16 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Paling Ampuh

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk memang mudah kita lakukan. Seseorang yang mengalami sesak nafas karena batuk tentunya akan sangat menggangu dan akan membuat ia akan mengalami cepat lelah dan lemas. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan beberapa cara mengatasinya yang wajib diketahui.

  1. Tidak Merokok

Berhentilah merokok sebagai salah satu cara efektif menangani sesak nafas yang disebabkan oleh batuk. Baik itu Anda seorang perokok aktif atau pasif, rokok dan asap rokok akan memburuk kondisi batuk yang otomatis mampu memperparah sesak nafas juga. Karena bahaya merokok bagi kesehatan dapat meluas, hentikan kebiasaan ini dan jauhi asap rokok untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

  1. Buah cermai

Cara mengatasi yang kedua adalah menggunakan buah cermai sebagai bahan utama untuk pengobatan yang akan anda lakukan. Meskipun bentuk dari buah ini kecil, akan tetapi anda tidak boleh meremahkannya karena manfaat yang akan anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi buah ini akan sangat besar. Cara yang harus anda lakukan sangat mudah. Yang pertama anda rebus buah cermai tersebut dan kemudian anda masukkan bawang merah dan juga kelengkeng ke dalam wadah yang anda gunakan untuk merebus. Disarankan untuk menumbuk bawang tersebut sebelum dimasukkan. Saring airnya, dan terakhir anda konsumsi secara rutin untuk bisa sembuh lebih cepat.

  1. Bawang Putih

Tak salah kalau Anda mengalami batuk dan kemudian batuk menyebabkan sesak nafas lalu memanfaatkan bawang putih sebagai obatnya. Ini karena penyumbatan pada paru-paru atau saluran pernapasan akan terlegakan. Rebus beberapa siung bawang putih yang telah dikupas dan dibersihkan bersama susu dan konsumsilah setiap hari secara rutin.

  1. Jahe

Terlepas dari efek samping jahe yang patut Anda tahu dan waspadai, jahe merupakan rempah ajaib yang akan mengatasi sesak nafas dikarenakan batuk. Karena efektif mengatasi bronkitis sekaligus penyakit asma, tentu tak diragukan lagi, mengonsumsi teh jahe akan menguntungkan bagi penderita sesak nafas karena batuk.

  1. Strawberry

Cara menyembuhkan sesak nafas disebabkan batuk yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah strawberry. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini berwarna merah yang mana fungsi dari vitamin C tersebut bisa membantu anda dalam mengatasi masalah sesak nafas yang disebabkan oleh batuk. Bisa juga membuat buah tersebut menjadi jus namun anda tidak perlu menambahkan bahan tambahan apapun untuk digunakan sebagai pemanis.

  1. Teh Daun Mint

Sebagai pelega pernapasan, daun mint juga bisa dijadikan obat ampuh dengan cara menjadikannya teh dan dikonsumsi setiap hari hingga batuk sembuh dan sesak nafas tak terjadi lagi. 2-3 lembar daun mint dapat diseduh untuk dijadikan teh, konsumsilah selagi hangat untuk meredakan sesak nafas.

  1. Jus Lemon

Antioksidan dari kandungan vitamin C yang ditawarkan oleh jus lemon sangat tinggi sehingga akan menaikkan daya tahan tubuh yang rendah pada tubuh Anda. Jika sesak nafas dikarenakan batuk, otomatis meminum jus lemon akan menyembuhkan batuk yang juga sekaligus meredakan sesak nafas Anda.


  1. Licorice

Akar licorice juga berpengaruh baik bagi Anda yang punya sesak nafas apalagi disebabkan oleh batuk. Konsumsilah teh licorice sehari 3-4 kali dengan cara menyeduh akar licorice secukupnya dan tambahkan madu bila ingin. Selain sesak nafas karena batuk, sesak nafas karena bronkitis dan asma juga siap diatasi.

  1. Bawang Merah

Meski ada efek samping bawang merah, bumbu dapur ini juga dikenal dengan kandungan tinggi anti-inflamasinya. Untuk sesak nafas yang dikarenakan batuk, Anda cukup mengonsumsi ekstrak jus bawang merah secara rutin yang akan melancarkan sistem pernapasan secara aman dan efektif asal tidak konsumsi secara berlebihan.

  1. Madu

Pastikan Anda tahu cara membedakan madu asli dan palsu supaya memperoleh madu yang paling berkualitas dan berkandungan dekongestan terbaik. Dengan mengonsumsi madu setiap hari 3 sendok makan, baik itu secara langsung atau dicampur ke dalam segelas air hangat setiap kali minum, efeknya akan dirasakan dengan baik. Sesak nafas hilang dan batuk juga akan mereda.

  1. Minyak Kayu Putih

Tak salah lagi, minyak kayu putih akan membantu saluran pernapasan kembali lega baik itu karena batuk atau penyakit lainnya. Jika ingin cara sederhana, gunakan dengan menambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam sebaskom air panas dan campurkan. Hirup uapnya selama kurang lebih 15 menit dan lakukan metode perawatan ini secara teratur.

  1. Minyak Mustard

Minyak lainnya yang dapat secara ampuh meredakan sesak nafas dikarenakan batuk adalah minyak mustard. Hangatkan lebih dulu minyak mustard secukupnya dan oleskan minyak hangat ini pada bagian dada serta punggung. Sesak nafas pun dijamin dapat reda sekaligus akan membuat tubuh yang sedang dilanda sakit batuk menjadi lebih baik.

  1. Daun Kenanga

Tanaman ini kebanyakan memang hanya daunnya saja yang dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal yang mana biasanya daun kenanga tersebut akan direbus sampai mendidih, dan juga biasanya akan ditambahkan sedikit gula pasir atau juga gula jawa untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan. Setelah itu, air tersebut disaring dan yang terkhir adalah anda hanya tinggal meminumnya secara rutin untuk bisa mendapatkan ahsil yang lebih maksimal.

  1. Cengkeh

Adapun cara menggunakan cengkeh sebagai ramuan untuk mengatasi sesak nafas yang disebabkan oleh batuk sangatlah mudah. Pertama anda tumbuh cengkeh tersebut sampai benar – benar halus, selanjutnya anda bisa menambahkan campuran madu. Dan yang terkahir anda bisa langsung memakannya dan konsumsi ramuan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Akar Bit

Sediakan akar bit dengan ukuran medium bersama dengan bayam secukupnya, 3 buah wortel, serta setengah ubi manis yang kemudian jusnya bisa diekstrak. Campuran ekstrak jus dari bahan-bahan itu dapat dikonsumsi setiap hari di mana hanya sekali sehari penggunaannya dan buktikan keefektifannya.

  1. Kunyit

Perawatan sesak nafas disebabkan batuk yang terakhir direkomendasikan yaitu dengan cara mengkonsumsi kunyit. Adapun cara yang harus anda lakukan jika anda ingin menggunakan kunyit sebagai bahan pengobatan anda yaitu dengan cara merebus kunyit tersebut yang sebelumnya sudah anda parut terlebih dahulu.

Tunggu sampai mendidih dan sampai airnya menyusut kurang lebih hanya tinggal setengahnya. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyaring air hasil campuran kunyit tadi dan selanjutnya konsumsi air yang telah anda saring tersebut secara rutin agar supaya anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah sejumlah rekomendasi cara mengatasi sesak nafas karena batuk yang layak dicoba. Karena penggunaan bahan alami pun tergolong sederhana, maka Anda bisa coba mengandalkannya dan selamat mencoba, semoga memberikan manfaat terbaik bagi Anda.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Batuk