16 Terapi Menghilangkan Stres yang Mudah Dilakukan

Stress dapat dialami oleh siapa saja, stress yang berkepanjangan dapat memicu terjadinya berbagai penyakit. Stress dapat memicu beberapa penyakit seperti tekanan darah yang meningkat pembuluh darah menjadi sempit dan bernafas lebih cepat. Untuk itu bagi Anda yang sering mengalami stress anda perlu melakukan berbagai terapi agar anda tidak terlalu stress yang di mana stress tersebut akan menyebabkan berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Adapun beberapa terapi menghilangkan stres adalah sebagai berikut :

1. Melakukan olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat memperoleh Manfaat olahraga seperti Yoga dapat mengurangi rasa stress yang anda Derita. Dengan melakukan olah raga ini akan membantu diri Anda menjadi yang lebih rileks dan pikiran anda menjadi lebih tenang. Sehingga dengan begitu anda akan lebih mudah berpikir secara jernih dan terhindar dari rasa stress.

Artikel terkait

2. Mengeluarkan berbagai masalah yang ada di pikiran anda

Jika anda mengalami stress karena banyak fikiran maka anda dapat mengatasinya dengan cara mengeluarkan unek-unek yang ada pada diri Anda. dengan melakukan terapi ini akan membantu Anda terhindar dari rasa stress yang berlebihan. Yang dimana rasa stress tersebut nantinya akan membuat Anda terkena berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Baca juga : Stress

3. Melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan hobi anda

Salah satu cara mengatasi stress adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang anda sukai. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang anda sukai seperti nonton film jalan-jalan belanja atau berkebun akan membantu anda untuk meredakan rasa stress yang anda Derita. Anda dapat mengurangi rasa stress dengan cara melakukan hobi anda terutama melakukan hobi hobi yang positif.

4. Tidur secara teratur

Stress juga dapat disebabkan karena seseorang Tidur Larut Malam, untuk itu bagi Anda yang sering merasakan stres hingga menyebabkan sakit kepala anda harus mencukupkan kebutuhan tidur anda. Jangan tidur terlalu lama ataupun tidur hanya sebentar. Tidur yang terlalu lama atau tidur yang sebentar dapat memicu terjadinya stres pada diri Anda sehingga Anda menjadi sakit kepala.

Baca juga : penyebab ngrokok saat tidur

5. Reframing

Reframing adalah memaknai ulang apa yang telah terjadi secara positif. Dengan melakukan reframing akan membantu anda untuk terhindar dari stress. Memaknai sesuatu dengan positif dan menghindari berfikir negatif akan membantu anda untuk tetap semangat menjalani hidup dan terhindar dari penyakit stress.

6. Mengatur standar

Stress dapat disebabkan karena adanya berbagai target target yang tidak segera tercapai. Untuk itu agar anda tidak mengalami stress secara berlebihan Anda dapat mengatur ulang standar anda. Atur standar Anda sesuai dengan kemampuan anda jangan membuat standar secara muluk-muluk yang sangat sulit untuk dicapai. Membuat standar yang muluk-muluk dan sulit dicapai akan memicu Anda mengalami stres yang berlebihan.


7. selalu bersyukur

Selalu bersyukur dengan segala keadaan merupakan salah satu cara untuk mengatasi stress yang berlebih pada diri Anda. Dengan selalu bersyukur dan berpikir positif semua akan menjadi lebih mudah dan anda dapat terhindar dari penyakit stress.

Baca juga :  cara mencegah kerusakan hati

8. Meditasi

Meditasi juga merupakan salah satu alternatif yang dapat anda gunakan ketika anda sering merasakan stress. Dengan melakukan meditasi akan membantu diri anda lebih rileks dan menghilangkan aura aura negatif yang ada pada pikiran anda.

Baca juga : kaki mati rasa

9. Mandi

Stress yang disebabkan karena Kelelahan dapat diatasi dengan cara mandi atau berendam. Mandi atau berendam akan membuat anda merasa jauh lebih rileks dari sebelumnya. Untuk itu bagi Anda yang merasa stress karena kelelahan segeralah melakukan mandi atau berendam. Untuk mempercepat pemulihan Anda dapat berenang dengan menggunakan aroma-aroma seperti aromaterapi.

10. Melakukan pemijatan

Bagi Anda yang sering merasakan stres Anda dapat melakukan berbagai pemijatan yang di mana pemijatan tersebut akan membantu anda untuk mengurangi rasa stress yang anda Derita.

Baca juga : Tidur Setelah Makan

11. Berteriak

Hal yang biasa dilakukan seseorang Ketika seseorang merasa stress ataupun kecewa adalah berteriak. Berteriak merupakan salah satu cara yang cukup efektif dilakukan ketika anda merasa stress. Agar tidak mengganggu sekitar Anda berteriaklah dan keluarkan apa yang ingin anda katakan di tempat yang sepi atau tempat yang luas seperti pegunungan.

Baca juga :  bahaya minum teh

12. Tertawa

Pikirkanlah hal-hal yang membuat Anda tertawa, karena dengan tertawa akan membuat rasa stress yang anda derita sedikit berkurang. Untuk itu Ketika anda merasa stress secara berlebihan berpikir secara positif atau pikirkanlah hal-hal yang lucu yang dapat membuat anda tertawa.

Baca juga : Bahaya minuman bersoda

13. Menggunakan aromaterapi

Aromaterapi akan membuat diri Anda menjadi lebih rileks, untuk itu dengan menghirup aroma terapi Anda dapat mengurangi rasa stress pada diri Anda.

14. Mendengarkan musik

Ada beberapa orang yang akan berkurang rasa Stress nya ketika seseorang mendengarkan musik. Namun ada juga beberapa orang yang akan merasa semakin stress ketika mendengarkan musik. Bagi Anda yang termasuk salah satu orang yang gemar akan musik Anda dapat menghilangkan rasa stress yang ada berita dengan cara mendengarkan musik yang anda sukai.

15. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat juga dapat menghindarkan Anda terkena stress. Untuk itu selain menghindari berbagai hal hal yang menyebabkan anda menjadi stress Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi.


Baca juga :

16. Melakukan rekreasi

Melakukan rekreasi bersama keluarga maupun pacar dapat mengurangi rasa stress yang anda Derita. Melakukan rekreasi seperti pergi ke pantai ataupun ke pegunungan akan membuat anda lebih rileks. Untuk itu jika anda sering merasakan stress cobalah melakukan rekreasi bersama keluarga atau bersama pasangan anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan stress yang dapat Anda lakukan. Jika anda sering merasakan stress jangan dibiarkan begitu saja karena stress yang berlebihan akan membuat anda Mengalami berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Meskipun pada dasarnya stress dapat dampak positif seperti membantu untuk bekerja lebih cepat karena adanya target waktu namun Jangan pernah meremehkan stress yang anda derita karena akan berdampak negatif kedepannya.

, ,
Oleh :
Kategori : Stres