7 Gejala Aritma Jantung Paling Berbahaya

Aritma merupakan masalah yang terjadi karena adanya gangguan paa jantung. Pada penyakit aritma ini menunjukan bahawa adanya jantung yang berdetak terlalu cepat, adapula jantung yang berdetak terallu lambat. Hal ini biasa disebut sebagai detak jantung yang tidka teratur. Salah satu penyebab dari aritma adalah karena akanya impuls elektrik tidak mampu bekerja dengan normal, padahal implus itulah yang dapat mengatur detak jantung menjadi normal dan dapat berdetak sesuai dengan iramanya.

Ada beberapa jenis aritma yang cukup perlu diketahui, karena beda jenis penyakit beda pula cara penanganannya. Beberapa jenis aritma adalah sebagai berikut

Jenis Aritma

  1. Bradikardia – yaitu dimana kondisi jantung berdetak terlalu lambat, sehingga membuat tubuh menjadi lemas seperti layaknya seorang yang menderita anemia hal ini dikarenakan darah tidak dapat mengalir dengan cepat dan tidak dapat mengalir dengan sempurna sehingga menyebabkan darah menjadi kurang pada tubuh. Hal ini tentu membuat penderitanya menjadi cepat lelah
  2. Takikardia – hal ini adalah dimana kondisi jantung berdetak terlalu cepat, hal ini menjadi kebalikan dari bradikadia, bila bradkardia adalah detak jantung yang terlalu lemah, maka takikardia adalah kondisi dimana jantung berdetak terlalu cpat sehingga menyebabkan ketengangan pada otot.
  3. Fibrilasi atrium –hal ini terjadi ketika denyut jantung tidak daat teratur, adanya tingkat kontraksi pada organ tubuh yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan Stroke.
  4. Fibrilasi ventrikel – kondisi ini merupakan kondisi dimana penderita dapat kehilangan kesadaran atau konsentrasinya. Bahkan hal ini dapat menyebabkan penyebab kematian mendadak Jadi sebelum hal itu terjadi lebih baik untuk memberikan pengobatan lebih awal agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terajadi.

Untuk berbagai jenis aritma ini tentu akan menimbulkan beberapa gejala. Ada gejala yang ditimbulakan oleh aritma atau penyakit detak jantung ini. Penyakit aritma memang merupakan penyakit detak jantung yang berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau bahkan berdetak secara tidak teratur. Pada penderita aritma memiliki beberapa gejala yang dapat ditimbulkan, adapun gejala aritma itu adalah :

  1. Mengalami kelelahan

cepat lelah  pasti dialami pada mereka yang mengalami masalah pada jantung, karena ketika jantung tidak normal tentu akan membuat tubuh menjadi mudah kelelahan. Hal ini sudah pasti terjadi. Karena jantung adalah pusat untuk mengalirkan darah. Jika darah yang dialirkan tidak sempurna, bisa menyebabkan tubuh menjadi lelah karena kekurangan darah atau biasa disebut sebagai anemia. Penyakit anemia bukanlah penayakit yang dibilang biasa. Ada beberapa bahaya anemia yang juga perlu diwaspadai selain penyakit aritmia ini.


  1. sakit kepala

Sakit kepala selalu diraskan pada mereka yang mengalami sakit apapun itu seperti sakit asma, batuk, Flu, Asam lambung, dan penyakit lainnya akan berefek pula pada kepala. Karena beberapa penyakit ini menyebabkan syaraf menjadi terganggu dan syaraf itu pun akan menuju ke dalam otak sehingga menyebabkan otak menjadi sakit dan berimbas kepada kepala. Hingag menyebabkan sakit pada kepala.

  1. sesak nafas

Jantung menjadi organ yang sangat penting, tanpa adanya jantung seorang tidak dapat hidup. Karena jantunglah yang membantu memompa darah dan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Tentu dibantu pula dengan paru-paru yang memberikan oksigen ke dalam darah. Apabila jantung tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Hal ini bisa menjadi penyebab sesak nafas karena kondisi organ pada tubuh menjadi sangat lemah. Begitu pula dengan keadaan paru-paru dan metabolisme tubuh lainnya yang menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah hingga sesak pada nafas.

  1. Nyeri pada dada

Tidak hanya sesak nafas yang akan dirasakan pada penderita aritmia, bahkan dada pun kana merasakan nyeri, hal ini tentu dikarenakan bagian dada ada organ jantung dan paru-paru. apabila jantung merasakan kesakitan. Jantung akan merasakan nyeri pula. Nyeri pada jantung bisa disebabkan karena Kelelahan otot hingga otot tidak berfungsi dengan lentur yang akan membuat dada terus merasakan nyeri dan sesak.

  1. Sering pingsan

Apabila pada saat yang bersamaan jantung tidak melakukan tugasnya yaitu memompa darah, dan jantung menagalami gangguan untuk berdetak, halini akan membuat kondisi pada tubuh semakin fatal dan akan menyebabkan kehilangan kesadaran. Seperti yang telah dibahas di pembahasan sebelumnya hal ini dapat menyebababkan seorang kehilangan kesadaran bahkan dapat menyebabkan si penderita tidak hanya kehilangan kesadaran tetapi juga kehilangan nyawanya.


  1. Sering berkeringat

Kelelahan pada otot jantung membuat keringat pada tubuh akan lebih mudah untuk keluar. Keringat ini menandakan bahwa otot jantung sedang bekerja sangat keras sehingga menyebabkan banyaknya keringat yang keluar pada tubuh. Jika hal ini terus-terusan di biarkan bisa menyebabkan kekurangan cairan. Oleh karena itu untuk menangani hal ini diperlukan mengkonsumsi banyak air putih. Bahkan untuk menangani penyakit ini dapat ditangani dengan melakukan terapi yaitu terapi air putih. Terapi ini tidak lah sulit, hanya perlu mengkonsumsi air sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu lama kelamaan kondisi jantung akan pulih kembali.

  1. Sering merasa gelisah

Kegelisahan dapat menyebabkan jantung menjadi berdetak lebih kencang, hal ini karena adanya gangguan yang membuat pikiran tidak tenang, pikiran yang tidak tenang akan di respon oleh otak dan diteruskan oleh bagian syaraf sehingga menyebabkan perubahan pada kondisi jantung. Jantung menjadi berdetak tidak teratur.

Apabila gejala yang dirasakan sudah sering terjadi maka segera temui dokter dan segera konsultasikan ke dokter. Agar segera pula diberikan pengobatan yang tepat dan cepat. Hal ini di maksudkan untuk mempermudah anda untuk mengobati penyakit ini, jadi dokter tentu akan mudah mendiaknosis jenis aritma apakah yang terjadi pada tubuh anda. Sehingga akandi dapatkan pengobatan yang sesuai dan tepat. Sehingga kesembuhan akan lebih cepat pula untuk di dapatkan.

Gejala aritmia yang dapat menyebabkan pingkas memanglah artimia fibrilasi, karena aritmia ini sangat berbahaya, dapat menyebabkan penderitanya menjadi kehilangan nafas, sehingga sangat mudah menyebabkan kematian. Bahkan konsentrasi dan organ otak akan berkurang fungsinya.

Namun untuk lebih amannya lebih baik bila sudah mengetahui bahwa yang terjadi adalah gejala aritmia segera lakukan pemeriksaan dan segera lakukan pengobatan pada dokter agar dapat segera ditangani dan tidak menyebabkan hal-hal yang fatal terjadi.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung