20 Gaya Hidup Sehat Untuk Awet Muda & Bebas Dari Penyakit

Gaya hidup sehat adalah kunci dari kesuksesan segala bidang, kesehatan, dan kualitas hidup seseorang. Banyak orang mengatakan bahwa kesehatan mahal harganya. Bagaimana tidak? Jika kita sedang sakit, itu adalah penderitaan yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Apalagi jika menderita penyakit yang tergolong parah dan sulit disembuhkan maka akan mebutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk proses penyembuhan penyakit yang di derita. Saat kita sakit, perasaan kita tidak nyaman, kita tidak bisa makan seenaknya, tidur pun kadang tidak nyenyak. Kekayaan yang sudah dikumpulkan tidak akan bisa dirasakan tatkala sudah sakit parah.

Oleh karenanya, sudah menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan kita. Gaya hidup sehat harus dilakukan sejak dini, agar di usia senja kita tetap memiliki tubuh yang sehat bugar. Inilah tips 20 gaya hidup sehat untuk menjadi pribadi yang positif.

#1. Gaya Hidup Sehat Dengan Rutin Olahraga Pagi

gaya hidup sehat - olahragaOlahraga di pagi hari sangat banyak manfaatnya. Selain karena udara pagi sangat kaya akan oksigen juga ditunjang kondisi tubuh setelah lama tertidur sehingga membutuhkan gerakan olahraga untuk memicu metabolism tubuh. Olahraga pagi tidak harus olah fisik yang berat, minimal lakukan gerakan pemanasan dan lari-lari kecil setiap harinya. Lakukan dengan rutin, dengan begitu Anda akan senantiasa fit menjalani hari.

#2. Biasakan Bangun Pagi

Biasakan untuk bangun pagi-pagi. Kebiasaan bangun kesiangan harus di hilangkan. Perlu kita ketahui bahwa pada jam 3.00 sampai 5.00 pagi organ paru-paru kita menguat. Paru-paru kita melakukan proses pembuangan racun di dalam tubuh, sehingga perlu aktivitas pernapasan lebih dalam agar volume oksigen yang masuk lebih banyak. Bangun di antara jam tersebut dan melakukan olah pernapasan akan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

#3. Tidur Sebelum Jam 12 Malam

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Sepenggal lirik lagu rhoma irama tersebut memang memiliki makna yang dalam untuk mengingatkan kita agar menjaga kesehatan tubuh kita.

Mengapa Begadang Merusak Kesehatan?

Pasalnya, antara jam 23.00 sampai 01.00 dini hari aktivitas organ jantung kita sudah mulai melemah dan perlu di istirahatkan setelah seharian beraktivitas. Jika Anda masih terjaga di hingga jam 12 malam akan sangat memberatkan kerja jantung Anda untuk terus berdetak dengan pola yang cepat. Sehingga sayangi jantung Anda dengan stop begadang.

Lebih baik segera tidur, dan jika Anda memiliki tugas yang belum terselesaikan  Anda bisa bangun di jam 3 pagi untuk melanjutkannya. Itu lebih baik daripada Anda memaksakan untuk begadang yang justru merupakan kebiasaan tidak sehat.

#4. Menyempatkan tidur siang

Tidak hanya anak kecil saja yang butuh tidur siang, Orang dewasa juga mesti melakukannya. Karena antara jam 13.00 sampai 15.00 kinerja hati kita melemah. Para dokter menyarankan untuk beristirahat dan jika bisa tidur sejenak agar sel darah merah terkumpul kembali di dalam hati, agar metabolism hati berjalan lancar. Tidak butuh waktu lama untuk tidur siang, minimal 15 menit dan maksimal 1 jam sudah cukup.

#5. Makan 3 kali Sehari

Makan 3 kali sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Hal itu bukan tanpa alasan, aturan makan 3 kali di sesuaikan dengan siklus lambung kita antara lama mencerna makanan hingga kosong kembali. Jika lambung di biarkan terlalu lama kosong akan mengakibatkan asam lambung yang itu justru tidak baik untuk kesehatan system pencernaan. Oleh karena itu, jaga waktu makan Anda minimal 3 kali makan dalam sehari.

#6. Selalu sarapan pagi

Selalu sempatkan sarapan pagi sebelum Anda menjalani aktivitas. Lambung kita menguat di antara jam 7.00 sampai jam 9.00 pagi, membutuhkan asupan makanan untuk di cerna. Serta ketika makan di jam tersebut akan memicu metabolism tubuh. Sehingga Anda akan bertenaga untuk menjalani kesibukan kerja.

#7. Hindari makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak jika di konsumsi berlebihan juga tidak  baik. Makanan tinggi kolesterol akan membuat penyumbatan di system peredaran darah Anda. makanan tinggi kolesterol seperti jeroan, kuning telur, sea food, dan makanan yang di masak dengan minyak biasanya cukup banyak mengandung kolesterol. Dampak yang timbul adalah resiko menderita diabetes, obesitas, hingga stroke.

#8 Penuhi kebutuhan kalori

Apakah Anda tahu kebutuhan kalori tubuh anda tiap harinya? Sudahkan makanan yang Anda makan memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya? Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Perbedaan itu di dasarkan atas usia lanjut yang biasanya berkurang kisaran 5 % dari kebutuhan kalori dewasa, di dasarkan atas jenis kelamin, dan juga di bedakan atas dasar aktivitas yang di lakukan. Semakin berat aktivitasnya maka kebutuhan kalori tubuh juga semakin besar.

Info Lengkap : Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

#9 Gaya Hidup Sehat Dengan Konsumsi Buah-Buahan

Makanlah buah dengan kandungan serat yang tinggi. Konsumsi buah berserat akan membuat system pencernaan Anda menjadi lancar, serta proses penyerapan nutrisi dari setiap makanan yang kita makan menjadi lebih efektif. Makanan tinggi serat juga menjaga pola BAB kita lebih normal setiap harinya.

Baca Juga : Makanan kaya serat

#10. Konsumsi Sayur

Sayuran menjadi sumber makanan yang masuk komposisi makanan 4 sehat  sempurna. Sayuran memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tubuh kita memiliki kebutuhan harian terhadap vitamin dan mineral. Konsumsi sayuran dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh kita.

#11. Manajemen Energi

Kita perlu mengatur energy untuk mencapai optimalisasi kerja dengan efektif dan efisien. Sumber energy tidak hanya berkaitan mengenai energy fisik saja, melainkan energy emosional hingga energy spiritual harus kita kelola dengan baik agar kita senantiasa merasa bertenaga untuk menjalani rutinitas kerja.

#12. Manajemen Waktu

Selain energy kita juga harus mengelola waktu kita dengan baik. Buat plan diri setiap minggunya hingga lebih detail menjadi plan diri setiap harinya. Anda perlu menempatkan kegiatan-kegiatan yang Anda bakal lakukan setiap harinya dengan mempertimbangkan kondisi fisik Anda. jangan memaksakan untuk menjalani kesibukan yang berat sekaligus. Cobalah untuk empati kepada diri sendiri dan menempatkan setiap agenda dengan proporsional. Karena orang besar tidak ditentukan oleh darimana dia berasal melainkan ditentukan oleh bagaimana dia mengelola waktunya.

#13 Minum air putih (minimum 8 gelas sehari)

Kebutuhan air putih memang berbeda setiap orangnya. Namun jangan sampa Anda mengalami kekeringan di dalam tubuh karena kurangnya suplai air. Seperti yang kita tahu sebagian besar tubuh kita adalah Air. Oleh karena itu setiap organ tubuh kita memerlukan asupan air yang banyak untuk menjaga fungsinya agar tetap bekerja dengan baik.

#14 Spiritualitas

faktor ibadah juga memiliki peranan penting untuk menjadikan diri kita positif. Dengan beribadah kita akan membangkitkan energy spiritualitas yang membuat kita lebih termotivasi untuk menjalani hidup. Aspek spiritualitas akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, jangan bosan-bosan untuk beribadah, karena mampu menjaga energy spiritual dalam diri untuk menjadi pribadi yang bermoral baik.

#15 Kebersihan diri

Orang bilang kebersihan sebagian dari iman. Maksudnya adalah hendak menunjukkan betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan hingga diri sendiri. Banyak penyakit yang di timbulkan dari pola kebersihan yang buruk. Kebiasaan mencuci tangan dan mandi minimal 2 kali sehari akan turut menjaga diri kita terhindar dari kuman yang berpotensi masuk ke dalam tubuh kita.

#16 Bersemangat mengawali hari

Mulailah hari-hari anda dengan semangat yang tinggi. Mood yang baik akan membuat Anda lebih nyaman dalam menjalani setiap kesibukan. Carilah sumber motivasi agar anda senantiasa memiliki target yang hendak di capai setiap harinya. Cita-cita menjadi salah satu sumber motivasi terbesar untuk Anda.


#17 Menjadi orang yang menyenangkan

Kita adaah makhluk social yang tidak bisa hidup tanpa campur tangan orang lain. Bahkan karena orang lain pula yang turut menentukan bagaimana kepribadian kita. Maka jadilah orang yang menyenangkan untuk orang lain. Senantiasa memberikan manfaat untuk orang banyak adalah hal yang baik. Kepribadian tersebut akan membentuk sikap empati social yang lebih tinggi di dalam diri Anda. dengan begitu kita akan terlatih untuk memiliki kepribadian yang positif.

#18 Kurangi minuman berenergi

Sebaiknya Anda mengurangi minuman bernergi dan juga yang mengandung kafein, karena minuman tersebut akan membuat organ tubuh dipaksa untuk bekerja lebih berat padahal sejatinya organ tubuh kita sudah melemah. Artinya yang seharusnya tubuh kita ingin istrirahat namun kita paksa untuk bekerja kembali, hal itu akan merusak fungsi tubuh untuk jangka panjangnya. Lebih baik kurangi minuman bernergi, dan sebaiknya kelola energy diri Anda dengan baik.

#19 Refreshing di akhir pekan

Kejenuhan adalah sifat alamiah yang pasti di miliki oleh setiap orang. Untuk memberikan kebugaran fisik dan pikiran kita, gunakanlah hari minggu sebagai hari yang efektif untuk melepas penat. Anda tidak perlu keluar rumah untuk menyegarkan pikiran, di dalam rumah saja cukup dengan melakukan hal-hal baru yang menyenangkan bagi Anda, seperti nonton film, karaoke, bermain music, dsb.

#20 Berpikir positif

Terakhir setelah melakukan berbagai kebiasaan sehat di atas, masih kurang cukup jika tidak di iringi dengan pola pikir yang positif pula untuk membentuk pribadi yang positif. Banyak yang berpendapat bahwa  Faktor sugesti turut membantu pembentukan kepribadian kita. Selalu mengambil hikmah di setiap peristiwa yang kita alami adalah sikap yang bijak. Dengan selalu beranggapan bahwa semua yang terjadi dalam hidup pasti ada pelajaran yang di dapat akan membantu kita menjalani aktivitas dengan rasa optimism yang tinggi.

20 Gaya hidup sehat di atas sudah wajib anda lakukan agar selalu awet muda, kesehatan, panjang umur, dan segar bugar menjalani berbagai aktivitas. Namun selain hal tersebut, ada beberapa kebiasaan atau gaya hidup tidak sehat yang harus anda hindari. Berikut diantaranya

Gaya Hidup Sehat Dengan Menghindari Kebiasaan Buruk

  1. Tidak Konsumsi Narkoba. Pasti anda sudah tahu bahaya narkoba, jadi sudah tidak perlu dijelaskan lagi yah.
  2. Tidak merokok, bahaya merokok sudah pasti mematikan dan membuat tubuh tumbuh berbagai penyakit.
  3. Tidak konsumsi alkohol.

Nah gaya hidup sehat yang kita jalani harus memperhatikan berbagai aspek, termasuk gaya hidup yang tidak sehat juga wajib kita hindari.

,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat