Home MinumanMinuman Berbahaya 10 Efek Samping Teh Basi Bagi Kesehatan

10 Efek Samping Teh Basi Bagi Kesehatan

by Izza

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang cukup di gemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan baunya yang khas, membuat teh menjadi minuman yang menenangkan. Pengembangan teh bukan hanya ada di Indonesia saja, namun juga di luar negeri. Misalnya di Jepang, Korea, dan negara negara lainnya. Padahal bukan minuma  menyehatkan, sebab ada banyak bahaya minum teh bagi kesehatan. Apalagi rutin mengkonsumsi, tentu saja bahaya minum teh setiap hari resikonya juga besar.

Memang banyak sekali jenis ragam teh. Dari perkebunan yang berbeda beda, juga akan mampu menghasilkan cita rasa teh yang berbeda beda pula. Teh memang memberikan cita rasa yang khas pada setiap seduhannya. Anda bisa mengaplikasikan beberapa campuran minuman pada setiap penyeduhan teh. Misalnya dengan menambahkan susu atau madu. Rasanya memang akan memberikan sensasi tersendiri.

Sekarang ini, banyak sekali jenis jenis teh yang sudah beredar di pasaran. Ada teh yang pembuatannya langsung dari daun daunan teh yang memang sudah di keringkan. Ada pula yang membuat kemasan teh menjadi lebih praktis lagi. Misal dengan membungkus kemasannya menjadi celupan. Sehingga minuman tidak keruh dan kotor. Selain itu, juga ada yang membuat kemasan teh menajdi lingkaran lingkaran sehingga takarannya memang sudah pas untuk satu teko teh. Ada juga yang mengaplikasikan teh dengan susu untuk menambah rasa. Padahal ada bahaya minum teh campur susu.

Yang menjadi masalah adalah, sisa dari teh tersebut lantas bagaimana ? Apakah akan di buang begitu saja ? Atau bisa di gunakan untuk hal lain ? Beberapa orang menggunakan sisa seduhan teh sebagai rabuk pada tanaman. Fungsinya adalah untuk membuat pupuk kompos. Teh ternyata bisa membantu dalam hal penyuburan tanaman. Selain itu, beberapa orang juga menggunakan teh sebagai bahan masker. Dalam kosmetik, teh jenis teh hijau ini mampu membantu mengencangkan kulit dan juga menjaga kulit agar tidak keriput.

Namun apakah ada efek samping lain yang membahayakan jika kita terus terusan mengkonsumsi teh sisa seduhan tersebut ?  Apalagi jika yang di gunakan adalah teh basi ? Simak ulasan berikut ini :

  1. Ladang bakteri untuk diri anda

Bahaya dari teh basi adalah banyaknya bakteri yang di hasilkan pada pembusukan hasil ampas atau seduhan teh tersebut. Tentu saja bukan hanya satuan atau puluhan bakteri yang muncul. Namun pulahan banyaknya. Oleh sebab itu, hindari untuk mengkonsumsi teh basi. Hal ini tidak baik untuk tubuh anda. Apalagi jika anda mengidap diabetes. Teh basi menjadi makanan yang dilarang untuk penderita diabetes

  1. Meningkatkan asam lambung

Teh merupakan salah satu makanan yang memiliki ph keasaman cukup. Meskipun pada dasarnya, rasa dari teh ini adalah pahit. Jika masuk ke dalam perut, bisa menjadi tanda tanda asam lambung meningkat. Semakin  teh ini basi,  tentu saja tingkat keasaman yang di hasilkan pada teh ini juga semakin meningkat. Jika anda mengkonsumsinya, yang terjadi adalah membuat asam lambung anda naik. Padahal bahaya teh basi untuk tubuh. Misalnya penyakit maagh atau asam lambung, yang kadang diartikan sama. Meskipun ada perbedaan sakit maag dan asam lambung.

  1. Meminum teh pada saat perut kosong

Saat perut dalam keadaan kosong, memang sebaiknya yang  di lakukan adalah minum air putih kemudian makan. Bukan malah meminum teh basi. Hal ini justru akan membuat sakit perut anda. Penyebabnya adalah asam lambung anda menjadi naik. Tingkat ph jadi mengecil, atau semakin asam. Lama kelamaan bisa menyebabkan anda terkena gejala tukak lambung.

  1. Merusak penyerapan zat besi

Adalah salah satu mineral yang di perlukan oleh tubuh. Zat besi merupakan bahan yang di gunakan untuk memproduksi darah merah. Semakin sedikit zat besi yang ada di dalam tubuh, maka tubuh juga akan semakin kelelahan dalam memproduksi sel darah merah. Jika teh yang anda konsumsi malah merusak penyerapan zat besi, yang terjadi adalah kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh anda hanya sedikit. Hal ini jika berlangsung terus menerus, akan membuat anda menderita anemia

  1. Merusak sel darah merah

Dalam teh, terdapat beberapa kandungan zat di dalamnya. Yang cukup banyak adalah kafein. Zat ini menjadi salah satu zat yang membuat anda ketagihan untuk mengkonsumsinya. Sayang kafein ini memiliki efek samping yang buruk. Yakni dapat merusak sel darah merah tubuh. Jika hal ini di lakukan terus menerus, penderita bisa terkena penyakit kurang darah atau anemia. Maka perlu adanya nutrisi dari luar, misal sayuran penambah darah.

  1. Berpotensi menyebabkan koma

Penderita yang mengalami penyakit anemia sangat di anjurkan untuk tidak meminum teh basi. Kandungan kafein yang ada di dalam teh basi akan menghancurkan sel darah merah. Hasilnya adalah penderita mungkin terkena koma atau kehilangan kesadaran.

  1. Pencuri simultan tubuh

Bagian yang penting bagi tubuh adalah simultan. Zat ini mampu berguna dalam membantu penyerapan sari makanan. Jangan salah, jika zat ini ternyata juga bisa di curi oleh materi makanan lain, yakni teh. Ketika anda makan atau selesai makan meminum teh, simultan ini akan di curi darinya. Banyak sekali dampaknya. Baik itu efek samping teh pahit.

  1. Meningkatkan resiko obesitas

Bahkan teh, baik yang sudah basi maupun tidak bisa meningkatkan resiko obesitas. Apalagi dalam penyajiannya di campurkan dengan gula. Biasanya mereka akan meminum bukan hanya satu dua gelas. Tentu bisa di hitung berapa takaran gula yang di tambahkan. Jika hal ini menjadi kebiasaan, tentu konsumer dari teh mampu terkena resiko obesitas atau kegemukan. Perlu anda tahu, obesitas ini tidak menyerang dewasa saja. Karena ada beberapa penyebab obesitas pada anak.

  1. Teh dan Gula = Perusakan zat

Selain meningkatkan resiko penyebab obesitas, pencampuran teh dengan gula juga membawa mala petaka atau dampak yang buruk. Salah satunya adalah terjadi perusakan zat zat baik yang ada d dalam teh tersebut. Zat ini sebenarnya penting bagi tubuh. Namun karena di campur dengan gula, yang terjadi adalah reaksi perusakan zat.

  1. Teh sudah teroksidasi

Yang di maksud dengan teh yang sudah teroksidasi adalah teh yang sudah tercampur materinya dan sudah terkena reaksi dengan udara. Hal ini biasanya sangat sering di jumpai pada teh yang sudah basi. Yakni teh yang di buat pada pagi hari. Namun karena tidak habis, di biarkan semalaman. Kemudian keesokan paginya masih di gunakan. Teh yang sudah teroksidasi sangat tidak baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang sudah tidak layak pakai memang tidak di perkenankan dalam ilmu kesehatan. Sebab makanan yang sudah tidak layak pakai dan makan ini pasti memiliki beberapa kandungan zat yang tidak baik, bahkan sampai merugikan bagi tubuh. Salah satunya adalah teh basi

You may also like