Inilah Jenis Makanan Yang Mengandung Zinc Dan Selenium Paling Sehat

2339
Zinc dan selenium merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh yang ternyata mengandung zat antioksidan kuat karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan fungsi dari nutrisi dari makanan seperti vitamin dan jenis mineral lain.

Jenis Makanan

Makanan yang mengandung zinc  tertinggi dan mineral jenis selenium pada dasarnya banyak terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari hari, Diantaranya:

1. Jenis sayuran
  • Sayur bayam –  Bayam selain kaya akan zat besi ternyata mengandung jenis mineral lain misalnya zinc dan selenium dan antioksidan aktif bernama alpha lipoic – acid yang tetap sehat bagi penderita diabetes.
  • Daun katuk – Daun katuk mengandung zinc dan selenium yang bisa memperbanyak debit air susu pada ibu hami, Dapat menyehatkan sel darah merah dan meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik pada orang dewasa. Tetapi untuk menjaga kualitas nutrisinya hindari bahaya sayur bayam yang dihangatkan bagi tubuh.
  • Brokoli – Brokoli adalah sayuran yang mengandung mineral jenis zinc dan selenium yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi anak anak dan dewasa karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan. Sayur brokoli yang bagus untuk kesehatan tubuh adalah  jika diolah dengan cara dikukus, Dibuat sebagai jus atau direbus dimana air rebusannya bisa diminum langsung tanpa penambahan gula atau madu.
2. Jenis kacang kacangan
  •  Kacang Merah – Kacang merah dikenal mengandung zinc dan selenium terbanyak yang mampu  mempertahankan energi tubuh tetap dalamn kondisi terbaiknya dan mencegah tubuh cepat merasa lelah sehingga kacang merah digolongkan oleh para ahli gizi sebagai makanan yang mengandung zinc dan selenium terbaik dan aman untuk dikonsumsi segala usia.
  • Kacang Tanah – Kacang tanah memiliki jumlah lemak yang sedikit tinggi tetapi mengandung mineral jenis zinc dan selenium yang tinggi dan berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh. Mengkonsumsi kacang tanah secukupnya dapat menstabilkan sistem daya tahan tubuh dan mencegah munculnya berat badan yang semakin meningkat.
  • Kacang Mete – Kacang mete merupakan salah satu kacang yang kaya mineral termasuk zinc dan selenium serta didukung zat antioksidan kuat misalnya asam anakardat, Zat kardol, Kardanol dan senyawa aktif proanthocyanidins sehingga kacang mete masuk kategori sebagai makanan yang mengandung zinc dan selenium yang dapat membantu proses pembakaran lemak lebih cepat sehingga berat badan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari obesitas.
3. Daging
  • Daging Sapi  – Daging sapi dapat dipilih sebagai makanan yang mengandung zinc dan selenium terbaik karena didalamnya terdapat pula zat mineral lain misalnya fosfor atau beberapa vitamin penting misalnya vitamin B kompleks. Daging sapi tanpa kulit dan lemak yang diolah dengan cara direbus atau digoreng dengan menggunakan minyak sehat berbahan dasar jagung atau zaitun adalah pilihan terbaik untuk tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah obesitas. Bahaya daging sapi bagi kesehatan adalah ketika dipanggang atau dimakan mentah, Hal ini berkaitan dengan adanya radikal bebas dan adanya bakteri yang masih melekat dan belum mati.
  • Daging Domba – Daging domba mengandung zat protein tinggi yang kaya akan zat asam amino beta-alanine yang mampu menjaga berat badan tetap stabil dan metabolisme tetap dalam kondisi terbaiknya. Daging domba terkandung sekitar 8,67 mg zinc dan 265 kalori /100 gr sehingga aman dan sehat dikonsumsi segala usia.
  • Daging Ayam- Ciri ciri daging yang sehat misalnya ayam adalah yang masih segar dan diolah tanpa menyertakan kulit dan jeroan.  Menyantap daging ayam tanpa kulit dan jeroan dapat meningkatkan kualitas sel sel tubuh dan menstabilkan sistem metabolisme tubuh karena didalamnya terkandung vitamin B3 dan B6 serta didukung oleh zinc dan selenium yang cukup tinggi.
  • Daging Kalkun – Daging ayam kalkun sangat terkenal di eropa tetapi bisa masih bisa mudah diperoleh di Indonesia dimana daging kalkun  masuk kategori sebagai jenis makanan yang mengandung zinc dan selenium terbaik untuk kesehatan jaringan tubuh. Dalam 100 gram daging kalkun terkandung masing masing 2,10 mg zinc dan 1,02 mg/100 gr selenium.
4. Makanan laut
  • Kepiting – Kepiting adalah makan laut yang banyak mengandung zinc dan selenium dengan tingkat kalori yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh. Namun kepiting hanya boleh dikonsumsi secukupnya saja karena didalamnya terdapat zat natrium yang cukup bisa mengganggu pembuluh darah yang nantinya mempengaruhi kondisi tekanan darah.
  • Tiram – Tiram laut merupakan salah satu makanan yang mengandung zinc dan selenium cukup tinggi yang bisa meningkatkan kesehatan pria misalnya masalah kesuburan reproduksi yang berhubungan dengan kesehatan sperma serta stamina tubuh.
  • Ikan Salmon – Ikan salmon adalah salah satu makanan yang mengandung zinc dan selenium super tinggi yang dapat memperbaiki sel sel tubuh yang rusak, Meningkatkan metabolisme dan mempercepat pengeringan luka luar dan penyembuhan luka dari dalam tubuh.  Selain mengandung vitamin B ternyata ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi termasuk asam lemak essensial EPA dan DHA  sebagai pendukung terkuat untuk memnpertahankan imunitas tubuh tetap dalam keadaan baik.
  • Udang Lobster – Udang lobster merupakan hasil laut yang paling digemari masyarakat dunia karena udang lobster adalah salah satu makanan yang mengandung zinc dan selenium terbaik yang bisa masuk sebagai makanan pendukung program diet seimbang.