35 Makanan Yang Mengandung Zinc Tertinggi

Makanan yang mengandung zinc (seng) sangat dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme tubuh sehingga dapat mempengaruhi kualitas kesehatan organ tubuh lain. Zinc merupakan salah satu mineral yang paling melimpah pada jaringan otot, Sel darah merah dan putih, Retina mata, Organ pankreas, Ginjal, jaringan Kulit, Tulang dan kelenjar prostat pada pria. (Baca Juga:  Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi , Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih)

Kebutuhan mineral zinc (seng) berdasarkan dari umur

  • Bayi membutuhkan 4 – 5 mg perhari
  • Anak anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 3 mg perhari
  • Anak anak usia 4 – 8 tahun membutuhkan 4 – 5 mg perhari
  • Wanita tidak dalam keadaan hamil membutuhkan hanya 8 – 10 mg saja perhari
  • Wanita yang sedang hamil membutuhkan sebanyak 10 – 15 mg perhari
  • Pria membutuhkan lebih banyak zinc karena lebih banyak berinteraksi dengan aktivitas yang membutuhkan banyak energi , Yaitu 15 – 20 mg perhari

(baca juga: Makanan Penurun Kreatinin, Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang)

Dampak Buruk Kekurangan Zinc

Kekurangan asupan mineral zinc dapat berbahaya bagi kelangsungan kesehatan jaringan tubuh anak anak, Dewasa dan orang lanjut usia.

1. Kehilangan kekebalan tubuh

Kehilangan kekebalan tubuh sehingga seseorang mudah terserang patogen, Infeksi dan peradangan, Mempermudah penularan penyakit dari orang lain dan ketidakmamampuan tubuh dalam menetralkan efek radikal bebas. (Baca Juga: Minuman Penambah Massa Otot  , Ciri-ciri Makanan Sehat)

2. Proses penyembuhan luka lambat

Memperlambat proses penyembuhan luka baru atau lama, Luka pasca opeasi dan termasuk luka dalam akibat benturan atau hantaman benda keras. Kekurangan zinc yang berkepanjangn dapat mencegah penuruan kadar gula pada penderita kencing manis (diabetes)

3. Masalah libido pria

Gangguan reproduksi, Kesuburan dan hormon padsa pria (infertilitas) yaitu munculnya penurunan fungsi testikular sehingga mengganggu proses terbentuknya spermatogonesis yang dapat memicu turunnya libido dan serangan impontensi. (Baca Juga: Bahaya Makan Telur Setiap Hari  , Sayuran Untuk Lemah Jantung)

4. Osteoprosis

Mencegah penyakit osteoporosis pada kaumn wanita yaitu meningkatkan kepoadatran tulang , Meningkatkan kekuatan persendian, Menurunkan produksi sel darah putih dalam sumsum tulang dan memperkuat struktur kuku agar tidak mudah rapuh dan terserang jamur.

5. Gangguan jaringan

Menyebabkan gangguan stamina tubuh, Kemunduran konsentrasi dalam berfikir, Tubuh lemas dan mudah lelah sehingga menimbulkan kelemahan otot dan saraf saraf diberbagai bagian tubuh. (Baca Juga: Bahaya Ikan Nila bagi Kesehatan , Efek Samping Amino)

6. Gangguan pencernaan

Menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang dapat menyebabkan munculnya diare, Penurunan berat badan yang signifikan dan memicu mudahnya seseorang terserang infeksi kandung kemih, Anus, Jaringan usus dan gangguana lambung.

7. Gangguan kesehatan janin

Pada ibu hamil akan mengalami gangguan perkembangan dan pertumbuhan organ tubuh yang sudah terbentuk pada janin, Sehingga janin mengalami masalah kesehatan organ hati, Jantung dan lain lain. (Baca Juga: Bahaya Udang untuk Penderita Hipertensi , Efek Samping Ampas Teh)

8. Gangguan indera pengecap dan penciuman

Kehilangan kemampuan indera pengecap dan penciuman sehingga tidak bisa membedakan dan merasakan rasa serrta aroma dengan sempurna.

9. Gangguan otak

Gangguan otak dapat terjadi akibat serangann virus atau bekas terkena benturan hebat yang biasanya menjadi penyebab radang selaput otak dimana jaringan otak mengalami kerusakan yang dapat mempermudah munculnya penyakit alzheimer. Karena zinc mampu meningkatkan kesehatan jaringan otak dan menenagkan pembuliuh darah diotak sehingga aliran darah lebih lancar. (Baca Juga: Bahaya Kacang Tanah , Kacang Hijau bagi Penderita Kista)

10. Gangguan penglihatan

Mengalami gangguan penglihatan, Khususnya serangan rabun senja yaitu ketidakmampuan retina menerima jatuhnya cahaya dengan tepat sehingga apa yang terlihat tidak jelas dimalam hari.

11. Anemia

Terserang anemia dimana didalam tubuh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan tubuh mengalami penmurunan daya tahan tubuh, Tubuh kurus, Lemas dan mudah mengalami pendarahan. (Baca Juga: Ciri-ciri Daging yang Sehat  , Bahaya Daging Tupai)

Makanan yang Mengandung Zinc

Ada beberapa kelompok makanan yang mengandung zinc yang perlu anda ketahui, Diantaranya:

  • Makanan hasil laut
  1. Tiram

Tiram mengandung yang mengandung zinc tertinggi diantara hasil laut lainnya yaitu 78,6 mg/100 g. Bermanfaat untuk melindungi kesehatan prostat, Meningkatkan kesehatan reproduksi dan masalah sexual pada pria. (Baca Juga: Bahaya Makan Ikan Pari )

  1. Kepiting

Kepiting salah satu jenis makanan yang mengadung zinc yang cukup tinggi yaitu 5,5 mg /100 g. Bermanfaat untuk memperrcepat penyembuhan luka, Mencegah anemia, Meningkatkan imunitas tubuh, Meningkatkan kecerdasan otak , Melindungi jantung dari kerusakan. (Baca Juga: makanan untuk anemia)

  1. Lobster

Lobster dan udang ternyata adalah makanan yang mengandung zinc cukup tinggi yaitu berkisar 6,2 mg/100 g zinc yang cukup untuk kebutuhan harian gizi tubuh. Bermanfaat melindungi sel sel tubuh dari serangan bakteri, Pertumbnuhan sel kanker dan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel itu sendiri. (Baca Juga: Menu Sarapan Pagi Sehat)

  1. Ikan salmon

Mengandung omega 3 yang tinggi dan kandungan zinc sebesar 0,64 (6 %) . Bermanfaat untuk menyrunkan kolesterol jahat (LDL), Mencegah kerusakan DNA, Melindungi fungsi jantung, Meningkatkan otot otot jantung , Meningkatkan kesehatan jaringan otak dan melindungi mata dari kerusakan yang berkaitan dengan degenerasi makula. (Baca Juga: Bahaya Makan Keong Sawah)

  1. Cumi Cumi

Cumi cumi mengandung 10 % kandungan zinc yang berguna untuk pembentukan sel darah merah, Memperbaiki metabolisme besi dan penyerapan tubuh serta meningkatakan kekebalan tubuh terhadap seranagn bakteri dan virus. (Baca Juga: Perbedaan Sakit Karena Virus dan Bakteri)

  • Makanan jenis sayuran
  1. Bayam

Bayanm selain kaya akan zat besi ternyata masuk golongan makanan yang mengandung zinc yaitu berkisaar 0,53 mg /100 g mineral zinc yang sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin dan memperbaiki kualitas sel sel darah merah serta meningkatkan kekebalan tubuh. (Baca Juga: Bahaya Bayam bagi Penderita Asam Urat)

  1. Kemangi

Daun kemangi merupakan makanan yang mengandung zinc sekitar 0, 60 mg / 100g yang berguna untuk memprrcepat proses penyembnuhan peradangan usus dan menyembuhkan pembengkakan, Baik bagi pencegahan kerusakan jaringan kolagen kulit sehingga memperlambat proses penuaan secara alami. (Baca Juga: Efek Samping Daun Kemangi Bagi Wanita)

  1. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang mengandung zinc terbaik karena mengandung 12 mg/100 g kandungan mineral zinc yang bermanfaat untuk melancarkan metabolisme pencernaan, Meningkatkan penyerapan tubuh dan mencegah kerusakan pada organ usus dan lambung. (baca juga: Brokoli Untuk Penderita Asam Urat)

  1. Wortel

Mengandung 7 mg zinc yang dapat meningkatkan kualitas penglihatan dimalam hari, Mencegah kerusakan retina yang berkaitan dengan degenerasi makula dan memperbaiki kekuatan akar rambut serta mempertahankan minyak alami yang ada dipermukaan kulit.

  1. Jamur

Beberapa jenis jamur seperti jamur kuping, Tiram, dan merang mengandung 1,4 mg zinc didalam satu cangkir jamur yang telah diris iris dimana memiliki manfaat untuk meningkatakan imunitas tubuh terhadap serangan bakteri yang menyebabakan infeksi , Mencegah pertumbnuhan kanker, dan mencegah peningkatan kadar gula dalam darah sehingga terhindar dari penyakit diabetes. (Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes)

  • Makanan jenis kacang kacangan
  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai selain kaya akan protein ternyata mengandung 2,70 mg mineral zinc yang cukup tinggi dimana sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, Memperrbaiki dan meningkatkan fungsi paru paru, Memperbaiki kekebalan tubuh sehabis sembuh dari sakit, Meningkatkan kesehatan jaringan kulit. (Baca Juga: Makanan Penyebab Alergi Gatal)

  1. Kacang mete

Kacang mete merupakan makanan yang mengandung zinc tinggi karena mengandung sebanyak 5,35 mg/100 g mineral zinc yang kaya manfaat misalnya melindungi jantug dari kerusakan, Meningkatkan sel sel darh merah, Menurtunkan kadar kolesterol jahat (LDL), Mempertahankan kekuatan jaringan tubuh bagian pankreas. (Baca Juga: Penyebab Pankreas Tidak Berfungsi)

  1. Kacang polong

Kacang polong mengandung 1,24 mg/100 g mineral zinc yang bermanfaat untuk Memperkuat jaringan otot dan memperbanyak massa otot, Menstabilkan kadar gula dalam darah, Meningkatak kepoadatan tulang, Meningkatakan kekebalan tubuh, Melindungi jaringan retina mata dari kerusakan, Menurubnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Kacang merah

Kacang merah adalah makanan yang mengandung zinc tinggi yaitu berkisar 2,79 mg/100 gmineral yang bermanfaat untuk memproduksi energi agar stamina tetap prima, Memperbaiki jaringan otak menjadi lebih baik, Menstabilakn kadar gula dalam darah. (Baca Juga: Fungsi Zinc)

  1. Kacang hijau

Kacang hijau baik dikonsumsi segala umur karena didalamnya terdapat 0,8 mg/100 g kandungan mineral zinc yang bermanfaat untuk penderita kista, Dimana manfaat kacang hijau bagi penderita kista adalah dapat menghancurkan kista kista secara berkala, Meningkatkan kecerdasan otak terutama bagi anak ank, Meningkatkan fungsi metabolisme tubuh, Mempercepat proses pemulihan penyakit, Meningkatkan kekebalan tubuh , Menurunkan kadar kolesterol jahat relatif lebih cepat.

  • Makanan jenis Biji bijian
  1. Biji rami

Mengandung 5 mg kandungan minerak zainc didalam 100 g. Bermanfaat untuk Mengatasi radang sendi yang akut, Menyembuhkan penyakit asma, Mengatasi segala macam keluhann seputar penyakitt yang berhubungan dengan tulang termasuk rheumatoid artritis, Menyembuhkan migrain, Mencegah munculnya osteoporosis pada wanita yang berusia diatas 50 tahun. (Baca Juga: Gejala Migrain)

  1. Biji labu kuning

Mengandung 7,81 mg /100 g mineral zinc yang bermanfaat untuk Memperbanyak pembentukan sel drah merah, Melindungi kesehatan prostat, Meningkatkan libido pria, Meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

  1. Biji semangka

Mengandung 10 mg/100 g zinc yang bermanfaat untuk peningkatan metabolisme tubuh, Memperbaiki masalah libido yang mulai menurun dan menjaga kesehatan sel sel tubuh. (Baca juga: Kelainan Pada Proses Metabolisme Lemak)

  1. Biji wijen

Mengandung 10,2 mg/100 g mineral zinc yang dapat Meningkatakn ketenangan daan mood seseorang menjadi lebih baik, Meningkatkan kesehatan organ hati, Mencegah pengapuran tuang yang berkaitan dengan gejala osteoporosis, Mengatasi penumpukan plak disekitar rongga mulut termasuk pada gigi.

  1. Biji kenari

Mengandung 10 mg/100 g mineral zinc yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak, Memperbaiki jaringan otak yang rusak, Mencegah pertumbuhan sel kanker prsostta dan payudara, Memperkuat daya tahn tubuh. (Baca Juga:  makanan yang mengandung protein tinggi)

  • Jenis daging dagingan
  1. Daging sapi

Mengandung 4,18 mg /100 g mineral zinc yang dapat mengobati dan mencegah anemia, Menstabilkan kekebalan tubuh agar tidak menurun, Mengatasi masalah peningkatan kadar gula darah, meningkatkan jumlah sel sel darah merah dan melindungi kuklit dari kekeringan dan serangan virus penyebab penyakit kulit. (Baca Juga: Makanan yang mengandung kalsium tinggi)

  1. Kalkun

Mengandung 3,09 mg/100g mineral zinc yang meningkatkan kekebalan tubuh, Menurunkana kadar kolesterol jahat, Memperbaiki pola tidur mebjadi lebih baik, Mencegah pertumbuhan sel sel kanker.

  1. Domba

Mengandung 8,6 mg/100 g mineral zinc bermanfaat untuk pertumbuhan sel sel tubuh dan meningkatkan kesehatan otot, Merningaktakan kekebalan tubuh serta mempercepat perkembangan dan kecerdasan otak anak anak dimasa pertumbuhannnya. (Baca Juga: Bahaya Makan Daging Tikus)

  1. Unggas (bebek, Itik, Angsa)

Mengandung 3,10 mg/100 g mineral zinc yang bermanfaat untuk melindungi sel sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas atau karena pola makan yang buruk, Meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki massa otiot yang mulai berkurang.

  1. Hati sapi

Mengandung 4,25 mg/100 g mineral zinc yang dapat meningkatkan produksi sel sel darah merah dan mencegah seseorang agar tidak terkena penyakit anemia. Meningkatkan kekebalan tubuh, Menurunkan kadar kolesterol jahat. (Baca Juga:  makanan yang mengandung vitamin A)


  • Jenis makanan untuk energi
  1. Beras merah

Mengandung 2,2 mg /100 g mineral zinc yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil, Melindungi sel sel tubuh dari kerusakan , Melindungi kesehatan hati, Jantung dan pencernaan. (Baca juga: makanan yang mengandung serat tinggi)

  1. Gandum

Mengandung 16,7 mg/ 100 g mineral zinc Yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi, Mengurangi kadar lermak jenuh yang ada didalam tubuh, Memperbaiki kesehatan pencernaan dan mempertahankan berat badan ideal.

  1. Sereal

Menagandung 15 mg/100 g mineral zinc yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung agar tetap optimal, Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, Memperbaiki sel sel darah merah dan baik bagi penderita jantung serta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. ( Baca Juga: Menu Sehat untuk Anak Kurang Gizi)

  1. Cokelat

Mengandung 9,6 mg /100 g zinc yang bermanfaat untuk memnghendalikan suasana hati agar tetrap dalam kondisi terbaiknya. Cokelat juga memiliki kemampuan melancarkan aliran darah dan pembuluh darah otak sehingga terhindar dari keluhan yang berhubungan dengan psikologi.

  1. Kuning telur

Mengandung 2,4 mg /100 g zinc yang bermanfaat untuk meningkatakan tingkat kolesterol HDL (kolestrol baik), Meningkatkan fungsi dan kinerja otak menjadi lebih baik, Sebagai sumber energi tubuh yang sangat tinggi. (baca Juga: Bahaya Konsumsi Telur Berlebihan )

  • Jenis Buah buahan
  1. Apel

Mengandung 9 mg/100 g zinc yang bermanfaaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, R ambut dan memperbaiki daya tahan tubuh terhadap penyakit menular. (Baca Juga: Bahaya Kulit Apel Merah)

  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang masuk sebagai makanan yang mengandung zinc tinggi yaitu 44 mg/100 g zinc yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sel sel tubuh, Mencegah pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker, Menyehatkan jantung dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

  1. Pisang

Pisang adalah jenis makanan yang mengandung zinc tinggi yaitu 32 mg/100 g zinc Yang sangat bermanfaat untuk melindungi sistem pencernaan agar tetap dalam kondisi terbaiknya, Mengenyangkan perut lebih lama tanpa menyebabkan asam lambung naik dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. (Baca Juga: Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan , Bahaya Getah Mangga)

  • Jenis rempah rempah

Meskipun bawang putih dan jahe adalah rempah rempah untuk bumbu masakan namun partisipasinya dalam meningkatkan kesehatan tubuh sangat besar. Anda bisa menambhakn bawang putih atau jahe pada makanan kesukaan anda jika ingin kebutuhan zinc tetap terjaga dengan baik.

  1. Bawang putih

Mengandung 1,16 mg /100 g zinc yang bermanfaat untuk mencegah perkembangan dan kerusakan sel tubuh didalam DNA penyebab kanker.Bawang putih juga memiliki zat anti abkteri dan antiseptik alami yang kuat untuk menyembuhkan luka lebih cepat.

Baca Juga:

  1. Jahe

Rimpang jahe Mengandung 0.34 mg/100 g zinc yang berguna untuk untuk meningktakan datya tahan tubuh, Mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat metabolisme tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi