Home Penyakit dan KelainanInsomnia 20 Cara Mengobati Insomnia Tanpa Obat Paling Mudah

20 Cara Mengobati Insomnia Tanpa Obat Paling Mudah

by Mei Riska

Insomnia dianggap sebagai gaya hidup yang kurang baik, sebab saat seseorang terkena insomnia dia telah menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Saat seseorang menerapkan pola hidup yang tidak sehat dia bisa dengan mudah terkena penyakit. Salah satu gaya hidup sehat salah satunya adalah tidur yang berkualitas, sayangnya untuk menerapkan dan mendapatkan tidur yang berkualitas lumayan susah. Mungkin banyak orang yang terbangun tengah malam, kemudian dia sulit untuk memejamkan matanya kembali.

Sulit memejamkan mata setelah tidur pulas atau kesulitan tidur sama sekali merupakan gejala dari insomnia. Ketika kurang tidur orang akan mudah sekali terkena penyakit jantung, stroke, diabetes dan penyakit kronis lainnya. Oleh sebab itu cara mengobati insomnia ini diperlukan agar insomnia tidak bertambah parah. Berikut ini adalah cara mengobati insomia paling efektif yang bisa dilakukan oleh orang yang mengalami insomnia :

  1. Hindari Gadget

Mengobati insomia ini tidak bisa dilakukan secara instan sebab insomnia erat hubungannya dengan gaya hidup seseorang. Seperti yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas bahwa gaya hidup merupakan sesuatu yang sudah biasa dilakukan sehingga mengubah kebiasaan tersebut merupakan sesuatu yang sulit. Oleh sebab itulah gaya hidup yang salah itu perlahan lahan harus diubah agar insomnia bisa segera diatasi dan dihilangkan. Salah satu gaya hidup yang harus dihindari agar terhindar dari insomnia dan insomnia segera menghilang adalah dengan menghindari gadget.

Di jaman yang serba modern ini, masyarakat sudah dikendalikan oleh gadget. Lihat saja kemana mana orang selalu memegang gadget mereka di tangan, bahkan saat di dalam kamar. Ketika di dalam kmar sebaiknya menghindari gadget, sebab gadget akan membuat kesulitan tidur. Jika sudah bisa tidur pulas, orang yang bermain gadget sebelum tidur akan sering terbangun saat malam. Agar terhindar dari insomnia sebaiknya anda memberikan waktu antara bermain gadget dengan waktu tidur. Misalnya saja anda akan tidur jam 10 malam, setengah jam sebelum pukul 10 malam anda harus sudah terbebas dari gagdet.

Baca : Pengaruh tidur malam terhadap prestasi belajarBahaya memakai bra saat tidur malam

  1. Perhatikan Penggunaan Laptop dan Komputer

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah penggunaan laptop dan komputer. Radiasi yang dihasilkan dari keduanya bisa menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Orang yang sehabis mengoperasikan laptop maupun komputer sebaiknya mengatur waktu kapan dia harus ke tempat tidur. Sama halnya dengan gadget, orang yang mengoperasikan laptop juga harus memberikan rentang waktu antara bermain laptop dengan waktu tidur. Jika sehabis mengoperasikan laptop orang tersebut langsung tidur besar kemungkinan dia akan mengalami insomnia. Radiasi di laptop akan menyebabkan syaraf di otak menjadi tetap terjaga. Saat syaraf otak terjaga, orang itu akan mengalami insomnia atau susah tidur.

Baca : Bahaya duduk terlalu lama duduk di depan komputer

  1. Hindari Kafein

Cara mengobati insomnia tanpa obat lainnya adalah dengan menghindari kafein. Memang benar kafein seperti candu bagi manusia dan menyebabkan ketagihan. Lihat saja kafein yang ada pada kopi. Orang akan kecanduan untuk mengkonsumsi kopi tersebut. Semakin banyaknya pecinta kopi di Indonesia, semakin banyak pula beragam merk kopi yang dipasarkan di Indonesia. Sayangnya kita harus bijak dalam mengkonsumsi kafein tersebut, sesuatu yang berlebihan seperti kafein tidak bagus untuk kesehatan. Kafein yang dikonsumsi berlebihan berpotensi untuk menyebabkan aritmia, penyakit jantung dan juga insomnia. Oleh sebab itu cukup megkonsumsi segelas kopi satu hari saja, jangan berlebihan. Ngopi di malam hari juga bisa membuat seseorang menjadi susah tidur.

Baca : Makanan dan minuman yang mengandung kafeinBahaya kafein bagi tubuh

  1. Membuat Jadwal

Langkah selanjutnya yang bisa dgunakan untuk mengatasi insomnia adalah dengan membuat jadwal. Jadwal merupakan hal yang harus dilakukan agar kehidupan menjadi lebih teratur. Manusia dipenuhi dengan hal hal yang menyibukkan seperti rutinitas yang padat, pekerjaan yang tiada habisnya. Oleh sebab itu ada baiknya membuat jadwal bagi orang yang memiliki mobilias yang tinggi dan kesibukan yang tinggi. Aturlah jadwal sehari hari anda agar waktu anda bisa cukup untuk istirahat. Meski pekerjaan sedang banyak, hindarilah sering bergadang sebab bergadang bisa menyebabkan seseorang bisa mengalami berbagai macam gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan juaga diabetes.

Baca : Gejala aritma jantung berbahayaObat herbal jantung koroner

  1. Menghindari Rokok

Selama ini kampanye anti rokok sering digalakkan, bahkan harga rokok pun dinaikkan berkali kali lipat agar jumlah perokok yang ada di Indonesia berkurang. Sayangnya usaha pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok di Indonesia belum sepenuhnya berhasil. Hal itu terbukti dengan penjualan rokok yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, ternyata rokok ini memiliki efek buruk terhadap pola tidur seseorang. Orang yang menghabiskan rokok lebih dari dua batang sehari memiliki resiko untuk terkena insomnia. Alasannya adalah zat nikotin yang ada pada rokok bisa menjadi penyebab peningkat kinerja otak. Saat kinerja otak meningkat, otak akan memberikan sinyal ke tubuh untuk selalu terjaga setiap malam.

Baca : Efek samping rokok elektrik bagi kesehatanPengaruh rokok terhadap paru paru

  1. Olahraga

Cara mengobati insomnia lainnya adalah dengan olahraga. Orang yang jarang olahraga dirinya akan mudah sekali terkena insomnia. Alasannya adalah orang yang jarang berolahraga akan memiliki peredaran darah yang tidak lancar menuju ke seluruh tubuh terutama di bagian otak. Olaahraga yang bisa digunakan sebagai cara mengobati insomnia adalah olahraga yang dilakukan minimal 5 jam sebelum tidur malam. Jika anda melakukan olahraga beberapa menit sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang justru menjadi susah tidur.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah berolahraga

  1. Hindari Binatang Peliharaan

Cara mengobati insomnia lainnya adalah dengan menghindarkan diri dari binatang peliharaan. Sebaiknya orang yang memiliki binatang peliharaan dijauhkan dari dalam kamar. Jika di dalam kamar, hewan peliharaan itu akan menganggu terutama suaranya, baunya dan juga tingkahnya. Bisa saja sudah tidur pulas, binatang peliharaan tersebut akan mendekati pemiliknya kemudian menjadikan tidur anda menjadi tergganggu.

  1. Padamkan Lampu

Selama ini penelitian menngatakan bahwa tidur yang sehat adalah tidur dalam kondisi yang gelap. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan tapi memang ada alasan khusus mengapa tidur dalam kondisi yang gelap justru menyehatkan. Orang yang terbiasa tidur dengan kondisi gelap akan terhindar dari sinar lampu neon yang mengeluarkan cahaya yang berbahaya bagi tubuh. Pekerja yang terlalu lama bekerja di bawah lampu neon pun juga tidak bagus untuk kesehatan mereka, kebanyakan pekerja malam hari akan mudah terkena penyakit dibandingkan dengan pekerja siang hari. Ternyata lampu padam tidak hanya berguna untuk kesehatan saja, namun lampu yang dipadamkan bisa mengobati insomnia seseorang. Ketika tidur dengan kondisi lampu yang menyala dan terang, orang tersebut akan mudah sekali pusing dan mata menjadi silau sehingga sulit untuk memejamkan mata.

  1. Jauhkan Gadget

Selian tidak boleh bermain gadget sebelum tidur, agar tidak terkena insomnia ada baiknya menjauhkan diri dari gadget. Letakkan gadget sejauh mungkin dari tempat tidur anda. Selain tidak bagus untuk otak, gadget yang didekatkan dengan tempat tidur bisa membuat anda terkena insomnia. Boleh saja gadget didekatkan dengan tempat tidur namun gadget dalam mode penerbangan atau pesawat terbang. Mode ini akan membuat gadget anda tetap on, namun sinyal yang ada di handphone akan hilang sehongga tidak berbahaya bagi otak dan tidak menyebabkan insomnia.

Baca : Penyebab radang selaput otakMakanan dan minuman yang berbahaya untuk otak

  1. Jangan Stres

Cara mengobati insomnia yang lainnya adalah menghindari stres. Banyak orang yang meyakini bahwa stres merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami susah tidur atau insomnia. Terlalu banyak pikiran yang ada di dalam benak membuat seseoang susah tidur, ketakutan demi ketakutan hilir mudik satu persatu dan semua ketakutan ketakutan itu bisa menyebabkan seseorang susah tidur. Jika anda insomnia dan disebabkan oleh stres, sebaiknya anda jangan stres. Rilekskanlah pikiran anda, percaya saja bahwa semua yang ada di dalam kehidupan anda telah diatur sedemikian rupa oleh Tuhan, manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin dan hasilnya ada di tangan Tuhan. Stres hanya akan merugikan kesehatan anda. Orang yang stres bisa berubah menjadi depresi, saat depersi tidak terobati gangguan jiwa bisa datang kapan saja.

Baca : Makanan sehat untuk menghilangkan stresCara menghindari stres

  1. Musk Klasik

Selain bisa digunakan untk merangsang kecerdasan bayi selama di dalam kandungan, musik klasik yang lembut berguna untuk mengobati insomnia. Seseorang yang mendengarkan musik klasik akan mudah sekali mengantuk dan bisa tidur dengan tenang. Anda bisa mendengarkan musik klasik dari Mozart atau Beethoven untuk menemani tidur anda. Yang harus diingat disini adalah meletakkan sumber suara itu tidak tepat di telinga anda, namun anda bisa menaruhnya di samping tempat tidur.

  1. Hindari Jam

Orang yang susah tidur kebanyakan suka melihat jam dan melihat berapa lama dirinya dalam keadaan terbangun atau masih memiliki berapa waktu lagi dirinya untuk bisa tidur?. Hal seperti itu justru akan membuat insomnia anda semakin parah. Perasaan terburu buru bisa menyebabkan anda stres dan stres justru akan membuat anda terjaga lebih lama lagi. Ketika anda terkena insomnia, jauhkanlah jam dari hadapan anda agar perasaan anda menjadi tenang dan tidak stres.

Baca : Penyebab stres berkepanjanganCara mengatasi stres

  1. Buku Bacaan

Cara mengobati stres lainnya yang bisa anda coba adalah dengan membaca buku bacaan. Buku bacaan ini akan membawa anda hanyut dengan isi dari buku bacaan tersebut. Semakin lama anda mendalami buku bacaan itu, perasaan mengantuk akan mulai hinggap di tubuh anda. Saat anda sudah mulai mengantuk, padamkanlah lampu kemudin berbaringlah pelan pelan. Dengan begitu anda akan mudah tidur dan terhindar dari insomnia.

Baca : Gejala mata lelahJenis cacat mata

  1. Relaksasi

Untuk bisa mengobati insomnia, anda mungkin membutuhkan relaksasi. Relaksasi ini bisa digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, selain itu bisa menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran manusia. Relaksasi ini bisa anda lakukan di dalam kamar, melakukan relaksasi bisa dilakukan satu jam sebelum tidur malam. Pusatkan pikiran anda dan buat tubuh anda serileks mungkin. Ketika anda bisa melakukannya anda bisa mudah mengantuk dengan cepat dan terhindar dari insomnia.

  1. Hindari Kelelahan

Insomnia tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah kelelahan. Pendapat orang orang selama ini yang menyatakan bahwa jika lelah, akan sekali mudah tidur hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang saat tubuh lelah, orang akan mudah sekali tidur. Namun rasa lelah yang dialaminya bisa membuat orang yang sedang lelah itu bisa terbangun kapan saja akibat merasakan rasa lelah yang ada di sekujur tubuhnya. Oleh sebab itu usahakan untuk menjaga tubuh agar tidak lelah. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan kelelahan contohnya saja adalah mandi air hangat dan melakukan massage atau pemijatan.

Baca : Manfaat pemijatan dan akupuntur

  1. Aromatherapy

Untuk bisa menjaga tidur anda tetap nyenyak dan terhindar dari insomnia ada bisa menggunakan aromatheray. Mencegah insomnia dan mengobati insomnia bisa dengan aromatherapy ini. Ada banyak jenis aromatherapy yang bisa dipilih misalnya saja adalah wangi bunga, wangi buah dan lain sebagainya. Pilihlah aromatherapy yang anda suka dan jangan menggunakan aromatherapy yang justru menusuk hidung anda.

  1. Hindari Makanan Berat dan Hindari Perut Kosong

Mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur justru bisa membuat seseorang menjadi susah tidur, alasannya adalah makanan yang berat membuat seseorang menjadi kenyang. Tubuh yang kenyang akan membuat pasokan udara di dalam tubuh menjadi berkurang, akibatnya orang yang kekenyangan sulit untuk mengambil nafas. Hal itulah yang menyebabkan orang yang dalam kondisi kenyang akan mudah sekali terkena insomnia. Sebaliknya, mencoba tidur dengan perut kosong juga tidak akan ada hasilnya. Orang yang lapar akan sulit tidur sebab sulit sekali memejamkan mata dengan kondisi perut yang melilit lilit dan minta diisi makanan.

Baca : Makanan yang baik untk syaraf kejepit

  1. Jangan Menaruh TV di Dalam Kamar

Pola hidup yang salah akan membuat gangguan kesehatan pada tubuh seseorang. Salah satu pola hidup yang salah adalah sering melihat televisi di dalam kamar dan dengan posisi tiduran. Selain bisa merusak mata, kondisi seperti ini terus menerus bisa menyebabkan seseorang terkena insomnia. Banyaknya acara tv yang sayang untuk dilewatkan membuat seseorang mudah terkena insomnia. Oleh sebab itu agar insomnia anda segera menghilang, letakkanlah tv berada di luar ruangan kamar anda. Hal tersebut lebih bagus dibandingkan menaruhnya berada di dalam kamar.

  1. Tempat Tidur Hanya untuk Tidur

Cara mengobati insomnia tanpa obat lainnya adalah dengan mengubah mindset bahwa tempat tidur merupakan tempat yang hanya bisa digunakan untuk tidur. Jangan pernah melakukan aktivitas selain tidur di dalam kamar anda, apalagi jika aktivitas itu merupakan aktivitas yang menguras emosi dan juga pikiran. Jangan menyelesaikan pekerjaan anda di dalam kamar tidur sebab kebiasaan itu bisa menyebabkan seseorang terkena insomnia.

  1. Mengatur Nafas

Untuk bisa mengobati insomnia jangka pendek, anda bisa mengatur nafas agar nafas anda lebih dalam dan juga panjang. Mengatur nafas itu akan membuat tubuh dan pikiran anda rileks dibandingkan sebelumnya.

Itulah berbagai macam cara mengobati insomnia yang bisa anda praktikan di rumah. Niat dan tekat yang kuat akan memudahkan anda terlepas dari masalah insomnia. Jika insomnia tiidak segera menghilang, cobalah berkonsultasi kepada dokter.

You may also like