Home MakananBuah Sehat 8 Buah yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Meningkatkan Hb

8 Buah yang Mengandung Zat Besi Tinggi untuk Meningkatkan Hb

by Erlita

Mineral zat besi adalah jenis mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai pendukung produksi hemoglobin secara cukup oleh tubuh. Dengan hemoglobin cukup, darah yang mengalirkan oksigen ke jaringan tubuh pun menjadi maksimal. Ketika tubuh kekurangan zat besi, otomatis kekebalan tubuh menurun dan tubuh cepat lelah jadinya; maka dari itu, buah-buah yang mengandung zat besi ini pun bisa dikonsumsi sebagai penambah mineral zat besi.

  1. Buah Kering

Aprikot, kurma, dan kismis adalah jenis buah-buahan kering yang tak hanya kaya vitamin dan serat, tapi juga kaya zat besi. Jika ingin menikmatinya, masukkan ke dalam menu cemilan harian agar bisa mengemil sehat sekaligus mampu membuat kadar Hb meningkat.

2. Buah Zaitun

Per 100 gramnya, buah zaitun mengandung 3,3 mg zat besi. Namun tak hanya mineral ini, buah zaitun juga adalah makanan yang mengandung serat tinggi, vitamin E, vitamin A dan juga lemak baik yang baik untuk meningkatkan kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mulberry

Per cangkir mulberry ada terkandung 2,6 mg zat besi sehingga bagi yang ingin meningkatkan kadar Hb dalam tubuh, mulberry adalah pilihan buah yang tepat. Selain itu, mulberry adalah sumber antioksidan sehingga akan bermanfaat dalam melawan penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan juga diabetes.

4. Blackcurrant

Buah lainnya yang kaya zat besi adalah blackcurrant di mana buah ini memiliki bentuk bulat dengan warna keunguan yang berasal dari Eropa namun kini penyebarannya sudah sampai ke Asia Utara sehingga mudah dijumpai. Bahkan kini banyak orang menikmati jus blackcurrant yang dapat menyegarkan tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan.

5. Delima

Buah delima yang merah ini juga punya kandungan zat besi untuk dinikmati manfaatnya oleh tubuh. Delima adalah buah yang juga mampu mencegah kanker, menjadi peningkat daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, membuat nyeri sendi jauh lebih ringan, atau serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

6. Pisang

Pisang juga termasuk buah dengan kandungan zat besi yang cukup besar. Maka dari itu, bagi para penderita anemia atau kekurangan darah merah, konsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu mengatasi penyakit tersebut lho.

7. Apel

Apel adalah buah menyehatkan yang juga bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh kita. Mengonsumsinya rutin tak hanya menjauhkan kita dari penyakit anemia, tapi juga menjaga kesehatan kulit, membantu diet, mencegah stroke, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menetralkan kadar gula darah lho.

8. Semangka

Semangka pun kaya zat besi dan akan jauh lebih bermanfaat kalau kita menikmatinya saat keadaannya masih segar. Ada 1,5 gram zat besi pada sepotong semangka ukuran sedang dan tak hanya itu, di dalam semangka ada vitamin C tinggi yang akan memaksimalkan tubuh dalam prosesnya menyerap zat besi.

Itulah deretan buah yang mengandung zat besi tinggi untuk bisa dikonsumsi rutin, khususnya bagi yang ingin meningkatkan kadar Hb dan memiliki masalah kekurangan darah atau anemia. Jika perlu, konsultasikan lebih dulu dengan dokter mengenai zat besi dan sumber makanan apa yang bisa dinikmati sesuai kondisi tubuh.

You may also like