11 Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Banyak Pikiran Wajib Dicoba

Susah tidur adalah hal yang lumrah, apalagi ketika terbelit pekerjaan yang menumpuk namun tak kunjung usai. Akan tetapi, banyak permasalahan di balik sulitnya seseorang untuk tidur adalah beban pikiran yang di beratkan. Sebenarnya tidak ada masalah yang tidak bisa di selesaikan. Hanya saja seseorang yang terlalu berat mengambil pusing semua.

Memikirkan suatu masalah adalah hal yang wajar, namun menjadi tidak wajar jika seseorang tersebut over dalam berfikir. Terlebih lagi tidak melakukan “action” alias tindakan namun berfikir sekeras mungkin untuk mencari jalan keluarnya. Sudah pasti ini adalah cara yang “salah” namun tetap saja di terapkan. Bukan menemukan solusi, justru anda akan semakin tertekan dan ujung-ujungnya stres.

Apa yang anda ketahui ketika seseorang mengalami stress? Dalam kasus yang lebih parah, stres akan berujung depresi sehingga dibuat tidur pun susah. Oleh karena itu artikel ini membantu anda semua menemukan cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran.

  1. Buat to Do List

Rasa khawatir membuat anda lebih terjaga. Bukan hanya cemas pada sesuatu hal yang negatif, namun hal yang telah direncanakan seperti perjalanan atau acara besar dengan banyak hal yang selalu anda ingat. Guna melegakan pikiran tersebut, anda bisa memanfaatkan sebuah buku catatan dan tulislah apa saja yang memang harus anda ingat atau di kerjakan pada hari berikutnya. Mudahnya adalah, tulis saja apa yang ingin anda lakukan dan yang saat ini menjadi beban pikiran. Apabila yang anda tulis semakin detail, perlahan kantuk menyerang dan membuat anda ingin tidur.

  1. Jangan Buru-buru Pergi ke Tempat Tidur sebelum Mengantuk

Keinginan membawa seseorang pergi ke tempat tidur dan mencoba memejamkan mata. Padahal kala itu jiwa belum siap untuk terlelap. Ini yang harus anda hindari, jangan tidur sebelum ngantuk karena hal itu akan membawa diri pada fantasi masalah yang menjadi beban anda.

  1. Baca Buku

Aktifitas seperti baca buku bisa membantu anda untuk lebih cepat mengantuk. Dengan membaca, bukan hanya melupakan pikiran yang ada di otak namun juga memudahkan anda lebih cepat meluap karena kantuk. Proses baca secara tidak langsung merangsang otak dan membius untuk masuk dalam apa yang ada di dalam buku, dan semua yang menjadi beban pikiran aja terhempas walau sementara.

Makin fokus anda membaca maka semakin cepat anda mengantuk dan ingin tidur. Saat ngantuk inilah jangan lagi menunda untuk tidur, segeralah ke tempat tidur dan baringkan tubuh anda senyaman mungkin. Adapun yang bisa di baca bukan hanya buku umum tetapi juga bisa novel yang lebih banyak disukai.

  1. Mendengarkan Podcast

Audiobook atau disebut juga dengan Podcast bisa membantu anda dalam menghilangkan rasa kekhawatiran dan bisa menjadi alternatif selain membaca buku ketika anda malas menyalakan lampu. Mirip dengan fungsi buku, audiobook terutama yang kurang menarik bisa membantu anda yang belum ingin tertidur menjadi ingin tidur, dan sebaiknya dengarkan di tempat lain selain tempat tidur.

  1. Mendengarkan Musik

Musik telah melekat pada jiwa anak muda masa kini, bahkan sebagian orang dewasa juga masih menikmatinya. Cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran dengan musik adalah menggunakan handset sambil memejamkan mata. Perlahan dentingan suara musik pada lagu tersebut membawa anda terlelap.

Untuk mendapatkan efek lebih cepat, bisa mendengarkan lagu dengan alunan melow atau seperti suara instrumen, tanpa lagu namun hanya suara musik. Sejak dulu musik memang cara unik untuk membuat seseorang cepat tertidur. Anda bisa menerapkan cara ini apabila bosan dengan kegiatan membaca. Namun, Anda juga harus mengetahui bahaya menggunakan earphone saat tidur berikut supaya pola hidup sehat lebih terjaga.

  1. Fokus Pernafasan

Hal lain untuk menenangkan pikiran anda adalah dengan latihan pernafasan. Perlu anda ketahui bahwa pernafasan yang cukup dalam dan pelan bisa membantu untuk memperlambat detak jantung, namun bukan berarti ini lemah jantung karena kedua hal tersebut cukup jauh perbedaannya.

Ini menjadi satu solusi yang akan sangat membantu ketika anda merasakan kecemasan terhadap suatu hal spesifik. Melakukan pernafasan secara diafragma mampu dilakukan sambil berbaring di tempat tidur, tanpa menyalakan lampu. Ya, katakan saja ini bisa di artikan sebagai meditasi tidur.

  1. Meditasi Terarah

Meditasi terarah dapat membantu anda untuk bergegas tidur lantaran sulitnya anda terlelap karena banyak pikiran. Hal ini karena anda memerlukan fokus khusus pada waktu memejamkan mata dan berusaha untuk tidur selain memikirkan hal yang anda cemaskan. Anda bisa melakukan meditasi terarah seperti memfokuskan pikiran dengan membayangkan hal indah kala tertidur. Misalnya adalah dengan membayangkan atau berfantasi bahwa anda sedang berada di sebuah pantai indah untuk liburan. Perlahan, keasyikan ini akan membuat anda tertidur.

  1. Makan Makanan Ringan

Berusahalah meminimalisir pikiran anda agar tidak terus tegang. Jika anda mengalami sulit tidur, ambillah makanan ringan untuk camilan sampai anda bisa memejamkan mata. Selain itu anda bisa mengambil beberapa potongan buah. Meski memiliki manfaat yang baik, Anda juga harus memperhatikan bahaya makanan ringan snack supaya dapat mengendalikan tingkat konsumsi agar tubuh tetap sehat.

  1. Main Game

Smartphone menjadi salah satu barang yang hampir semua orang memilikinya. Kegunaan ponsel pintar cukup banyak untuk menunjang pengetahuan masa kini. Fungsi lain dari smartphone adalah untuk bermain game dengan mengesampingkan fungsi pokok lainnya. Apabila anda merasa sulit tidur akibat faktor pikiran, anda bisa mengutak atik smartphone untuk bermain game.

Game akan menghipnotis anda melupakan masalah yang jadi beban pikiran. Sehingga anda akan terpacu ingin memenangkan game yang dimainkan dan perlahan akan mengantuk. Akan tetapi, gunakan seperlunya saja dikarenakan akan ada dampak bahaya kecanduan Hp yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mental. Namun kalau memang sudah terlanjur ketagihan, coba terapkan cara mengatasi kecanduan hp.

  1. Nonton Film

Jika susah tidurnya dikarenakan banyak pikiran, maka film-film seru akan tetapi tidak ada adegan yang terlalu keras bisa mengantar Anda kepada alam mimpi dengan indah. Tanpa disadari, jika sudah waktunya tidur tapi belum bisa, ditengah menonton film ini Anda akan terasa kantuk berat sehingga bisa tidur pulas. Perlu Anda ketahui juga bahwa, nonton film ini juga merupakan salah satu dari terapi menghilangkan stres dan gaya hidup sehat untuk awet muda bebas dari penyakit juga sehingga cara satu ini sangat direkomendasikan.

  1. Konsultasi ke Dokter

Jika banyak langkah alami dan mudah di atas telah dilakukan namun tak kunjung membuat anda tidur, salah satu langkah terakhir yakni berkonsultasi pada dokter. Banyaknya pikiran tanpa disadari bisa menjadikan Anda stres berlebihan dan menuju pada kondisi depresi, jadi akan lebih aman bila Anda langsung memeriksakan ke dokter tentang gangguan tidur ini.

Itulah 11 cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran yang bisa Anda coba terapkan sendiri dalam kehidupan Anda saat susah tidur. Ingat, tidur merupakan aktivitas yang penting karena berfungsi untuk mengembalikan stamina yang hilang setelah beraktifitas seharian, jadi semoga tips tersebut membantu.