6 Terapi Infeksi Saluran Kemih – Parental dan Oral

3709

Terapi infeksi saluran kemih merupakan upaya terbaik yang diberikan pada anak dan dewasa yang terserang infeksi atau sedang mengalami gejala. Infeksi saluran kemih tidak termasuk sebagai penyakit yang mudah menular pada orang lain karena perkembangan penyakitnya digerakkan oleh jenis bakteri dan bukan virus.

Jenis bakteri

Beberapa jenis bakteri yang menyerang jaringan kandung kemih dan menginfeksi saluran kemih :

  • E- coli
  • Klebsiella pneumoniac
  • Pseudomonus aeruginosa
  • Enterococcus Spp
  • Morgarella morganii
  • Proteus mirabillis

Semua jenis kuman dan bakteri yang menyerang dan menginfeksi kemih dapat muncul karena makanan yang tidak bersih, makanan yang tidak matang dan terkontaminasi dengan bakteri ketika proses pencucian. Kondisi udara dan lingkungan yang terkontaminasi dengan radikal bebas, perpindahan bakteri dari benda benda yang digunakan secara bersama sama, karena penggunaan air pada sarana umum yang tidak steril dan sebagainya.

Gejala

Awal mula seseorang teridikasi terserang infeksi pada saluran kemih :

  • Sering buang air kecil dengan frekwensi urin yang keluar adalah sedikit sedikit dan bagian bawah perut terasa nyeri ketika urin dikeluarkan. (Baca juga : Sering buang air kecil)
  • Ketika melakukan aktifiats berdiri, Duduk, Tidur atau berjalan perut bagian bawah terasa terasa sebah, Penuh, Kembung dan seperti mendapat tekanan atau dorongan hebat dari arah luar kedalam, sehingga perut terasa tidak nyaman.
  • Nyeri pada daerah panggul dan punggung yang kadang datang secara bersamaan, Kondidsi ini kerab menyebabkan penderita mengalami stres dan sindrom kebingungan.
  • Urin yang dikeluarkan berwarna keruh atau kekuningan dengan bau tidak sedap yang menyolok dan terkadang dengan sendirinya keluar bercampur dengan darah serta nanah.
  • Timbul mual mual dan keinginan untuk muntah ketika bagian kandung kemih terasa sakit dan ingin buang air kecil. Kondisi ini dapat menyerang anak anak dibawah usia 8 tahun.
  • Terserang demam tinggi yang datang dan timbul serta menderita menggigil walaupun sedang berada pada temperatur cuaca yang sedang tinggi.
  • Daerah pinggang dan selangkangan terasa nyeri jika sedang melakukan aktivitas berjalan dan berlari. Kondisi tersebut disebabkan infeksi yang sudah terjadi pada saluran kemih mendapat guncangan dan gesekan sehingga rasa sakit pada pinggang dan selangkangan tidak bisa dihindari.

Jenis jenis terapi

Jenis Terapi infeksi saluran kemih didapat dari rekomendasi dokter yang terkait atau para ahli dibidang penyakit dalam :

Terapi Antibiotik Parental Treament

Jenis antibiotik yang digunakan adalah :

1. Cefriaxone – Antibiotik jenis Cefriaxone diberikan pada anak anak yang menderita gejala atau sudah terserang infeksi dan secepatnya membutuhkan terapi infeksi saluran kemi , karena infeksi tersebut disebabkan oleh serangan bakteri E coli. Jenis morgarella morganii dan jenis proteus mirabillis

2. Ticarcillin – Antibiotik jenis ticarsillin dapat diberikan untyk metode terapi infeksi saluran kemih pada anak dan dewasa untuk menghambat pergerakan mikroorganisme atau bakteri yang sudah masuk dalam jaringan kandung kemih tetapi belum menginfeksi kemih secara melebar atau meluas.

3. Cefpodoxime – Antibiotik jenis Cefpodoxime diberilkan untuk upaya sebagai terapi infeksi saluran kemih guna melenyapkan dan menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang didalamnya telah terkontiminasi aerobik-anaerobik.

Terapi Antibiotik Oral Treament

1. Amoksillin klavulanat – Antibiotik jenis amoksillin klavulanat digunakan untuk menghambat dan memperlambat laju jaln bakteri sistesis pada dinding sel dengan mengikat protein penisillin.

2. Sulfonamide – Antibiotik jenis sulfonamide diberikan pada anak pada gejala awal tetapi sudah memberi keluhan infeksi dengan tanda tanda umum yaitu sering buang air kecil dengan rasa nyeri pada kandung kemih dan mengeluarkan darah segar. Penyebab sering buang air kecil ini akan segera dihentikan dengan penggunaan antibiotik jenis Sulfoname ditujukan untuk menghentikan darah yang tercampur dengan urin dan mengurangi rasa nyeri pada saluran kemih ketika air seni mulai dikeluarkan.

3. Cefpodixime – Antibiotik jenis cefpodixime dapat diberikan pada anak dan dewasa untuk memperkecil resiko masuknya bakteri lain pada kemih dan mempercepat penyembuhan infeksi pada saluran kemih.

Referensi :

  • The accuravy and healt risksof voiding cystourethrogram after a febrite urinary tract infection , Staker SR. Accuracy J padiatr urol. Feb 2012:8 (1) 72-6
  • Merquerian PA, Recomendations for antibiotic prophylaxis sverisson efi herz DB, Mequiston LT urinary tract infection in children.Curr urol rep. Marc 2010 :11 (2) 98-108
  • Recomendations of Hoberman A, Oral versus initial intravenous theraphy for urinary tract infection in febrile children, pediatrics 1999:104:79-86
  • Recomendation of CragJ and Hodson W Increasing antibiotic resistance among urinary tract isolates Archives of diseases of human . 2003 :88:444-5

Pemberian terapi antibiotik oral setelah cara parental

Pengobatan awal biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menggunakan pengobatan parental dan setelah pasien memiliki perubahan atau perbaikan kesehatan akan kemihnya yaitu bisa dilihat dalam rentan waktu 24 sampai 48 jam. Maka pasien akan diberikan antibiotik lanjutan dalam bentuk oral dengan rentang waktu pengobatan antara seminggu sampai 14 hari.

Rekomendasi cara penggunaan antibiotik

Terapi infeksi saluran kemih yang menggunakan antibiotik tidak sembarangan dilakukan oleh umum tanpa rekomendasi dokter. Antibiotik akan diberikan dokter sesuai perkembangan infeksi yang dialami pasien dan disesuaikan dengan jenis bakteri atau kuman yang menyerang. Takaran antibiotik yang dipakai akan disesuaikan pula dengan pola resisten dari bakteri atau kuman terhadap antibiotik itu sendiri agar infeksi kemih mudah disembuhkan.