 hanya dengan cara suntik insulin yang disertai dengan pengawasan terhadap tingkat glukosa pada tubuh.

Diabetes melitus tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 disebebkan oleh resisten insulin. Penggunaan insulin pada tubuh tidak efektif. Diabetes melitus tipe 2 juga disebabkan kerena adanya mutasi gen yang berada pada tubuh. Pengobatan pada diabetes melitus tipe 2 biasanya dengan olahraga dan berdiet khusus. Diet yang dilakukan biasanya diet dari asupan karbonhidrat. Ada beberapa cara agar Anda terhindar dari diabetes melitus tipe 2, yaitu :

  • Konsumsi banyak sayur dan buah
  • Tidak merokok
  • Olahraga dengan teratur
  • Jaga berat badan Anda
  • Tidak mengkonsumsi alkohol

Diabetes melitus tipe 3

Diabetes melitus tipe 3 ini merupakan diabetes yang terjadi atau dialami oleh ibu yang sedang hamil dan akan pulih setelah selesai melahirkan. Persentase terjadinya diabetes melitus tipe 3 pada ibu hamil hanya 2 – 5% dari semua kehamilan

Bagi penderita penyakit diabetes melitus tentu saja harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang baik untuk penyakit diabetes melitus salah satunya adalah sayuran dan buah. Tetapi tidak semua buah baik untuk penderita diabetes.

Buah yang baik untuk penderita diabetes melitus, yaitu :

1. Kiwi

Buah kiwi memiliki rasa yang asam dan memiliki banyak mineral. Salah satu khasiat dari buah kiwi adalah untuk menurunkan kadar gula atau glukosa dalam tubuh. Selain itu, buah kiwi juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker usus besar, asma, dan obesitas. Kandungan yang terdapat pada buah kiwi adalah Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, dan flavonoid. Kabarnya kandungan vitamin C pada buah kiwi lwbih besar dari pada kandungan vitamin C pada buah jeruk.

2. Duwet

Duwet biasa juga disebut dengan buah jamblang. Buah ini memang belum begitu terkenal di Indonesia. Buah duwet dipercaya dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes.

3. Ceri

Buah ceri memiliki rasa yang cukup manis. Buah ceri mengandung antioksidan, kalium, vitamin C, Beta karoten, zat besi, serat, folat, dan anthocyanin. Anthocyanin pada buah ceri dipercaya dapat menurunkan kadar gula pada tubuh dan dapat meningkatkan insulin hingga 50%.

4. Jambu biji

Buah jambu biji memiliki serat yang cukup baik. Jambu biji juga mengandung vitamin C yang tinggi dan Vitamin A. Jambu biji ini snagat cocok untuk penderita diabetes dan juga cocok untuk mengatasi sembelit.

5. Persik

Buah persik memiliki kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik, akan tetapi buah ini rendah karbonhidrat. Kandungan glukosa pada 100 gram buah persik hanya 8,4 gram. Artina kandungan glukosa pada buah persik cukup rendah dan dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

6. Apel

Kandungan dan manfaat pada buah apel memang cukup banyak. Kandungan yang terdapat pada buah apel , yaitu vitamin C, serat yang tinggi, antioksidan, dan pektin. Kandunngan pektin dalam buah apel dipercaya juga dapat menjadi bahan detoksifikasi tubuh yang alami. Selain itu pektin juga dipercaya dapat menurunkan kebutuhan insulin pada penderita diabetes. Buah apel ini sangat baik untuk penderita diabetes.

7. Jeruk

Jbanyak orang yang sudah mengetahui bahwa kandungan vitamin C pda buah jeruk sangatnya banyak. Selain itu buah jeruk juga mengandung kalium. Buah ini cocok untuk penderita diabetes.

8. Melon

Buah melon mengandung vitamin B , vitamin C, betakaroten, kalium, dan likopen. Kandungan glukosa pada buah melon cukup rendah sehingga baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes.

9. Semangka

Semangka masuk dalam buah yang memiliki kadar glukosa yang sedikit. Semangka juga memiliki mineral yang sangat banyak. Tetapi mengkonsumsi semangka tidak boleh berlebihan.

10. Pir

Buah pir mengandung banyak sekali mineral, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin, B2, Vitamin C, Vitamin E, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium. Manfaat dari buah pir adalah menurunkan berat badan, membantu sistem kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

11. Berries

Buah berries memang terkenal mengandung banyak manfaat. Salah satu adalah buah berries baik untuk penderita diabetes. Berries mengandung Vitamin C, asam folat, dan tinggi serat, sehingga juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

12. Delima

Delima dipercaya sebagai sebagai buah antioksida yang sangat baik. Selain itu, buah delima juga sebagai mencegah kanker, menjaga tekanan darah, mencegah anemia, menjaga kelembaban kulit, melindungi jantung, dan menurunkan kolesterol.

13. Nangka

Nangka dapat membantu resisten insulin dalam tubuh. Selain itu nangka mengandung Vitamin A dan Vitamin C. Nangka merupakan buah yang baik untuk penderita diabetes.

14. Belimbing

Buah belimbing berguna untuk mengantur kontrol kadar gula darah dalam tubuh. Bagi penderita darah tinggi belimbing juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu belimbing juga berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan, merawat kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan mencegah penyakit stroke.

15. Buah Naga

Khususnya buah naga putih sangat ampuh membantu diet buah untuk diabetes anda, buah naga memiliki kandungan gula yang sangat sedikit sehingga aman untuk anda konsumsi.

Sedangkan beberapa buah berikut ini adalah buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh, antara lain adalah :

Buah yang wajib di hindari penderita diabetes Melitus

1. Mangga

Mangga merupakan buah yang sukai oleh banyak orang. Buah ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Rasa dari buah ini adalah manis dan sedikit asam. Kandungan gula pada buah mangga memang cukup tinggi sehingga mangga tidak disarankan untuk penderita diabetes. Sebaiknya bagi penderita diabetes jangan makan buah mangga terlalu sering.

2. Durian

Durian merupakan buah yang memiliki rasa dan bau yang sangat khas. Buah ini merupakan buah yang memiliki harga yang cukup mahal. Beberapa orang mengatakan bahwa durian tidak baik untuk penderita diabetes.

3. Sirsak

Buah sirsak ini memiliki kandungan serat yang banyak dan baik untuk sistem pencernaan. Tetapi kandungan gula yang tinggi pada buah sirsak membuat para penderita diabetes harus menghindari buah sirsak ini.

4. Kurma

Kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan sangat terkenal di negara timur tengah. Kurma merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah kering dan tandus. Buah kurma ini memiliki rasa yang sangat manis. Rasanya yang sangat manis inilah yang tidak baik untuk penderita diabetes.

5. Sawo

Buah sawo memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi sehingga buah ini tidak baik untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang berdiet.

6. Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang cukup digemari oleh masyarakat. Nanas memiliki rasa yang asam manis yang sangat segar. Tetapi buah ini tidak disarankan untuk penderita diabetes karena memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi.

7. Pepaya

Buah pepaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk melancarkan buang air besar dan menjaga sistem pencernaan. Buah pepaya dipercaya mengandung banyak serat. Tetapi buah pepaya tidak disarankan bagi penderita diabetes karena kandungan glukosa yang cukup tinggi pada buah pepaya yaitu sekitar 56 mg yang dapat membuat kadar gula pada penderita diabetes meningkat.

8. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang memiliki rasa yang sangat manis. Tetapi buah pisang tidak disarankan untuk penderita diabetes karena dalam buah pisang mengandung gula sebanyak 46 – 70 mg yang dapat meningkatkan kadar gula pada penderita diabetes meningkat.

Buah untuk penderita diabetes yang perlu dihindari diatas mungkin dapat anda konsumsi jika tipe diabetes anda bukan diabetes melitus. Namun anda wajib hati-hati untuk jenis buah yang memiliki kalori dan gula yang tinggi.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Ada beberapa cara agar Anda terhindar dari penyakit diabetes, yaitu :

  • Rajin berolahraga
  • Menjaga asupan makanan Anda
  • Tidak merokok
  • Menjaga berat badan Anda
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Perbanyak minum air putih

Baca juga : Makanan untuk penderita diabetes & Vitamin untuk daya tahan tubuh

You may also like