5 Efek Samping Ampas Teh Bagi Kesehatan Tubuh

3188

Efek samping ampas teh merupakan dampak buruk dari reaksi zat yang terkandung didalamnya setelah masuk kedalam tubuh dalam jumlah berlebihan. Pada dasarnya ampas teh kaya manfaat bagi kesehatan tubuh bagian luar misalnya dapat menjadi kompres mata yang sedang bengkak, Menghilangkan kantung mata hitam, Memutihkan kulit wajah dan sebagainya. Namun tidak baik jika berada didalam tubuh karena dapat menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan. (Baca Juga: Bahaya Bahan Kimia , Bahaya Kopi Sachet)

Kandungan kimia
Ketika teh dikonsumsi dalam keadaan hangat tanpa ampas dan tidak melebihi 3 gelas perharinya maka manfaat kandungan kimia yang ada didalamnya akan menyehatkan dan mudah terserap oleh tubuh.

• Polifenol (Katekin), Senyawa theophyline, Kafein
• Tanin, Lisin, Metionin, Sistin, Lemak
• Kalsium, Fosfor, Protein kasar
• Serat kasar, Vitamin A, E dan C

(Baca Juga: Bahaya Kelebihan Vitamin C , Akibat Kekurangan Vitamin A)

Jenis Jenis Teh
Ada 4 jenis teh yang menyehatkan tubuh dan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi kembali setelah melewati 20 jam setelah proses peracikannya, Agar manfaat sehatnya tetap dapat terserap oleh tubuh.

1. Teh hitam

Teh hitam berasal dari daun teh yang diolah dengan proses fermentasi yang panjang sampai benar benar didapatkan warna khasnya yang gelap dan hitam. Teh hitam cenderung memiliki aroma khas buah dengan gabungan rasa pedas. Teh hitam dapat bermanfaat bagi tubuh jika tidak dikonsumsi bersama ampasnya dalam jumlah sedikit ataupun banyak. Misalnya dapat mencegah dan mengobati stroke, Melancarkan pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah. Efek samping ampas teh hitam tetap bisa muncul jika mengkonsumsinya secara berlebihan. (Baca Juga: Efek Samping Teh Basi , Proses Pembekuan Darah Manusia)

2.Teh putih

Teh putih berasal dari bawah pohon teh yang diolah tanpa melewati proses fermentasi tertapi hanya dikukus dan dikeringkan segera dibawah terik sinar matahari selama beberapa jam. Hasilnya teh putih memiliki aroma yang harum. Teh putih mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh selama tidak dikonsumsi bersama ampasnya yaitu dapat menghambat pertumbuhan kanker. Namun efek samping ampas teh putih dapat terjadi jika seseorang mengkonsumsinya sesaat setelah dan sesudah makan. (Baca Juga: Efek Samping Teh Pahit , Makanan yang Mengandung Koenzim Q10)

3. Teh hijau

Teh hijau dapat dijumpai dalam bentuk kasar dan celup namun memiliki khasiat yang sama baiknya yaitu dapat melunturkan lemak tubuh, antioksidannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Zat flouridanya sangat baik untuk kepadatan tulang serta vitamin C nya dapat Menghaluskan kulit dan sebagainya. Teh hijau adalah teh yang dihasilkan dari cara pengolahan dengan menggunakan suhu panas kemudian disangrai dan sama sekali tidak melewati proses fermentasi. Namun efek samping ampas teh hijau cukup mengganggu kesehatan tubuh ketika diminum secara berlebihan atau dicampur dengan tambajhan gula. (Baca Juga: Bahaya Teh Basi , Akibat Kelebihan Vitamin C  )

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang awalnya berasal dari negeri tirai bambu china yang terbawa keAsia dan terkenal sebagai teh tradisional yang dapat menyehatkan tubuh hingga usia tua. Teh Oolong dapat menyehatkan sistem pencernaan, Menstabilkan kadar kolesterol dan mencegah penumpukan lemak darah. Walaupun teh Oolong dikenal sebagai teh herbal yang manjur namun didalam pemakaiannya tetaplah dilarang untuk mengkonsumsinya secara berlebihan apalagi bersama ampasnya, Karena bisa memicu munculnya efek samping ampas teh yang tidak diinginkan. (Baca juga: Bahaya Teh Daun Jati , Gejala Kolesterol)

Efek Sampimg Ampas Teh yang Perlu Diketahui

1. Menyebabkan anemia

Mengkonsumsi teh beserta ampasnya secara berlebihan sesaat setelah makan maka dapat mempersulit tubuh dalam menyerap dan mengontrol zat besi. Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi maka akan mengakibatkan gejala anemia. (Baca Juga: Bahaya Minum Teh setelah Makan , Tanda tanda Anemia)

2. Asam lambung naik

Waspadalah dengan teh basi. Sebaiknya gunakan untuk membasuh wajah saja agar wajah terhindar dari kekusaman, namun jangan untuk diminum kembali apalagi bersama ampasnya. Efek samping ampas teh yang telah basi muncul karena adanya perubahan zat kimia yang berbahaya yaitu muncul akibat penguapan udara dan kondisi teh tersebut dapat mengganggu organ lambung, Karena dapat melukai dinding lambung dan memicu peningkatan asam lambung. Jika teh basi dikonsumsi dalam kondisi perut kosong maka akan mempercepat naiknya asam lambung. (Baca juga : Bahaya asam lambung naik , Gejala Sakit Lambung)

3. Kesulitan tidur

Efek samping ampas teh cenderung didominasi karena adanya kadar kafein yang cukup tinggi sama seperti halnya kopi hitam dan jika teh dikonsumsi bersama ampasnya melebihi 3 gelas ukuran besar perharinya maka kafein tersebut dapat mengendalikan otak untuk tetap aktif dan terjaga , Sehingga seseorang bisa mengalami kesulitan tidur. Jika terus menerus terjadi maka akan menyebabkan munculnya penyakit insomnia. Baca juga : Cara mengobati insomnia , Manfaat Madu untuk Penderita Insomnia)

4. Gangguan dinding usus

Mengkonsumsi teh bersama ampasnya dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan luka dan iritasi dinding usus. Kondisi ini rentan sekali menyebabkan munculnya penyakit maag. Efek samping ampas teh sangat berbahaya bagi penderita maag jika mengkonsumsi teh bersamaan dengan ampas karena justru akan memperparah maag itu sendiri. (Baca Juga: Bahaya Minum Teh Campur Susu , Bahaya Minum Teh Setiap Hari)

5.Demam tinggi

Berhati hatilah jika anda atau anak anak sedang mengalami demam ringan , Agar tidak memberikan minuman teh apalagi minum bersama ampasnya. Zat theophyline yang terdapat pada ampasnya dapat menyebabkan suhu tubuh yang sudah naik menjadi semakin tinggi. Ini akan membahayakan keseimbangan tubuh. (Baca Juga: Bahaya Es Teh Manis , Bahaya Minum Teh)