6 Minuman Penambah Massa Otot Paling Aman

4223

Minuman penambah massa otot merupakan minuman bernutrisi yang diformulasikan khusus untuk memperbaiki, Memperkuat dan meningkatkan kepadatan otot. Padatnya otot pada bagian tubuh tertentu dapat mempengaruhi estetika penampilan seseorang khususnya pria yaitu menjadi nampak lebih sehat dan menarik. (Baca Juga:  Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal , Minuman Penyebab Gagal Ginjal)

Fungsi Otot Secara Umum

  • Otot bertanggung jawab membakar lemak dan metabolisme tubuh setiap hari
  • Mengatur, Mengontrol dan memperlancar gerakan ketika tubuh sedang beraktivitas
  • Mempertahankan dan membentuk postur tubuh dalam kondisi apapun
  • Mengendalikan suhu tubuh dalam situasi kondisi cuaca yang berbeda
  • Menggerakan kinerja jantung dan mengatur kestabilan aliran darah yang didalmnya terdapat nutrisi dan oksigen

(Baca Juga: Obat Jantung Bocor tanpa Operasi , Obat Sesak Nafas karena Jantung)

Minuman Penambah Massa Otot

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman sehat hasil fermentasi yang mengandung karbohidrat dan protein yang dapat menambah massa otot dan membantu memulihkan kondisi tubuh menjadi segar kembali akibat latihan fisik. (Baca Juga: Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh ,  Makanan Penurun Nafsu)

2. Sari buah kiwi

Buah kiwi memiliki serat larut dan bertindak sebagai antioksidan kuat dalaam meningkatkan fungsi metabolisme tubuh dan dapat mempercepat proses pembakaran lemak sehingga massa otot menjadi lebih cepat padat dan bertambah. (Baca Juga: Penyebab Stress , Cara Mengatasi Stress)

3. Susu protein tinggi

Susu protein atau sering disebut sebagaii protein shake merupakan susu yang mengandung protein tinggi dan diformulasikan khusus untuk penambahan massa otot. Mengkonsumsi susu protein merupakan cara meningkatkan massa otot dengan cepat dan terbukti ampuh menaikkan bibobot tubuh dan memperbesar massa otot pada orang orang yang awalnya bertubuh kurus.

Baca juga:

4. Jus sayuran

Sayuran hijau misalnya brokoli, Bayam, Katuk, Selada, Kemangi atau bunga kol dapat melindungi otot menjadi tetap sehat dan mendukung kinerja protein dalam membnentuk kepadatan otot dari hari kehari. Buatlah jus brokoli yang dicampur bunga kol yang sebelumnya telah dikukus atau jus bayam dan daun katuk yang sebelumnya telah dikukus secara bersamaan . (Baca Juga: Daftar Jus untuk Asam Urat , Efek Samping Sering Minum Obat)

5. Minuman bersuplemen

Minuman suplemen yang mengandung protein serta kalsium yang tinggi sudah banyak dijual diberbagai macam toko obbat dan apotik. Konsumsilah minuman bersuplemen sesuai dengan aturan yang diberlakukan yang bisanya tentera dibalik kemasannya.

Baca Juga:

6. kombinasi Sari buah dan sayuran

Jus dapat dibuat dengan menggunakan buah dabn sayuran yang dicampur menjadi satu., buah buahan yang dimaksud adalah buah alpukat dan brokoli kukus. Kombinasi buah dan sayuran dapat membentuk massa otot menjadi besar dan berbentuk sesuai dengan yang diinginkan.

Hubungan Kondisi Tubuh dan Massa Otot

Kondisi yang menghambat bertambahnya massa otot meskipun telah mengkonsumsi minuman penambah massa otot.

1. Pola makan

Mengkonsumsi minuman penambah massa otot dengan teratur tetapi tidak diimbangi dengan makanan yang mengandung gizi seimbang sehingga tubuh kekurangan asupan protein, Kalsium dan lemak tak jenuh dalam jumlah yang cukup banyak. Kondisi ini dapat menyebabkan otot tetap saja tidak bisa berkembang. Makanan pembentuk otot tubuh pria paling cepat salah satu contohnya adalah telur.

Baca juga :

2. Program latihan tidak konsisten

Melaksanakan program latihan untuk memadatkan otot tetapi tidak teratur, Tidak konsisten dan tidak diimbangi dengan pelatihan fisik yang sesuai dengan prosedur.

3. Tidak ada pelatih

Tidak adanya pelatih yang berpengalaman yang membimbing dan memberi masukan langsung tentang cara meningkatkan massa otot yang baik dan tentang makanan minuman penambah massa otot yang seharusnya dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga:

4. Tidur tidak teratur

Kebiasaan begadang dan tidur tidak teratur adalah alasan yang paling mendasar mengapa seseorang yang memiliki program penambahan massa otot selalu mengalami kegagalan. Kurang tiduer mampu menyebabkan jaringan otit melemah dan kekurangan asupan sel darah yang mengandung oksigen sehingga otot sulit untuk berkembang kendati anda telah rajin mengkonsumsi minuman penambah massa otot.

5. Rokok dan alkohol

Tinggalkan rokok dan alkohol jika anda berkomitmen untuk memiliki massa otot yang bagus dan sehat. Jaringan otot mudah cedera dan terkontiminasi asap rokok dan alkohol yang bersifat panas, Menggerus dinding otot dan menghambat aliran darah sehingga merusak jaringan otot, Sehingga kondisi ini dapat mengagagalkan program peningkatan massa otot yang sedang berjalan.

Baca Juga:

Olahraga Penambah Massa Otot

Minuman penambah massa otot tidak akan ada artinya jika tidak diimbangi dengan latihan beban yang dilakukan secara teratur dan konsisten

1. Latihan kaki dengan teknik squat

Yaitu berdiri dengan kedua kaki yang melebar sebatas bahu dan genggamlah kuat dumbbell dengan kedua kepalan tangan diatas bahu. Miringkan tubuh kearah sdepan dengan kepal tetap pada posisi dibelakang. Tekuk lutut sampai paha sejajar dengan lantai, Lalu angkat tubuh perlahan lahan keposisi awal /semula.

Baca Juga:

2. Memperkuat punggung dengan teknik dead lifts

Yaitu berdiri debgan kaki melebar sebatas lebarnya bahu anda dimana beban diletakkan diatas lantai dikedua sisi tubuh. Bungkukanlah punggung anda lalu ambillah barbell dan bangkitlah keposisi berdiori lalu turunkan beban kembali keatas lantai secara perlahan lahan agar persendian pinggang tidak mengalami keseleo.

3. Lengan padat dan besar dengan teknik chinups

Letakan cengkraman tangan anda pada palang latihan yang ada didepan tubuh, Kemudian angkatalah tubuh dengan kaki yang disulangkan kebelakang sampai dagu anda lebih tinggi dari palang.Kemudian turunkan tubuh keposisi awal/semula secara perlahan lahan agar kondisi aliran darh disekitar tangan dan kaki tetap stabil.

Baca Juga:

4. Bagian dada lebih padat dan berisi dengan teknik bench press

Berbaring dan bersandarlah pada matras latihan debngan posisi kaki rata diatas lantai. Gengamlah kuat sebuah barbell yang posisinya diatas dad dengan fokus yang harus anda perhatiakan untuk menghindari barbel tergelincir dari genggaman. Doromg perlahan beban ketasa kepala anda lalu rentangkan lengan dan luruskanlah kedua siku lengan kemudian turubnkan beban kemabli pada dada secara perlahan lahan agar otot bagian lengan tidak mengalami keseleo/terkilir.

5. Latihan fisik dengan teknik push – up

Push up adalah olahraga memperkuat otot kaki, lengan , Bahu dan punggung yang paling mudah dilakukan siapa saja. Push up dapat dimasukan dalam kateegori sebagai latihan fisik mengangkat beban tubuh sendiri yang dilakukan dengan gerakan yang senyaman mungkin dan didukung dengan kemampuan otot masing masing.

Baca Juga:

Awal latihan lakukan dengan 10 hitungan saja agar tidak ada otot yang terkilir, Latihan berikutnya dapat ditingkatkan kejenjang hitungan yang lebih tinggi misalnya menjadi 20, 30 dan seterusnya. Keuletan berlatih push up dua hari sekali dapat memperkuat lalu menambah massa otot disamping mampu memadatkan serat otot menjadi lebih besar.

Hubungan Lemak dan Massa Otot

Berhasil dalam menambah massa otot bukan berarti harus minim lemak didalam tubuh. Jika tubuh kekurangan lemak maka bertambahnya massa otot dapat tergganggu dan sulit untuk berkembang dengan cepat, Karena pada dasarnya tubuh membutuhkan banyak lemak sebagai pengahasil energi dan mengatur kondisi suhu tubuh yaitu ketika seseorang sedang melakukan aktivitas termasuk ketika sedang olahraga beban untuk program peningkatan massa otot itu sendiri.

Baca Juga:

Konsumsilah makanan yang mengandung lemak jenuh atau omega 3 dan 6 lebih banyak dari biasanya agar program penambahan massa otot cepat terwujud. Makanlah telur, Kedelai, Susu protein tinggi , Buah dan sayuran , Karbohidrat seperti gandum, Oatmeal dan Gandum utuh dengan takaran yang sedang tetapi sering.