Home MinumanMinuman Sehat 12 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh – Alami dan Herbal

12 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh – Alami dan Herbal

by Henny Anugerah

Minuman penambah daya tahan tubuh adalah cairan mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh dari pengaruh cuaca, Polusi dan aktivitas sehari hari. Minuman penambah daya tahan tubuh yang baik adalah minuman yang tidak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet berbahaya sehingga dapat dikonsumsi anak anak, Dewasa dan orangtua. (Baca Juga:  Makanan yang Dihindari Penderita Batu Ginjal , Minuman Penyebab Gagal Ginjal)

Manfaat Minuman Penambah Daya Tubuh

Apa saja manfaat minuman penambah daya atahan tubuh?

  • Mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga terhindar dari kelelahan dan sakit kepala (Baca juga: Akibat Dehidrasi )
  • Membuang toxin yang ada didalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penumpukan racun hasil sisa limbah makanan dan Obat obatan (Baca Juga: Penyebab Migrain Sebelah Kanan)
  • Mempertahankan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat seseorang
  • Terhindar dari infeksi bakteri, Jamur dan virus
  • Tidak mudah terserang flu dan tidak mudah tertular virus dari orang lain
  • Memperbaiki stabilitas mental dan terhindar dari sernagan stres
  • Menjaga stamina tetap stabil
  • Tidak mudah mengantuk

(Baca Juga:  Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja , Cara Penularan Flu Burung)

Daftar Minuman Untuk Menambah Daya Tahan Tubuh

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung zat polifenol yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan aktif membuat jaringan tubuh lebih rileks sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Teh hijau adalah minuman penambah daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi pada pagi hari agar manfaatnya dapat maksimal dirasakan pada siang dan sore hari.

Baca Juga:

2. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu minuman penambah daya tahan tubuh yang baik dikonsumsi segala usia karena yoghurt adalah minuman probiotik yang didalamnya terdapat bakteri ramah atau bifidobacterium yang memiliki keistimewaan mampu meningkatkan sel darah putih dan menjaga kualitas imunitas seseorang agar tidak mudah jatuh sakit.

3. Jus jeruk

Buah jeruk adalah salah satu minuman penambah daya tahan tubuh yang terkenal memiliki vitamin C dengan jumlah 53,2 mg per 100 g yang dapat memperbaiki kerusakan sel akibat serangan bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh .

Baca juga:

4. Jus brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi yang berhubungan dengan kualitas daya tahan tubuh seseorang. Brokoli mengandung vitamin c, B1, Kalsium, Protein, Sulfur yang cocok dijadikan sebagai minuman penambah daya tahn tubuh.

5. Jus wortel dan tomat

Gabungan antara buah wortel dan tomat yang dibuat mebjadi jus sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, Betakaroten, B komplek, Zat besi, Kalium, Matrium, Fosfor yang dapat meningktakan fungsi hati sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga . Jus lezat ini sangat baik jika diberikan pada anak anak.

Baca Juga:

6. Jus Mangga dan jambu biji merah

Minuman penambah daya tahan tubuh bagi yang aktif terutama anaka anak dan remaja adalah buah mangga dan jambu biji merah. Kedua buah tersebut adalah buah buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat larut dimana nutrisinya tersebut dapat menstabilkan imunitas tubuh dan menambah daya tahan tubuh termasuk pada penderita demam berdarah.

7. Jus apel

Sari apel mengandung vitamin, Kalsium, Kalium, Natrium, Fosfor, Klorin , Magnesium, Zat besi dan fluor yang dapat memperbaiki efisiensi sistem imunitas seseorang. Jus apel aman dan lezat diberikan pada anak anak.

Baca Juga:

8. Kunyit

Kunyit sudah ratusan tahun dikenal sebagai bahan dasar untuk membuat minuman penambah daya tahan tubuh . Kunyit adalah bumbu masakan yang mempunyai segudang manfaat termasuk sebagai anti bakteri, Antibiotik alami, Antioksidan kuat diman didalamnya mengandung vitamin C dan senyawa kurkumin yang dapat menambah kualitas daya tahan tubuh menjadi semakin kuat. Minumlah ramuan kunyit yang telah dicmpurkan gula aren , Asam kawak dan air lemon ini 2 hari sekali agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

9. Jahe
Jahe adalalh salah satu rempah rempah yang memiliki aroma harum yang khas yang didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri meliputi Kurkumen, Zingiberokl, Zingiberena, Bisabolena, Gingerol dan filandrena dimana senyawa tersebut dapaat menyehatkan pencernaan, Pembuluh darah, Menangkal radikal bebas dan meningktakan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. Buatlah jahe menjadi minuman penambah daya tahan tubuh yang lezat, Caranya jahe diparut lalu campurkan dengan gula merah yang telah dihaluskan dan perasan lemon. dan air matang hangat secukupnya. Saring airnya lalu minumlah 2 kali sehari.

10. Air kelapa hijau

Air kelapa hinau mengandung cairan isotonik yang didalamnya terdapat kalium, Magnesium, Kalsium, Natrium, Fosfor , Air kelapa hijau memiliki keistimewaan dapat menetralkan racun didalam tubuh, Mencegah dehidrasi, Menghilangkan kram otot dan meningkatkan elektrolit tubuh sehingga stamina tetap berada didalam kondisi terbaiknya. Air kelapa hijau bisa juga dijadikan sebagai minuman penambaha daya tahan tubuh bagi orang orang yang baru pulih dari sakit. konsumsilah satu kali sehari secraa rutin.

Baca juga :

11. Susu kacang kedelai

Perpaduan susu yang dicampur dengan sari kacang kedelai sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh segala umur. Kedua bahan sehat tersebut mengandung protein tinggi, Vitamin B komplek, Kalsium, Vitamin D dan mineral. Mengkonsumsi susu kacang kedelai setiap hari cukup untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap stabil. Bagi seseorang yang baru pulih dari sakit maak susu kacang kedelai dapat menambah daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan .

12. Madu asli dan lemon

Madu asli kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh diantaranya vitamin B2, B3, B5, B6, B9, Kalsium, Besi, Magnesium, Natrium, Zink, Protein, Serat pangan. Madu dapat dijadikan sebagai minuman penambah daya tahan tubuh karena madu mampu menonaktifkan logam bebas berbahaya yang ada didalam tubuh, Membersihkan radikal bebas, Mempercepat penyembuhan luka dan menambah daya tahan tubuh menjadi semakin kuat terhadap cuaca. Sedangkan lemon mengandung vitamin C yang betindak sebagai anti radang dan antioksidan yang mampu mendukung nutrisi yang ada dalam madu menjadi semakin maksimal. (Baca Juga: Penyebab Stress , Cara Mengatasi Stress)

Aktivitas yang Mendukung Stabilnya Daya Tahan Tubuh

1. Olahraga

Selain rajin mengkonsumsi minuman penambah daya tahan tubuh, Membiasakan diri melakukan aktivitas fisik berupa olahraga ringan tetapi teratur sudah cukup untuk mendukung daya tahan tubah anda agar tetap terjaga setiap hari.

Baca Juga:

2. Istirahat cukup

Tidur cukup setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam adalah salah satu pendukung utama untuk menstabilkan kondisi inunitas anda setiap hari selain anda mengkonsumsi minuman penambah daya tahan tubuh.

3. Minum air putih

Minuman penambah daya tahan tubuh memang baik bagi kesehatran tubuh tetapi tetap harus membisakan diri untuk minum air putih setidaknya 8 liter perharinya. Karena bagaimanapun juga air putih dibutuhkan tubuh untuk mengolah minuman bernutrisi yang anda konsumsi sehari hari agar manfaatnya dapat terserap tubuh dengan cepat.

Baca Juga:

4. Hindari junkfood

Banyak orang memilih makanan junkfood dan siap saji karena hemat waktu dan siap langsuung dimakan karena alasan kesibukan aktivitas sehari hari. Junkfood atau makanan sampah adalah makanan yang rendah gizi tetapi mengandung kolesterol tinggi dan lemak tidak jenuh. Makanan jenis ini dapat merusak fungsi hati, Menghalangi penyerapan nutrisi dalam tubuh, mengganggu stamina dan menurunkan daya tahan tubuh sehingga tubuh mudah menderita kelelahan, Terserang flu dan menurunnya keseimbangan tubuh.

5. Hindari merokok

Asap rokok dapat masuk kedalam pembuluh darah dan mengotori darah yang beerisi oksigen sehingga ketika darah dilairkan kesel;uruh tubuh maka seluruh organ tubuh akan terpapar racun dari tar, Nikotin atau timbal yang ada diidalam asap rokok. Keadaan ini dapat menurunkan daya tahan tubuh .

Baca Juga:

6. Hindari alkohol

Alkohol bersifat panas, Menggerus dan mencederai organ tubuh seperti organ hati, Ginjal, Lambung, Pankreas serta melukai dinding pembuluh darah. Situasi tersebut dapat memicu penurunan daya tahan tubuh seseorang.

7. Kurangi stres

Belajarlah untuk mengatasi stres dengan hal hal yang menyenangkan agar terhindar dari stres yang berat dan berkepanjangn. Bahaya stres ringan atau berat pada dasarnya memiliki dampak buruk yang sama terhadap keseimbangan tubuh. Ketika keseimbangan tubuh terganggu maka daya tahan tubuh akan ikut menurun. Cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas berlebihan dapat dimulai dengan melakukan olahraga teratur dan melakukan perjalanan ketempat yang hijau dan atau bersejarah. (Baca Jua: Penyebab Stress , Cara Mengatasi Stress)

You may also like