Tensi Pria Ini Melonjak Karena Teh Akar Manis; Apakah Teh Ini Berbahaya?

213

Teh akar manis atau teh licorice pada dasarnya kaya akan kandungan gizi, mulai dari vitamin A, karbohidrat, protein, hingga sifat antioksidan. Manfaat akar manis sendiri antara lain adalah memberikan perlindungan bagi kulit, mengatasi masalah gigi, mendukung perawatan kanker, mengobati ulu hati yang sakit, hingga melancarkan pencernaan.

Namun belum lama ini terdengar kabar bahwa seorang pria di Kanada mengalami lonjakan tekanan darah sehingga harus dibawa ke rumah sakit saking berbahayanya. Overdosis teh akar manis adalah yang disebut-sebut sebagai penyebab utama kondisi pria ini pada laporan jurnal Canadian Medical Association.

Menurut sang pria, memang ia akui kepada dokter dari McGill University kalau setiap hari selama dua minggu terakhir ia rajin minum teh akar manis sehari dua kali. Dari situlah ia mulai merasakan gejala dan keluhan yang mengganggu, seperti nyeri di bagian dada, sakit kepala, paha membengkak, hingga meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya.

Rupanya setelah dilarikan ke rumah sakit dan menempuh pemeriksaan, tensi sistoliknya telah sampai di angka 200 mmHg, padahal 180 mmHg adalah batas normalnya. Akar manis walaupun menawarkan segudang manfaat kesehatan, jika dikonsumsi dengan takaran tinggi justru akan beracun dan membahayakan tubuh pengonsumsinya menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat).

Gangguan detak jantung yang berakibat pada nyeri di dada serta tekanan darah tinggi yang dialami pria tersebut berasal dari kandungan glycyrrhizin di dalam akar manis. Kandungan itulah yang mampu membuat kadar kalium/potasium dalam tubuh pengonsumsinya menurun dan berefek pada kedua gejala tadi. Lalu selain yang sudah disebutkan, apa lagi bahaya efek samping dari kebanyakan mengonsumsi akar manis?

  • Penyakit ginjal
  • Gangguan tekanan darah yang memperburuk kondisi saat operasi
  • Hipertonia atau kondisi otot yang terganggu akibat masalah pada saraf
  • Berbahaya bagi penderita kanker ovarium, kanker rahim, kanker payudara, fibroid rahim maupun endometriosis
  • Penyakit jantung
  • Risiko kelahiran prematur bagi yang sedang hamil
  • Gangguan seksual pada pria

Pria tersebut sebenarnya paham bahwa akar manis bisa mengganggu kesehatan dan dapat berefek beracun. Namun ia sendiri tak menyadari kalau konsumsi yang ia lakukan sudah termasuk dalam jumlah terlalu besar alias overdosis. Sebagai penanganan, pemberian obat khusus penurun tekanan darah pun dilakukan oleh sang dokter; setelah 24 jam akhirnya ia pun boleh pulang.